Surat Pembaca

Mohon Bantuan Mediasi Terkait Masalah Salah Transfer Sesama Rekening BRI

Assalamu’alaikum, wr. wb.,

Kepada Yth. Bank BRI
Di tempat.

Melalui surat ini saya mohon bantuannya terkait masalah salah transfer yang saya alami pada 30 Juli 2022 pukul 10:34 dari no rekening: 7103 **** **** 503 atas nama: Eva Yulisnur ke nomor rekening: 7150 **** **** 539 atas nama: Budiono. Yang seharusnya ke nomor rekening: 5591 **** **** 537 atas nama: Budiono.

Saya sudah melaporkan masalah saya ini ke callbri@bri.co.id dan juga nomor 150017, dan mendapatkan nomor tiket 41268011 & 41391827, namun belum mendapat kepastian.

Adapun kronologinya saya mentransfer melalui aplikasi Brimo ke nomor teman saya atas nama Budiono, namun saya tahu bahwa ternyata salah transfer setelah saya mengirimkan bukti screenshot ke teman saya dan ternyata nomor rekeningnya berbeda.

Saya mohon kepada pihak Bank BRI terkait untuk membantu menyelesaikan masalah saya. Sekian, atas bantuannya saya ucapkan terima kasih.

Wassalamu’alaikum, wr. wb.

Eva Yulisnur
Jambi

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Tanggapan PT Bank Rakyat Indonesia atas Surat Ibu Eva Yulisnur

Kepada Yth. Redaksi Mediakonsumen.com di Tempat Dengan hormat, Kami menyampaikan terima kasih atas kepercayaan yang telah diberikan kepada PT. Bank...
Baca Selengkapnya

Komentar

  • hm... jadi nomor rekening nya salah tapi nama rekeningnya sama-sama BUDIONO (2 org berbeda)? jika demikian Anda termasuk orang paling beruntung karena bisa menemukan 2 nomor rekening berbeda dengan 1 nama yg persis sama. kejadian ini langka krn kl salah nomor rekening biasanya namanya juga beda.

    atau jika maksudnya kedua nomor rekening itu memang punya pak BUDIONO (orang yg sama), ya tidak masalah mestinya krn penerima nya orang yg sama, tinggal dibicarakan baik2 dengan pak Budiono nya. krn setau sy, bank tidak mungkin jg menarik uang dr rekening seseorang begitu saja.

    semoga masalahnya cepat selesai

    • Beda orang pak, hanya kebetulan namanya yang sama, karena sebelumnya saya sudah melakukan transfer ke pak budiono yang benar pake aplikasi mobile banking yang lain, dan alhamdulillah berhasil

        • Saya tidak tahu, muncul otomatis mungkin, karena yang saya input itu yang nomor 5591********537 atas nama budiono yang saya dapat dari chat dengan pak budiono langsung

          • Jadi kesimpulan nya yang anda input adalah nomer dari pak budiono lewat chat? Dan ternyata salah???

          • Yang dari chat itu nomor yang benar, dan saya input nomornya yang berasal dari chat itulah, tapi terkirimnya ke nomor lain. Cuma namanya aja yg sama

      • Berarti dua budiono anda kenal dong. Kalau tidak masak ada dikontak anda. Bicara baik2 saja kedua budiono itu.

        • Saya bilang, nomor yang salah saya tidak ada kontak nya, dan yang saya input itu nomor yang benar yang saya dapat langsung dari pak budiono yang saya kenal, tapi gak tau kok bisa nyasar ke pak budiono yang saya gak tau siapa dan kata 'mbak CS dari bank' orang beda pulau, kalok ada ya pasti sudah saya hubungi, ini uang sangat banyak untuk orang sekelas saya, dan ini juga bukan uang saya,.

          • Sudah balik kak uangnya ?? Saya juga persis kasusnya salah no rek tp nama sama. Dan saya ketik juga rek yg benar keluarnya hasilnya beda

      • Uangnya bisa kembali,,kalo penerimanya tidak mau mengembalikan itu bisa dipidana, karena anda sudah melaporkan salah transper ke BRI. Tunggu aja bos dalam minggu2 ini, insya allah kembali.

      • Trus, BUDIONO yg blm terima transferan, gmn nasibnya? transaksi jual beli / pelunasannya gmn?

    • Pantesan pemerintah sekarang buat ketentuan untuk Nama di akta kelahiran harus minimal 2 kata. Semoga kedepannya tidak ada lagi salah transfer dengan nama sama seperti ini. atau Semua bank di wajibkan untuk nama yang terdiri dari satu kata harus ditambahkan pembeda misal kecamatan atau lainnya.

  • Baru sekarang kebetulan ya. Terkirim ke nomor tujuan yang keliru tapi namanya juga BUDIONO.
    Apakah ini trik dari temannya?

    • Bukan trik Si pak, soalnya saya sudah datang langsung ke kantor cabang BRI tempat saya tinggal, katanya ini nomor rekeningnya beda pulau, cuma pihak bank gak kasih alamat detail nya, karena mungkin sudah rahasia pihak bank. Dan saya menghargai itu.

      • Pernah juga salah transfer untuk judi, tpi salah norek admin akibat terlalu cepat dan ke klik nomor yg salah
        . Tapi Alhamdulillah akibat itu saya gak jadi judi

  • Sobat BRI, terima kasih atas informasi yang diberikan. Laporan tersebut akan segera kami tindak lanjuti. Tks~Sammy

    • Tidak pak.. Saya baru pertama kali transfer ke pak budiono pake aplikasi brimo saya, sebelumnya memang saya sudah transfer uang untuk DP kambing ke pak budiono tapi pakek aplikasi Mobile Banking yg lain, yang ini ceritanya saya pelunasan nya., ini juga bukan uang saya pak, saya dipercaya oleh kawan untuk mengelola uangnya untuk usaha kambing, nanti bagi hasil untuk untungnya,itu uang yang sangat besar buat saya, saya juga hanya peternak biasa.

      • Kenapa dikontak anda tidak ditulis budiono kambing untuk menghindari salah transfr nama salah. Sebab nama banyak mirip.

        • Saya menghindari menyimpan nomor rekening orang, biasanya saya akan chat sebelum mentransfer uang.

      • Temui orangnya yang anda maksud salah transfer, jika orang tersebut tidak mau mengembalikan harap lapor polisi

        • Bagaimana cara saya nemui pak budiono nya, alamatnya saja saya gak tau, kata mbak CS nya beda pulau, pulau apanya juga gak tau.

  • Dia tranfer tidak lihat nomor rekening, dilihat hanya nama nya saja yg sudah ada di aplikasi brimo miliknya, sebelumnya pasti pernah transaksi dg kedua nama budiono tersebut, padahal nama bisa sama, harusnya nomor rekeningg yg dilihat

    • Aplikasi brimo saya baru beberapa bulan lalu saya buat pak, dan transaksi ke pak budiono tidak pernah saya lakukan sebelumnya, sudah saya cek berkali-kali di riwayat transaksi & mutasinya tetap tidak ada,

    • Emang aneh. Itu kalau salah transfer beda sekali nomornya. Jangan jangan ini bukan salah transfer tappenipuan.

      Kalau memang sdh di save di brimo by nama berarti dia sudah pernah/sering transfer dong dulunya ke no rekening yang salah itu.

      Ya tinggal kordinasikan dengan pemilik rekening yang salah itu.

      • Aplikasi saya baru pak, dan transaksi saya masih sedikit dan saya pun langsung datang ke CS tempat saya tinggal , mereka 'CS' pun tau saya gk pernah transfer ke nomor salah tsb sebelumnya, kalok memang ada transaksi saya sebelumnya harus nya ada di riwayat atau mutasinya, saya input nomor nya pun langsung dari WA pak budiono, karena saya gk pernah nyimpen nomor rekening orang, biasanya saya akan langsung chat meminta nomor rekening sebelum melakukan transfer.

        • Kalau no rekening salah tidak tersimpan dari Brimo berarti penipuan ini mah. Yang memberikan no rekening via chat WA itu ibu kenal?

          Kasus salah transfer biasanya no rekening tujuan tidak begitu berbeda. Salah input dsb.

          • Yang ngasih nomor rekening ke saya pak budiono nya langsung lewat aplikasi Whatsapp, dan yang dikasih ke saya yang nomor (537 nomor benar),bukan nomor (539 nomor salah), dan yang saya input ya nomor yang dari pak budiono itu (537), ini kata Mba Kata CS BANK yang ada di cabang dekat saya tinggal, namanya sama-sama BUDIONO, tapi alamatnya beda, orang nya juga beda.

  • Bagaimana masalah mbak yang salah transfer ke nomor rekening berbeda apakah sudah clear?

    • Belum kk, masih nunggu proses, nanti akan saya infokan di sini apabila sudah clear..

  • Apa uanya nya balik pak.. saya peenah dari sea bank ke bca dan dari bca ke bca.. total 500rb uang tidak kembali

    • Belum kk, masih nunggu proses, nanti akan saya infokan di sini apabila sudah clear..

    • Kalau kita transfer pasti kita kenal orang nya. Tidak mungkin kita transfer kesiapa saja bagi2 rezekki?

    • Mungkinkah itu memang orang yang sama meskipun beda no rekening (no rekening lama dan baru) karena saya dulu saat mengurus kartu atm yg sudah kadaluarsa (bank niaga), saya diberikan no rekening baru yang berbeda dg yang lama (buku tabungan tetap memakai yg lama) dan menurut mbak cs nya meskipun sudah berganti no rekening baru, misalnya kita transfer ke no rekening lama tetap bisa masuk ke tabungan saya, jadi no rekening saya yang lama tidak dicoret. Intinya no rekening lama dan baru sama2 bisa digunakan, tapi dari saya memperbarui sampai saat ini, saya belum pernah menggunakan no rekening lama, hanya menggunakan no rekening yang baru (takut beresiko) , meskipun sudah dijelaskan tetap bisa digunakan no rekening lama. Saya tidak tahu apakah untuk bank BRI juga seperti itu. Semoga segera mendapatkan solusinya.

      • Saya sudah datang langsung dan tanya di bagian CS, katanya memang beda orang, beda pulau malah. Tapikan privasi bank, jadi saya gak boleh minta alamat jelasnya. Kalok boleh pasti saya akan ikut ngelacak secara pribadi.

  • Setidaknya kali ini gw melihat penulis yg jujur dan permintaannya "memohon mediasi" Sudah betul. Biasanya gw baca salah transfer, bank lalai terhadap hak konsumen, marah marah bla bla bla.. Tapi Disini penulis mengakui kesalahannya sendiri, tidak memaki dan kata katanya sopan, MEMOHON..bantuan BRI.. Semoga masalahnya cepat selesai dan BRI bersedia membantu

  • "Saya sudah melaporkan masalah saya ini ke callbri@bri.co.id dan juga nomor 150017, dan mendapatkan nomor tiket 41268011 & 41391827, namun belum mendapat kepastian."
    --
    Kepastian apa yang anda maksudkan?
    Tanggal berapa anda lapor dan melengkapi persyaratan bank?

    • Pada hari yang sama, menurut saya pihak banknya tau kapan saya lapor, karena dari nomor laporan saya pihak bank pasti bisa melacaknya, maaf jika komentar saya salah??

    • Kepastian yang saya maksud, ada apa gak itikad baik untuk mengembalikan uang saya dari pak budiono penerima dana salah transfer saya, jika tidak ada, biasanya sih berlanjut laporan ke polisi, gitu ya..

    • Tidak, hanya satu yang tersimpan, yaitu nomor rekening yang salah yang ada di mutasinya, tapi sebelum transaksi itu saya sudah melakukan transfer ke nomor rekening pak budiono yang benar namun pakai aplikasi mobile banking dari bank berbeda, dan alhamdulillah gak nyasar.

  • waduh baru tahu nih kalau ada 2 nomor rekening yang berbeda tapi nama pemiliknya sama..
    wah perlu lebih hati hati kalau mau transfer uang harus cek no rekening dan nama pemiliknya.

    • ya dari dulu jg ada kali, saya punya 2 rekening di BCA, masa satu nama nya Ivan Yuwono, satunya Ivan Wijaya? ya pasti namanya sama lah, nomor rekeningnya beda

        • lah kalo saya IVAN saja, sudah punya rekening, orang lain nama IVAN jg tidak boleh punya rekening gt mksd anda?

          • Maksud saya nama penerima salah dan nama penerima benar sama-sama BUDIONO, tapi rekeningnya berbeda dan orang nya juga berbeda, tapi bukan berarti mereka gak boleh punya nomor rekening. Memang harus nya ada aturan pemerintah untuk nama gak boleh dari satu suku kata, atau mungkin jika namanya sama dibelakangnya dikasih nomor unik kali ya, biar gak ada lagi kejadian seperti ini. Maaf jika salah komentar?

          • Seperti kita bikin e-mail tu, kalau nama pengguna sudah ada yang pakai pasti sistem akan otomatis ngasih tau "alamat ini sudah ada yang menggunakan, silakan coba yang lain". Perlu di coba sistem seperti ini kaya'nya.. Maaf hanya opini saja..

      • Kudu di cek bukan namanya doank tapi nomor rekening pastiin, auto correct di handphone matiin, atau lihat" auto correct di hp chat biar bener pilihanya.

        • Tapi waktu transfer kan yang saya input nomor rekeningnya bukan nama orangnya kk, dan nama orang itu biasanya muncul otomatis setelah saya input nomor. Maaf jika saya salah komentar ?

      • Ya pasti dua2 nomor rekening ivan wijaya yg asli dong. Kok akhir2 ini banyak orang salah transfer. Padahal. Kita yg isi data dan jumllah uang. Maka harus teliti dong.

    • Iya betul.. Harus lebih teliti lagi, Tapi kalau saya tipe orang yang traumatis, mungkin kalau saya lebih baik langsung datang ke teller untuk transaksi uang yang besar..

      • Karena kejadian ini saya dari pagi sampai malam kerjaannya browsing mulu, saya punya anak dan keluarga yang mungkin sedikit terabaikan karena masalah saya ini, sampai saya ketemu situs ini, dan semoga cepat terselesaikan masalah saya, seperti pengalaman orang yang sudah-sudah.

      • Bu Eva maaf ikut komen. Cuma mau cek aja. Itu no rek Budiono yg salah ibu dapet nya dari mana...?

        Kalau ada yg ngasih nomor rek yg salah tersebut ibu bisa tanya ke orang yg bagi no rek yg salah tersebut.

        Pasti orang yg bagi no rek yg salah tersebut pernah transaksi ke no rek tersebut. Atau bahkan kenal.

        Soalnya ibu input no rek tersebut ke aplikasi Brimo pasti ibu tau dong no rek tersebut sumbernya / atau yg ngasih no rek tersebut siapa.ke ibu Eva...

        Coba di cek lagi
        Terimakasih semoga cepet terselasaikan

        • Saya gak punya nomor rekening tsb sebelum nya pak, dan saya hanya punya nomor rekening yang benar saja, sebelum saya transfer saya chat ke pak Budiono dan dikirim nya melalui chat wa, dan nomor rekeningnya saya input hanya yang berasal dari WA tsb. Dan ini sebenarnya transaksi yang kedua saya kepada pak budiono dengan nomor yang benar, karena sebelumnya saya sudah transaksi sebagai DP namun melalui aplikasi mobile banking dari bank berbeda dan itu berhasil "gak nyasar" Dan yang ini transaksi pelunasannya, tapi nyasar ke pak budiono yang saya gak kenal dan saya benar- benar gak tau siapa.

    • Itu bsa terjadi,past di indonesia ini ada nama yg sama,termasuk saya,ditempat saya bekerja nama yg sama ads 5 org. Dan stlh saya resign dri tempat kerja,hrd masih sering salah merekap penggajian karyawan dan prnh 3x masuk kerening saya,jd klo dbilang baru tau nama sama beda rekening,sbnrnya itu ada. Dan saya jg ornh ketahan di imigrasi gara2 nama sama,tanggal blan tahun lahir sama,dan saya hampir masuk penjara imigrasi,dikarenakan ulah org yg berbeda. Menurut saya,klo sipenulis menipu,buat apa dia capek2 tanggapi koment dsni,saya rasa buang waktu. Dan hrusnya berikan support bkan sprt menjatuhkan beliau dgn mengatakan penipuan,koq bsa ya,koq bsa 2 nama sama beda rekening,ya bsalah,yg od intinya sioenulis mgkn kutang teliti dan kurang hati2. Buat penulis baiknya tdk usah lg tanggapi segala mcam pertanyaan,yg mana akan bikin penulis repot sndiri dgn oertanyaan yg sama. Lbh baik fokus ke bri untuk penyelesaiannya. Itu jauh lbh baik dripd menanggapi pertanyaan yg itu2 dan itu terus. Semkga msalahnya cpat selesai dan penulis bsa tenang,kedepannya mgkn hrus lbh teliti lg,dan save nama pelanggan pakailah kode sndiri biar tdk terulang lg. Terima aksih