Surat Pembaca

Lazada Menolak Pengajuan Refund untuk Pesanan yang Tidak Lengkap

Saya kecewa sekali dengan Lazada akhir-akhir, karena proses retur dan refund yang ribet, padahal kesalahan dari pihak seller. Saya tahu sebenarnya banyak seller nakal di Lazada, tapi bagaimana lagi, saya tergiur dengan harga murah, meski akhirnya kecewa uang enggak bisa kembali.

Bukan masalah seberapa besar uangnya, tapi klaim garansi Lazada melindungi pembeli jika barang yang diterima tidak sesuai ataupun barangnya sama sekali gak dikirim. Saya pesan 2 item dalam satu paket, tapi satu itemnya tidak dikirim. Saya chat dengan CS Lazada, tapi jawabannya berbelit-belit, malah disuruh tanya ke tetangga. Padahal saya bilang bahwa pesanan tidak lengkap, bukan tidak datang.

Konyolnya lagi, sudah tahu pesanan tidak lengkap, malah disuruh mengembalikan barang yang gak dikirim itu biar bisa refund? Lah barangnya aja gak dikirim, bambang. Gimana sih? Konyol kan? Saya lebih mengerti proses retur dari CS Lazada sendiri (yang ngetiknya typo parah dan gak jelas). Pengalaman buruk, sudah saya beberkan dengan jelas semua ke CS John (lupa siapa nama panjangnya) malah dialihkan terus ke topik yang lain.

Oleh seller-nya juga disuruh refund, tapi karena ini seller dari luar negeri, jadi cuma bisa lampirkan bukti foto, padahal saya juga ada video unboxing. CS John ini yang menolak pengajuan refund dana, dengan alasan data gak lengkap. CS Lazada sangat tidak professional.

Terlebih lagi sekarang jika pengajuan pengembalian dana ditolak jadi gak bisa ajukan pengembalian dana lagi dan dianggap pesanan selesai. Saya minta solusi ke CS, malah disuruh kembalikan barang yang gak dikirim. Gimana? tidak logis sekali.

Tifany Elok Aprilia
Kab. Malang, Jawa Timur

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Belum Ada Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pihak yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Komentar

  • saran, video unboxing bisa diupload di youtube. dan bagikan linknya ke lazada atau pihak terkait.
    semeoga bermanfaat dan terselesaikan

  • Setuju dengan saran @Eidos, video unboxing sebaiknya upload ke layanan terpisah dan sertakan link-nya untuk klaim.

    Saya bisa paham kalau CS kurang fokus karena mungkin menangani banyak pengaduan lain. Menyalahkan CS tidak serta-merta masalah teratasi karena mereka cuma bemper garda depan yang gajinya kecil. Lazada (sebagai platform) dan seller adalah pihak yang patut anda kejar tanggung-jawabnya.

    Anda tulis, "Saya tahu sebenarnya banyak seller nakal di Lazada, tapi bagaimana lagi, saya tergiur dengan harga murah, meski akhirnya kecewa uang enggak bisa kembali." — Sepertinya anda paham dengan benefitnya tapi tidak siap dengan resikonya. Saya tidak bermaksud menyalahkan, tapi pernyataan di atas menunjukkan kelemahan anda.

    • Kok situ tau gaji kecil ? Situ Cs lzd juga ? sekecil gaji cs bkn tetep umr 4jt+ ya

      • Rata rata cs perusahaan gini ambil karyawan di perusahaan outsourcing Jogja, soalnya banyak di Jogja perusahaan gini. Apa lagi murah gajinya

  • Pengalaman belanja di Lazada untuk seller dari luar negri memang seperti itu.
    Itu order 2 produk berbeda dari 1 seller tapi yang dikirim cuma 1. Aku pernah oder 2 barang sama yang dikirim cuma 1. Tapi untungnya sellernya memang langsung bisa terima kesalahan dan proses refund untuk pesanan aku berjalan lancar.
    Untuk kasus penulis memang sepertinya terjadi miss-komunikasi antara buyer dan CS. Seharusnya setelah chat dgn seller, lalu buyer mengajukan proses refund, & proses refund tsb seharusnya langsung sukses. Karena seller sudah membaca keluhan buyer dan paham kenapa ada proses refund sebagian. Entah di kasus ini siapa yang salah. Lazada atau seller nya, karena kok bisa terjadi penolakan ya...?!

  • Ada 2 pilihan refund tanpa mengembalikan produk krna produk tidak di kirim, refund mengembalikan produk karena produk tidak sesuai deskripsi, jadi pahami dulu 2 hal itu, kami seller lazada kalau ada pengajuan refund yg alasan refundnya jelas dan buktinya jelas kalau tidak di acc kami kena pinalty, jadi tidak gampang menolak refund apalagi dengan bukti kuat mohon pahami tata cara refund ???

  • Coba gaskeun di Twitter. Mereka akan DM dan minta kejelasan. Sertakan bukti yang ada. Mereka akan minta nomor telepon yang bisa dihubungi. Anda bisa leluasa menyampaikan semuanya. Karena chattingan di aplikasi belum tentu ada kesepahaman.
    Siapkan Video untuk Tiktok dan segala jenis sosmed, rekam pembicaraan telepon.
    Minta nomor komplain untuk di reissue kembali jika masih berlarut.

    • Saya juga sama, seminggu lalu pesan di Nutrimart Lazada pakai instant, tapi barang dikembalikan lagi ke seller karena driver ga nemu alamat saya. Pantes saya tunggu sampe sore ga sampe jg, baru tau dari CS Nutrimart kalo paket saya dikembalikan driver. Sama drivernya dibikin status terkirim lagi. Jadi saya ajukan pengembalian dana karena barang ga diterima. Udah kasih bukti chat CS Nutrimart tapi pengajuan ditolak. Alasan ya sama bukti ga lengkap. Mau banding ga ada menunya, alhasil cuma bisa chat CS trs tanpa jelas bisa balik nggak uangnya. Kan semprul, itu yg nolak Lazada apa sellernya sih?