Surat Pembaca

Pengalaman Booking Hotel dengan Traveloka, Bisa-bisa Tidur di Jalanan

Terima kasih kepada Media Konsumen atas penerbitan surat dan keluhan saya ini.

Pada hari Jumat sore tanggal 1 Juli 2022, saya membuat pemesanan hotel melalui Traveloka di Kota Tanjung Balai – Sumatra Utara, untuk keluarga saya yang berjumlah 4 orang, termasuk satu anak kecil berusia belum 2 tahun. Pemesanan saya lakukan untuk menginap di sebuah hotel untuk esok harinya, tanggal 2 Juli 2022, untuk tipe Kamar Suite Family.

Esok harinya, setelah tiba di hotel tersebut, pihak hotel mengatakan hotel sudah penuh untuk tipe kamar tersebut, dan mereka mengatakan tidak tahu menahu mengenai sistem Traveloka yang masih menyediakan kamar tersebut.

Kemudian saya menelepon pihak Traveloka mempertanyakan hal ini. Pihak Traveloka meminta saya menunggu 60 menit untuk menyelesaikan masalah. Setelah 60 menit tidak ada telepon masuk, lalu saya menghubungi kembali pihak Traveloka, lalu saya diminta menunggu kembali selama 30 menit.

Sudah 1 jam 30 menit menunggu di emperan jalan, sambil membawa anak kecil di tengah hari yang panas. Karena saya tadinya menunggu Traveloka menjanjikan akan memberikan voucher hotel untuk tipe kamar yang sama di lokasi sekitar.

Akhirnya untuk terakhir kalinya saya menghubungi Traveloka dan saya terhubung dengan CS yang menggunakan nickname Nana. Menurut Nana, yang dari cara bicaranya sedikit tidak sopan, memang Traveloka lepas tangan terhadap masalah ini dan mengakui bahwa memang Traveloka tidak dapat menyelesaikan masalah ini,

Yang kemudian jadi permasalahan, kalau memang tidak bisa menyelesaikan dan tidak bisa memberikan solusi, kenapa di awal saya diiming-imingi pengembalian dana atau voucher? Akhirnya saya beralih ke tiket.com untuk melakukan booking kamar di hotel lain, dengan meng-ikhlaskan uang saya yang di Traveloka hangus. Sekelas Traveloka, tapi bobrok pelayanan.

Muhammad Izazad
Jakarta Timur

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Surat Tanggapan Traveloka untuk Muhammad Izazad

Kepada Yth., Bapak/Ibu Muhammad Izazad, Terima kasih telah menjadi pengguna setia Traveloka. Menanggapi surat terbuka yang Bapak/Ibu Muhammad Izazad tujukan...
Baca Selengkapnya

Komentar

      • Itu oyo bang..koplak emang oyo itu..daerah puncak contohnya dikirimin semua salesnya ke property's daerah puncak-ciawi , oleh oyo bisnis profile dari owner diambil alih mereka tp tetap dicantumkan nomer pemilik property

        Sales2 ini kerjanya ya nipuin penjaga2 atau manager villa nanti dia dikasi persentase , oyo pun begitu hanya ngejar persentase, penjaga2 villa ini pada ga tau apa2 tp kalo ada booking dialihkan ke booking mereka ..jadi seolah oyo yg memanage padahal bukan...nah saat agan sudah booking dan bayar yg apes itu ya yang jagain atau manager villa ...duit masuk langsung dilempar ke akang2 jaga villa..celingak celinguk akhirnya mereka

        • Iya ini lebih kepada OYO-nya yang bermasalah. Saya juga kapok tidur di hotel berlabel OYO. Kamar tidak bersih. Tidak sesuai standar. Tidak sesuai yang difoto. Mendingan keluar uang lebih inap di hotel non OYO.

          Kasus yang ini, kayaknya pihak admin hotelnya lupa pernah mendaftarkan diri di Traveloka. Lalu dia tidak pernah ngecek lagi. Harusnya akun ditutup, tapi itu tidak dia lakukan juga. Sering terjadi pada hotel-hotel kecil dan manajemen buruk.

      • Sama aja Pak...saya juga punya pengalaman yang mirip seperti ini di sebelah Traveloka

      • Saran aja...kalo pesan hotel tapi hotelnya jenis OYO ataupun REDDOORZ lebih baik pesan langsung lewat aplikasinya masing² lebih murah dan banyak jaminannya...jangan lewat Traveloka ataupun sejenisnya.. ??

        • Pengalaman tidak menyenangkan pesan hotel melalui traveloka pernah juga saya alami di bali uang saya hilang hotel akhir nya bayar cash.

      • Saya sdh 10 th lbh pakai traveloka tdk prnh ada kendala pak. Dan spt tanggapan traveloka, mrka memberikan refund. Saya rasa itu solusi tepat walaupun mengecewakan juga. Cm krn yg bapak pesan itu OYO, saran saya jgn cari OYO...management amburadul ga jelas. OYO harga murah jd pelayanan, kebersihan, pokoknya servicenya gak bgt lah..

    • Jangankan kita mbak orang biasa Artis ajaa Febby Rastanty aja kapok pake Traveloka boking HoteL Ampe di Share di IG , Sama persis yang dialamin mbak harusnya pihak Traveloka benahin dongg malu ama perusahan lain yang jujur masa Usahanya Bobrok makan uang orangg Tanpa ngerasa salah Najiss

    • Sekelas traveloka ga bisa kasih jalan keluar.
      Kan kalo udah booking dan otomatis udah bayar, kita tinggal cek in doang.
      Dan pihak hotel juga sdh tau kalo ada booking ditanggal tsb.
      Kemungkinan pihak hotel yg salah, kamar sdh terisi tp tidak mematikan di aplikasi

      • Saya pernah pesan tiket ke suatu tempat wisata anak.. suatu hari tempat itu tutup.. dan kami kembali katanya tiketnya bisa di gunakan dari waktu yg di berikan namun setelah sampai sana tiket gak berlaku dan hal hasil tiket yg saya beli melalui traveloka hangus.. saya beli lagi langsung tiketnya.. ini cukup pertama dan trakhir x saya beli tiket wisata melalui traveloka..

    • Ternyata bukan cuma saya yang ngalamin yah...saya juga ngalamin hal ini bulan juni kemarin 2022..saya liburan bersama pasangan saya dan teman saya..awal nya sudah pesan 2 kamar villa untuk saya pribadi dan teman saya..sampai di hotel,ternyata pesanan kamar saya full..saya lakukan booking menggunakan kartu kredit,jadi full payment..pihak hotel tdk bs refund,cm bs kash saya 1villa dengan 2 kamar di dalam tanpa ada kompensansi..kebetulan saya sampai villa itu jam13.30 WIT...buat komplain ke traveloka cuma sampai jam13.00...jadi liburan bersama pasangan saya yang ingin honeymoon jadi gagal total dengan kamar join bersama keluarga teman..tidak ada privasi sama sekali...kebetulan saya 2hr kedepan nya pindah hotel,saya pesan lewat traveloka juga,saya sampai parno dan telep9n hotel untuk menanyakan pesanan kamar saya,..pokok nya liburan berantakan deh..saya jadi takut untuk menggunakan aplikasi traveloka ke depan nya untuk liburan saya..

  • Turunnya kualitas pelayanan traveloka akhir2 ini, parah.....
    CS jawabanya kayak ROBOT, mending di ganti pake BOT saja.

    SLOW RESPOND TRAVELOKA.....

    • Saya milih langsung hub Call Center lewat telepon..
      Kalo lewat chat kita ngobrol sama system robot ????

  • Itulah mengapa saya tidak pernah booking hotel sekelas OYO,Reddorz.Pasti magemennya ya gitulah namanya hotel kecil.Mending keluar uang lebih buat booking hotel yg bintangnya agak lumayan daripada ada kejadian kayak gini.Biasanya kalau emang kamar yg kita pesan tdak tersedia akan diupgrade ke tipe diatasnya atau dicarikan hotel lain yg setara oleh pihak hotel karena memang itu kesalahannya.Tidak langsung lepas tangan begitu saja.

    • Betul Pak, tapi di lokasi tersebut hanya ada hotel itu yg punya kamar Family Suite. Hotel lain tdk ada, sementara anak2 tdk mau pisah kamar dan ga mungkin anak2 di pesan kamar berbeda , karena di khawatirkan hal2 yanng tidak di inginkan....
      Akhirnya kita menginap di Hotel diluar kota tersebut sekitar 10 km dari lokasi tujuan...

      • Ini saran aja untuk ke depannya, jika melakukan booking via aplikasi apapun, ada baiknya H-1 bisa dihubungi terlebih dahulu pihak hotelnya. Istri saya selalu menghubungi hotel h-1 untuk memastikan hal2 seperti ini terjadi. ?

    • Saya juga sudah beralih ke Tiket.com
      Hotel jg berkontribusi sih deng kekacauan ini, booking kamar sekelas Oyyo RD ya memang seperti ini

    • Ga ngaruh sie pak mau hotel bintang 1 atau bintang 2..saya pesan hotel bintang 4 dgn buaya permalam 1,5jt++..itu juga sama..pihak hotel cuma bilg sistem traveloka error..kamar full tapi tetap di jual...dan pihak hotel juga ngmng gini saat kita mau check in..harus nya pas kita selesai bayar,otomatis pihak hotel dpt.invoice pesanan kita..klo emank fullbook,kita bs di hubungi langsung..tapi ini dibiarkan..terkesan pihak hotel dan traveloka main curang di belakang...

  • Biasa nya.. Kalau penuh gak bisa boking. Mungkin pihak hotel nya yg nakal. Slot dari traveloka mereka jual dengan harga yg lebih tinggi.

    • kalo hotel kecil misal oyo, reddoorz, ga bs kedetect brp slot kamar kosong. jd akan selalu menampilkan ada kamar kosong. berbeda dgn hotel agak besar, sudah realtime

      • Bisa jadi...tapi di lokasi tersebut hanya ada hotel itu yg punya kamar Family Suite. Hotel lain tdk ada, sementara anak2 tdk mau pisah kamar dan ga mungkin anak2 di pesan kamar berbeda , karena di khawatirkan hal2 yanng tidak di inginkan….
        Akhirnya kita menginap di Hotel diluar kota tersebut sekitar 10 km dari lokasi tujuan

      • Betul... Saya juga punya pengalaman begitu... Kl oyo atau rd mending lgs datang atau telp lgs ke oyo tujuan.

  • Persis yang saya alami, ditanggal yg sama, villa didaerah legian bali.. saya boking 4hari kasusnya persis seperti agan dan saya komplin dan akhirnya saya milih dibatalkan dan disetujui direfund full sama travelloka.. luntang lantung cari villa pada penuh dihari itu, dimalam hari, di daerah yg masih asing dan bawa anak kecil dan keluarga...

      • Sdh di prank 1 jam lebih, terus duit hangus, mulia sekali bapak hatinya, klo saya minta refund 100% plus voucher permintaan mf minimal...sdh jatuh ketimpa tangga ini pak, enak bgt itu traveloka dpt duit...jgn mau pak..

    • Gapapa pak, saya kececeran d negara lain krn kasus yg sama. Akhirnya ambil hotel yg harga sekamarnya sama dengan budget yg harusnya dpake utk seminggu karena kondisi high season. Sejak itu ga mau lagi pake travel online terutama booking.com dan traveloka. Mending booking langsung ke hotelnya, lebih mahal tp aman pesanan nya. Bayar jg bisa d hotelnya.

  • Saya kebetulan ada pesan lewat traveloka si, untuk hotel di Paris, saya udah harap cemas akan kaya gini, tapi untungnya hari ini saya aman aman aja.

    Untuk kedepan saya akan coba yang lain deh. Ngeri kalau kayak gitu ga ada solusi.

      • ada kok mas, justru oyo ny yg town house kek di gunung sahari, jakarta. plus lbh berkelas bukan embel² OYO doang wkwk

  • Dulu langanan banget sblm aplikasi olshop menyediakan tiket2 atau hotel2 sy sllu pake traveloka kesini2 dibikin kecewa sama kejadianya tiket kereta, hilang duit tiket ke jkt malang pas mau di cetak tiket di gambir nga bisa kata pihak maskapai sdh ada yg nempatin tmpt saya mana datang mepet ahirnya pulang diundur besoknya... Langsung q uinstall nga lagi2 dlu srng ke malang klo waktu longgar naik kereta waktu mepet naik pesawat pemesana dr Traveloka sekarang kapok

    • Saya dari dulu selalu pakai dua aplikasi itu saat pesan hotel traveloka atau tiket.com, gak pernah ada masalah sih, tapi belakangan saya baca banyak yang komplain soal hotel dan rata rata emang oyo atau apa satu lagi saya lupa, saya jadi ngeri pesan penginapan model oyo ini di traveloka atau tiket, nah sekarang muncul lagi, jadi tambah yakin gak bakalan pesan penginapan kaya gini di.traveloka atau tiket. Banyak yang masalah soalnya, semoga traveloka bisa mberikan jalan keluar serta solusi yang baik, dan satu lagi kompensasi harus diberikan untuk menenangkan keluarga ini yang dirugikan secara psikis. Kami pelanggan traveloka menunggu solusi dari traveloka dan juga kompensasi yang diberikan sebagai permintaan maaf

      • Selalu pakai traveloka...Alhamdulillah aman sejauh ini...jangan nyampe deh kena kasus tp ga pernah booking oyo sih...cm krn saya krj di biro perjalanan dan kenal sm marketing hotel hotel ( krn mrk sering visit kantor ) mrk blng klau kebetulan saya pesan lwt traveloka atau tiket.com atau situs lain utk pastikan selalu tlp ke hotel tsb memastikan apakah bookingan kita sdh msk sistem mrk krn biasanya ( maaf ) utk hotel hotel yg bkn bintang sistem mrk selalu riweuh alias ribet jd wajib selalu memastikan kembali dngn tlp ke hotel tsb...heheh sekedar saràn saja

  • Waduh, separah inikah Traveloka? Kok malah ada yang bilang lebih bagus Tiket.com. Pengalaman masa lalu pake Traveloka nggak terlalu bermasalah sih, interface juga lebih bagus dari tiket.com, cuma nggak tahu kalau untuk hotel OYO kan itu kategori hotel kunang-kunang, mungkin itu masalah di embel-embel OYO.

    • Kalo Hotel OYO punya embel2 Hotel Kunang2 , Mungkin Pak Setiawan lbh paham dr saya, atau mungkin Pak Setiawan Yang jadi "Kunang2-nya" atau penangkap "Kunang2" bisa juga Pak Setiawan sebagai Pemilik "Kunang2" yg di sebar di setiap OYO. Soalnya terlihat Paham sekali.

      O iya... Pak Setiawan ini juga spesialis pemberi komentar Negatif terhadap setiap Postingan di MK...
      Mungkin memang sudah seperti Kunang2 yg hobi di gelap2an akhirnya pola pikirnya juga kelam ya Pak... Hehehe....
      Btw Banyak ga koleksi Kunang2 nya Pak? Yg RGB ada ga?

      • Lapor
        Saya setiap hari di teror, pinjol illegal, dan kerabat saya, juga, data2, saya udh disebarluas kan, saya mulanya, pinjam di pinjol yg dibawah naungan ojk, namun lama kelamaan, data saya di sabotase, pihak ketiga mengatas namakan, ADA MODAL, saya udh lunas, Namun baru saya buka aplikasi ADA MODAL, tdk mampu ,menunjukkan, detail pelunasan saya, saya maunya screen shot, cuman, pinjol ilegal,, udh ganggu privasi saya, hampir setiap menit, semoga pemerintah , menghentikan semua pinjol, udh mencekik masyarakat, mengganggu kegiatan sehari2,, dan yg paling parah teror. Sampai mengancam, akan membuat data2 custemer hancur..

      • Sorry bos, ane belom pernah nginep di hotel OYO. Lha wong pesen OYO kok pake Traveloka. traveloka spesialis hotel berbintang, lhah ini malah mesen OYO. Apa mampunya cuma hotel OYO? Masalah di OYO, yg dikomplain Traveloka, aya-aya wae ente ...

          • Kalau dari bukti reservasi yang anda lampirkan tercantum 1 tamu/kamar, ada kesalahan saat booking. Meskipun namanya 'suite family', seharusnya anda memilih jumlah tamu sesuai kapasitas maksimal kamar suite penginapan tsb (3 orang) atau sejumlah tamu yang akan menginap di kamar tsb.
            Coba anda cek2 lagi di aplikasi seandainya diinput 1 orang dewasa dengan diinput 2-3 orang dewasa, pasti HARGA suite family akan berbeda dan di bukti reservasinya akan tercantum 3 tamu/kamar.
            Bisa jadi pihak penginapan akan membaca reservasi-nya seperti ini : 1 orang/tamu aja ngapain nginap di suite family yang kapasitasnya 3 orang. Lebih baik dikasih aja ke tamu lain yang sesuai kapasitas kamar.
            Saya sering koq booking hotel bintang 4 di Traveloka, kalau kamar tidak tersedia (fully booked) pasti terbaca oleh sistemnya.

        • Lah ini juga gak nyambung, itu ts pesan hotel oyo di traveloka bang, Lalu tak sesuai dengan harapan atau yang dia pesan, coba lah baca tulisan orang, kalau umpama ts beli sandal jepit sama kau, lalu belum dipakai putus, jadi menurut isi benak kau, dia musti komplain sama kau apa pabrik sendal jepit

        • Kalau prinsip saya, seperti kejadian yang saya alami (bukan dengan Traveloka ya), saya tetap komplain dan minta pertanggungjawaban dari biro travel yang menjualnya dan kepada siapa saya membayar.

        • udah pernah nginep di westin ga pak selama 1 tahun? jan ngeremehin budget org pak. jatuhnya malu

        • lagian oyo klo diluar negeri lbh berkelas pak cthnya di italia bagian baratnya Roma banyak OYO town house dan pelayanannya berkelas klo punya budget lebih dri 10 juta. keliatan bgt bpk kek sok berkelas pdhl g

  • Turut prihatin ya pak.. saya pengguna setia traveloka tapi 2th terakhir ini beralih ke tiket.com karna kecewa dngan traveloka jg pak