Surat Pembaca

Autodebit Pembayaran Tunggakan Kartu Kredit Tanpa Sepengetahuan dan Persetujuan

Saya memiliki tunggakan pada kartu kredit Bank CIMB Niaga, dikarenakan situasi pandemi yang menyebabkan saya tidak dapat melakukan pembayaran. Pada akhirnya satu bulan lalu saya baru mendapatkan pekerjaan kembali dan membuka kembali rekening CIMB Niaga.

Pada hari ini saya mendapatkan gaji saya. Namun saat saya melakukan pengecekan mutasi, terlihat bahwa adanya autodebit untuk kartu kredit CIMB saya dengan nominal Rp2 juta. Proses autodebit ini tanpa sepengetahuan dan persetujuan saya sebagai pemilik rekening CIMB Niaga tersebut.

Saat saya cek di akun Octo Mobile pun tidak ada akun kartu kredit saya yang tertera, tetapi pihak CIMB Niaga tanpa adanya persetujuan atau informasi langsung melakukan autodebit ini. Padahal saya pun tidak pernah menyetujui pembayaran secara autodebit saat melakukan pembukaan kartu kredit ini.

Saat konfirmasi ke bank, karena data saya disebutkan sudah masuk ke collection, akhirnya saya diminta untuk konfirmasi ke pihak collection. Namun saat saya konfirmasi, mereka mengatakan bahwa memang bisa melakukan autodebit dan peraturan tersebut ada saat melakukan pembukaan kartu kredit. Beruntung katanya, karena di bank lain akan langsung autodebit sesuai nominal tunggakan, tapi kalau di Bank CIMB Niaga ini hanya minimal payment.

Saya kaget dengan hal ini, karena iya saya memiliki tunggakan, tapi uang yang mereka autodebit ini juga uang saya hasil kerja saya, yang mereka main ambil seperti itu. Data kenapa autodebitnya 2 juta juga saya tidak diberikan dan ke mana larinya uang saya juga tidak ada konfirmasi yang jelas dan bukti tertulisnya.

Mohon untuk dilakukan pengecekan lebih lanjut dan berikan kejelasan dengan data untuk saya.

Terima kasih.

Ghea Narani
Tangerang, Banten

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Tanggapan CIMB Niaga atas Surat Ibu Ghea Narani

Dengan hormat, Sehubungan dengan surat Ibu Ghea Narani yang berjudul “Autodebit Pembayaran Tunggakan Kartu Kredit Tanpa Sepengetahuan dan Persetujuan” (Mediakonsumen.com,...
Baca Selengkapnya

Komentar

    • Bank memiliki hak untuk mengambil uang anda dari rekening anda untuk membayar tunggakan tagihan Anda. Tanpa persetujuan dari anda. Kalau harus melalui persetujuan anda, kelamaan dan pasti berbelit belit dan banyak alasan. Supaya jangan heran baca kembali aplikasi yang anda tanda tangani waktu apply kartu kredit

  • ya kali bank Cimb minta ijin dulu kalo mao ngedebet,, entar yg ada ATM si ts di kosongin terus supaya gak ke debet..
    gak dijelasin jg sih Ts nunggak berapa duit ke bank cimb

  • Luar biasa ngeluhnya. Kamu utang di bank trus bank ambl duit na sendiri. Kamu marah?

  • Waktu buka kartu kredit apapun saya sih baca ada sk bank berhak mendebet rekening nasabah jika terjadi tunggakan, ini bank apapun,

    kalau autodebet beda lagi persetujuanya ada di formulir aplikasi

    Payrol nya hanya cimb niaga?

  • Hahaha bagus kl gitu emang udah jalannya anda hrs bayar utang. Punya utang dan bikin rekening di bank yg sama. Mungkin "kepolosan" anda dibaca oleh bank sbg itikad baik utk membayar hutang CC anda, krnnya hanya di debet jumlah minimum pembayaran hutang.

    Bank bahkan berhak menonaktifkan CC anda sekaligus membekukan rek anda atau menarik seluruh dana sesuai hutang anda, dan kewajiban bayar anda tetap berlaku smp lunas.

    Tgu aja laporan yg tiap bulan dikirim, lengkap nanti perinciannya. Dan anda bs hub bank utk dibuatkan cicilan tetap dgn jumlah nominal yg disepakati bersama bank kl berat di debit sebesar 2 jt, itu saran dr saya.

    Bank juga punya hak atas kewajiban anda, jd jgn dikira cm anda yg boleh mempunyai hak.

      • Hi Kreasi, terima kasih untung tanggapannya.
        Total tunggakan saya seperti yang mereka infokan melalui email hanya nominalnya saja sebesar 7jt tapi saya belum mendapatkan rincian dari perhitungan tsb.
        Saat ini bukti tertulis yang saya miliki dari hasil mutasi rekening saya, saya masih menunggu dari pihak bank perihal perhitungan rincian tunggakan saya dikurangi oleh pendebetan otomatis saya dan selanjutnya untuk proses dijadikan cicilan

        • Maka buat buka rekening di bank lain atau pakai nama istri suami di rekening jadi tidak kena oto debet.

    • Hi Dewa,

      Terima kasih untuk tanggapannya serta sarannya.
      Betul saat ini saya masih menunggu dari pihak bank tsb perihal rinciannya perhitungannya untuk masuk ke proses pembuatan cicilan.

      Stay safe & stay healthy!

      • @Ghea, kl dibaca dr link yg disampaikan salah 1 komentator, cimb mencetak billing statement setiap tgl 18 per bulannya. Jd nanti baru diatas tgl 18 Agustus anda terima rinciannya. Saya tidak membaca anda mau lari dr hutang tsb, krnnya sebaiknya dibuat kesepakatan segera dgn bank mengenai cicilan flat dgn jumlah yg disepakati agar gajinya bisa digunakan utk memulai kerja. Tetap semangat ya

        • @Dewa, baik terima kasih!
          Yang saya alami adalah saya kaget saat coba cek mutasi ada nominal pendebetan tsb tapi sesudah di debet dari pihak bank tsb tidak memberikan konfirmasi bukti pembayaran atau rincian apapun di hari pendebetan itu terjadi.

          • @Ghea, iya saya mengerti, sdh pasti kaget, terlebih baru mulai kerja lagi. Sy paham anda pasti baru mau bikin planning ini itu, tau² tdk disangka ini terjadi. Turut simpati ?

  • Pendebetan saldo di rekening untuk membayar tunggakan kartu kredit memang hal yang wajar, karena hal itu dilakukan beberapa bank lain juga. Solusinya memang jika merasa punya tunggakan di satu bank, jangan simpan uang di bank yang sama.