Misinformasi dari Call Center Zurich Insurance Soal Klaim Keterlambatan Bagasi Pesawat yang Diberikan Kepada Konsumen

Tanggal 25 Mei saya menelepon pihak asuransi dikarenakan bagasi saya mengalami keterlambatan. Pada saat itu saya dikejar dengan jadwal yang menyebabkan saya tidak bisa mengecek polis dikarenakan ada jadwal menuju Surabaya di hari yang sama dalam beberapa jam lagi.

Lalu saya menghubungi pihak Zurich lewat call centre untuk mengecek apakah bisa diklaim asuransi atau tidak. Pada saat itu staff prianya mengecek dan memberitahukan bahwa sesuai kasus saya yang baru pulang dari Santorini ke Indonesia (Jakarta) itu dapat diklaim. Kemudian beberapa saat kemudian saya menghubungi lagi pihak Zurich kali ini staff perempuan juga mengiyakan kalau ini dapat diklaim. Lalu mereka mengirimkan email dan saya juga mencoba mengurus bagasi saya yg terlambat di pihak bandara.

Selama periode itu TIDAK ADA staff yang menginformasikan saya bahwa sebenarnya bahwa ini tidak dapat diklaim dan dilakukan pembiaran yang menyebabkan saya bolak-balik ke Bandara Juanda.

Yang ada cuma didiamkan, menurut saya setiap orang bisa melakukan kesalahan. Tapi yang membuat saya kecewa kepada Zurich, mereka gagal melatih staffnya untuk paham mengenai produk mereka sendiri dan mereka tidak PROAKTIF jikalau staff mereka melakukan kesalahan (missinformasi) soal klaim.

Setelah satu bulan saya tunggu-tunggu saya membalas email klaim yang kedua (dikarenakan bagasi yg terlambat pada saat diterima juga mengalami kerusakan). Mereka dengan singkat padat kalau itu tidak dapat diklaim. Lalu saya cek memang tidak dapat diklaim. Lalu kalau begitu kenapa staf-staf yang sebelumnya mengatakan bahwa itu dapat diklaim? Bahkan seminggu setelah 25 Mei saya telepon lagi mereka bilang “Pak mohon formnya bukti-bukti yang ada dilengkapi.”

pihak asuransi tidak menjelaskan bahwa ini tidak dapat di klaim. hanya setelah saya yang berinisitiatif menanyakan barulah diberitahu. Mereka membiarkan saya melakukan hal yang sia-sia dengan mengurus sepenuh hati soal ini

Jujur saya menulis ini karena merasa dipermainkan oleh mereka. Hingga sekarang tidak ada pihak Zurich yang menghubungi saya dan menjelaskan/bertanggung jawab atas kelalaian yang terjadi. Padahal saya bela-belain ambil form di bandara hingga 4 kali dikarenakan di pihak bandara juga mengharuskan saya datang langsung untuk pengambilan form. Dari Surabaya Barat ke Juanda sangatlah jauh dan menyebabkan saya drop di malam harinya dikarenakan kelelahan.

Michael Fonggono
Palu

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Tanggapan Zurich Indonesia atas Surat Pembaca Bapak Michael Fonggono

Sehubungan dengan pernyataan dari Bapak Fanggono sebagai pemegang polis PT Zurich Asuransi Indonesia Tbk (“Zurich”) terkait klaim produk Zurich Travel...
Baca Selengkapnya

Komentar

  • Dimana mana sangat susah berurusan dg klaim asuransi. Cuma seenaknya ngomong gampang. Ngumpul duit orang. Padahal buktinya gak ada

    • pada dasarnya mengajukan klaim itu hak nasabah pak, mungkin karena pertanyaan bapak bisa klaim atau tidak jawabannya bisa masa iya Call Centernya ngelarang pengajuan klaim. Masalah di terima atau tidak ya kembali lagi ke ketentuan dan syarat pada polis asuransi bapak. Mungkin saran kedepannya bapak bisa baca detail polis yang dimiliki.

  • asuransi sih sama aja anda bayar buat gemukin tuh perusahaan ....
    bagian claim aja , setengah mampus , banyak alasan, cape lah......

    • pada dasarnya mengajukan klaim itu hak nasabah pak, mungkin karena pertanyaan bapak bisa klaim atau tidak jawabannya bisa masa iya Call Centernya ngelarang pengajuan klaim. Masalah di terima atau tidak ya kembali lagi ke ketentuan dan syarat pada polis asuransi bapak. Mungkin saran kedepannya bapak bisa baca detail polis yang dimiliki.

  • update pihak asuransi sudah merespon dengan cepat setelah di umumkan di media konsumen. Serta pihak Asuransi telah bekerja dengan baik, saya juga menyatakan masalah ini telah selesai di karenakan adanya kesalah saya dalam mengolah informasi yang menyebabkan saya salah mengerti atas klaim di awal. Serta klaim yang lain sudah di approve oleh pihak asuransi
    terima kasih

  • diakibatkannya salah informasi, yang mengakibatkan saya salah dalam mengklaim informasi yang ingat. pihak zurich sudah membuktikan bahwa mereka sudah sesuai dengan SOP dan tidak ada masalah dengan kinerja mereka

  • saya sudah berkomunikasi dengan beberapa staff memang ada 1-2 hal yang membuat salah pengertian di awal yang menyebabkan saya menuliskan perkara ini. dengan ini seharusnya perkara sudah selesai.