Yup Paylater Kena Bobol

Saya mau membagikan kejadian yang baru dialami tanggal 09 Agustus 2022. Akun Yup saya di aplikasi Yup kena bobol. Ada transaksi pulsa ke nomor Telkomsel sebesar 200.000 dan itu bukan transaksi saya.

Awal mula siang hari tanggal 09 Agustus 2022 ada beberapa notivikasi OTP masuk ke wa dan sms. saya curiga ada yang mau masuk ke akun saya melalui device lain. Saya berinisiatif langsung ganti password PIN kartu Yup dan ganti password PIN di aplikasi. Dan segera menghubungi CS Yup melalui wa. Tapi OTP terus masuk dan aplikasi di hp tiba tiba hang dan log out sendiri. Kata CS Yup jangan login ya.

Aneh dengan kata kata CS saya nekat login dan kaget ada 1 transaksi pembelian pulsa 200 ribu dari akun Yup saya. Saya kontak CS lagi dan tidak merespon sekitar 18 menitan lamanya. Makin panik lalu CS balas suruh isi template laporan. Agak aneh menurut saya seakan CS lah yang login di pikiran saya karena banyak kejanggalan kejanggalan.

Hingga tengah malam saya tunggu hasil pengecekan tim terkait tapi belum juga ada kabar. Dan saya berharap pihak CS lebih cepat tanggap jika ada kejadian seperti ini. Saya harap masalah ini bisa selesai tanpa harus saya melakukan pembayaran pulsa sejumlah 200 ribu yang memang bukan saya yang transaksi.

Permintaan saya untuk blokir sementara aplikasi pun tidak ditanggapi. Padahal agar mencegal hal yang serupa terulang. Tadinya saya sangat percaya dan terbantu dengan adanya aplikasi Yup dan kartu Yup ini. Saya percaya karena Yup adalah bagian dari Bank Sampoerna.

Semoga kepercayaan saya tidak luntur dengan adanya masalah ini. Dan masalah ini segera selesai tanpa ada yang dirugikan dari kedua belah pihak.

Asep Saepurohman
Bogor, Jawa Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Tanggapan Yup Atas Permasalahan Bapak Asep Saepurohman

Yup, Kendala ini sudah terselesaikan dengan baik! Dear Bapak/Ibu ditempat, Sebelumnya kami ucapkan terima kasih telah senantiasa menggunakan Yup dan...
Baca Selengkapnya

Komentar

  • 081223109751 cek di "Get Contact" =
    Kosim
    Achmad kosim
    Bandung
    Ojol gojek
    Driver
    Mang Achim
    Agus
    Bikers acim rbn
    Alamanda
    Go food

    Penjelasan dari CS itu nomor siapa?

    • Saya tertarik dan baru download getcontact makasih pak/ bu atas informasi nya..
      Untuk masalah nya sudah di komunikasikan dan sudah selesai..

      • iya sih kalo kita bisa tertipu dengan kata milik ' Sampoerna ' meski udah enggak diraguin lagi tapi kalo saya pribadi kok tetep harus waspada banget, karena bagaimanapun juga mereka itu tetep vendor meskipun sebagai 'delegasi' pihak Sampoerna yang seharusnya kredibil.

        colek petinggi @sampoerna

  • Kalau saya tidak pernah percaya dengan aplikasi, ataupun perusahaan2 yang memanggil klien atau customer nya dengan panggilan "kakak". Coba sebut, perusahaan atau bank mana yg memanggil customernya dengan panggilan kakak? Itu udh jadi tanda tanya besar buat saya, krn di perusahaan bonafide yg bisa dipertanggung jawabkan, ada tata krama dan pelatihan utk karyawannya,apalagi yg berhubungan dengan customer. Mereka selalu akan berbicara dengan bahasa formal, contoh ke grapari, telkomsel center, indosat center, bank2 resmi, sampai customer service nya gojek pun nggak pernah manggilnya "kakak". Jadi mending dicek dulu deh, perusahaan2 itu bonafide atau enggak. Atau malah anak2 smp,sma lagi yg jalanin customer servicenya, oke deh kakak😁

  • Apakah pernah gunakan wifii publik?apa pernah dapat kiriman anda berkesempatan memenangkan hadiah trs disuruh kesuatu situs untuk rendem peruntungan?atau apakah hp anda diroot?apakah anda menggunakan aplikasi mod?mnkn phising atau semacamnya.

  • Semua web/app yg terhubung mengunnakan certificate SSL udh aman dan pengguna (prusahaan) SSL juga dapat asuransi hingga jutaan dollar jika jebol.

    Pertanyaannya kenapa bisa kena hack?

    1. Phising (kena web/link palsu)
    2. Pakai koneksi umum (wifi gratisan di cafe dll, pengunaan ini sangat rentan sniffer)
    3. Pakai VPN (byk VPN yg gratisan malah jadi lahan keylogger/sniffer)
    4. Gunain OS hasil root/bajakan dan ga diupdate berkala.

    Makanya prusahaan sekarang pada nerapin 2step authentication, karena nomor 2-4 kesalahan paling umum. Jdi klo ga terpaksa jangan skali skali transaksi perbankan pada kondisi diatas.

    Kalo perusahaannya yg jebol, ngapain capek capek ambil duit "receh" ratusan ribu, masih banyak akun yg lebih empuk. Jadi bukan Paylater nya yg jebol, tapi akun anda.

    • Ada kelanjutannya pak.. di hari ke 2 dan hari ke 3.. cuma belom saya publish.. dengan nominal jauh lebih besar..

    • Saya baru tahu kalo ada asuransi seperti itu.. dan saya jadikan pelajaran agar lebih hati-hati .. terimakasih penjelasan yang detile dan rinci nya

  • Itu nomor cs dapat dari mana? nomor CS palsu banyak berkeliaran di pencarian google. Kalau mau contact cs biasakan dari aplikasinya langsung. Jgn asal comot dari google ya

        • Anda mainnya kejauhan centang hijau di WA mana bisa di copy paste, dan gak icon/emoticon centang hijau seperti di WA dan WA resmi ketahuan kok bedanya. Dan satu lagi anda buka https://finture.id/ dibawah tertulis kok WA resmi.

          • Betul.. itu no wa official asli nya.. dan betul di aplikasi maupun di web nya memang ada no wa tersebut karena memang hanya 1 no wa itu saja..

  • Klarifikasi Jumat 24 Agustus 2022
    Alhamdulillah semua masalah sudah selesai tanpa adanya sedikitpun kerugian dari pihak pribadi saya..
    Terimakasih
    Ibu Putri Head CS
    Dan Bpk Jeremi Head OP
    Sudah mau bertemu saya, membahas malah bersama dan bersedia membantu mencarikan solusi terbaik hingga masalah ini selesai dengan cepat..
    Dengan ada nya itikad baik ini semoga kedepannya YUP bisa terus berkembang dan sama sama belajar/ koreksi dari kesalahan masing masing baik dari pihak YUP maupun saya pribadi..