Surat Pembaca

Penipuan Pinjol “Dompet Excellent”

Pada tanggal 27 Juli 2022, saya telah ditipu oleh nomor kontak +62 856-6001-399, yang mengaku sebagai debt collector aplikasi pinjol Dompet Excellent. Awalnya, ketika saya coba cek limit di aplikasi Dompet Excellent, tiba-tiba tertransfer dana sejumlah Rp1.134.000 ke rekening saya, tanpa persetujuan saya.

Saya tentu menolak. Di aplikasi langsung tertulis bahwa saya telah melakukan pinjaman dari aplikasi Pinjaman Keberuntungan dengan pinjaman sebesar Rp1.800.000 dan tenor 7 hari. Padahal saya menerima tidak sesuai nominal tersebut, karena langsung dipotong bunga.

Saya mau mengembalikan dana tersebut, karena saya tidak merasa meminjam. Saya mencoba mencari nomor CS Dompet Excellent tersebut dan dapatlah nomor kontak yang sepertinya ini mau menipu. Saya diajari untuk penghapusan utang dengan cara mentransfer ke rekening Bank BJB 0041087844571673 dengan nama Dompet Excellent senilai Rp1.134.000. Saya percaya saja dengan rayuannya, dan saya akhirnya mentransfer dana tersebut.

Setelah saya berhasil mentransfer, saya disuruh untuk cek aplikasi kembali. Saya melihat pinjaman tersebut masih ada. Dengan percayanya, saya mengikuti semua apa yang dikatakan, saya disuruh klik ajukan kembali. Saya mulai menyadari saya habis kena tipu. Saya disuruh kembali lagi mentransfer.

Karena gagal, saya mencoba menelepon ke DANA, OJK, Bank BJB dan akhirnya saya tersadar itu adalah penipuan. Bagaimana saya bisa mengatasi masalah tersebut? Saya takut data saya disebar, tolong saya.

Sarima Delina
Kabupaten Tapanuli Tengah, Sumatera Utara

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Komentar

  • Kak Rima .. saya juga sudah transfer 2 x dan di suruh sampai saldo 0 . Bagaimana ini .. cara melaporkan nya bagaimana

  • mereka berani transfer tanpa persetujuan begitu brarti mbaknya saat install apk mereka menyetujui semua izin aplikasi dari mereka dan ga langsung di hapus, otomatis isi galeri, sms, log telepon, isi seluruh kontak bisa mereka dapatkan.
    cara terbaik cuma lapor polisi dengan aduan pemerasan kalau seandainya nanti di teror karena mau gimanapun juga data mbaknya sudah di mereka.

  • Slamat nenjalanin hari2 yg berat
    Yg mana klo berurusan sm linjol
    Uang 1 juta jd beranak cucu memjadi 100juta
    Sakitnya tuuh disini

  • Iya, dan setelah saya baca2 ternyata byk spt saya. Saya sudah email ke semua2 pihak yg berwenang

  • besok jangan pakek smartphone lagi dah...ga salah emank dulu2 smartphone dijual untuk kalangan cerdas. ni akibatnya jadi barang murah...gampang ditipu.

  • Dompet excellence itu apa ya? Namanya aja baru denger haha.. Kalo pinjol kayak kredivo/spaylater dll kan emang udah tau namanya.. Sebaiknya kalo yg ga jelas ga usah di download apalagi daftar, itu ngundang masalah nanti

  • gausah dibayar kak.
    selain dia ilegal, juga udah terindikasi penipuan.
    kakak buat laporan kepolisian saja dulu.
    sebagai bukti kalau nanti ada DC dateng ke rumah kakak.
    bukti chat juga di print saja kak.
    biar DC yang nagih tau sendiri.
    intinya gausah bayar, abaikan kalau ada telepon, sms dan chat whatsapp dari DC.
    jangan khawatir kak.

  • Semua dampak dari pinjol adalah tanggung jawab pengambil.kebijakan dalam hal ini adalah OJK, BI, depkeu dan Kominfo

    Anda anda yang bekerja di bagian pengambil kebijakan ditangan anda semua ini tanggung jawab di hadapan Allah SWT sebagai pemilik alam semesta

    Tangan anda bisa merubah nya itu tergantung keinginan anda, selamat bertemu di pengadilan akhirat