Surat Pembaca

Beli HP, Dikirim Kayu

Melalui surat ini saya meminta bantuan terkait permasalahan/kendala yang saya alami di salah satu aplikasi marketplace, yaitu Shopee.

Saya melakukan pembelian di aplikasi Shopee pada tanggal 20 Juli 2022, dengan nomor pesanan: 220720V3FUK1JF, berupa HP OPPO A53 RAM 6/128. Namun yang datang malah bukan hp, melainkan yang sepotong kayu.

Saya sudah mengajukan pengembalian barang dan dana dengan nomor permintaan: 2207250CB5NAGJM. Saya juga sudah mengembalikan barangnya melalui ekspedisi J&T dengan nomor resi: JP9155523756. Dari hasil tracking, barang yang saya kembalikan sudah diterima oleh pihak seller pada tanggal 29 Juli 2022 pukul 20:58 WIB. Namun sampai sekarang dana saya belum dikembalikan oleh pihak Shopee.

Selain itu hanya saya yang aktif di kolom chat mediasi Shopee, sedangkan pihak penjual gak aktif dalam kolom chat mediasi.

Mohon bantuan kepada pihak Media Konsumen untuk kiranya membantu saya dalam mengatasi masalah ini. Demikian yang dapat saya sampaikan, terlampir bukti-bukti pendukung berupa “Pengajuan Permintaan Pengembalian Barang & Dana”.

Cartim
Kampar, Riau

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Belum Ada Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pihak yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Komentar

  • Dari harganya saja jelas ini lapak TUTI ( tukang tipu). Hanya saja pihak shopee sepertinya tidak jeli atau kurang kontrol terhadap para pelapak yg ada dalam naungannya.
    Sama dengan Tokopedia biasanya barang masih terpajang di lapak, padahal stok barang kosong, beda dg Lazada, bila stok kosong, langsung otomatis terbaca.
    Masing-masing marketplace memang punya kelebihan dan kekurangan.

    • Masalah stok tergantung seller settingan stok ny update ga, kdg² kan 1 toko buka akun di bbrp marketplace, jd misal ny laku di ijo, stok update di ijo, di oren merah sm biru ga update, begitu jg sebalikny. Kcuali stok terintegrasi macam pakai sirclo

  • Entah ini buyer yg baru pertama transaksi di markerplace apa emang dia mau sclaper mau cari untung itu barang buat di jual lg..klo mau beli ya di liat dl rating toko dan reviewnya mas jng asal beli saja, memang aman berbelanja di markerplace tp kan ribet ngurusnya kalo bermasalah..

    • "Sistem shopee dirancang sedemikian rupa,sehingga mampu mendeteksi adanya tindakan kecurangan..." Tapi ada penjual yang curang & di indikasi melakukan penipuan tapi sistem shopee tidak bisa mendeteksinya ???? kalau ada pembeli yg mencoba menggunakan voucher diskon atau cashback, shopee langsung memblokir akun pembeli tsb dgn alasan "Akun anda dibatasi karena terindikasi melanggar syarat dan kebijakan shopee....." ??? Sistemnya sangat aneh dan membingungkan.

      • Harganya aja uda ga manuk akal..madi aja dibeli ,uda gtu beli 2 lagi?
        mungkin tadinya mau dijual lagi 1 seharga hp baru,dalam hati:Lumayan modal 300k bisa untung 2jt.an +Hp baru
        tapi emang sih ini arahnya ke penipuan,

      • Di batasi kalo lu beli di toko sendiri kali, kalo ke toko orang gw belum pernah di blokir, gw ada 4-5 akun, adek gw sama temen gw aja punya 2-3 akun tapi aman2 aja, cuma pernah 2 akun gw di blokir karena emang gw pake di toko sendiri 3-4x, semenjak itu 3 akun gw gak pernah beli di toko sendiri dan hasilnya 1 tahun lebih aman, kalo di suruh 1 akun ya tinggal bilang aja ini punya bapak/ibu/saudara toh beres masalah

  • 1. dari segi harga aja udah ga logis.
    2. rating toko pun anjlok
    mau belanja online juga harus pilih2, jgn asal murah dihajar aja

  • Saya disini sebagai Seller Smartphone Star+ di Shopee ingin memberi beberapa pendapat;
    1. Di seluruh marketplace Indonesia banyak seller penipu, tapi percayalah seller yang terpercaya dan amanah pun lebih banyak lagi.

    2. Kalau harga nya sudah jauh di bawah harga pasar lebih baik jangan di beli. misalnya harga 4 jutaan tapi di jual harga 1 jutaan itu sudah pasti bermasalah.

    3. yukk belanja di goldenphonestore salah satu toko smartphone terpecaya. Ada di tokopedia dan shopee juga

  • Video unboxing paling penting sih. Kadang seller emg suka nakal begitu juga ada buyer yang nakal.

  • Yg jual juga terlalu,, coba kasih aja hp nokia polyphonic atau yg sejenis kek tulittulit itu yg second kek... Masih ada kok yg sesuai harga itu kyknya jd kan yg beli bisa mikir harga segitu dapatnya yg gimana ? ini dikasih kayu pula ✌

  • Lucu ya, pada gila semua, mungkin termasuk saya karena ikut-ikutan baca jadi ikutan gila wkwk

    • Astaghfirullah..ini bukan masalah marketplacenya tapi masalah seller yg memang tidak amanah, modus seperti ini menargetkan buyer newbe yg jika kecewa tidak akan berbuat apa2 dan seller mengharapkan keuntungan lebih tanpa kerugian apapun