Surat Pembaca

Promo WIB Tokopedia Dibatalkan Sepihak oleh Penjual dengan Alasan Admin Salah Masukkan Harga dan Baru Pertama Kali Ikut Promo

Saya pada saat WIB (Waktu Indonesia Belanja) tiap tanggal 25 akhir bulan selalu mengikuti promo-promo Tokopedia. Biasanya semua transaksi saya selalu dikirimkan seller walaupun dengan harga promo murah sekalipun (selisih harga produk sangatlah jauh).

Akan tetapi pada tanggal 31 Juli 2022 jam 02.00, saya tertarik dengan promo produk M-joptim face wash di seller Pro Guide You dan mau mencoba produk itu di harga 10.000 dari harga normal 220.000. Saya sengaja tunggu buat ikutan promo akan tetapi transaksi saya dibatalkan seller dengan alasan kesalahan admin salah kasih harga.

Saya membalas chat seller dan akan laporkan cs Tokopedia. Akan tetapi seller bilang memang salah memasukan harga dan belum paham sama sekali dengan program flash sale ini. Yang jadi pertanyaan saya adalah seller sudah Pro, masa belum paham mengoperasikan aplikasi Tokopedia? Atau bisa dikatakan jika belum paham. Seharusnya sebelum ikutan, tanyakan secara jelas bagaimana mekanisme promo kejar diskonnya. Baru setelah itu ikutan promo kejar diskon.

Sampai tanggal 4 Juli pun masalah ini belum diselesaikan cs Tokopedia bernama Mika. Cs Tokopedia bilang jika seller telah dihubungi dan menyatakan salah kasih harga (baru pertama kali ikutan promo jadi belum paham mengoperasikan). Sampai akhirnya cs Tokopedia menginformasikan saya untuk chat seller karena seller pun menyatakan stok produk kosong?.

Saya hanya minta pertanggung jawaban seller dan tim Tokopedia karena jika dilihat kedua belah pihak salah. Seller yang kurang pemahaman berani ikutan promo kejar diskon dan tim Tokopedia yang beri harga promo pun tampilkan di kejar diskon serba 10.000 tanpa persetujuan seller.

Saya sebagai buyer yang tahunya hanya beli produk dan produk dikirimkan+diterima dengan baik. Jika saya seller, saya pun akan lebih banyak bertanya sebelum mengikuti promo-promo yang ditawarkan e-commerce.

Akhir kata, saya minta dikirimkan 2pc M-joptim face wash. Terima kasih.

Wenny Rahayu
Bekasi Timur, Jawa Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Belum Ada Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pihak yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Komentar

  • Hei yang komen negatif baca ini ya. Mengikuti flash sale di marketplace ada prosedur tidak asal masuk aja. Dan tentu sudah melalui ketelitian sebelum produk di publikasikan.

    Dengan mengikuti program flash sale dan ternyata tidak mampu berarti ada indikasi berbohong. Misalnya dengan sengaja mengisi produk dengan harga rendah supaya dilihat oleh banyak orang ujung-ujungnya pas di order di bilang salah input harga.

    Para seller nakal jangan komen ngawur.

    Saya juga seller di beberapa marketplace tapi tau aturan ikut program flash sale.

  • Kalau seller ngaku salah input harga dan dibatalkan, ya sudah, ngapain dikejar. Cuma beli seharga 2 x 10 ribuan aja, kenapa ngotot minta dikirim? Apalagi kalau order udah dibatalin, tentu gak bisa diproses kembali.

    Sah -sah saja ngejar promo/ diskon, tapi kalau dibatalin seller, berarti belum beruntung, itu aja kok bikin repot sendiri. Kaos belum punya uang untuk beli dengan harga normal, tunggu aja promo dari seller yang lain. Kalau belum ada promo, beli aja dengan harga normal, kalau memang sangat dibutuhkan, bisa pinjam uang ke tetangga atau pinjol. Ampun, dapat buyer yang ngotot seperti ini.

  • Kalau saya jadi si penulis akan saya kejar terus sampai liang lahat! Seller pastinya udah faham mekanisme nya, apalagi seller udah PRO! Menurut saya, ini Seller agak licik, mau PROMO tapi nggak mau modal. Saya kira bukan hanya satu orang saja yg dibatalkan pesanannya... Awalnya katanya salah input harga, setelah dikejar katanya stok kosong, kan ngawur!!!

  • TOKOPEDIA LAGI TOKOPEDIA LAGI
    JADI ASALKAN ADA PROMO DI TOPED PASTI ITU ADMIN SALAH INPUT HARGA YA

    KEMARIN ADA 1 YG TAS ATAU APA YA TAPI TERAKHR DI KIRIM JG SAMA SELLER NYA KARENA UDA MASUK MK, ADA 1 KASUS LG SAMA JG TAPI LUPA SAYA

    • Bukan ngebela orang salah kak,
      Tapi prosedur atau SOP yg berlaku
      Penagih itu harus ada pihak ketiga,
      Dan shopee sedikit memanfaatkan hal tersebut dengan alasan akun nya terhubung lalu membatasi akun tersebut agar menagih kepihak penunggak.

    • Akibatnya kesalahan itu hal yg normal dan kebenaran itu merupakan sebuah kesalahan.
      Jadi jangan takut berbuat salah karena pasti akan dibela, takutlah berbuat benar karena pasti akan diserang ,
      Hahaha

  • Baru beberapa hari yg lalu saya memuat surat di MK tentang dikirim produk berbeda dan kurang oleh seller official store toped dgn alasan salah harga.
    Ehh sekarang ketemu lagi pembatalan oleh seller toped dengan alasan salah harga.
    Sepertinya ini hanya permainan seller supaya pembeli rame ditokonya.
    Sudah sangat banyak juga yg mengalami hal ini dan TIDAK HANYA DI TOKOPEDIA.
    Tapi seller di toko sebelah (contohnya orange sapi) jika alasan salah harga masuk ke komplenan maka solusinya cuma satu yaitu seller harus mengirim produk sesuai dengan invoice, berbeda dengan toped yg bersedia mendengarkan solusi dari seller meskipun kesalahan berada diseller.

    Akhir kata, penulis harus siap mendapatkan gangguan dari admin Tokopedia melalui telp hanya untuk konfirmasi dan sebagainya setelah memuat surat di MK.

  • Ya kalau saya sih setuju seller di komplain dan kena pinalti. Yg komen2 negatif pasti ngga punya pengetahuan lebih. Dan cmn mikir halah cmn duit segitu. Duit segitu yg namanya curang / bohong ya ttp aja nipu. Setahu saya ngga semua seller bisa ikutan promo kejar diskon atau promo seribu. Harus dapat undangan dari pihak e-commerce. Itupun di seleksi. Dari tingkat penjualan dll. Saya sudah pernah daftar soalnya, dan dijelaskan cs online nya. Dan ada yg komen diatas kalau official store pasti dikirim bla bla bla, pasti ngga pernah baca2 di medkom kasus sejenis. Banyak yg komplain sekelas official store resmi ikutan promo serba 1000 tapi dibatalkan dengan alasan yg sama. "Salah input". Helo? Kasus kaya gini banyak. Ngga cmn ini. Dan kalau masih belain seller ya anda tertipu. Mereka ngga polos. Ya emg trik nakal aja. Ngga rugi kok. Dibatalin juga gpp. Cmn 20rb. Tapi ttp harus di pinalti. Itu aja sih. Biar jd efek jera. Ngga playing victim. Org jelas2 salah kok.

  • orang ngapa dah . kalau kesalahan input trus sudah clear masalah yasudah .
    anda itu miskin atau gimana? mereka jualan ngambil untung barang begituan jg kecil kok gk dinalar .
    lagian jika benar scam pun situ tidak dirugikan dan banyak jg kasus salah input itu bukan anda saja
    kan intinya anda itu nuntut dikirim produknya padahal dana sudah dikembalikan dan masalah sudah clear dari topednya

    • Ini ciri orang yg seumur hidupnya ga pernah amanah, namanya jual beli itu sesuai kesepakatan, seller ngasih harga 10rb dibeli sesuai harga yg dikasih, maka seller wajib ngirim barang ke pembeli karena transaksi sudah sah. Kalau dibatalkan berarti seller ga amanah, kalo dah gitu wajar aja pembeli kompeln mau ke tokopedia atau ke seller itu hak dia. Orang nuntut haknya kok situ malah komplen

  • Masalah begini dibesar-besarin ke mk, rugi juga kaga. Bisa jadi belanjanya cuma nunggu promo2 beginian. ?