Penipuan Mengatasnamakan Kredivo

Pada hari Jumat tanggal 29 Juli 2022, saya mengalami penipuan yang mengatasnamakan platform Kredivo. Kejadian ini diawali ketika aplikasi Kredivo meminta untuk di-update, pada malam harinya tanggal 28 Juli 2022. Kemudian saya update, tetapi mengalami proses yang lama, bahkan hingga pagi hari.

Lalu ada option yang mengarahkan pada email Kredivo dengan judul update program Kredivo. Saya pun melaporkan keluhan atas apa yang saya alami. Setelah itu, ada 3 nomor yang mengatasnamakan Kredivo yang menghubungi saya melalui WhatsApp.

Saking bingungnya, hanya 1 nomor yang saya tanggapi, dengan pikiran yang positif. Kemudian saya diarahkan pada website kredivomu.zyrosite.com. Dari situ saya diarahkan untuk mengisi nama, telepon dan PIN.

Singkat cerita, siang harinya sekitar pukul 1, ada email masuk yang menerangkan telah terjadi transaksi melalui Tokopedia dengan pembayaran Kredivo saya. Saya shock, ternyata saya ditipu. Kenapa bisa terjadi, padahal saya mengeluhkan via email awalnya? Apakah email Kredivo bermasalah atau bagaimana saya kurang mengerti.

Lalu saya menghubungi CS Kredivo dan saya laporkan kejadian ini. Saya diminta menunggu 5 sampai 7 hari ke depan, dengan nasib yang menggantung, karena saya dibebankan tagihan total kurang lebih Rp10 juta. Ya Allah, sejahat itukah, sedangkan saya tidak pernah berhutang sebesar itu.

Mohon agar Kredivo bisa membantu segera mungkin untuk solusinya, karena jujur saya tidak mampu dan mau membayar apa yang sebenarnya bukan menjadi tanggungan saya.

Latif Sufi Alhamdan
Depok, Jawa Barat


Update (19 Agustus 2022): Surat pembaca di atas, kembali mendapat tanggapan dari pihak Kredivo sebagai berikut:

 

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Tanggapan Kredivo atas Surat Bapak Latifsufi Al Hamdan

Terima kasih atas informasi yang Bapak Latifsufi Al Hamdan sampaikan di website MediaKonsumen.com pada tanggal 7 Agustus 2022 pada kolom...
Baca Selengkapnya

Komentar

  • itu web kredivo.zyrosite.com aja udah mencurigakan (bagi yang udah tau) apalagi sampai isi form di website tsb itu brrti ngasih user n password buat login ke real akun kredivo nya.

    yang sabar. semoga dapet jalan..

    • Ya bagi yg sudah tau, bagi saya yg ga tau, kan ga ngerti juga dunia penipuan online bgini. Kredivo bisanya menyalahkan saja. Tnpa mau dilihat awal mulanya. Taunya karna konsumen karna konsumen. Kacau kredivo

  • Sebenernya pengen nyalahin ts karna kesalahannya, tapi ini gak pure kesalahan ts saja sebagai newbie. Ini juga ada kesalahan dari pihak kredivo.
    Ts mengeluhkan perihal update via email, namun tetiba ada japri via WhatsApp dan mengaku kredivo. Dari sini jelas ada orang dalam yang penipu. Lain halnya jika berkeluh kesahnya via medsos seperti Twitter.

    Note : tulisan ini berlaku jika ts menceritakan real fakta yaaa

    • Dan tambah bertanya di foto link login kredivo nya adalah support.kredivo.com, setahu saya adalah kredivo.id.

      Menurut kesalahan berawal dari alamat email yang salah, lalu diarahkan ke website yang salah juga. Saya rasa gk mungkin kredivo melepas (mengratiskan) kerugian ini ke TS.

    • Sepertinya itu yg minta update bukan dari kredivo. Tp email random yg dikirim oleh penipu dan kebetulan sih TS punya akun kredivo dan dia klik link yg ada di email. Kalau update kan harus dari aplikasi bukan dari email

      • Betul sekali, krn tidak bisa update dan akses, loading terus dari malam harinya hingga pagi hari ditanggal 29 itu. Maka saya coba kirim email keluhan tsebut. Eh malah kena tipu sama pihak yg ngaku kredivo. Kredivo juga ga mau disalahkan lagi, nyesek sekali kalo bgini. Kecewa berat

    • Itu masalahnya....
      Awalnya kirim email kekredivo dan mengeluhkan karna akses tidak bisa dan meminta update yg ga kunjung2 bisa. Tiba2 masuklah tlp yg mengatasnamakan kredivo, sebagai konsumen saya bfikir memang it dr kredivo krn dasar saya adalah berawal dari saya kirim email ke kredivo. Mana saya tau ini penipuan, ditambah lagi mengisi link tautan dgn background kredivo, y a saya percayalah jadinya. Kecuali tiba2 ada tlp dr org yg mwngaku kredivo. Baru saya ga percaya. Lah ini gmn ceritanya.

  • Email pertama itu merupakan email palsu yg mengarahkan ke phising. Masalahnya, kenapa bisa tau emailnya TS?? Soceng atau ada breach??

    • Saya mana ngerti pak, email tersebut juga saya taunya pas keadaan akun kredivo ga bsa akses dan minta update, disitu ada option mengarah keemail tsbt.

        • Dari aplikasi awalnya, tdk bisa diakses, loading terus.... lalu saya ke playstore bukalah aplikasi kredivonya, disitu ada keterangan minta update, itu pun sama loading trus tdk ad progress akses internet aman ga ad masalah, krn aplikasi lain bisa dibuka. Disitu ada option yang mengarahkan ke email kredivo. Lihat screen shot email ditanggal 29 itu. Berawal dari situlah maka banyak tlp masuk.

          • Solusinya saya memilih melaporkan kepihak kepolisian untuk diBAP kan, dan minta perlindungan kpihak berwajib, saya lebih baik memperjuangkan hak saya yang disalahgunakan org yg tidak bertanggung jawab, daripada harus membayar yang memang benar2 bukan saya dan saya pun sangat2 tertipu, saya kecewa berat tidak ada keberpihalkan kredivo kpd konsumen, padahal kredivo sangat diuntungkan dgn adanya konsumen, konsumenpun sangat terbantu dgn adanya kredivo, tapi kalo sudah ada kasus begini, padahal 1x 24 jam sdah saya laporkan kekredivo, malah cuci tangan, iya paham itu sistem, tapi sistem itu sendiri buatan manusia yang pada hakikatnya bisa diantisipasi kalo benar2 mau berpihak pada konsumen.

          • Dan sekarang sudah lewat dari 28 agustus apa ada pihak kredivo tlpon untuk bayar dan kolektor yg menagih kah,?

          • Iya sudah mulai dtlp dan nada suara cs menagihnya sudah mulai meninggi, sengaja saya rekam setiap pembicaraan.

  • Udah sering banget lihat korban penipuan kayak gini.
    Jadi curiga kalo ada oknum yg bermain.

    Harus lebih hati" lagi. Biarpun nanya solusi ke cs resmi.

  • "...Saya bfikir positif saja diawal ....."

    Nah, kalau yg begini sih alamat bakal jadi sasaran empuk penipu..dan terbukti berhasil

    Ubah mindset anda kedepan, jgn pernah berfikir positif begitu ada hal hal yg diluar kebiasaan untuk urusan dengan lembaga keuangan apapun!
    Kecurigaan dan Waspada selalu no.1

  • Waduh, terlalu lemah posisinya mas. Semoga gerombolan penipu pinjol ini cepat terbongkar.

  • Dari bentuk web nya udh kelihatan penipuan.. kalaupun ada oknum di Kredivo, tetaplah jngn memberi pin/password kepada siapa pun.. Karena mereka juga manusia, gk semua baik

  • Patut disadari bahwa memang banyak pengguna medsos dan aplikasi lainnya yg masih minim literasi, tidak berhati-hati hingga banyak dari masyarakat kita yg terkena kasus penipuan semacam ini.

  • Kok mau disuruh ngisi Nama, Nomor Telp, dan PIN?

    Emangnya belum pernah denger pernyataan jgn pernah memberi PIN ke orang lain?

    Di negara majupun orang yang gaptek emang jadi sasaran empuk, itu lah salah satu yg dimanfaatkan orang India.

    Penipuan menjadi bisnis yang menggiurkan, solusinya harus mempelajari hal baru dalam dunia internet (dan ini tidak mudah bagi orang-orang yg sudah tua atau gaptek) atau kembali ke cara tradisional.

  • Kalau melihat kronologi bapak smengirim email ke customer service dari situ mulai penipu beraksi berarti server email kredivo yang tidak aman yang bisa dibaca pihak lain atau ada pihak tidak bertanggung jawab di kredivo