Belanja di Shopee Supermarket, Sebagian Barang Kedaluwarsa

Saya belanja di Shopee Supermarket dengan No Pesanan 22072114MMBSS7. Ternyata sebagian barang yang dikirim yakni Antis 60ml 2pcs telah kedaluwarsa (ED 0622).

Ini bukan pertama kali saya dikirim barang kedaluwarsa oleh Shopee Supermarket yang mana kalau kita mengembalikan sebagian barang maka kupon cashback coin akan langsung ikut hangus. Menurut saya Shopee seperti sengaja mengirim sebagian barang kedaluwarsa agar kita tidak mendapat cashback koin.

Menurut saya ini sangat TIDAK ADIL dimana harusnya cashback dari kupon dapat diberikan secara proporsional terhadap barang yang tidak dikembalikan. Jadi barang yang kita terima tetap mendapat cashback bukannya semua barang cashback-nya jadi ikut hangus.

Saya harap pihak Shopee bertanggung jawab atas pengiriman barang yang telah kedaluwarsa. Dan jangan menyusahkan konsumen dalam hal pengembalian sebagian barang. Ongkos pengembalian barang lebih tinggi daripada harga barang itu sendiri.

Terima kasih pada Media Konsumen yang telah bersedia memuat keluhan saya ini.

Salam,

Max Siegbert
Sumatera Utara

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

21 komentar untuk “Belanja di Shopee Supermarket, Sebagian Barang Kedaluwarsa

  • 31 Juli 2022 - (10:34 WIB)
    Permalink

    Kalau mau penyelesain paling mudah, jangan lagi belanja di sana, berarti seller memang nakal.

    Kalau mau yg ribet dengan seller, laporkan saja ke BPOM, bukti2 sudah ada di anda, maka seller akan diincar oleh mereka karena sudah menjual barang expired.

    11
    1
    • 1 Agustus 2022 - (23:51 WIB)
      Permalink

      Mmg gitu sih orange, klo barang cancel, atau tdk di kirim, voucher hangus, Mmg lucu ini orange, sy jg mau masukin ke media konsumen, tp males bgt…masa akun di blokir dengan alesan penyalahgunaan voucher, padahal yg nyediain voucher mereka,dan pemakaian sesuai S&K orang tertarik belanja online krn di iming2 diskon, giliran di pake, bilang penyalahgunaan, payah ,sdh harga mahal, klo di kirim barang datang penyok2. Mending delet yg arogan gini.

      1
      1
  • 31 Juli 2022 - (12:52 WIB)
    Permalink

    Sebenarnya expired date nya hanya untuk formalitas saja. Alkohol ga bisa expired. Apalagi itu untuk disinfektan, yang bahan dasarnya alkohol sintetis ( methanol).

    14
    3
  • 31 Juli 2022 - (14:44 WIB)
    Permalink

    Itu mah gpp kalo expired. Expired untuk barang sperti disinfektan hanya formalitas aturan. Masih bisa dipakai kecuali makanan

    5
    3
    • 31 Juli 2022 - (16:06 WIB)
      Permalink

      Sebenarnya seperti botol2 plastik itu ada masa expired nya. Nah masa expired tercantum itu ya masa expired kemasan botolnya. Sedang isinya masih bagus. Seperti air kemasan. Kan ada masa expired nya nah. Masa expired tersebut itu masa expired plasti botol. Nah di khawatir kan kandungan kimia dalam botol merembes.
      Tapi kalo yang disinfektan sih gak tau itu masa expired botol atau kandungan yang di dalamnya

      5
      1
      • 2 Agustus 2022 - (05:18 WIB)
        Permalink

        Saya tambahkan komentar bapak ya:
        – Hand sanitizer yang direkomendasikan mengandung setidaknya 60% alkohol.
        – Kemasan botol plastik akan mengalami penurunan kualitas setelah 2 tahun (bahan kemasan tidak 100% persen kedap udara, bisa menyerap bau sekitarnya dan melepaskan beberapa kimia)
        – Alkohol mudah menguap setelah dibuka atau belum dibuka namun kemasan yang digunakan sudah mengalami penurunan kualitas.

        Pencantuman masa kadaluarsa didalam produk hand sanitizer dimaksudkan setelah tanggal kadaluarsa kemungkinan besar bahan aktifnya sudah berkurang sehingga EFEKTIVITAS PRODUK tersebut juga ikut berkurang dikarenakan hal-hal diatas.

    • 31 Juli 2022 - (20:02 WIB)
      Permalink

      Anda sadar gak sih dengan belanja online ini…
      Shopee hanya sebagai penghubung antara penjual dan pembeli lalu kenapa anda menyalhkan Shopee dan harus bertanggung jawab atas kesalahan si penjual yang nakal
      Sebagai contoh : anda mau nyuci mobil dihalaman selang sudah ditarik lalu anda membuka keran air saat anda menyemprotkan air ke mobil lho kok airnya kotor lalu anda menyalahkan selang dan anda marah2 selang jelek selang gak berguna.

      2
      11
      • 1 Agustus 2022 - (06:02 WIB)
        Permalink

        Orang tua seperti anda kayaknya gak paham kalau shopee supermarket itu dikelola oleh shopee,udah tua minim wawasan sok tau lagi wkwkwk

        3
        1
    • 31 Juli 2022 - (22:29 WIB)
      Permalink

      Betul. Setuju.
      Hanya orang bodoh lah yang menganggap expired itu formalitas. Jangan mewacanakan hal yang tidak baik. Namanya expired ya expired.
      Expired bukan hanya untuk makanan. Ini zat kimia untuk cuci tangan, berarti bersentuhan dengan kulit. Sensitivitas kulit orang pasti beda. Rentan Iritasi atau alergi termasuk di dalamnya.

      • 1 Agustus 2022 - (09:05 WIB)
        Permalink

        Coba aja pakai hand sanitizer sering2 aja dijamin kulitnya kering dan pecah2 biar masih gress blm expired bang hehe.

  • 31 Juli 2022 - (18:29 WIB)
    Permalink

    Namanya barang expired tidak layak dijual. Komentar yang cerdas jangan menggiring opini untuk memperjual belikan produk expired.

    Jika pada label sudah tertera expired ya harus patuhi tanggal expired nya. Konsumen berhak mengklaim produk yang ternyata sudah expired, jangan menyalahkan konsumen.

  • 1 Agustus 2022 - (08:02 WIB)
    Permalink

    Dulu aku anak retail setahu aku sih expired yang tercantum tahun pembuatan klo untuk produk pembersih dan expired nya 2tahun masa produksi, ga tahu deh klo sekarang udah berubah

  • 2 Agustus 2022 - (04:33 WIB)
    Permalink

    Shopee is the best, gak usah tanggepin pembeli sok raja kayak gini, ada tombol ajukan pengembalian gak digunain memberatkan koin yg gak sampai 10rb, produk kadaluarsa komplain itu ke penjualnya,kan ada inbox langsung chat ke penjualnya jika ada masalah dengan produk, silahkan unlike komentar saya ini, karena gak setuju sama pembeli tolol ini, Shopee semakin jaya!!!!

 Apa Komentar Anda?

Ada 21 komentar sampai saat ini..

Belanja di Shopee Supermarket, Sebagian Barang Kedaluwarsa

oleh Max dibaca dalam: 1 menit
21