Surat Pembaca

Layanan Komplain Pengiriman Antaraja di Tokopedia Kurang Berguna

Halo media konsumen,

Kami penjual di Tokopedia dengan nama Toko Gudangshakeel. Pada dasarnya penjualan kami hampir 50% menggunakan jasa kirim Antaraja karena memang kurirnya paling rajin pickup. Dalam 1 hari bisa 2x-3x sehari dan kurirnya baik serta responsif selama ini. Tapi sudah 1-2 bulan ini pengiriman Antaraja sering mengalami permasalahan.

Dan puncaknya 1 minggu ini ada 2 paket pengiriman ke Customer kami di Bali mengalami permasalahan dengan 2 resi sbb:

  • 10005183196913 – Pengiriman tanggal 15 Juli hingga tanggal 21 Juli 2022 Paket masih status ditugaskan ke Kurir Satria, hingga saat ini Paket belum sampai ke Pelanggan dan sudah kami laporkan ke call center Antaraja dengan nomor pelaporan 6306104 dari tanggal 25 Juli dan sudah masuk ke laporan komplain Tokopedia
  • 10005211698460 – Pengiriman tanggal 19 Juli hingga tanggal 23 Juli 2022 Paket masih status ditugaskan ke Kurir Satria, hingga saat ini Paket belum sampai ke Pelanggan an sudah kami laporkan ke call center Antaraja dengan nomor pelaporan 6240154 dari tanggal 28 Juli dan sudah masuk ke laporan komplain Tokopedia
Resi pengiriman pertama
Resi Pengiriman pertama
Resi pengiriman kedua
Resi pengiriman kedua

Hingga hari ini baik dari Antaraja belum dapat konfirmasi sama sekali, sedangkan customer kami yang bule ada di Bali sangat kecewa dengan pelayanan dari toko kami, Tokopedia dan Kurir Antaraja dan merasakan customer experience yang sangat jelek berbelanja di Tokopedia. Pihak Tokopedia juga sampai saat ini belum memberikan solusi dan belum juga mem-followup kendala kami dan hanya kami yang sibuk melaporkan ke CS Antaraja.

chat dengan customer
chat dengan customer

Per hari ini juga kami akan matikan jasa kurir Antaraja meskipun pengiriman kami kurang lebih 50% mengunakan jasa Antaraja.

Besar harapan kami dari pihak Tokopedia juga memberikan sanksi ke Antaraja atas keluhan kami dan mungkin juga komplain-komplain pelanggan-pelanggan lainnya. Serta besar harapan kami juga Pihak Tokopedia mengevaluasi total kemampuan handling keluhan/komplain tokopediacare dalam menyelesaikan masalah seller/buyer.

Tri Haryo Putra
Bekasi

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Tanggapan Anteraja atas Surat Ibu Tri

Dengan Hormat, Sehubungan dengan surat Ibu Tri yang berjudul: “Layanan Komplain Pengiriman Antaraja di Tokopedia Kurang Berguna” di mediakonsumen.com pada...
Baca Selengkapnya

Komentar

  • Customernya salah, yang bertanggung jawab bukan seller karena yang memilih kurir kan customer. Tanggung jawab seller hanya sampai diserahkan ke kurir, jika ada masalah dengan kurir adalah tanggung jawab kurir bukan seller.
    Seharusnya anda menjelaskan ke pihak customer jika ingin refund ada prosedurnya, melalui menu komplain tokopedia, nanti pihak tokopedia kan menginvestigasi (biasanya 5 hari kerja). Jika dinyatakan hilang, tokopedia akan klaim ke pihak asuransi atau kurir.
    Jika sudah masuk komplain, arahkan customer untuk diskusi di halaman komplain bukan di chat, supaya pihak tokopedia bisa ikut membaca.

    Saya sendiri sudah beberapa kali mengalami barang hilang tidak cuma anteraja, ekspedisi lain juga bisa hilang. Melalui menu komplain semuanya direfund full, hanya saja memang harus sabar.

    • Kalau buyer pake fitur bebas ongkir yg milih kurir bukan seller maupun buyer. Tapi topednya kak.

      • Masa sih mas bro ? saya sudah berkali" bisa milih mau pake bebas ongkir( sicepat & antaraja) atau engga kecuali penjual tidak memberikan pilihan ekspedisi lain
        Ini toped yg mana ya masbro ?

        • Itu kalo ga pake fitur free ongkir, bener bisa milih ekspedisi. Kalo pake fitur free ongkir, ekspedisi otomatis dipilihkan oleh pihak Tokopedia, buyer ga bisa milih ekspedisi. Situ coba aja check out pake fitur free ongkir biar paham. Saya pengguna Tokopedia sejak 2018. Udah paham seluk beluk check out di Tokped.

        • yg bebas ongkir emang tokped yg tentuin kurirnya .... kecuali klo mau bayar sendiri ongkir baru customer yg pilih sesuai budget

    • Di tokopedia sekarang pakai fitur kurir rekomendasi..makanya kalo dapet bebas ongkir ngga ada pilihan kurir untuk buyer..kita cuma milih jenis reguler atau sejenisnya..setelah kita udah bayar baru ketahuan di notifikasi kalo kurir nya AnterAja..
      Lo ngga pernah belanja ditokopedia ya..
      Makanya tokopedia pengen tampil beda tapi malah jadi sampah

      • Kita bisa tau siapa ekspedisinya kl pakai gratis ongkir. Bisa dicek saat memilih metode pembayaran. Kl di app bagian paling bawah ada detail yang bisa dilihat termasuk ekspedisi apa yang dipilih.

  • Paling juga bogan itu bulenya. ?
    Berarti kendala ada di SS Padang Sambian Kaja , bisa jadi ga ada kurir yang anter. Udah coba minta no telpn kantor tersebut dari CS nya ? Kalau suruh ambil sendiri mana mau ya mereka. Ada kok kantornya, kl search jangan ketik anteraja padang sambian, tapi alamatnya. Keliatan ada diruko itu kantornya

    • Anteraja sampah, sejak ramadhan kemaren bisa telat seminggu bahkan lebih. Bubarin aja skalian

  • Ini sih pembeli dan penjualnya juga punya andil salah.

    Pembeli: Dia WNA, seharusnya kalau dia mau belanja, dia tanya dulu kurir apa yang cepat sampai ke Bali, sesuai estimasi, layanannya apa, jangan ngeliat bacaan "free shipping" main cekout aja. Giliran nyampenya lama dia minta refund, merasa nggak adil buat nunggu, kalau saya jadi penjualnya saya jawab "i can't refund, it's not my fault." Bodo amat dia mau ngambek atau gimana kek, peduli amat sama statusnya bule.

    Penjual: Anda WNI, apalagi penjual online, pasti paham gimana bobroknya kinerja Anteraja, dari grup komunitas, dari sosial media, dari rating di aplikasi & google maps, itu hancur semua. Seharusnya anda jelasin ke bule pecinta gratisan ongkir ini untuk jangan milih free shipping kalau dia mintanya cepet sesuai estimasi. Bisa kan anda jawab diawal "you better don't choose free shipping option because it will make your package to late."
    Kalau dia tetep milih free shipping, jelasin resiko ditanggung sendiri, ga bisa minta refund.

  • Hahaha baru terbit ya? Emang Tokopedia Care tidak berguna mengatasi keleletan AnterAja. AnterAja itu paling lelet. Reguler berasa cargo. Pas pengembalian barang ke penjual, bisa kelar 3 hari, pas pengiriman ke pembeli kena 10 hari. Darurat Tokopedia bung! Hahaha

  • kemarin saya juga sebagai seller mengalami juga kirim dr jkt barat ke padang tgl 11 baru terkirim tgl 26 akhirnya dpat bintang 1 dr pembeli
    Pakai anter aja bikin deg deg an

    • Saya pesen tas pengiriman dari Mojokerto, status udah siap delivery by courier Anteraja, tau2 status berubah jadi ada kendala operasional. Besoknya status paket saya dikembalikan ke gudang pusat Bandung dan mau dikirim balik ke penjual. Gimana ga spot jantung. Paket bukan paket COD, udah dibayar. Akhirnya telpon call center Anteraja, kirim email komplain, thank God paket saya dibalikin ke staging dan dianter ke rumah ?‍♀️ Jadi ngeri mau pake jasa Anteraja lagi.

  • Seharusnya tokopedia yang di demo. Masa sekelas tokopedia rekanan sama anteraja? Haha

      • Mendingan sekarang jangan pake anteraja !! Udah ga beres ... Udah sebulan lebih banyak yang komplain di medsos anteraja tp ga ada tindakan yang berarti !! Paket saya udah 4 hari dihub jakarta timur !!! Saya komplain via wa,medsos,email jawabanya sama semua !! Ga menjelaskan kenapa terlambat malah di suruh nunggu !!!

  • Enggak gitu juga gan. Kan itu SOP Tokopedia. Lagian gratisan juga butuh kuota. Dari kuota juga sudah membayar pendapatan Tokopedia. Begitu

  • Saya sebagai seller juga pakai anteraja, belum ada kendala. Cuma kebanyakan yg pake anteraja hanya regional, misal hanya pulau jawa. Yg dari luar sepertinya belum ada yg pake anteraja, malah kebanyakan menggunakan pos, jnt dan jne. Saya masih membuka pilihan pakai pos, mungkin banyak seller yg tidak mau lagi menggunakan pos.