Promo WIB Tokopedia Dibatalkan Sepihak oleh Penjual dengan Alasan Admin Salah Masukkan Harga dan Baru Pertama Kali Ikut Promo

Saya pada saat WIB (Waktu Indonesia Belanja) tiap tanggal 25 akhir bulan selalu mengikuti promo-promo Tokopedia. Biasanya semua transaksi saya selalu dikirimkan seller walaupun dengan harga promo murah sekalipun (selisih harga produk sangatlah jauh).

Akan tetapi pada tanggal 31 Juli 2022 jam 02.00, saya tertarik dengan promo produk M-joptim face wash di seller Pro Guide You dan mau mencoba produk itu di harga 10.000 dari harga normal 220.000. Saya sengaja tunggu buat ikutan promo akan tetapi transaksi saya dibatalkan seller dengan alasan kesalahan admin salah kasih harga.

Saya membalas chat seller dan akan laporkan cs Tokopedia. Akan tetapi seller bilang memang salah memasukan harga dan belum paham sama sekali dengan program flash sale ini. Yang jadi pertanyaan saya adalah seller sudah Pro, masa belum paham mengoperasikan aplikasi Tokopedia? Atau bisa dikatakan jika belum paham. Seharusnya sebelum ikutan, tanyakan secara jelas bagaimana mekanisme promo kejar diskonnya. Baru setelah itu ikutan promo kejar diskon.

Sampai tanggal 4 Juli pun masalah ini belum diselesaikan cs Tokopedia bernama Mika. Cs Tokopedia bilang jika seller telah dihubungi dan menyatakan salah kasih harga (baru pertama kali ikutan promo jadi belum paham mengoperasikan). Sampai akhirnya cs Tokopedia menginformasikan saya untuk chat seller karena seller pun menyatakan stok produk kosong😱.

Saya hanya minta pertanggung jawaban seller dan tim Tokopedia karena jika dilihat kedua belah pihak salah. Seller yang kurang pemahaman berani ikutan promo kejar diskon dan tim Tokopedia yang beri harga promo pun tampilkan di kejar diskon serba 10.000 tanpa persetujuan seller.

Saya sebagai buyer yang tahunya hanya beli produk dan produk dikirimkan+diterima dengan baik. Jika saya seller, saya pun akan lebih banyak bertanya sebelum mengikuti promo-promo yang ditawarkan e-commerce.

Akhir kata, saya minta dikirimkan 2pc M-joptim face wash. Terima kasih.

Wenny Rahayu
Bekasi Timur, Jawa Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Belum Ada Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pihak yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Komentar

    • gak udah di cek mimin toped... dari tulisan aja nampak ini buyer kemaruk. kayak anak kecil aja. gak bisa maafin orang. gimana di kehidupan nyatanya...dak ada yang di rugikan kok. kalau alasan stok kosong suka suka seller lah tar juga dapet pinalti dari toped. ada ada saya tipe orang

    • Kasihan seller kalau ketidak pahaman dijadikan alasan untuk tetap mengirimkan barang tersebut, selisihnya terlalu besar. Pihak pembeli juga harusnya lebih bijak untuk tidak memaksakan keberuntungannya dengan cara² seperti ini. Demikian

  • Kalau dilihat dari tokonya yang baru gabung Februari 2022 dan baru dapat 2 rating ulasan sepertinya dia nggak bohong kalau belum paham soal ikutan promo.
    Sudah diikhlaskan saja, saya lihat juga harga barangnya cukup mahal 200 ribuan lebih 1 pcs. Daripada kamu terima barang yang orang lain nggak ikhlas untuk kirimnya bisa berefek buruk juga, apalagi itu untuk dipakai ke tubuh. Mencegah hal gak diinginkan aja sih. Takutnya nanti seller kirim barang yang nggak original repot sendiri.

    • Di tokped seller sudah pro power merchant sedangkan di toko orange sudah star seller

        • Totalin dulu harga produk realnya kak. Seller lain yg promo WIB dengan diskon 90% tetap dikirimkan produk sesuai pesanan buyer

  • ternyata pro pun tidak menjamin amanah, dan alasan baru pertama kali ikut flash sale. masa iya😁

  • Aneh sih kalau dibilang salah input harga. Soalnya 200.000 jadi 10.000. kalau jadi 20.000 masih mungkin lah beralasan itu salah input harga.

  • Pesanan yang dibatalkan Penjual itu hak penjual dengan berbagai macam penyebab dan alasan, namun pembatalan pesanan oleh Penjual sudah diantisipasi oleh marketplace dengan memberikan semacam sanksi atau yang lebih dikenal mendapatkan POINT PENALTI.

    Penjual yang mendapatkan point penalti di semua marketplace akan sangat berpengaruh terhadap kunjungan dan tingkat pencarian toko serta promo yang bisa diikuti oleh Toko dan itu cukup berat apalagi untuk toko yang baru mulai. Disamping itu dia kehilangan pelanggan satu seperti anda.

    • Saya pernah beli lampu emergency AOKI pas flash sale dgn harga cuma 14rb. Padahal harga normal 121rb... Saya pikir ni seller pasti salah input harga... Mungkin harganya seharusnya 114rb. Ternyata barangnya bener dikirim. Dan barang sesuai... Berarti saya untung besar... Seharusnya seller ini niru AOKI. Walaupun salah input barang hrs tetap dikirim.

      • Memang benar dan penjual tidak salah input karena menurut saya penjual cerdas apalagi toko baru untuk mendapatkan rating dan penilaian itu tidak mudah, pasang iklan di marketplace agar mendapatkan posisi teratas dalam pencarian membutuhkan modal, dalam kasus ini belum tentu 100 rb pasang iklan dapat satu pembeli dan masih lebih mudah dijual murah pertama kali untuk mendapatkan rating dan penilaian yang baik karena barang tidak fake tapi original.

  • meski sy bukan seller, sy kok ga suka ya ada buyer ngotot seperti ini. coba posisikan diri anda sbg seller dulu, baru tau rasanya gimana.

    • Coba kk yang dapat flash sale di toko orange serba seribu incer produk wow spt contohnya hp (pernah masuk juga di media konsumen) atau kejar diskon tokopedia di promo diskon 90% atau 99%. Sudah susah payah dapatin dibatalkan sepihak bagaimana rasanya?. Di toko orange aja buyer yang dapat hp 1000 rupiah mau tanggung jawab dari pihak market placenya+seller

      • ya mau dibandingin sm seller official store, ya jauh lah. itu kan seller biasa. ya kl toko batalin situ jg ga rugi apapun kok. dana 100% kembali bukan?

    • Kak, ditulisan saya bukan kah sudah ada penjelasan? Jika saya sebagai seller, sebelum ikutan promo-promo yang market place tawarkan akan tanya secara detail bagaimana mekanismenya. Setelah paham akan coba ikutan promo dan tidak sampai disitu akan selalu cek promo-promo yang diikutinya

      • Saya seller juga di marketplace.
        Pernah salah juga pas ngasih promo. Tapi barang tetap saya kirimkan, pernah juga ada buyer pesan 2 barang tapi ternyata saya kirimnya 1, yang satunya tetap saya kirim manual meski rugi karena ongkirnya cukup tinggi.
        Tapi puji syukur buyer2 saya akhirnya memberi ulasan yang bagus, dan pelan2 toko saya jalan. Kerugian yang awalnya saya tanggung sudah terbayar dengan keuntungan dari hasil jualan saya.
        Bagi saya jualan itu ibarat janji, jadi wajib ditepati karena kalau ndak bisa jadi penghalang rejeki sendiri.
        Mungkin saat ini rugi, tapi bisa jadi itu pembuka rejeki yang lain lagi.
        Makanya para seller hati2, kalau belum tahu pasti mending cari cari informasi biar tidak rugi sendiri.

  • alah seller bohong, gak mau di salahin, kenain nih penalti bila perlu blokir akun!!!!!!!!!!!

    • Seller & buyer sama aja
      Penipu & yang kena tipu
      Anak tk juga tau beda harga 200 ribu 😁
      Seller & buyer sama" tidak mau rugi 😀