Surat Pembaca

Telkomsel Tidak Memberikan Langganan Disney+ Hotstar Sesuai Deskripsi Paket Internet

Pada tanggal 1 Juli 2022, saya melakukan pembelian paket internet melalui website telkomsel.com. Karena saya cek di website tersebut ada paket internet yang menarik penawarannya di deskripsi:

Menurut saya paket tersebut menarik karena gratis berlangganan Disney+ selama 30 hari, maka saya melakukan pembelian paket tersebut.

Paket Internet pun langsung aktif setelah saya melakukan pembelian tersebut

Namun ketika saya cek di aplikasi Disney+ saya, ternyata belum ada langganan Disney+ pada akun saya yang sesuai dengan nomor HP Telkomsel saya. Biasanya langsung otomatis nih jika ada langganan paket Telkomsel yang include Langganan Disney+, langsung aja tinggal nonton Disney+. Namun sekarang tidak ada subscription/berlangganan di Disney+ saya.

Lalu saya langsung DM admin/CS @Telkomsel di Twitter, dan mendapatkan jawaban oleh CS Yura jika paket internet yang saya beli tidak termasuk berlanggan Disney+.

Sangat mengecewakan, karena pada website telkomsel.com ketika saya melakukan pembelian, ada 2 step dan keduanya menjelaskan “Termasuk Langganan Disney+ Hotstar selama 1 Bulan” (Bisa cek Screenshot awal artikel).

Setelah saya jelaskan ke Admin CS Twitter Telkomsel yang jawabannya mayoritas template itu, barulah ada nomor pelaporan yang saya dapatkan atas keluhan saya.

Kurang lebih 1 jam dari adanya nomor pelaporan tersebut, ada SMS kembali kalau pelaporan saya sudah diselesaikan dan disertakan link. Setelah saya buka link tersebut, saya lebih kecewa lagi karena hanya tulisan himbauan untuk restart HP, login akun Disney+, dan masukkan OTP. Bahkan nomor pelaporan tersebut dianggap “Case Closed” oleh Telkomsel.

Saya sangat-sangat kecewa dengan over-promised Telkomsel yang menjanjikan hal yang bersifat menjebak. Karena saya merasa dijanjikan mendapatkan langganan Disney+ Hotstar ,tetapi tidak saya dapatkan, dan pelayanan CS Telkomsel sangat tidak mengerti keluhan yang saya alami. Sampai hari ini artikel ini saya buat, 3 Juli 2022, 10.35 WIB CS Telkomsel masih belum bisa membantu atas keluhan saya, serta Akun Disney+ Hotstar saya masih belum mendapatkan langganan sesuai yang dijanjikan ketika saya membeli paket internet Telkomsel.

Salam.

Fajar Shodiq Hidayatulloh
No Pelaporan: 1-FDLULX3
Sidoarjo, Jawa Timur

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Tanggapan Telkomsel atas Surat Bapak Fajar Shodiq Hidayatulloh

Merujuk pada surat pembaca di Mediakonsumen.com pada tanggal 5 Juli 2022 oleh Bapak Fajar Shodiq Hidayatulloh mengenai Telkomsel tidak memberikan...
Baca Selengkapnya

Komentar

  • Dugaan saya, ada kesalahan pihak TSel atas pencantuman detail paket disertakan Disney+ Hotstar, karena logisnya berlangganan DH secara mandiri saja sudah dibebankan biaya (umumnya) sekitar 20 ribuan. Jika bagian dari bundling paket, tentu harganya di atas 20 ribuan.

    Karena ini murni kesalahan TSel, kejar terus hak anda sesuai klaim yang jelas-jelas tertulis hitam di atas putih. Kalaupun ada pengakuan kesalahan tulis dari TSel, anda berhak mendapatkan kompensasi sebagai niat baik mereka menjaga kepuasan pelanggan. Agar jadi pembelajaran kepada pihak TSel agar mereka lebih ketat ke tim promosi yang kerja ngasal.

    • masalah dengan operator seluler sering terjadi, seharusnya ada cara reportnya yg lebih mudah ke kominfo/kepolisian. Misalkan kasus pulsa berkurang akibat layanan berlanggan, padahal yg bersangkutan ga merasa ikut, itu kan jelas2 pencurian pulsa, dan pulsa di Indonesia sama dengan uang. mungkin kalo dilihat perorang kecil misal 3rb rupiah, tapi kalo di kali 10 juta pelanggan saja sudah 30milyar itu!!!

      • Saya lihat kasus ini sudah selesai dengan penyelesaian Pak Fajar sudah mendapatkan paket langganan Disney+ nya. Sepertinya ini memang metode penyelesaiannya kasus per kasus. Saya juga mengalami masalah yg mirip. Namun solusinya mirip dengan solusi yg diterima oleh Pak Fajar sebelumnya.

        Dan sy sudah dihubungi oleh nomor 188 juga. Meskipun sudah sy bilang bahwa di aplikasi MyTelkomsel masih ada keterangan termasuk berlangganan DisneyHotstar , tapi tetap penyelesaiannya adalah seperti di bawah ini.

        "Dapat kami sampaikan bahwa sejak 30 Mei 2022 terdapat beberapa paket yang sudah tidak Berlaku Langganan Disney+, adapun salah satu paket nya Combo SAKTI MAX, Combo Sakti untuk info lebih lanjut hub 188. Terima kasih".

        Yang agak disesalkan adalah adanya ketidaksesuaian deskripsi paket di aplikasi MyTelkomsel dengan kenyataannya. Ketidaksesuaian informasi di aplikasi MyTelkomsel / website Telkomsel ini yg kemudian hari berpotensi akan ada konsumen Telkomsel lain yg bersuara. Saya pribadi tidak ingin terlalu banyak berdebat terkait masalah ini dengan Telkomsel krn sebelumnya memang meskipun dulu2 dapat gratis langganan paket DH, tapi beberapa bulan tidak sy pakai pake DH nya. Dan sekarangpun meskipun bulan2 lalu saya coba DH, tapi jarang ditonton. Ketika ditelpon 188, saya sebatas menyarankan agar Telkomsel memperbaiki deskripsi paket internet agar lebih sesuai kenyataan baik deskripsi paket di menu USSD, web Telkomsel ataupun aplikasi MyTelkomsel.

  • haha saya dulu juga membuat surat pembaca, tentang paket disney hotstar juga, kejar terus saja, akhirnya diberikan

    • sy malah ga pernah pake itu disney hotstar, paketnya 150rb per bulan, gimana caranya pak? itu aplikasi buat nonton film ya? donlot di playstore?

        • mau Rp 1 pun tetep aja hrs sesuai deskripsi dong.
          deskripsi salah ya pelanggan kecewa. ranahnya udah masuk penipuan publik

        • Bayangkan yang membeli paket 1jt pelanggan.,. Berarti tsel melakukan penipuan 14.000.000.000...kecil penipuan nya ya bang?

      • jujur kalau menurut saya telkomsel ini tidak memiliki niat buruk ataupun menjebak, akan tetapi TIDAK BERKOMPETENSI memberikan pelayanan yang konsisten dan benar

    • Bayangkan yang membeli paket 1jt pelanggan.,. Berarti tsel melakukan penipuan 14.000.000.000…kecil penipuan nya ya bang?

      • Beli paket jangan lewat website tapi lewat aplikasi My Telkomsel atau coba hapus desney+ terus install lagi kalau notifikasi pembelian tidak ada keterangan (Termasuk langganan Disney+ Hotstar 30 hari) diakhir SMS berarti emang ga bisa

  • Bisa dicoba dulu saran dari cs nya, bisa jadi emang belum masuk paket berlangganan nya, restart hp, clear cache, log out trus log in disney+ nya, reinstall aplikasinya.

    • Beli paket jangan lewat website tapi lewat aplikasi My Telkomsel atau coba hapus desney+ terus install lagi kalau notifikasi pembelian tidak ada keterangan (Termasuk langganan Disney+ Hotstar 30 hari) diakhir SMS berarti emang ga bisa

    • Wah ternyata banyak juga yaa yang kena kasus ini. Saya jg nih kasus nya sama, dan masih di proses tapi belum ada jawabannya.
      Ini sudah termasuk penipuan loh telkomsel. Masa harus komplain2 mulu baru di dengerin. Sekelas telkomsel kinerja nya buruk sekali

  • Kok bnyk blg masalah 14rb nya ya? Yg masalah kan promo paket yg dijanjikan.
    Saya juga pake paket itu dr jaman hrg 11rb sampe yg sekarang 14rb. Biasanya pas login lgsung kok, ga pake bayar lagi. Sy pake buat nonton disney hotstar di laptop pake wifi. Dan itu sampai sekarang, hanya saja saya beli langsung di app mytelkomsel, bukan di web. Coba aja kak, paket yg saya beli nmnya 'Combo Sakti' hrg termurah 14rb saat ini.

  • Saya skrg juga pake paket omni Telkomsel tu tapi yg 50rb dg rincian 12gb kuota data + 8gb kuota Disney hotstar, berlaku sampe 21 Juli besok.
    Tapi sampe skrg aku coba nonton Disney ga pernah bisa terus diarahkan berlangganan dulu yg perbulan 40rb atau pertahun 300rb itu!
    Gimana ni Telkomsel...berikan hak saya yg telah engkau dzalimi secara sepihak sebelum datangnya hari pembalasan kelak !!

  • masalah dengan operator seluler sering terjadi, seharusnya ada cara reportnya yg lebih mudah ke kominfo/kepolisian. Misalkan kasus pulsa berkurang akibat layanan berlanggan, padahal yg bersangkutan ga merasa ikut, itu kan jelas2 pencurian pulsa, dan pulsa di Indonesia sama dengan uang. mungkin kalo dilihat perorang kecil misal 3rb rupiah, tapi kalo di kali 10 juta pelanggan saja sudah 30milyar itu!!!

  • Saya suka beli paket yg ini, emang free kok Disney hotstarnya. Kejar terus pak

  • Sejauh ini saya pake paket Telkomsel free Disney + ga prnh ada kendala kok kaya gtu. Biasa klo blm Bs coba logout masukan ulang no hp nya lgsung Bs. Tp klo gbs ydh sih ga masalah cuma 14rb yg penting kuota nya kan masuk ???

  • Saya juga langganan hotstar dari paket itu sejak harga 10rb per bulan. Dikejar saja terus, mungkin kesalahan teknis.