Surat Pembaca

Masih Percaya dengan Promo Seller Tokopedia?

Saya melakukan pembelian produk Prenagen susu UHT 200 ml di official store Tokopedia, ketika ada promo potongan harga dengan waktu terbatas. Saat saya melakukan pembelian 9 pcs susu UHT choco, harganya Rp20 ribu.

Selesai melakukan pembayaran, pesanan saya langsung diproses oleh seller dan hanya hitungan menit pesanan saya sudah dikirim (req pick up) tanpa kendala sama sekali. Namun ketika paket sampai, isi paket yang didapat hanya berisi 3 pcs susu UHT strawberry (jumlah produk berbeda dan varian produk juga beda).

Ketika dikomplain, alasan dari seller official store Tokopedia mengatakan ada kesalahan harga. Jika betul ada kesalahan harga, apakah saat proses packing tidak melihat invoice pesanan? Jika ada kesalahan harga, kenapa paket dikirim tanpa ada informasi apa pun dan proses pengiriman sangat lah cepat?

Namun apa pun alasannya, saya sebagai pembeli tentunya ingin mendapatkan produk sesuai dengan invoice pesanan saya. Solusi dari seller hanya ada 2, yaitu saya harus menerima paket yang berisi 3 pcs atau retur refund.

Solusi dari admin Tokopedia Care bagaimana? Belum ada solusi final. Namun sepertinya admin Tokopedia Care mengikuti solusi seller official store tersebut, dikarenakan penjual diminta mengirimkan produk sesuai dengan pembelian saya dan jika penjual tidak mengirimkan produk, maka saldo penjualan tetap akan diberikan kepada penjual.

Saya sebagai pembeli apakah rugi? Secara langsung tidak rugi, karena jika produk saya kembalikan maka saldo saya akan kembali. Namun secara tidak langsung, saya sebagai pembeli merasa sangat dirugikan, karena apa yang ada di iklan Tokopedia tidak sesuai dengan apa yang saya dapatkan.

Saya juga harus menyia-nyiakan waktu saya mulai dari sebelum melakukan pembelian (saya juga meminta 2 saudara saya untuk membantu membeli produk tersebut menggunakan akun Tokopedia mereka), kemudian melakukan komplain ketika produk sampai, hingga membalas solusi Tokopedia Care yang tidak tegas.

Dari kasus di atas Apakah Tokopedia melalui Tokopedia Care hanya membiarkan seller apalagi seller official store di Tokopedia melakukan hal seperti ini? Karena kesan saya adalah, ini hanya permainan seller untuk menarik pelanggan dengan cara melakukan promo dalam waktu tertentu seperti flash sale, kejar diskon, WIB, dsb yang ada di Tokopedia.

Jika seller benar melakukan kesalahan harga seperti alasan dari seller tersebut, kenapa saat invoice masuk langsung dikirim produk yang berbeda (hanya hitungan menit paket langsung dikirim) tanpa ada konfirmasi apa pun? Padahal jelas-jelas di invoice terdapat informasi produk yang dibeli.

Jonatan
Kab. Bekasi, Jawa Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Belum Ada Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pihak yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Komentar

  • Ya mungkin terjadi miskomunikasi antara seller dan tokopedia. Sama seperti flashsale yg barangnya tidak dikirim.

    • Jadi terkesan seperti permainan seller pak, jika pembeli menerima ya bagus dan tinggal retur refund jika pembeli tidak terima toh seller tidak rugi karena barang kembali dan ongkir ditanggung oleh tokopedia

    • Kejadian yang sama juga saya alami di tokopedia saat transaksi tgl 28 Juli 2022.Pihak seller kirim barang yg tdk sesuai pesanan.Kesalahan saya adalah kurang cek dan ricek sehingga begitu barang sy terima lsng saya klik selesai tanpa unboxing dulu.Saya komplen ke sellernya via chat dan saya setuju order ulang barangnya lagi.Masalahnya saat mau membeli barang tsb ternyata harganya udah dinaikkan secara fantasis dari Rp.32.000 ke Rp.349.000.Akhirnya saya batalkan pembelian barang tsb dan langsung chat ke tokopedia care untuk menegur ulah sellernya itu.Tapi tampaknya Pihak admin Tokopedia Care lbh memihak ke sellernya drpd ke buyernya.Ya udah selanjutnya sy black list aja itu sellernya.

        • Udah saya blacklist.Tawaran refund barang atau order ulang dengan harga yg sdh "dinormalkan" kembali tidak saya gubris.Buka buka lapak lainnya ternyata ada yg jual barang yg sama tapi harga yg jauh lbh murah.

    • Kalo flash sale emang sering bohong temen2, jangan mau diburu2 beli sale yg pakai waktu, 90% barang yg disale bsk2 juga sama harganya.
      Trus cek di toko online lainnya biasanya harganya memang lagi turun harga.
      Trus untuk grab dan gojek aplikasi pesan antar makanan yg lainnya ( shopefood )
      Mereka biza seenaknya membatalkan
      Pesanan walaupun kadang kita sudah menunggu sebentar / lama.
      Saya pernah beberapa kali sudah 30 menit menunggu eh dibatalkan... udah 1 jam menunggu eh dibatalkan udah 15 menit menunggu eh dibatalkan, jadi kadang kita tinggal hpnya, trus ditunggu2 kok ga dateng2

  • Tokopedia Care yang sekarang jauh berbeda,lebih memihak seller iseng ikutan flash sale kejar diskon yang dibatalkan beralasan salah harga baik itu official store maupun toko biasa,dan tidak mau bertanggung jawab ...

    • Yang saya alami saat ini, saat di komplain seller menyampaikan ada kesalahan harga namun anehnya pesanan saya langsung diproses dan dikirim dalam hitungan menit pak.
      Menurut saya aneh, karena pesanan langsung dikirim dengan jenis yg berbeda dan jumlah yg berbeda dengan invoice tanpa ada konfirmasi apapun ke pembeli..
      Jadi seperti kalo pembeli Nerima ya untung kalo pembeli komplain ya tinggal minta retur refund aja dan si seller tidak ada kerugian sama sekali gitu karena ongkir tentunya ditanggung oleh tokopedia

  • ini anda yang beli garam tengah malam, minta sampai jam 1, sampai nya jam 2 terus anda komplain di media konsumen kan ya?

      • Koreksi ya,, bukan minta sampai jam 1 tapi sampai jam 2 ya om.
        Tapi pesanan '2 jam sampai' namun lebih dari 2 jam paket tidak kunjung sampai dikarenakan driver grab instan membatalkan pick up setelah lebih dari 1jam status penjemputan paket

  • Sekitar pukul 10 pagi ini saya mendapat telp dari Tokopedia care yang memberikan solusi retur refund dan Tokopedia memberikan kompensasi voucher agar kasus ini tidak berlarut-larut.
    Saya sebagai pembeli tentu menghargai solusi Tokopedia care apalagi saya dijanjikan akan mendapat voucher.
    Namun yang saya harapkan dari awal komplain hingga surat ini saya tulis adalah pertanggungjawaban dari seller yang tidak bertanggung jawab tsb.
    Sepertinya saya akan retur refund agar permasalahan ini selesai.
    Harapan saya Tokopedia lebih tegas terhadap aturan transaksi di Tokopedia sehingga pembeli dan penjual merasa aman bertransaksi tanpa perasaan was-was

  • Check outnya banyak akun ya ? tiati aja semuanya pd dibanned lho. aplg terpampang disini. tokped sensian kl kita punya byk akun

    • Akun tidak jadi masalah pak,, karena satu akun punya satu identitas KTP.
      Jika Tokopedia mempermasalahkan banyak akun tinggal diverifikasi saja masing-masing akunnya.
      Dan biasanya yg jadi masalah akun banyak dengan alamat yg sama itu jika pakai kode promo (voucher) jadi dicurigai pemilik akun satu orang dan cashback tidak diberikan.

  • Refund aja kak, FS besar tu ada subsidi dari toped kecuali fs gimmick ( terlihat dari harga yg di up ga masuk akal), keenakan sellernya kalau kakak terima. Ongkir refund yg nanggung seller klo kasusnya kaya bgini.

  • Hadeuhhh.... yaa tinggal retur j, kalo emg g mau rugi ya, g usah minta2 lebih , voucher lah, diganti brg lah,

    Kemungkinan salah lihat pas packing, mungkin karyawan baru yg bgiian gudang nya, kesalahan pasti ada, toko biasa atau dilayani Tokopedia juga mrka manusia biasa, harap dimaklumi,

    Harga 20rb pke acara MK sgla tinggal selesaikan di ruang komplain sgla sat set tinggal pilih opsi yg di tawarkan,
    Jgn mengharapkan lebih namanya jg untung2.an, berfikir positif j mungkin belum rejeki nya, sedikit2 berburuk sangka, jgn gtu ya.
    Terimakasih

    • Apakah saya salah meskipun hanya meminta tanggung jawab seller untuk mengirimkan produk sesuai dengan iklan saat saya membeli?
      Saya tidak meminta dan tidak berharap apapun pun, saya hanya ingin seller bertanggung jawab untuk mengirim pesanan sesuai invoice.
      Bukan masalah nominal,, namun masalah tanggung seller.

    • Anda lucu ya bro. Hal seperti ini gk bisa di biarkak terus menerus, kalau di biatkan akan banyak seller nakal yang melakukan trik yang sama dan ini merugikan pembeli yang akan rugi waktu ongkos ke gerai kurir ketika melakukan pengembalian dsb. Dan ini namanya penipuan bro

  • Seperti biasa, banyak "Penghuni Surga" di MK
    Tgl refund lah, bukan rezeki lah
    Bahkan si IVAN smpe beli SUSU jadi GARAM

    ITU SEMUA MURNI PERMAINAN dr seller dan MP
    Karena klo harga promo tidak di masukin seller, gak mungkin bisa terjadi
    Lagian sesuai yg di katakan TS, dr invoice kan kelihatan

    TANGGUNG JAWAB TOKOPEDIA

    • Sebenarnya saya juga pernah beberapa kali mengalami hal ini di shopee, namun seller konfirmasi terlebih dahulu dan belum pernah mengalami paket langsung dikirim meskipun tidak sesuai dengan invoice.

  • Menurut saya penjual & pembeli sama aja
    Penjual masih menggunakan cara tipu" untuk menarik pembeli & pembeli terpancing dengan harga murah. Tiitik pake k bukan t ?