Produk yang Diblokir oleh TikTok Shop

Dear Media Konsumen, terima kasih telah bersedia menayangkan surat ini. Surat ini saya tujukan kepada TikTok Shop. Saya sudah bersabar, tetapi makin lama makin banyak produk saya yang diblokir dan poin pelanggaran toko saya makin lama makin tinggi. ID Seller saya: IDLCAQWL7B.

Saya seller yang berjualan aksesoris handphone, terutama casing/case Hp dan tempered glass. Sebelum saya berjualan di TikTok Shop, saya telah berjualan di Lazada, Shope, Bukalapak, Tokopedia dan tidak pernah sekalipun kena pelanggaran karena produk palsu. Karena memang barang-barang tersebut diimpor dari China dan tanpa menggunakan merk tertentu.

Akan tetapi ketika di TikTok Shop, satu persatu produk saya ada yang kena poin pelanggaran (padahal ada beberapa produk yang sudah terjual).

Saya menuliskan di sini, karena saya bingung mau lapor ke mana lagi?

  1. Produk yang saya jual tidak ada menggunakan merk apa pun, hanya merek HP untuk judul produk. Contoh: “Xiaomi Redmi Note 11 Pro Case TEMPERED GLASS CASE CAMERA PROTECION Case Casing Hp Xiaomi Redmi Note 11 Pro 5G“. Apakah saya harus minta izin kepada Xiaomi Indonesia untuk menaruhnya di judul produk saya? Sementara saya tidak menjual unit handphone, melainkan aksesoris handphone.
  2. Ketika saya upload sebuah produk, judul produk, foto serta deskripsi produk itu sama semua di 5 marketplace ( Lazada, Shope, Tokopedia, Bukalapak, TikTok Shop ) dan di TikTok Shop beberapa bahkan sudah tayang (sudah lolos QC) dan terjual, lalu tiba-tiba kena blokir oleh sistem.
  3. Saya sudah berusaha mengajukan banding, sudah memberikan foto asli produk, tetapi sudah 1 minggu ini beberapa produk saya tidak ada respons apa pun.
  4. Jikalau ada beberapa produk yang ada watermark tertentu, sebaiknya berikan notifikasi agar produk tersebut diperbaiki (meski ada beberapa produk pula yang tidak ada watermark tetap diblokir karena memakai judul awal Xiaomi/iPhone/Samsung).
  5. Sekali lagi saya tekankan, saya tidak menjual Mystery Box. Saya tidak menjual unit handphone. Saya menjual aksesoris handphone dan berfokus dengan aksesoris handphone, terutama casing/case Hp dan tempered glass, anti gores (anti gores saja kena blokir dan kita ajukan banding pertama ditolak karena katanya tidak valid).

Ferry
Jakarta Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Belum Ada Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pihak yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Komentar

  • Mau tanya dulu nih, Apakah Tiktok itu aplikasi Sosmed atau Marketplace?
    Aku masih kurang paham.

  • Sekilas saya lihat nama produk kemungkinan penyebab masalahnya.

    "Xiaomi Redmi Note 11 Pro Case TEMPERED GLASS CASE CAMERA PROTECION Case Casing Hp Xiaomi Redmi Note 11 Pro 5G" akan sangat berbeda bila diganti "TEMPERED GLASS CASE CAMERA PROTECION case for Xiaomi Redmi Note 11 Pro 5G" .

    Kemungkinan Tiktok shop melarang penggunaan kata-kata dalam nama produk yang membingungkan dan terkesan adalah produk original dari merek HP tersebut, apalagi nama produk dengan menggunakan bahasa inggris.

  • Jangankan tiktok...saya aja yg baca nama barangnya aja pusing
    Knp gag dikasih nama " Case for redmi note 10 pro " misalnya

  • "Xiaomi Redmi Note 11 Pro Case TEMPERED GLASS CASE CAMERA PROTECION Case Casing Hp Xiaomi Redmi Note 11 Pro 5G” Mungkin Nama Produknya kurang panjang,hingga di blokir system Tiktok. Seharusnya yg tepat seperti ini:
    "Xiaomi Redmi Note 11 Pro Case TEMPERED GLASS CASE CAMERA PROTECION Case Casing Anti Gores Kaca Anti Gores Kaca Untuk Pelindung Kamera Belakang CASE CASING KESING BEBUNGKUS HAPE PELINDUNG HAPE KONDOM HAPE Untuk Hp Xiaomi Redmi Note 11 Pro 5G” ✌️🤭

    • coba baca baik2 penjelasan saya di awal ya kak :)

      penggunanan judul produk itu sama semua di toko saya baik Shope , Lazada, Bukalapak , Tokopedia, Tiktok Shop

      dan barang kejual koq :)

  • Coba buat judul produk yang singkat, padat & jelas. Keterangan lainnya bisa ditulis di deskripsi produk

  • Menurutku karena judul barang yg membingungkan.. Dikiranya jualan hp, ternyata casing/tempered nya aja.. Hapus aja produknya, upload ulang pakai nama yg lebih jelas,,

    • Judul Produk saya pakai di 5marketplace
      dan cuma tiktok kena blokir akhir nya ada sedikit yang di rubah
      dan saya tidak menjual handphone, jangan dikiranya om, ga ada handphone yang harga nya dibawah 45-75k

        • Benar
          tetapi secara garis besar hampir sama semua aturan nya
          yang membedakan hanya bagaimana sistem trafik mereka berbeda, pusat komplain nya juga berbeda

          tetapi aturan paling dasar nya sama koq :)

    • Trik jualan Online, semua keyword harus di maksimalkan

      ga bisa anda cuma tulis CASING HP REDMI NOTE 9 PRO

      • Gini loh mas semua marketplace tentu ada TnC nya masing2. Ga bisa semua di pukul rata di tokopedia ato shopee mungkin bisa, belum tentu di marketplace lain bisa. Contoh situ nulis "Xiaomi Redmi Note 11 Pro Case TEMPERED GLASS CASE CAMERA PROTECION Case Casing Hp Xiaomi Redmi Note 11 Pro 5G" brand smartphone nya sampe di sebutin 2 kali. keyword itu cara kerjanya cukup input 1 kata saja sudah termasuk di pencarian. Karena sifatnya itu terhitung pencarian luas bukan specific. Orang2 disini sepertinya memberikan masukan supaya situ bisa jualan lagi ga ada salahnya kan di coba.

  • Judulnya kepanjangan dan sedikit membingungkan.. Mgkn bisa disederhanakan. Saran saja

  • Nama barangnya membingungkan. Saya juga biasa search smartphone malah banyak muncul cuma aksesoris kayak tempered glass sama casing aja. Tolong kasih nama yang benar dan tidak nyampah ya.

    • Judul Produk saya pakai di 5marketplace
      dan cuma tiktok kena blokir akhir nya ada sedikit yang di rubah
      dan saya tidak menjual handphone, jangan dikiranya om, ga ada handphone yang harga nya

      Judul Smartphone biasa nya
      XIAOMI REDMI NOTE 11 PRO 8/128 GB GARANSI RESMI ( harga 4jt++ )

      Sedangkan saya
      XIAOMI REDMI NOTE 11 PRO CASE SOFTCASE ( harga 10-75k )

      ketika anda mencari Smartphone
      pasti anda akan ketik awal yaitu merk dan tipe hp nya

      itu keyword kunci untuk produk tampil paling atas, be smart dikit tinggal pake filter harga di marketplace lsg keliatan mana yang handphone mana yang aksesoris nya

    • Maaf cuma masukan . Sesama jualan d marketplace. Sharing Aja .. yg kkak jual kan temperglass, softcase dll .. jadi lbih baik Dan lebih tepat nya kata kunci nama produk di ganti contoh nya "Temperglass Samsung dll" BUKAN "Samsung temperglass" kjdian sprt ini bukan d toko kkak saja. Bnyak toko yg mngalami hal Sama pintar pintar Kita saja lah untuk ttap Jalan tokonya , Krn aplikasi marketplace sewaktu waktu bisa update security system. 🙏Klau kkak masih ngotot mpertahankan nama produk sprt itu smakin bnyak pelanggaran Dan semakin merugikan diri sndri . Mau nulis di MK pun iya yg salah ttap toko kkak .Krn kan nama produk kurang tepat !! Sprt yg Saya cntohkan d atas . 🙏

      • Khusus untuk tiktok sudah di rubah dan tidak memakai merk tertentu pada judul :)
        marketplace lain aman :)

        Itu semua balik kepada seller bagaimana mereka membuat judul karena kan pasti ada rumus tersendiri
        dan saya terbiasa memberikan 1tipe hp untuk 1 judul produk supaya pembeli bisa memilih sesuai dengan tipe hp yang di pesen, tapi ada juga seller yang membuat 1 judul untuk rame2, balik kepada strategi tiap toko aja :)

      • FYI
        di sana ada 2 sistem QC, 1 human pasti lolos, kedua by sistem

        nah jika kita upload kebetulan ada tim yang QC otomatis lewat tetapi nanti pas sistem nya baca......... bisa kena blokir.... lalu kita ajukan banding dan biasa nya banding itu 1-2hari langsung lepas point penalty....

    • Tidak :)
      tapi saya sudah dapat solusi dan semua banding saya berhasil, point pelanggaran di hapus :)

      Yang berkomentar bukan para penjual online jadi keliatan komentar nya hanya mengkritik tanpa hasil yang jelas :)

      Padahal sudah saya katakan di Point nomor 2 tentang judul produk

      • Halo kak, begini literasi membaca masyarakat Indonesia sangatlah rendah. Saran saya agar bisa memaksimalkan kata pencarian di Tiktok boleh diusulkan menjadi TEMPERED GLASS CASE CAMERA PROTECION/ SOFTCASE ANTI CRACK/(ITEM LAIN) FOR.. (MEREK HP).

        Semoga masukan saya bermanfaat ya kak 😊.

    • TS gk mau ngakuin kesalahannya 🤣udh jelas judul produk bersifat Clickbait.. mancing org buka produknya.. yah itu trick marketing sih

      • Iye bener, nih tipikal orang yang ngeyel. Masing-masing platform punya ketentuan dan penilaian yang berbeda. Tapi die tetep nyamain bahwa jualan di 5 Marketplace dengan judul itu gpp. Ya jangan di samakan tong, tinggal ente ganti judulnya khusus buat di TikTok shop apa susahnya. Ngeyel amat jadi orang.