Surat Pembaca

Masalah Pembayaran QRIS BukuWarung dengan Metode Pembayaran ShopeePay

Pada tanggal 08 Juli 2022, pembeli melakukan pembayaran melalui QRIS merchant saya yang diterbitkan oleh BukuWarung sebesar Rp190.000, dengan metode pembayaran ShopeePay.

Lalu keesokan harinya 09 Juli 2022, saya mencoba menghubungi pihak BukuWarung untuk solusi penyelesaian masalah ini

Pihak BukuWarung pun memberi lampiran bukti settlement sebagai berikut:

Dapat dilihat pada lampiran di atas, statusnya adalah failed. Pihak BukuWarung pun menyuruh saya untuk menghubungi pihak Shopee. Saya langsung menghubungi pihak Shopee, tapi pihak Shopee menyuruh saya menunggu beberapa hari untuk proses pengecekan.

Akhirnya pada tanggal 14 Juli 2022, saya mendapat email bahwa transaksi sudah sukses pada tanggal 08 Juli 2022, dan pihak Shopee pun menyuruh saya untuk menghubungi pihak acquired (walau di sini saya menggunakan QRIS terbitan dari BukuWarung).

Sampai sini saya pun dibuat bingung. Pihak BukuWarung menyuruh saya menghubungi pihak Shopee, sementara pihak Shopee menyuruh saya untuk menghubungi pihak acquired. Namun tidak sampai di sini, saya mencoba lagi untuk menghubungi pihak BukuWarung. Mereka memberi keterangan bahwa dana sudah kembali ke ShopeePay terhitung pada 20 Juli 2022 (saya mendapatkan informasi melalui telepon dari pihak BukuWarung), dan pihak BukuWarung memberi keterangan tambahan sebagai berikut pada tanggal 26 Juli 2022

Namun pada saat saya cek mutasi pada akun ShopeePay (yang kebetulan pembeli ini merupakan teman saya) terlihat tidak ada mutasi masuk/keluar setelah tanggal 8 Juli 2022. Dikarenakan teman saya memang jarang berbelanja menggunakan metode ShopeePay, jadi memudahkan untuk melihat mutasinya.

Terhitung pada saat artikel ini diketik, sudah 28 hari dana saya tidak mendapat kejelasan. Mohon sekali untuk solusi masalah ini.

Abiyyu Setrayana
Surakarta, Jawa Tengah

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Belum Ada Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pihak yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Komentar

  • Ganti QRIS Bca Merchant kak...ndak ribet..ada notif langsung faild/sucses...setlemen jam 9 pagi udah masuk rek bca esok hari(kecuali weekeend jam 10-11baru masuk rek bca)

    • baik kak terimakasih atas saran nya. mungkin setelah kasus ini selesai saya pindah ke qris bca. soalnya blm berani pake qris dulu

  • Kami mewakili BukuWarung menyampaikan permohonan maaf atas ketidaknyamanan yang dialami oleh Bapak Abiyyu Setrayana. Kami mengapresiasi komentar yang disampaikan melalui kanal media konsumen, dan berterima kasih kepada Bapak Abiyyu yang telah menjadi pengguna loyal BukuWarung. Untuk memudahkan penyelesaian masalah, saat ini Bapak dapat menghubungi CS lebih cepat, tepat, dan mudah LANGSUNG lewat fitur Live Chat di aplikasi BukuWarung.

    Pastikan Bapak sudah update aplikasi BukuWarung ke versi terbaru. Selengkapnya Bapak Abiyyu dapat kunjungi di https://bukuwarung.com/hubungi-cs-lewat-aplikasi/ untuk informasi lebih lanjut. Atas perhatian dan kerja samanya kami ucapkan terima kasih.

    Salam,

    Maisha D. Ardani
    Public Relations Manager PT Buku Usaha Digital
    Kawasan, Sopo Del Tower B, 22nd Floor Jl. Mega Kuningan Barat III Lot 10. 1-6
    Jakarta