Pengembalian Dana Ditolak, Padahal Sudah Ada Kesepakatan dengan Penjual

Saya pembeli di Shopee menuliskan keluhan saya terhadap Shopee. Kenapa bisa sudah dikirim semua buktinya dan sudah ada kesepakatan dengan penjual, tapi Shopee memenangkan kasus ke penjual?

Saya membeli ketos kelapa yang jelas-jelas tertulis beratnya 1 Kg. Saya order dan berharap akan diberi pesanan sesuai yang saya bayar, yaitu 1 Kg. Waktu barang sampai, saya langsung timbang, sesuai dengan bukti yang saya lampirkan, beratnya hanya setengah kilo.

Saya mengajukan pengembalian dana, yang akhirnya oleh penjual diajukan ke Shopee. Di kolom diskusi saya sudah mendiskusikan permasalahannya dengan penjual dan penjual sepakat untuk mengembalikan sisa uangnya setengahnya, sebanyak 5.000 rupiah.

Pihak penjual menginginkan saya klik terima pesanan dahulu, kemudian baru dia transfer ShopeePay saya. Karena saya ragu, saya memutuskan agar yang membagi dananya dari Shopee saja agar sama-sama aman. Sebuah bukti sudah saya lampirkan, berserta kesepakatan dengan penjual kepada Shopee.

Keesokan paginya saya cek Shopee saya dan dikagetkan dengan notifikasi kasus dimenangkan oleh penjual. Di sini saya sebagai pembeli sangat dirugikan oleh pihak penjual yang nakal. Saya chat penjual dan penjual semena-mena bilang dia yang memenangkan kasusnya dan memblokir akun saya.

Pertanyaan saya di sini, di mana keadilannya? Kenapa Shopee memenangkan kasusnya dan jelas-jelas semua bukti sudah terlampir dan memang sudah kesepakatan dengan penjual. Makin banyak penjual yang curang dan nakal di Shopee yang bikin waswas belanja di Shopee.

Saya mohon kepada pihak Shopee, berikan perlindungan dan keadilan kepada pembeli agar tidak dirugikan oleh penjual yang nakal dan tolong memberikan keputusan lebih bijak.

Terima kasih banyak Shopee dan Media Konsumen.

Lia Sartika Dewi
Jawa Tengah, Semarang


Catatan redaksi (diperbarui 6/8/2022): Penulis menyatakan masalah di atas telah diselesaikan dengan baik oleh pihak-pihak terkait.

 

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Pembeli Sudah Terima Uang, Tapi Menuduh Penipu kepada Penjual

Pembeli sebelumnya mengajukan pengembalian dana. Sambil diskusi di sana saya menawarkan kalau mau satu butir lagi pun akan saya kirim,...
Baca Selengkapnya

Komentar

    • sudah semua kak...semua bukti sudah saya berikan...pihak penjual juga mengakui dia kirim tidak sesuai...kesepakatan dengan penjual sudah terjadi..harusnya sdh ada solusi..tapi kenapa shopee memenangkan penjual..alhasil..penjuallnya emang dasarnya nakal memblokir akun saya tanpa pengembalian dana saya yang dia janjikan...dia akun star seller lho

      • Bukan cuma shoppe kalo kasus NIPU kaya gitu, saya baru" ini beli di toped, order A yang di kirim B, selisih 2000 perak, nominal memang kecil tapi orderan tidak sesuai yang merugikan buat saya, kalo gitu nanti order di offline aja jadi jelas beli A yang diterima A, kalau ga ada ga jadi beli, simple
        Udah banyak modusnya di online

        • Cuma bedanya di toped saya menang 😁 barang bisa di kembalikan 😁 cuma upload foto aja 😂

        • Hallo Kaka tida ada yang nipu ya Kaka saya seller nya
          Saya sudah transfer bahkan saya lebihin tapi pembeli tidak puas malah posting di penilaian produk bilang saya penipu
          Kalo sudah terima uang harap bijak jangan jatohin toko orang
          Begitu Kaka makasih

          • Pembeli nya tuh sengaja screenshot an bukti TF nya di scroll biar ga keliatan Kaka
            Kalo bisa kirim lewat komentar sudah saya tampilkan dari tadi
            Kalo mau chat saja ke toko saya nanti saya kirimkan buktinya
            Putrikembarherbal75
            Silahkan ka di chat dengan senang hati dan lapang dada😉

          • dari awal juga bilangnya AMANAH..kenapa blokir akun aku coba jelaskan...itu kan namanya PENIPU....

      • Klo sy liat dr kasus tsb si pemjual tdk menipu tp lia sartika dewi (pembeli) yg mau memeras pedagang (seller)
        Anda hrs segera bertobat lia

      • Kasian penulis suratnya yang disalahkan, jelas dan sangat jelas disini seller yang salah.
        Kenapa seller yg salah?
        Karena setelah surat di MK dimuat baru si seller melakukan transfer dana.
        Dapat dilihat bahwa surat ini terbit sebelum jam 11 siang ditanggal 4 Agustus, sedangkan seller melakukan transfer dana di tanggal 4 Agustus setelah pukul 11 siang.
        Waktunya dapat dilihat berdasarkan bukti dari pembeli dan penjual di surat yg dimuat dalam mk.
        Sebelum berkomentar dan menyerang orang lain dengan komentar-komentar tidak baik, sebaiknya kita melihat dulu fakta yg ada.

      • Duit 10 ribu aja sampe ribut mb mb malah melakukan pemerasan Minta sampe 100rb
        Apalg Anda sebagai penjual juga di Shopee Nanti anda akan kena karma nya,Apalg sdh masuk Media Konsumen,kl dana 100rb atau 1 juta lha wajar di permasalahkan sampe Ke Media Konsumen,bukan perkara dananya yg terbilang kecil ya,jadi ga perlu bgt lha sampe permasalahan nya Panjang begini,Jadi wajar saja Pihak Shope memenangkan penjual.Ke Psikiater dech mb Untuk Konsul

    • Karena saldo diteruskan oleh shopee kepada penjual karena kata shopee pembeli tidak mengirim bukti akurat ka,
      Tapi dia malah jelekin toko saya bilang penipu padahal saya rela rugi saya transfer full dan barang dia makan juga dia ngatain ga enak juga,namanya juga herbal ka untuk obat

      • klo saya tidak masuk media konsumen ya kasusku tidak akan diurus...dan anda bisa nipu sana sini lagi...PENIPU ngaku penjara penuh bro...bilang bilang amanah tapi maen blokir

        • Buyer mengatakan berat 1kg tetapi diterima 0,5kg.
          Keterangan berat 1kg ini buyer dapatkan darimana?
          Mungkin bisa disampaikan juga bunyi tulisannya apa.
          Agar pembaca juga bisa lebih paham permasalahan ini meskipun telah diselesaikan oleh pihak shopee.

          • Bisa di lihat bukti gambar yg di kirim TS deh kak,dan klo yg di permasalahkan soal biaya ongkir hampir semua jasa kirim di hitung pembulatan keatas dari berat barang di hitung minimal per 1 kg.

          • Di gambar bukti yg diberikan seller maupun buyer tidak ada keterangan 1kg, makanya saya menanyakan keterangan 1kg itu darimana.
            Bukti hanya ada berat timbangan paket yg diterima, namun tidak ada bukti penjelasan berat produk yg dijual.

    • udah ditelaah ulasan si lia dan si resti..
      emang si lia harus ke psikiater dulu buat melurus kan pola pikirnya dan kembali ke jalan yg benar.. jgn lupa lia anda skrg bisa zalim ke orang lain dilain waktu orang lain yg menzalimi anda.. seharusnya klau udah ada pengembalian dana harusnya selesai.. tetapi anda berkoar2 menilai orang penipu..

    • itu di media konsumen sdh ada di layar depan...yang pasti disini...dia penjual star seller artiny pilihan shopee..dia bilang amanah tapi kenyataannya diblokir akun aku...artinya dia melakukan penipuan..dia penjual tau semua sistem shopee .makanya semena mena

      • disini saya sdh ada etikat baek...setelah dia memenagkan saya tdk langsung up di media konsumen tapi masih minta baek baek lho....lihat kan yg diucapkan?terima kasih komentarnya

        • Mbak masalah kan sudah selesai, udah di kembalikan sama penjual, untuk apa lagi berdebat, lebih baik di hapus artikelnya, masalah attitudenya, atau pelayanan ma itu sudah biasa, terjadi, jangan mbaknya merasa sangat terzolimi, maaf yaaa

          • Iya ka pembeli tidak muncul dan tidak beritikad menghapus, lalu saya chat CS shopee dan bilang ini itu kirim screenshot an trf juga

            Shopee juga membaca artikel ini karena saya meminta tanggapan dan tanggung jawab nya atas pembeli bernama tersebut
            Shopee membantu untuk di teruskan ke tim terkait dan menyarankan agar pembeli di laporkan akun nya karena sudah berlebihan,
            Karena shopee yang mengeluarkan hasil keputusan
            Karen pembeli dianggap tidak memberi bukti malah menyinggung soal rasa tidak enak

            Memang tidak enak karena itu obat herbal
            Maksud saya kalo sudah terima uangnya sudah toh apalagi gituloh sengaja atau gimana bikin pencemaran toko saya

    • iya, ini masalah keadilan bukan nominal ya
      tapi kalo menururt saya cuma 5000 ikhlasin saja, daripada stress

      • bukan masalah 5000...tapi attitudenya..
        rasanya bagaimana anda kalau anda minta baek baek hak anda tapi diblokir dan dia semena sema karena sudah dibela dan dia paham sistem shopee..

          • bukan...mohon maaf bukan begitu kak kronologinya..awalnya semua baek baek kak…saya hanya meminta hak saya balikin uang 5rb..karena emang barangnya sdh saya makan..saya jujur kan..harusnya semua beres…kenapa saat saya minta uangnya 5rb saya diblok? itu namnha apa klo tidak PENIPUAN..saya buat laporan di MK agar direspon shopee…awalnya cuma gtu kak…terima kasih comennta

        • Tobat dehh org sprti km ini pasti tukang peras suka ngejek2in org
          Jatuhan seller km ini sekolah apa ngga sihh

        • Bukan mslh 5000 tapi atuted nya .
          Tapi ko mnta 100.000 buat hapus di mediakonsumen😀😛😛😛

        • Pebih buruk mana attitude penjual sama anda yang memeras 100rb padahal cuma beli barang 10rb, itu pun sudah dikembalikan. Pasti anda ibu2 yang dibenci tetangga karna suka banget melebih2kan sesuatu. 1 kata buat lu lia, ******!

          • Hahaha. Betul banget kak. Yg namanya Lia itu. Keterlaluan. Padhl jelas2 seller mau mengembalikan dananya kok. Dia aja yg ga mau kn awalnya. Yg namanya beli lewat shopee ya ikuti alur shopee. Jahat banget tuh Lia.

  • perbanyak sedekah kk,
    ikhlasin saja,
    nanti pasti diganti lebih dari yang diatas..

    • Hallo Kaka sebenarnya malah saya sudah transfer full barang dimakan sama dia,dikatain juga ga enak namanya juga herbal ya kak
      Sudah terjual banyak gaada yg pernah ngeluh atau komentar negatif karena saya juga sudah star seller
      Dia sendiri yang pengajuan pengembalian dana lewat shopee kata dia biar shopee yang nentuin ditunggu 1×24 jam
      Hasil kemudian keluar kata shopee katanya pembeli tidak mengirimkan bukti akurat makanya saldo diteruskan ke penjual kata shopee, tiba tiba dia malah jelekin saya komentar di penilaian produk katanya saya nipu lah inilah itulah
      Bikin artikel segala
      Padahal saya sudah transfer rela rugi
      Jangan jatuhin toko orang dong

      • Tetap semangat pejuang rupiah halal,Semoga semakin laris dan sukses jualannya kak Aamiin.

    • Perkara Rp 5.000 aja tidak perlu sampai diekspos ke media. Justru bisa menjatuhkan martabat dan membuka aib diri sendiri.

      • Hallo ka Yun,sudah saya kembalikan uang nya menjadi 10 ribu tapi tetap malah menilai di produk katanya saya penipu

        Perkara 5 ribu tidak harus jatohin toko orang
        Lagipula sudah di kembalikan saya juga ga minta barang blok karena sudah dimakan dan saya juga lebihin
        Tapi entahlah ka

        • watak PENIPU itu bawaan dari lahir...drai awal bilang amanah...kok bisa blokir akin aku...menipu itu bukan masalah nominal..tapi bawaan drai LAHiR..klo jadi pejabat kmau KORUPSI..itu pasti..

          • Watak Menipu bukan masalah nominal katanya. Wkwkwk. Terngakak sangat2.
            Bukan masalah nominal kok minta 100rb. Anda sudah kalah duluan. Ngga tahan martabat sih.. pake peras balik lagi. Perkara 5rb, maunya berita di takedown kalau dibayar 100rb. No attitude nya tadi yg dikoar2in mana?

          • Nih lia punya masalah hidup apa sih miskin banget uang 5rb dimasalahin.. Ikhlasin, anggap sedekah, pasti suatu saat diganti ribuan x lipat.. Hadeh bocil gk diajarin akhlak

        • Jangan jangan anda sekongkolan dia yah,atau akun nya ada 2
          Maaf ya kak kalo mau bukti nya silahkan chat saya
          Saya persilahkan
          Kurang apa saya
          Bilang silahkan chat ke akun shopee saya
          Atau melalui wa
          082119972749

          Saya curiga anda sekongkolan nya atau akun nya ada 2

          • Maaf ya saya tidak tertarik dengan modus anda & e commercenya
            1kg jadi 500G itu namanya apa?
            Yg lain kebetulan tidak cek berat
            Jangan lupa poin masalah
            Cek komentar saya sebelum mengira"
            soal super seller, pro dll itu semua bisa di setting biar terlihat banyak pembeli 😁

          • PENIPU ya PENIPU..hati hati sama PENIPU ini..untumg ada media konsimen yg membantu konsumen dari PENIPU seprti anda..klo tidak masuk media konsumen juga anda bisa nipu sana sini

        • Tau kamu sellernya telah melakukan hal ini 100x? Ngga usah menjadikan bukti jika hal itu tidak terjadi ok.
          Logika tol*l

  • disini saya sdh ada etikat baek...setelah dia memenagkan saya tdk langsung up di media konsumen tapi masih minta baek baek lho....lihat kan yg diucapkan?terima kasih komentarnya

    • Astaga, dari tadi si TS comment nya muter-muter gak jelas. Yang di tekenin attitude tapi saya rasa lebih baik si TS yang ngaji diri deh, kalo uang udah keterima ngapain juga komplain ke medkom, apalagi dah dapat refund full dari si Seller, bahkan produknya dimakan. Gila banget gada malu sii Si LIA ini, dan parahnya 5000 perak sampai bisa nge-up ke medkom. Malu asli.

      • benar saya setuju TS ini orang yang Zholim udah terima uang dan makan barang , masih tidak puas malah dari awal bikin berita yang tidak baik dengan dari awal tidak menceritkan uang sudah di terima. amit amit dah,,percuma ibadah

        • Ya bisa dikatain dia seperti itu, kronologi dia gak jelas dan terkesan buat ngejatohin kalo gini.

          • klo tdk jelas..surat anda tdk akan diterbitkan oleh media konsumen...semua bukti sudah ada...
            .redaksi media konsumen itu harus jujur dan jelas...kalau oran awalnya bilang amanah trus maen BLOKIR itu namnya apa klo bukan PENIPU..PENIPU iti mulai dari kecil..klo jadi pejabat pasti KORUPSI lah

        • contoh orang +62 yg mudah dibodohi...awalnya PENIPU juga dari kecil..tdk usah bawa bawa agama pemecah indonesia itu orang kayak kk...bilang tokonya amanah..kenapa BLokIR jelas PENIPU dan itu bawaan dari lahir...

          • Pemerasan diatur dalam hukum pidana sebagaimana Pasal 368 ayat (1) Kitab Undang-Undang Hukum Pidana (“KUHP”), yang berbunyi: “Barangsiapa dengan maksud untuk menguntungkan diri sendiri atau orang lain secara melawan hukum, memaksa seseorang dengan kekerasan atau ancaman kekerasan untuk memberikan sesuatu barang, yang seluruhnya atau sebagian adalah kepunyaan orang itu atau orang lain, atau supaya membuat utang atau menghapuskan piutang, diancam karena pemerasan, dengan pidana penjara paling lama sembilan tahun”.

      • Betul TS sok menilai dirinya punya attitude padahal semua tulisannya gak mencerminkan sama sekali. Nih orang yg paling sering muncul di komen orang dan suruh TS lain wa ke dia. Sambil kasih nomor wa. Gak jelas

  • Hallo semuanya saya penjual yang dimaksud tapi sebenarnya saya sudah transfer nominal malah 10 ribu saya lebihkan sebelum nya dia ngatain katanya gaenak kan namanya juga saya jual herbal
    Dia yang lapor ke shopee melalui pengajuan pengembalian dana kata dia suruh shopee aja yang nentuin
    Yasudah ditunggu 1×24 jam dan hasil keluar
    Kata shopee katanya bukti pembeli ga akurat karena menyebut rasa dan yang lain lain nya
    Alhasil saldo diteruskan ke penjual
    Tiba tiba ada yang ngasih tau katanya toko Kaka jadi tercemar karena perkara uang 10 ribu ya Allah ko gini amat mau jatuhin toko orang

      • Iya ka saya block tapi saya sudah kembalikan uangnya karena beliau ngakunya ga kenal,dan bilang di penilaian katanya saya penipu ga transfer udah Nerima uang ko begitu malah fitnah fitnah toko saya
        Belum pernah kejadian kaya gini cuma Kaka ini aja entah sengaja atau apa saya ga ngerti yang jelas kalo sudah di transfer sudah jangan jelekan toko orang,karena dia juga sesama toko ka
        Makanya saya blokir karena saya gamau kejadian kaya begini lagi kedepannya dengan orang tersebut ka
        Cuma karena 1 orang jadi jatuh performa saya

        • mana nih penulis, yg punya toko sudah bersuara. dan sudah ditransfer 10rb. ditunggu klarifikasi penulis

        • Apakah seller nggak tau nimbang ya. 1 kg =500 gr. ?
          Itu transferny 10.000. Krna mmg minimal transfer 10.000. Di bawah itu nggak bisa. J
          adi bukan karna dilebihkan.
          Sy menilai bahwa pembeli pintar karna langsung nimbang benar apa nggak 1 kg nya

          • Maaf ka tapi transfer pake shopepay mah 100 perak pun bisa bukan bank ka
            Memang harusnya 5 ribu karena kan dia maunya 5 ribu keitungnya itungan dia tuh sebutir 5 ribu
            Tapi biasanya saya ke langganan gitu
            Kadang kalo besar 1 butir kecil 2 butir ga tentu harus 1 kg karena kadang susah juga ngepasin 1 kg kadang dipaksa malah lebih malah jadi 1.5 1.2 1.3 kadang sering gadapet uang karena kepotong sama ekspedisi ka

          • Sok tau banget abang Munzir satu ini. Shopeepay mah tf 100 perak juga bisa. Makanya jangan kolot-kolot amat jadi orang.

        • trus katanya amanah trus kok diblok PENIPUU?,..

          itu namnya apa donk...klo kasusmu tidak masuk media konsumen ya kmau nipu sana sini donk...maen blokir blokir namnaha apa klo bukan PENIPU

          • Di blok tu karna kamu minta uang 100rb kali.. kalo gw jadi penjual otomatis di blok juga km. Biar kedepannya ngga ribet sama buyer rewel tukang peras lagi.. wkwk

    • @bagus sri coba dilihat kak..yg saya minta hanya hak saya 5rb..kenapa ditrafer 10rb..kenapa??trus kenapa diblok? trus itu bukti valid tdk transfer kemana? saya kan sdh mengaku barangnya sdh saya makan...dan saya hanya meminta hak saya.mohon jeli

      • berarti pengakuan anda transfer 10ribu nya tidak benar dan tidak valid? fokus kesitu saja, masalah block tidak usah digiring2 terus karena jika salah satu penjual/pembeli reseh biasa aja saling ngeblock. fokus ke transfer 10ribu saja apakah valid atau ngga

        • Lia pura2 buta bisu.. Dapat refund 10rb, produk dimakan, bonus lagi voucher shopee 25rb.. Mantab wkwk

  • ya oloh gusti, perkara goceng sampe masuk MK. udah free ongkir pula. jd buyer jg jangan terlalu perhitungan lah. pantes sih shopee memenangkan seller, secara nominal ga worthed untuk diperdebatkan. sorry to say

    • Maaf ka malah saya ngembaliin nya 10 ribu di lebihin tetap saja fitnah toko saya bilang penipu di penilaian
      Andai bisa kirim screenshot an transferan di komentar sudah saya kirim disini

      • kirim surat pembaca lagi aja di MK sini buat klarifikasi, sertakan bukti2 transfernya.
        atau ga, kita tunggu aja jawaban penulis di kolom komentar ini

        • Gagal ka katanya harus 100 kata tapi tetep gagal apakah harus di laptop? Di hp gagal saya belum paham cara pakai nya
          Chat saja ka ke nomer saya
          0821199727** itu no wa saya nanti saya kirimkan bukti transfernya beserta kasih tau cara upload disini

    • Iya ka padahal saya sudah kembalikan uangnya malah 10 ribu saya lebihkan gapapa saya rugi,tapi mohon jadi orang jangan seenaknya jatohin toko orang

      Dia juga toko gimana rasanya kalo tiba tiba di masukin MK perkara uang 5 ribu dan sudah di kembalikan pula

    • Klo emang udh refund dana.. dilebihin jga kata seller nya.. ya saya pikir cukup sih..jgn jd pikiran lg..klo masalah di Block ya itu kan hak nya seller.. seller khawatir dgn toko nya..wajar lah..karena itu salah satu cara untuk melindungi toko nya.. saya jga seller.. jd saya paham.. Lagian buyer d blok sesudah seller refund dana nya kan? Peaceee.. ✌

      • Iya kak di blok karena takut berulah lagi tiba2 kasih penilaian negative lagi nanti orang orang jadi berpikir ga jadi beli disaya
        Tapi karena kebanyakan orang2 rate nya bagus beserta positive Alhamdulillah masih pada langganan😥

      • jadi PINTAR dulu baru komentar ..klo blok semua yg masuk media di media konsumen itu bisa dibuktikan sedangkan komentar penjual tdk bisa dibuktikan.

      • mohon maaf bukan begitu kak kronologinya..awalnya semua baek baek kak...saya hanya meminta hak saya balikin uang 5rb..karena emang barangnya sdh saya makan..saya jujur kan..harusnya semua beres...kenapa saat saya minta uangnya 5rb saya diblok? itu namnha apa klo tidak PENIPUAN..saya buat laporan di MK agar direspon shopee...awalnya cuma gtu kak...terima kasih comennta

    • Selain dia posting disini dia juga posting di penilaian ka sampe segitunya setelah di transfer 10 ribu ko malah posting di penilaian bilang saya penipu jangan beli disini katanya

      Loh padahal sudah dikembalikan lebih dikit pula,ko dia berkepanjangan ka

    • Silahkan cek ke toko saya Putrikembarherbal75
      Rate 4.7
      Dan sudah 3 toko tida pernah ada masalah
      Hanya Kaka ini yang melebih lebihkan ,meskipun sudah di kembalikan uangnya tetap dia malah menilai produk bilang saya penipu padahal uangnya dia terima barangnya di makan juga

    • Hallo ka saya seller nya
      Sebenarnya saya sudah kembalikan malah di lebihin jadi 10 ribu dan barang juga dia makan
      Sambil ngatain produk katanya gaenak yaiya gaenak karena saya jual herbal bukan manisan hehe,
      Silahkan chat ke
      Toko saya ka
      Putrikembarherbal75
      Nanti saya kirimkan screenshot an transfernya

1 2 3 5