Inden Kendaraan Mundur 1 Tahun Lebih, BMW Tunas Tidak Bersedia Mengembalikan Deposit Tanda Jadi

Pada tanggal 21 Januari 2022, saya melakukan SPK di BMW Tunas Tebet, untuk pemesanan 1 unit kendaraan BMW iX Electric dengan menaruh deposit sebesar 25 juta rupiah (copy SPK terlampir). Saat itu dijanjikan kendaraan tersebut akan datang pada akhir tahun 2022, sekitar bulan November – Desember 2022.

Pada bulan Maret 2022 ,saya diminta untuk top up deposit sebesar 75 juta rupiah sebagai tanda keseriusan. Namun saat itu saya melakukan perjalanan ke luar negeri untuk melakukan pengobatan dan tidak seluler tidak aktif.

Pada bulan Mei 2022 saya follow up kembali, ternyata saya tidak mendapatkan antrean dan saya harus menunggu 1 tahun lebih sampai Agustus 2023. Saya mengatakan kepada sales-nya, saya tidak bisa menunggu begitu lama karena harga bensin terus naik dan saya harus segera beralih ke kendaraan listrik. Kebetulan Mini Indonesia mengeluarkan kendaraan elektrik dan akhirnya saya mengambil Mini. Dari pihak sales Mini mengatakan bahwa deposit dapat di-refund.

Karena tertulis di SPK deposit adalah 25 juta rupiah, bukan 100 juta rupiah, saya mengajukan refund kepada BMW Tunas. Namun ditolak dan dikatakan deposit akan hangus atau ganti unit pembelian. Saat ini saya tidak berencana melakukan pembelian kendaraan lagi.

Saya pun mengecek ke dealer BMW lain, bahwa deposit atau tanda jadi cukup 25 juta rupiah saja. Melalui surat ini saya hanya berharap agar pihak BMW dapat mengembalikan deposit saya.

Terima kasih.

Eka Darma Putra
Jakarta Barat


Update (27 Juli 2022): Terkait surat pembaca di atas, penulis memberikan klarifikasi dan apresiasi atas penyelesaian masalah oleh pihak pelaku usaha terkait sebagai berikut:

 

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Belum Ada Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pihak yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Komentar