PLN Tidak Menindaklanjuti Penambahan Daya, Padahal Sudah Bayar

Pertama-tama saya ingin berterima kasih kepada Media Konsumen, yang sudah berkenan menampung keluhan saya. Nama saya Pauline dan saya tinggal di Jogja. Pada tanggal 28 Juli 2022, saya sudah meminta penambahan daya dari 1.300 VA menjadi 2.200 VA untuk CCTV. Nomor registrasi saya: 5210813052879.

Karena waktu itu saya belum mengerti aplikasi PLN secara benar, jadi saya telepon PLN 123 lewat telepon rumah, yang mana waktu itu ditangani Kak Dimas. Dia sudah bantu saya dan dibilang harus bayar tambah biaya untuk pemasangan. Karena di aplikasi PLN juga sudah tercantum, saya OK (bukti terlampir). Dia bilang akan ditindaklanjuti selama 5 hari kerja ke depan yang mana jatuh pada tanggal 5 Agustus 2022.

Setelah menunggu dan diberitahu, saya ok. Akan tetapi sampai tanggal yang ditentukan, tidak ada orang PLN datang dan saya harus pergi ke luar kota besoknya. Akhirnya saya buat keluhan dengan nomor: K5222080501236.

Namun anehnya setelah ditindaklanjuti (setelah 10 menit), masa dibilang masalah sudah selesai? Padahal listrik belum menjadi 2200 VA, dan tidak ada orang datang atau berkomunikasi dulu dengan saya. Setelah itu saya keluhkan lagi di PLN 123 dengan nomor K5422080806025. Namun lebih gila lagi, karena setelah itu 2 menit kemudian dinyatakan selesai.

Padahal saya sudah bayar sebesar Rp1.107.065 per 28 Juli 2022. Aplikasi PLN bintangnya 4.8, dengan review semua data benar dan langsung ditangani. Kenapa saya tidak? Padahal saya sudah sesuai aturan. Tolong PLN selesaikan masalah saya untuk penambahan daya dari 1.300 VA menjadi 2.200 VA. Saya tunggu itikad baik dari PLN.

Terima kasih.

Pauline Nathania
Yogyakarta, DIY

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Belum Ada Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pihak yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Komentar

  • Anda bayarnya kemana....????
    Kalau pengalaman saya tambah daya lewat website PLN, saya bayar lewat M-banking dengan kode pembayaran yg saya peroleh dari proses pengajuan tadi. Kode bayar bukan nomer rekening. Prosesnya pun sangat cepat, malam saya ajukan terus saya bayar, esoknya petugas datang dan proses penggantian daya selesai. Saya tinggal di kabupaten Bojonegoro Jawa timur. Saya sering berurusan dg petugas PLN (terkadang jika tetangga punya masalah dg PLN saya dimintai tolong untuk menghubungi PLN) dan semua prosesnya sangat cepat. Hari ini mengajukan keluhan, besoknya petugas PLN langsung datang dan masalah beres. Kalau keluhannya pagi, siang atau sore petugas PLN akan datang. Itu pengalaman ditempat tinggal saya. Nggak tahu kalau ditempat lain.

    • Biasanya bulan agustus itu banyak promo tambah daya. Punya pengalaman 2x tambah daya, yg pertama 2 hari selesai sejak pembayaran. Yg kedua sampai 1 minggu baru ditangani. Kata petugasnya stok mcb nya sedang kosong, harus nunggu dr pusat. Gitu ceritanya.

    • bayarnya lewat BCA VA dan memang PLN punya, Sudah dijawab juga tadi oleh PLN terkait penambahan daya. memang seharusnya di MK kalau begini. Terimakasih atas masukannya juga.

  • Mahal bener dr 1300 ke 2200va sejuta lebih.
    Taun lalu sy dr 2200 ke 3500va 264,000.
    Bener2 nih pln kejemnya.

      • Biasa 17an suka ada promo jd 200rban buat nambah daya setingkat atasnya. Kalau blm ada petugas datang mending samperin kantor pln nya.

    • itu termasuk mahal 200rb...nambah daya sampai 5500 gratis kok..pas ultah pln...
      sejuta utk 900w itu dah hrg normal sesuai hrg per kwh..klo mau irit ya nunggu pas promo sperti ane dpt,,,lumayan iritna....2200 k 5500 naik 3000w lebih..anggap sj 1000per kwh,hrusna byar 3jt_an,,ini gratis..

    • g tau juga sih kenapa bisa sebegitunya.. padahal itu juga tertera di aplikasi PLN, jadi saya juga percaya.
      Bersyukur sudah dijawab oleh PLN tadi untuk pemasangan. Terimakasih.

  • Terimakasih atas masukan komentar dan saran. PLN Jogja juga sudah menanggapi keluhan saya terkait penambahan daya. semoga bisa langsung direalisasikan 2-3 hari ini. Terimakasih sekali lagi.