Surat Pembaca

Akun Shoope Dibatasi Karena Terhubung dengan Akun Orang Lain yang Menunggak Spaylater

Salam,

Saya pengguna Shopee yang sudah cukup lama sebagai pembeli. Saya pernah beberapa kali menggunakan Shopee SPayLater dan tidak pernah satu kali pun telat membayar tagihan secara penuh. Saya tidak pernah ada masalah dengan Shopee sebagai pengguna. Sekarang muncul masalah, dimana akun saya dibatasi dengan alasan adanya tagihan SPayLater di akun lain yang terhubung dengan akun saya.

Akun yang terhubung memang punya teman saya, namun bukan berarti Shopee harus dengan semena-mena membatasi akun saya. Karena utang orang lain tidak ada hubungannya dengan saya. Saya pun sudah melampirkan KK untuk membuktikan beliau buka kerabat saya. Namun setelah saya komplain ke pihak Shopee, mereka menyarankan saya mengingatkan/menyuruh pemilik akun tersebut untuk melunasi tagihannya.

Mengapa Shopee menjadikan pelanggan mereka sebagai penagih utang? Saya tidak pernah menyalahi aturan, namun mengapa dibatasi ? Yang berutang orang lain, mengapa akun saya yang dibatasi ? Saya sudah berulang kali menghubungi CS Shopee, tapi jawabannya sama: Akun saya hanya akan diaktifkan setelah akun teman saya membayar SPayLaternya. Padahal tidak ada di S&K SPayLater tentang imbas dari akun orang lain yang telat bayar SPayLater dengan akun yang terhubung dengan akun mereka.

Sekian terima kasih. Semoga ini dapat membantu dalam mendapat solusi.

Muhammad Bima
Banyuwangi, Jawa Timur


Update (4 Agustus 2022): Terkait surat pembaca di atas, penulis memberikan klarifikasi dan apresiasi atas tanggapan dari pihak Shopee sebagai berikut:

 

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Belum Ada Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pihak yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Komentar

    • Saya juga kurang tau pak, terhubung bagaimana. Karena saya hanya menggunakan shoppe ini saja

      • Tapi anda katakan, "Akun yang terhubung memang punya teman saya".
        Bagaimana anda bisa tahu itu teman anda tapi anda tidak tahu bagaimana bisa terhubung.
        Hmmm....

      • Halo mas bima... Mohon maaf mau tanya.. setelah anda laporan ke cs nya shopee itu tanggapannya gimana ya.. masalahnya saat ini akun saya juga di batasi oleh shopee dan nama akun yang terhubung kemungkinan besar sama dg akun yg terhubung dg mas bima itu..

    • Ada kemungkina. Ini termasuk penjual Dan pembeli sekaligus yg mempunyai bnayak akun. ?. Untuk nikmati fasilitas yg Ada Dan juga sbg seller yg shopee emang terkenal 1 penjual bisa punya pilihan akun jd miter nya kesitu situ org yg sama.

      • Mohon maaf kak, saya hanya punya 1 akun. Dan saya hanya menggunakan sebagai pembeli. Saya tidak mempunyai aku lain, juga saya sudah lama menggunakan shopee, dan baru kali ini terkendala. Saya hanya sering melakukan pengiriman saldo Spay dengan teman saya yg terkendala Spaylater. Karena saya sering membeli barang secara langsung dibeliau, atau membayar pesanan saya pada beliau.

    • Saya pernah kejadian begini. Pihak shopee malah menyuruh saya untuk menghubungi pihak yang menggunakan paylater. Jadi saya bilang "Apa hadiahnya kalau kalian menyuruh2 saya? Kalau kalian bekukan ya tidak masalah, masih banyak marketplace yang lebih sportif". Lalu besoknya akun saya sudah normal kembali.. ?

    • Kurang lebih akun shoppe saya dibatasi oleh pihak shoppe. Karena ada akun shoppe teman saya yang nunggak Spaylater nya. Alhasil saya tidak bisa berbelanja menggunakan shoppe, walaupun menggunakan metode pembayaran lainnya. Teman saya sering transaksi dengan saya dalam mengirim saldo. Namun bagaimana bisa teman saya yg berhutang dan menunggak, akun saya juga yg terkena imbasnya. Padahal saya tidak pernah telat dalam membayar tagihan, bahkan sebelum jatuh tempo. Dari pihak shoppe mengatakan saya harus menunggu teman saya membayar tagihannya, baru akun saya tidak dibatasi lagi

      • Itu gmn ya ka.. prosesnya sampai terbebas dari penautan akun itu.. saya juga kena seperti itu sekarang.. saya jadi kesal karna saya tidak tau apa apa dibatasi seperti itu.. sya mau menagih ke orng tersebut saya udh tidak tau kmna orngnya.. masa saya yg akhirnya kesusahan juga.. mohon info pengalamannya lebih lanjut dong ka sampai hal itu clear

    • Tagihan bulan depan ga usah di bayar kalo caranya seperti itu. Ini sudah tidak adil soalnya.... Biarin DC Shopee puyeng. Ga bakal ada apa2 kalo ga dibayar. Ga bakal dipenjara ga bakal mati ga bakal di tembak . wkwkwk

  • Kejadian ini sama persis dgn kejadian yg saya alami 2 hari yang lalu pak... Saya jg sdh posting mengenai keluhan ini, namun blm diterbitkan oleh pihak redaksi. Sungguh sangat tidak etis memang shopee yg mengambik keuntungan bunga/denda masa kita yg dimanfaatkan utk menagih. Jadi menurut saya ketika aplikasi shopee meminta akses ke kontak jangan di izinkan. Agar akun shopee kita tdk terhubung dgn siapapun jg. Jadi menurut saya akun shopee kita bs terblokir karena tunggakan dr org lain itu penyebabnya adalah adanya akses ke kontak yg ada di phone book kita

    • Iya, kita dijadikan penagih mereka. Padahal utang orang lain tidak ada urusannya dengan kita, bagaimana kalau orang yg bersangkutan tidak membayar. Masak mau hutangnya dihibahkan ke kita?

    • Masa sih dalam Hal transfer Dana antar akun dijadikan oleh shopee sbg akun yg terhubung??? Mungkin pernah dijadikan alamat Tujuan yg sama mungkin. Ya susah jg kalo gt.

    • Bisa saja, tpi sebelum itu sudah saya konfirmasi ke piham CS shoppe. Hanya saja jawabannya kurang memuaskan, karena disuruh menunggu yg mempunyai tunggakan lunas dulu untuk menggunakan lagi akun shoppe kita.

      • Kemungkinan nomer hp kamu di jadikan nomer darurat oleh teman kamu makanya statusnya terhubung. Dan memang harus terjadi pelunasan dulu sama akun yang terhubung untuk menggunakan layanan penuh shoppee.
        Solusinya ya harus mengingat kan teman kamu agar segera melunasi tunggakan yang ada karena ketentuan nya begitu.

        • Seharusnya kebijakan itu ditinjau lagi. Pihak shoppe bisa memverifikasi dulu kepada nomor yg digunakan sebagai nomor darurat. Selama ini nomor saya tidak ada pemberitahuan apa apa baik tertulis maupun melalui sambungan telepon. Juga walaupun dijadikan nomer darurat, apakah etis menjadikan costumer sebagai DC ? Dan membatasi akun costumer. Padahal saya tidak pernah telat sedikit pun dalam hal pembayaran atau melakukan penalti di akun saya

  • Sesuai pengalaman, mungkin dulu teman anda waktu mendaftar spaylater kontak darurat yg di daftarkan adl nomor anda. Jadi otomatis akun Shopee anda yg menggunakan nomor (yg dipakai kodar) terhubung dg akun Shopee teman anda.

    • Begitu ya kak, terima kasih masukannya. Namun, baiknya shoppe memberitahu dulu perihal (komnfirmasi ke kita) jika nomor kita yg didaftarkan sebagai nomer darurat. Saya rasa kurang etis jika pihak shoppe membatasi akun saya secara sepihak, karena yg mengalami tunggakan bukan saya. Jika dimintai tolong untuk diingatkan boleh² saja, tpi jika sampai membatasi akun kita itu sangat tidak perlu menurut saya.

  • Kalau sy sebagai pemilik shopee, itu strategi bagus sih hehe.. Disaat temen ada yg nunggak kabur dari hutang, teman dekat dipaksa jadi DC secara tdk langsung

    Ngeselin sih, tapi gtw jga menyalahi aturan atau enggak

  • Di s&k shoppe tidak ada kebijakan seperti itu. Kalaupun kita disuruh jado DC ya rugi dong. Sudah akun dibatasi, pun kalau tunggakannya dibayar lunas oleh yg nunggak. Kita tidak dapat reward apa apa. Saya khawatir saja, karena di S&K, akun yg dibatasi selama 30 hari akan di nonaktifkan kak.

    • Artinya temen mu sudah menyalah gunakan data kamu. Itu point nya kejer temen kamu lah. Dalam Hal poenagihan utang pihak bank aja seeing melakukan diluar sop mereka . Begitulah dep kolektor ,? temen mu dikejer tuh

      • Masalah ini sudah selesai, setelah saya menjelaskan beberapa hal ke shopee. Saya harap hal ini tidak terjadi lagi, jadi seolah² saya DC nya. Padahal saya tidak tau menau soal hal ini.

  • Aku pernah seperti itu, dan ku jawab
    Yg kerja kan kalian kok saya yg suruh nagih yg bersangkutan,
    Kok enak sekali cara kerja kalian,

    Setelah nya enggak ada masalah lagi

    • Iya kak persis, hanya saja punya saya akun yg terhubung punya teman saya. Bukan kerabat/saudara

      • D spinjam, spylater saat pengajuan ada tambahan kontak darurat kah,,
        Soalnya penasaran jga
        Jika mungkin ada mungkin nomermu masuk ke kontak darurat yg bersangkutan

    • Iya kak, ini dari pihak shoppe sudah berusaha menghubungi saya. Namun mereka bilang kendala jika nomer saya tidak bisa terhubung/dihubungi. Untuk nomor saya cuma ada 1 saja, dan juga digunakan di akun shoppe saya. Semoga ini bisa terpecahkan

    • Mmg orange arogan, delet berjamaah ajah, ga mampu nagih ke yg utang, yg lain kena getah..kan manajemen bodoh itu...

  • lah kok dia yg kasih utang, kita yg jadi tukang tagih nya?
    dasar aplikasi taek, udah uninstal aja, pake si ijo ....
    biar mikir, si oren bisa besar krana pengguna !

    • Tidak apa apa kak, ini baru pertama saya mendapatkan kendala ini dan juga saya sudah menggunakan shoppe sejak lama. Untuk kendala tersebut sedang dalam proses penanganan oleh pihak shopee, InsyaAllah selama kita menjalin komunikasi baik dengan mereka. Mereka juga akan memberi feedback yg baik untuk kita. Juga terima kasih untuk media konsumen, sebagai sarana kita untuk bertukar pikiran.

    • Si ijo sama oranye sama aja, si ijo kebanyakan banned promo pdhal udah jelas 1 orang 1 akun tetep aja ngelawak nih marketplace, udah 1 KK cuma bisa 1 akun pdhal bnyk org dlm 1 KK, jual beli jga gak pernah ke orang yg di kenal ehh malah tetep aja ke banned