Surat Pembaca

Hati-hati dengan Modus Penipuan Pencairan Dana Aplikasi Pinjol!

Pada bulan Juni 2022, saya ada penawaran pinjaman online (pinjol) Uang Tunai, melalui telepon yang berlanjut ke WhatsApp. Saya download, ternyata ada biaya admin sebesar Rp3 juta untuk pencairan. Karena mencurigakan, saya meminta pembatalan, tapi malah disuruh ke kantor.

Posisi saya sedang di luar kota. Akhirnya saya bertanya kepada teman-teman sekitar saya, ternyata di gedung tersebut tidak ada kantor bernama Uang Tunai. Saya menghubungi berkali-kali kontak CS di aplikasi tersebut, tetapi hanya disuruh ke kantor. Masalahnya kantor tidak berwujud, email tidak terdaftar dan nomor telepon tidak tersambung.

Saya sudah menghubungi OJK dan AFPI. Saya mengerti jika pinjaman online ilegal di luar tanggung jawab mereka. Saya hanya tidak ingin pinjaman berjalan, tetapi saya juga tidak memakai uang mereka. Tujuan saya hanya pembatalan. Tidak perlu hapus data tidak apa-apa, asalkan pembatalan saja.

Saya mengerti mengenai pinjol ilegal sangat sulit untuk dilakukan pengaduan, tetapi saya sudah bingung mau bagaimana untuk pembatalan ini. Berikut saya lampirkan bukti chat yang mengaku telemarketing dan CS. Namun yang saya curigai, CS menggunakan foto-foto korban yang melakukan pengajuan. Terima kasih.

Dinda Rima
Tangerang, Banten

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Komentar

  • mereka bisa AUTODEBET? gmn caranya? sangat tidak memungkinkan, besar kemungkinan mereka hanya mengancam akan autodebet, agar anda membayar pembatalan.. apa sudah pernah di autodebet uang dari rekening anda memangnya?

    bisa pun ya anda ke bank anda lah hentikan autodebet nya, yang punya rekening kan anda bukan mereka, ga bisa di stop ya rekening nya di tutup, mau minta penipu nya berhenti menipu anda? ya tidak bisa, anda sudah tau mereka ilegal, masih di ajak kompromi, lucu

  • Bukti literasi warga indonesia rendah ya gini, sudah banyak kasus tapi mau aja pake pinjol yang gk pasti keberadaanya ada atau gk, akhirnya ya wasweswus

  • @Dinda Rima
    Itu ada biya admin 3jt. Anda sendiri apakah sdh terima dana berapa duit?

    Jangan melakukan hal apapun kepada pinjol ilegal tersebut. Tunggu saran dari rekan-rekan MK disini.

    Ditunggu respon nya

      • Kalo begitu cuekin aja.... Toh belum ada dana yg masuk juga kan... Kalo mereka menggertak diemin aja....

      • Ahh mantap. Kalau begitu pasang truecaller di hp nya. Kl ada org berniat nipu pasti ketauan. Auto kick ?

  • Biaya admin 3 jt itu dari pinjaman anda? Brpa puluh juta anda pinjam kali emg biaya adminnya sgtu

  • Langkah pertama, tenang dan jangan panik.
    Langkah kedua, amankan rekening jaga2 jangan di auto debet.
    Langkah ketiga, jangan melakukan transaksi apapun karena ketakutan, yang ada kamu akan semakin ditipu.
    Langkah keempat, kuatkan mental karena kemungkinan akan diteror ke kontak2mu. Sebarkan ke kontak dan keluarga kamu sedang ditipu lwt link phising.
    Langkah kelima, sebisa mungkin hub LBH bila mendapat pengancaman dan pelecehan lwt gambar2mu yg diedit.
    Jangan lupa selalu berdoa.

    Mari kita doakan semua yg bekerja dengan jujur di pinjol baik legal dan ilegal diberkahi Allah. Sedangkan yg menipu baik legal dan ilegal mendapat kutukan turun temurun. Amin.

  • Knapa ya kalau sduh bunyi uang orng gampang sekali termakan rayuan. Jangan ambil tindakan bodoh. Itu udah jelas2 ilegal.

  • Biaya admin 3 juta, wow murah banget,
    Kalo aku sih mending biarkan saja gausah di ladenin, kalo ngeganggu terus lapor polisi,

  • Justru pinjol ilegal seperti ini yg harus dilaporkan. Sepertinya ini sih penipuan, lapor polisi aja beres