Surat Pembaca

Kecewa dengan “Check In Online” Batik Air, “Boarding Pass” Tidak Terkirim ke Email

Kepada Yth. Tim Batik Air di tempat,

Perkenalkan nama saya Erni. Saya adalah salah seorang penumpang Batik Air, yang pada tanggal 13 Juli 2022 kemarin, terbang dari Lombok menuju Jakarta dengan penerbangan ID 6557. Melalui surat ini saya ingin menanyakan sekaligus menyampaikan kekecewaan saya pada mekanisme pengiriman boarding pass melalui email pada laman website check in Batik Air.

Kronologinya, pada tanggal 12 Juli 2022, saya melakukan check in online via website Batik Air dengan alamat https://checkin.batikair.com. Setelah status check in berhasil dan muncul lembar file boarding pass, saya klik send boarding pass to email ke alamat email saya.

Setelah itu saya print out sebanyak 1 lembar boarding pass tadi, tanpa men-download file fisiknya ke komputer saya. Karena dalam pikiran saya toh file pdf-nya sudah terkirim ke alamat email saya. Setelah itu saya terbang menuju Jakarta pada tanggal 13 Juli 2022. Kemudian pada tanggal 14 Juli 2022, saya iseng-iseng buka email dan ternyata tidak ada email masuk yang melampirkan boarding pass saya pada penerbangan pertama itu. Saya panik, karena lembar boarding pass yang selembar saya bawa, sudah disobek sebelah ketika di pintu boarding kemarin.

Karena penasaran, hari ini saya coba check in online kembali via laman situs Batik Air untuk penerbangan tanggal 15 Juli 2022, dengan rute Jakarta-Lombok. Namun setelah berjam-jam saya tunggu, ternyata memang tidak ada juga email terkait boarding pass yang masuk ke alamat email saya.

Mungkin bagi mereka yang bekerja swasta itu tidak masalah. Namun ketika berprofesi sebagai ASN, maka lembar boarding pass ini menjadi penting sebagai pertanggungjawaban keuangan negara. Sehingga ketika mendapati kenyataan bahwa lembar softcopy boarding pass tidak masuk ke email, bahkan sampai lewat 1×24 jam, tentunya cukup membuat kami selaku pelaku perjalanan dinas menjadi risau.

Saya berharap ada jawaban dari surat saya ini yang mampu memberikan solusi untuk ini. Mungkin ke depan Batik Air bisa menyediakan fitur seperti Track my Flight/boarding pass, meskipun penerbangannya sudah berlalu. Sehingga ketika terjadi kesalahan teknis seperti kasus saya, kami selaku pelaku perjalanan dinas bisa dengan mudah melakukan print out kembali boarding pass yang tidak masuk ke email tadi.

Terakhir, saya ucapkan terima kasih atas perhatiannya.

Erniwati
Mataram, NTB

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Belum Ada Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pihak yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Komentar

  • Saya 2 minggu lalu juga check in online Batik Air dari Makassar ke Jakarta, ga masuk juga.. saya capture aja dari hp hasil check in onlinenya.. biar dimudahin saat check in buat masuk bagasi.
    Tapi sampe skrg emang tu Boarding Pass ga pernah muncul di email (sampe 2 email saya input padahal), untung kantor saya bisa pake bukti pembelian / pembayaran tiket.. ga wajib boarding pass.

  • Sy juga kecewa nih layanan untuk cek in online batik air perjalanan makassar ke jakarta kirim lewat email bording passx tdk ada nyampai padahal waktu ngeklik kirim sdh terkirim dan saat dicek di email sy tdk ada dan sy cek in online lagi hari ini tgl 15 /3/2023 balik ke makassar,bording passx tdk masuk juga di email padahal sdh terkirim dan kalau ada masalah disistem harap ada pemberitahuan,agar kami ini tdk berharap untuk menunggu

  • Semua masalah yang di sampaikan di atas sudah mewakili semua masalah yang saya hadapi dengan aplikasi BAtik Air

    dan hingga saat tulisan ini saya buat, Batik Air belum ada perbaikan

    Salam Sehat