Surat Pembaca

Pengembalian Dana Ditolak, Padahal Sudah Ada Kesepakatan dengan Penjual

Saya pembeli di Shopee menuliskan keluhan saya terhadap Shopee. Kenapa bisa sudah dikirim semua buktinya dan sudah ada kesepakatan dengan penjual, tapi Shopee memenangkan kasus ke penjual?

Saya membeli ketos kelapa yang jelas-jelas tertulis beratnya 1 Kg. Saya order dan berharap akan diberi pesanan sesuai yang saya bayar, yaitu 1 Kg. Waktu barang sampai, saya langsung timbang, sesuai dengan bukti yang saya lampirkan, beratnya hanya setengah kilo.

Saya mengajukan pengembalian dana, yang akhirnya oleh penjual diajukan ke Shopee. Di kolom diskusi saya sudah mendiskusikan permasalahannya dengan penjual dan penjual sepakat untuk mengembalikan sisa uangnya setengahnya, sebanyak 5.000 rupiah.

Pihak penjual menginginkan saya klik terima pesanan dahulu, kemudian baru dia transfer ShopeePay saya. Karena saya ragu, saya memutuskan agar yang membagi dananya dari Shopee saja agar sama-sama aman. Sebuah bukti sudah saya lampirkan, berserta kesepakatan dengan penjual kepada Shopee.

Keesokan paginya saya cek Shopee saya dan dikagetkan dengan notifikasi kasus dimenangkan oleh penjual. Di sini saya sebagai pembeli sangat dirugikan oleh pihak penjual yang nakal. Saya chat penjual dan penjual semena-mena bilang dia yang memenangkan kasusnya dan memblokir akun saya.

Pertanyaan saya di sini, di mana keadilannya? Kenapa Shopee memenangkan kasusnya dan jelas-jelas semua bukti sudah terlampir dan memang sudah kesepakatan dengan penjual. Makin banyak penjual yang curang dan nakal di Shopee yang bikin waswas belanja di Shopee.

Saya mohon kepada pihak Shopee, berikan perlindungan dan keadilan kepada pembeli agar tidak dirugikan oleh penjual yang nakal dan tolong memberikan keputusan lebih bijak.

Terima kasih banyak Shopee dan Media Konsumen.

Lia Sartika Dewi
Jawa Tengah, Semarang


Catatan redaksi (diperbarui 6/8/2022): Penulis menyatakan masalah di atas telah diselesaikan dengan baik oleh pihak-pihak terkait.

 

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Pembeli Sudah Terima Uang, Tapi Menuduh Penipu kepada Penjual

Pembeli sebelumnya mengajukan pengembalian dana. Sambil diskusi di sana saya menawarkan kalau mau satu butir lagi pun akan saya kirim,...
Baca Selengkapnya

Komentar

  • Geli banget gue cuma uang 5.000 sampe nulis di media konsumen segala, udah kasih rating buruk ke seller,, padahal udah d TF 10k oleh seller,,, parah sih ni org, amit2 dah semoga ngga perng dtp cs sprti si lia ini,,,

  • Kalo saya jadi seller ya,saya laporin nih si Lia ke polisi,ibarat kata keluar duit jg gapapa urusan nya udah harga diri soal nya,dituduh penipu,di peras juga.dr bukti tulisan dan komen komen nya saya rasa udah cukup lah buat di seret ke sel ?

1 3 4 5