Surat Pembaca

Anteraja dan Shopee Tidak Mengganti Sesuai Harga Barang Saya yang Hilang

Halo, saya Fiqih, penjual laptop di marketplace Shopee. Saya merasa dirugikan oleh pihak ekspedisi Anteraja, yang sudah menghilangkan barang saya dan tidak mau mengganti barang saya yang dihilangkan secara penuh. Izinkan saya untuk menceritakan permasalahan yang sedang saya alami. Berikut ini kronologinya:

Tanggal 28 Mei 2022 14:27, saya menerima pesanan berupa laptop ASUS CHROMEBOOK C423NA berjumlah 1 unit, dengan besaran nominal Rp3.399.000 dan nomor pesanan: 220528C92NSPK5. Pesanan tersebut dikirim dari Tangerang/Tangcity Mall ke KAB. KARAWANG, KUTAWALUYA, JAWA BARAT dengan nomor resi/AWB Anteraja: 10004713626412.

Namun hingga tanggal 12 Juni 2022 09:46, barang tersebut tidak kunjung datang ke pembeli. Saya coba track paket tersebut di halaman Shopee, tapi paket saya tidak ada progres sama sekali. Lalu saya coba menghubungi pihak Anteraja melalui via telepon untuk menanyakan perihal paket saya. Di sini tentu saya khawatir, dikarenakan barang yang dikirim adalah 1 unit laptop.

Lalu pihak Anteraja dan Shopee menginfokan saya dan menyuruh saya untuk menunggu, dengan menjanjikan estimasi barang akan diterima pada tanggal 14 Juni 2022. Setelah diinfokan, saya menjadi tenang dan mencoba bersabar dan berpikir positif.

Namun pada tanggal 16 Juni 2022 tiba-tiba pas dicek kembali barang saya dinyatakan hilang oleh pihak Shopee dan Anteraja.

Tanggal 17 Juni 2022 12:48, saya coba kembali untuk menghubungi pihak Anteraja untuk menanyakan kejelasan paket saya. Anteraja sudah mendeklarasikan bahwa paket saya akan tiba/diterima pada tanggal 14 Juni 2022. Namun kenyataannya hingga tanggal 16 Juni 2022, paket tersebut tidak kunjung datang dan malah dinyatakan hilang, yang kemudian diganti oleh pihak Shopee sebesar Rp560.000 atau 10x ongkir. Sedangkan si pembeli digantikan full senilai Rp3.399.000 oleh pihak Shopee.

Kemudian saya menelepon Pihak Anteraja, yang akhirnya membuatkan nomor tiket pelaporan tiket ID: 1690826. Pihak Anteraja juga memberikan informasi kepada saya bahwa akan dibuatkan surat BAP atau surat kehilangan barang dalam waktu 3 hari ke depan dan akan digantikan sepenuhnya sesuai jumlah barang tersebut, bukan 10x ongkir saja.

Pada tanggal 27 Juni 2022, saya menelepon kembali untuk menanyakan perihal tersebut, karena belum digantikan sepenuhnya. Ternyata surat BAP saya belum kunjung usai atau belum diproses oleh pihak Anteraja dan akan diprioritaskan dan membutuhkan waktu lagi selama 3 hari.

Sampai sekarang barang saya belum digantikan penuh oleh tim Anteraja dan tim Shopee. Di sini saya sangat dirugikan, jelas-jelas barang saya kirim dengan keadaan utuh, dan pada kenyataannya malah barang hilang, tapi tidak dipertanggung jawabkan sesuai harga nominal barang tersebut.

Mohon untuk pihak Anteraja dan Shopee untuk melakukan pergantian full, dikarenakan di pihak Shopee tidak ada fitur asuransi bagi seller.

Terima kasih.

Fiqih Arjieanto
Kota Tangerang, Banten

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Tanggapan Anteraja atas Surat Bapak Fiqih

Dengan Hormat, Sehubungan dengan surat Bapak Fiqih yang berjudul: “Anteraja dan Shopee Tidak Mengganti Sesuai Harga Barang Saya yang Hilang”...
Baca Selengkapnya

Komentar

  • "dikarenakan di pihak Shopee tidak ada fitur asuransi bagi seller."

    tapi masih jualan di shopee

    • Kalau saya jualan di shopee khusus hp harga mahal saya kasih keterangan besar dibawahnya hanya bisa dikirim lewat jne.. karena hanya jne satu2nya yg cahlessnya bisa ditambahkan asuransi..

  • Sama. Saya kapok dan menyesal pakai Anteraja. Saya beli barang di Tokopedia tanggal 8 Juli, dan dikirim 9 Juli. Namun sampai sekarang status stuck di tanggal 11 Juli dan sampai sekarang tidak ada kejelasan. Customer Service pun nggak membantu sama sekali. Cukup sekali ini saja pakai Anteraja. Untuk kedepannya lebih baik pakai yang lain. Dan saya lihat di akun sosmednya pun ternyata banyak sekali keluhan yang sama.

    • saya sudah lama pakai anteraja dan karna kejadian ini saya jadi kapok gan, saya juga baru mengalami kejadian seperti

      • Pdhl kejadian spti anda ini sdh banyak berseliweran dsni, tp knpa anda msh mengambil resiko.

        • Mohon maaf gan sebelum nya, saya sendiri saja baru ngalamin kejadian seperti ini, dan saya pun baru tau kalau ternyata banyak yg mengalami

      • Kalau jual barang di tokped biasanya otomatis. Memang terbilang sepi soalnya kadang barang murah ada fitur asuransinya yg ditanggung pembeli. Saran sihh kalau jual barang di shopee aktifkan star aja nggak perlu freongkir & chasback extra. Jadi buat asuransi aja yg 0.2 persen. Dan memang penggantian 10x ongkir kalau nggak ada asuransi

  • Saking seringnya membaca segudang masalah pembelanjaan di shopee di MK ini membuat saya "Pensiun" belanja di Shopee walaupun Alhamdulillah belum pernah dapat masalah yang berarti selama belanja Online, Akhirnya saya Total pindah ke Tokopedia yg sudah jelas ada Asuransi. Saran untuk Kakak jika belanja barang yg nominalnya cukup mahal pakailah Kurir yang bagus misal JNE, jangan tergiur gratis ongkir. pakailah ongkir demi keamanan dan kenyamanan kita sebagai Buyer.
    Semoga permasalahannya cepat selesai dan ada jalan keluarnya.

      • maaf oot om, ini artikel proses nya berapa lama ya di public dari om kirim.

        saya ada baut artikel juga tapi belum public / tayang dari tgl 13 juli :)

    • Nggak nyambung, sebagai buyer beli dimanapun itu sama, kalo barang tidak kita terima ya dpat ganti full, yg harus lebih berhati2 itu seller karena tidak ada asuransi dari shoope.. Apalagi masalah gratis ongkir makin nggak nyambung lagi.. Kalo sbg buyer psti pilih gratis ongkir karena duit kita tetep aman2 aja

    • Yg bilang sama brrti mainmu kurang jauh sebagai seller.. coba deh ke jne, kasih resi cashless nya shopee.. terus tanya bisa asuransi tidak.. jawabannya BISA.. soalnya disistem jne bisa ditambahkan asuransi manual.. dan saya sudah berkali2 pakai.. dibawah produk saya, saya tulisin untuk produk hp tidak akan diproses selain pakai jne.. dikota saya kota kecil hanya jne yg mau bantu packing kasih gratis buble

    • Ini sih namanya latah.
      Jelas2 dalam kasus ini keslahan ada pada kurir bukan pada shopee.

      Kalo anda penjual kapok sama shopee karena ga ada fitur asuransi sih masih wajar. Lah anda sebagai pembeli kenapa ikut2an kapok sama shopee?

  • Di MK ini sudah bejibun komentar yang menyarankan untuk tidak berjualan barang/jasa dengan nominal besar di Shopee, karena opsi asuransi tidak di atur oleh Shopee sendiri. Jualan disitu ibarat seperti berdagang di emperan/trotoar, rutin bayar retribusi preman tapi saat giliran dagangan diangkut satpol PP premannya pada ngilang.

  • Kurirnya gak amanah, sistem jasa kirimnya bermasalah. Salut sama Shopee, masih mengganti 10x gratis ongkir. Krn yang salah JASA KIRIMnya, bukan Shopeenya!! Jd yang harus nanggung 100% kerugian materil dan kerugian imateriil tetep Jasa kirim lah.

    Ya kali perusahaan jasa kirim ga tanggung jawab dan bebas dr masalah, ane juga mau bikin perusahaan jasa kirim kalau masalah barang clien hilang gak wajib tanggung jawab.

    Semoga dibaca pihak jasa kirim:
    Ganti dan tuntut petugas yang bersangkutan untuk memberikan efek jera

    • Lah orang ini gak ngerti apa2 malah ikut koment, yg mengganti 10x ongkir itu pihak ekpedisi tong, dr ekpedisi di teruskan ke Shopee, malah bilang Shopee yg ganti
      Ntar kalo asuransi di Tokopedia , trs yg ganti full ke saldo si Tokopedia gitu? Ngakak gw

      • Lebih ngakak saya baca komentar Anda. Gak nangkep tapi sok tau.

        - Poin gue salah di jasa kirim, bukan di Shopee. Kalau Shopee yang ganti, ya kerennya di Shopee. Baca ulang yak, udah ngotot, salah, ngakak pula. Menjijikan.

        - aturan anteraja:
        Batasan tanggungjawab ANTERAJA apabila terjadi kehilangan atau kerusakan atas Paket, penggantian yang diberikan sesuai dengan deskripsi barang yang dicantumkan dan senilai Paket yang dinyatakan oleh Pengirim (dengan menyediakan bukti transaksi berupa invoice asli dan bukti pembayararan/bukti transfer) atau sebesar 10 kali biaya pengiriman, mana yang lebih rendah, dengan maksimal penggantian sebesar Rp.1.000.000,- (satu juta rupiah)/kejadian/Resi untuk Paket selain dokumen dan sebesar Rp100.000,- (seratus ribu rupiah)/kejadian/Resi untuk Paket berupa dokumen. Batas waktu permohonan penggantian paling lambat 3x24 jam setelah tanggal Paket tersebut seharusnya telah diterima di tujuan untuk kehilangan total atau pada hari yang sama pada tanggal penerimaan Paket untuk kerusakan / kehilangan sebagian.

        Sumber: https://anteraja.id/terms-and-conditions

        • Nih orang yg kagak paham aturan ekpedisi kali jadi nya sok tau, orang menyalahkan Shopee karena pihak Shopee tidak menyediakan fitur asuransi seperti Tokopedia, gw pernah kehilangan redmi note 10 pro harga 4jt di Tokopedia pake anteraja dan karena pembeli pake asuransi jadi di ganti full tuh 4jt bahkan kagak kurang 1 rupiah pun, coba kalo tuh barang hilang pake Shopee ya jelas kagak bakal balik full, dr sini sudah jelas yg salah siapa, semua ekpedisi itu ada asuransi nya tong kalo lu emang kagak tau apa2 tapi pihak Shopee nya yg gak ngasih seolah2 kebijakan asuransi yg sudah di tawarkan pihak ekpedisi tapi di tolak mentah2, hadehh bilang gw sok tau, gw jual beli HP lebih dr 400 unit/bulan jadi tau mana yg lebih di salahkan

          • Ente lg jelek2in Shopee ya? Gak nyambung ama masalahnya.

            Sini bahas solusi, situ masih aja pembahasannya nyalah2in, banding2in. Wkk norak

        • Kecuali kalo ada fitur asuransi di Shopee kek Tokopedia tapi pembeli gak aktifin asuransi ya itu salah pembeli, jgnn pelit sama asuransi tong kalo barang mahal, mau tuh kurir buang ke laut sekalipun kalo pake asuransi ya bakal 100% dapet balik, si cepat pernah hilang hmpir 2jt (redmi 9) tapi ganti full kalo pake asuransi, jadi sudah jelas kalo barang mahal ya asuransi, kecuali kalo beli ciki 1000 an nah itu baru lu kagak usah asuransi

        • Norak? Maka nya jualan barang jutaan tong trs rasakan hilang berkali2 di antara marketplace 1 dengan yg lain, gw ini jualan HP 400unit/bulan (di Tokopedia dan Shopee) dan di Tokopedia pernah hilang tapi pembeli kagak pake asuransi tapi di ganti 500rb an di semua ekpedisi trs mau bilang itu dr Tokopedia? Kocak gaming, itu yg ganti 500rb pihak ekpedisi tong bukan si marketplace, kesalahan fatal Shopee itu cuma kagak nerima fitur asuransi yg di tawarkan ekpedisi, kalo mau bahas solusi ya gak bakal ada selama Shopee kagak mau nerima fitur asuransi dr ekpedisi, kecuali di Shopee emang ada fitur asuransi trs barang hilang ya jelas di sini Shopee gak bisa di salahkan sepenuhnya karena udah ngasih fitur asuransi malah gak di pake

          Berapa puluh jt si lu kehilangan barang kok malah ngatain ke orang yg berkali2 ngerasain, kalo di bawah 40jt/2 tahun gak usah ngtain gw tong, maka nya lu rasain sendiri aja kek gw biar lu tau solusinya harus apa, udah banyak orang yg kehilangan barang di Shopee karena ga ada fitur asuransi masih aja gak ada perubahan pdhal sudah tau kalo masalah nya di situ ya solusinya di situ

          • Kasih tau dong nama toko ente. Ane tertarik borong dagangan ente. Biar ada cerita, "pernah hilang miliaran"

            Yukk

    • Setuju sama opini mas nya,
      Yg salah pihak kurirnya,
      Yg beli jg knp pilih kurir MK, pdhl jne lbh amanah,

      • Semua ekpedisi gak ada yg murni 100% amanah, JNE pernah crash barang 32jt, si cepat pernah 2jt, anteraja 4jt, JNT pernah 1 jt an hilang jadi semua ekpedisi sama aja kalo ada yg bilang amanah itu berarti belum apes nya coba tanya orang yg apes yg anda bilang amanah, mungkin bakal beda pendapat, intinya kalo barang mahal pake asuransi karena semua ekpedisi bakal ganti 100% tapi kalo gk ada yg ganti 100% itu baru gak amanah karena menyalahi kebijakan sendiri

    • Penggantian 10x ongkir itu standard yg berlaku di jasa kurir kalau tidak pakai asuransi, bukan shopee.

    • Apa coba yang disalutkan dari Shopee? Secara aturan 10x ongkos kirim yg ganti ekspedisi cuma dibayarkan lewat shopeepay, terus apa ganti rugi yg dikasih shopee? Sepeserpun ga keluar duit dia, malah lemah karena ga menyediakan asuransi dalam built in aplikasi, ya ga salah kalau banyak yg kritis dan kemudian meninggalkan shopee

  • Shopee harusnya jadi penjembatan. To shopee nya jg Salah saya jg sering dikecewain shopee

  • Banyak maling di kurirnya… seharusnya ini jadi tanggung jawab kurir namun shopee juga gak boleh lepas tanggung jawab karena mereka jadi medianya, saya sarankan gak usah aja jualan di shopee dan gak usah gunakan lagi kurir ini..banyak masalah di sana

  • Dengan syarat & ketentuan nya seperti itu sama aja mereka melihara maling, yang bikin rusak nama perusahaannya mereka sendiri.

  • Shopee emang sering bikin keputusan sepihak dan merugikan salah satu pihak. Saya juga kapok jualan di shopee. Akun kena banned, Ampe berkali kali telpon kenapa dibanned sampai sekarang cs gak kasih penjelasan. Anehnya saldo penjualan malah ditahan. Ampe berbulan bulan. Barang punya kita, kita jual eh dananya malah di tahan. Kapok bener jualan dishopee. Bener bener kapok.

    • Anter aja jasa kirim paling lelet dan ga rekomend saya tetap pakai shopee untuk belanja karena lebih srek dihati?

      • Mas bro,, yg saya baca di media konsumen ini,, rata-rata yg dirugikan adalah pihak penjual, dgn barang yg harganya cukup mahal dan harus "dipaketkan" ke pembeli yg ketika barang hilang di perjalanan, buyer dapat ganti setimpal sedangkan seller merasa dirugikan karena ganti rugi yg nggak sesuai.

        Wajar kita sebagai pembeli, lebih senang menggunakan "si oranye" ini. Tapi cukup pahit bagi penjual barang-barang yg harus dipakaikan "asuransi".

        Jadi PR buat "si oranye" semoga kebijakannya lebih baik lagi.

    • CS Shopee memang seperti itu om mau di fitur chat atau telpon, dia hanya sebagai penerima kendala / keluhan saja nanti baru di lempar ke divisi terkait.
      hasil dari tim terkait nya pun di berikan via CS si penerima kendala / keluhan dulu baru ke kita sebagai member via email / telpon.
      jadi si tim terkait ini selalu di belakang layar, jika nominal nya besar dan om merasa benar / memiliki bukti yang diminta, teken terus aja om suruh manager Shopee telpon om.

      semangat berjuang om

  • Saya sudah uninstall sophee... Barang yg di jual gak bermutu. Beli 2 baju koko... Jadi bangkai. Jahitan asal2 an. Chat toko nya diam aja. Shopphee memang bangke

    • Ya kalo itu bukan Shopee nya tapi penjualnya, mau orang itu jualan di Tokopedia, Bukalapak atau Lazada, masa yg di salahin aplikasinya? Bukan orang yg jualannya? ? Trs kalo orang yg nipu jualan di pasar, masa' yg di salahin pasar nya? Bukan orang nya?

      • Ts hanya sedang apes aja dengan kelakuan oknum kurir ekspedisi dan menyalahkan pihak shopee padahal selama ini para seller paling laku nya di shopee karena mau di hujat bagaimana pun di shopee lah paling ramai pembeli nya.