Penipuan dan Pemerasan oleh Aplikasi Pinjol Berkedok Koperasi Simpan Pinjam

Saya mau melaporkan hal yang baru-baru ini saya alami. Pada tanggal 2 Agustus 2022, saya mengunduh aplikasi pinjaman online bernama: PINJAMAN KREDIT- DANA NUMPUK. Aplikasi pinjol ini dikembangkan oleh KSP MITRA DANA SEJATI. Setelah mengunduh aplikasi tersebut, kemudian kita diminta untuk isi data.

Saat pengisian data selesai, tiba-tiba data kita dialihkan ke platform pinjaman online ilegal yang bekerja sama dengan mereka. Belum mengeklik ajukan pinjaman, tiba-tiba sudah ada dua pinjaman yang di-acc dan tanpa tahu berapa total pinjamannya dan berapa jangka waktu pembayarannya.

Pas saya cek, ternyata saya sudah dianggap mengajukan 2 pinjaman online sekaligus, dengan jangka pembayaran 7 hari. Di situ saya merasa terjebak dan tertipu, karena saya baru mengisi data, tiba- tiba saya sudah langsung disetujui meminjam. Baru selesai isi data, mau mengetahui limit, tapi ini malah sudah menjadi peminjam:

  • Pinjaman pertama bernama UANG KINI dengan pembayaran Rp1.800.000, jangka waktu 7 hari dan uang yang diterima Rp1.116.000.
  • Pinjaman kedua bernama PINJAMAN KAISH dengan pembayaran Rp1.600.000 jangka waktu 7 hari dan uang yang diterima Rp1.008.000.

Hanya butuh waktu tidak sampai 5 menit uang sudah cair ke rekening saya. Saya ingin membatalkan pinjaman, tapi tidak bisa karena dana sudah diterima. Saya mencari kontak customer service, pun tidak ada, yang ada hanya email berupa pengaduan kendala.

Pada tanggal 7 Agustus 2022, saya memberikan penilaian bintang 1 di aplikasi PINJAMAN KREDIT DANA NUMPUK. Tidak lama sehabis saya memberikan penilaian, ada dua pesan meminta dikonfirmasi di akun Instagram saya. Saat saya buka ternyata dari admin CS PINJAMAN KREDIT DANA NUMPUK. Dia menanyakan perihal penilaian saya di aplikasi mereka dan menanyakan kronologinya.

Di sini saya memberikan penilaian 1, karena H-3 sebelum jatuh tempo saya diancam oleh debt collector untuk membayar pinjaman saya saat itu juga. Kalau tidak membayar, data saya akan disebarluaskan ke kontak di hp saya. Saya juga komplain soal baru melakukan pengisian data tapi kenapa sudah jadi peminjam.

Kemudian admin CS tersebut menjelaskan dan menawarkan saya untuk pengembalian dana tanpa bunga. Jadi saya hanya membayar sejumlah uang yang saya terima saja. Saya dihubungi oleh pihak CS mereka tanggal 7 Agustus 2022, saat itu juga. Tadinya saya ditawarkan untuk langsung proses pembayaran, tapi karena sudah malam saya menolak.

Pada tanggal 8 Agustus 2022, mereka kembali menghubungi saya, menanyai perihal pelunasan. Mereka memberikan saya, nomor rekening perusahaan mereka, dengan nomor rekening Bank Nobu: 608 228 181 3388 a.n. PT PINJAMAN KREDIT. Saya terus menerus diteror oleh debt collector dan CS pinjaman tersebut. Akhirnya saya proses pembayaran sesuai dengan dana yang saya terima, dengan total keseluruhan Rp2.124.000.

Ternyata saat proses transfer pembayaran terjadi masalah gangguan, yang menyebabkan uang saya terpotong, tapi tidak ada bukti pembayaran. Seolah mereka sudah tahu hal ini akan terjadi, mereka terus menerus meminta bukti pembayaran. Saat itu juga langsung saya foto mesin ATM yang saya gunakan kalau transaksi transfer mengalami masalah gangguan.

Tidak lama kemudian muncullah nomor admin Cs yang baru dengan nomor yang berbeda. Dari yang saya cek di aplikasi Get Contact, itu memang nomor admin CS mereka. Oleh admin ini saya, ditawarkan untuk mentransferkan ulang satu persatu dengan nominal sesuai yang diterima dari masing-masing aplikasi pinjol tersebut.

Di sini saya tegaskan bahwa kesalahan atau transaksi gagal transfer terjadi, karena admin yang sebelumnya tidak menjelaskan untuk melakukan transfer satu persatu. Sebelum melakukan transfer ulang ,saya melaporkan yang terjadi ke pihak HaloBCA, agar untuk dana yang tadi gagal transfer dikembalikan ke rekening saya kembali.

Kronologi transfer uang:

  • Transfer pertama, Rp2.124.000 melalui ATM BCA, tapi terjadi masalah/gangguan. Saya cek mutasi, dana sudah terpotong. Mereka bilang dana belum diterima dan bilang pending, tapi setiap saya ungkit saya mendapat kesimpulan kalau uang tersebut sudah mereka terima, tapi ingin memeras saya lebih banyak lagi.
  • Transfer kedua, transfer ulang karena panik, akhirnya saya transfer Rp1.001.578.
  • Transfer ketiga Rp500.179, tapi pas transfer ketiga terjadi masalah gangguan lagi. Saat saya tanya ke mereka, saat mereka cek di mutasi rekening mereka, katanya sudah masuk.

Dari sini saya mulai curiga kalo mereka mulai melakukan penipuan dan pemerasan kepada saya. Saya makin curiga saat banyak banget akun pinjol di IG yang DM saya. Salah satunya IG aplikasi Dompet Excellent, padahal saya tidak menggunakan aplikasi tersebut. Dari situ saya mulai yakin ternyata ini KSP MITRA DANA SEJATI adalah koperasi yang isinya para penipu-penipu itu. Dulu teman lama saya pernah menjadi korban penipuan, siapa sangka sekarang saya yang menjadi korbannya. Akibat aplikasi pinjaman yang berkedok KSP berisikan pinjaman online yang ternyata ilegal semua.

Hampir setiap hari saya menanyakan uang saya, yang admin CS tersebut janjikan kepada saya, tapi jawabannya selalu sama, lunasi sisa tagihan dan dana pengembalian akan kami kembalikan. Dari sini makin menunjukkan bahwa uang saya memang sudah masuk ke rekening PT PINJAMAN KREDIT. Padahal bisa saja mereka mengurangi dari uang kelebihan transfer saya, bisa saja mereka mengurangi pengembalian uang saya dari sisa tagihan saya. Namun admin tetap bilang tidak bisa dengan berbagai macam alasan.

Tanggal 11 Agustus 2022 pukul 11 malam, tiba-tiba saya dihubungi kembali di minta pelunasan dan dijanjikan lagi, uang akan dikembalikan jika saya transfer Rp100.000. Di sini memang saya sudah benar-benar tidak memiliki uang lagi, karena uang saya sudah di kuras habis oleh admin tersebut. Logikanya, admin CS mana yang pukul 11 malam chat customer minta pembayaran?

Melalui laporan saya ini saya amat sangat meminta OJK untuk menindak keras KSP berbasis penipuan seperti ini. Terutama aplikasi PINJAMAN KREDIT DANA NUMPUK, KSP MITRA DANA SEJATI. Dulu marak orang gagal bayar karena pinjol, sekarang makin berkembang lagi bahkan ke level penipuan dan pemerasan. Ternyata hal yang sekarang terjadi banyak orang yang mengalami hal yang sama seperti saya. Yuk sama-sama suarakan dan laporkan!

Susi
Tangerang Selatan, Banten

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Belum Ada Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pihak yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Komentar

    • Sudahlah cerdas sedikit kenapa pinjol dipercaya . Mereka tidak punya etika jujur . Perlu dana ke bank saja. Itu bca menawarkan kta 5 samppai 100 juta.

  • Sebelum mengajukan pinjaman, cek dulu aplikasinya sudah terdaftar di OJK atau belum. Caranya lihat di situs OJK, bukan lihat di aplikasi ybs.

    • KITA SEBAGAI MASYARAKAT INDONESIA MMG MNGKN SAAT2 SUSAH SPT INI SANGAT2 BANYAK MASYARAKAT INDONESIA YG MEMBUTUHKAN DANA INSTANT TAPI TOLONG DONG PIHAK OJK LEBIH BISA PEDULI TERHADAP KITA SEBAGAI RAKYAT INDONESIA TLG PINJOL2 YG TIDAK BERTGGJWB ATAU ADA UNSUR2 LAIN BISA DI TUTUP PERMANEN SDH BANYAK KORBAN2 SPT INI JNG SAMPAI KE DEPANYA TERULANG KEMBALI SEMOGA SEMUA PERMASALAHAN SEPERTI YG DI ALAMI SAUDARA KITA INI BISA TERSELESEKAN AMIN

      • Memang banyak sekali onlane legal bekerjasama dgn onlane ilegal untuk menipu masyarakat yg sedang kepepet uang tolong pemerintah turun tangan untuk membasmi pinjol pinjol yg meresahkan masyarakat terutama OJK... Menkoinfo dan kepada pihak yg berwajib... terima kasih

      • Yg salah peminjam tidak pikir panjang main singkat saja akhirnya menyesal. Semua pinjol akan mengeruk uang sebanyak2 nya walaupun itu penipuan.

    • Sya pernah ajukan ke bank BCA bro.. Tapi di tolak... Gara* tidak punya kartu kredit berumur 1 tahun

    • Bener tuh, saya aja baru mengajukan pinjaman dan pengen tahu berapa limit yang disetujui, Uda main transfer aja sebesar 1.134.000. setelah itu baru dimunculin perinciannya total yang harus dibayar 1.800.000 dalam tempo 7 hari yang seharusnya sebelum transfer dikasih tau dulu berapa limit yang didapat, berapa bunga, admin dan tenor, saya chat cs jawabannya cuma gak bisa batalkan karena dana sudah di transfer, trus chat saya selanjut nya tidak digubris dan dihargai, padahal saya niat baik buat balikin dana nya, sebelum jatuh tempo baru 4 hari sudah nagih dengan ancaman sebar data dan sorenya di sebar data saya, besoknya saya chat penagih dengan pemberitahuan tentang penipuan pasal 378, pemaksaan pasal 335, UU ITE pasal 32 ayat 1, 2 dan 3, dia balas chat saya " ngutang aja sok jagoan, anjing". Saya tidak akan bayar atau pun kembalikan dana tersebut sebelum dia datang dengan pakaian atau atribut lengkap untuk pertanggung jawaban penyebaran data. Dan masalah ini sudah saya laporkan ke polisi semua masalah awal dan isi chat penagih, serta nama aplikasi nya, nama aplikasi RINGAN PINJAM dan Penagihnya dari aplikasi PUNDI MUKHTAHIR PLUS.

      • Jangan takut disebarkan semua kontak orang tahu pinjol itu legal atau ilegal adalah penipu.

      • Kenapa gak bayar sesuai nominal aja? klo sdh sesuai nominal ya sudah sisanya tdk dibayar klo DC tagih cuekin saja atau blokir kontaknya beres kan.. klo dia sebarkan kontak anda baru anda laporkan ke pihak berwajib.

      • Kejadian yaa sma seperti sya ini... Pinjam 1,800.000 yg di transfer hanya 1.100.000 tanpa ada konfirmasi batas bulan dan biaya admin... RINGAN PINJAM parah banget daah..

  • Oon apa gimana si mbak kalo mutasi udah berkurang berarti Terkirim Kalo Menurut Gua Ganti nomer aja Jual Hp nya ganti Hp Lagi, Lagian mana pinjeman ilegal gabakalan gedor" Kerumah mustahil dya gertak doang aslinya mah curut semua cs nya diajak ketemu takut

  • Apk pinjol legal aja masih bisa membaca data di hp kita
    Coba pake antivirus tertentu ketauan apk pinjol legal pun ga savety

  • Klo emang ilegal dan gak terdaftar di OJK gak usah dibayar lah, cuekin aja.
    Klo DC datang ke rumah, tinggal ajak ke rumah RT dan mintai bukti klo mereka resmi terdaftar. Sambil rekam pakai hp buat bukti klo amit2 kena tonjok atau mereka melakukan pengrusakan.

    Saya tau anda salah, tapi mereka jauh lebih salah lagi.

    • Anda benar, ajakin ketemuan aja dirumah buat selesaikan masalahnya, suruh datang dengan atribut resmi perusahaan nya

  • Lagi dan lagi wanita yg kena tipu.. jika perkara duit wanira gampng bgt tergiur dan tertipu.

    • mari kita bersatu padu bersama sama memerangi pinjol pinjol yg telah membuat resah..... OJK kalo SDH tau jgn diam saja Menkoinfo tutup semua jaringan situs situs pinjol legal yg bekerjasama dgn pinjol ilegal.... kepada BPK Kapolri tolong di sikat semua pinjol yg meresahkan masyarakat

      • Ayo bersatu semua para korban.....jgn hanya jadi tukang MAIDO iso ne. Setuju bang.....salam....

  • jujur saya pernah kejebak jg nama aplikasinya DOMPET SUPER.kejadian persis seperti cerita diatas.itu pertama kalinya sy coba2 pinjol.
    krn butuh buat tambahan modal jualan.minjamnya jg gak gede 1jt.

    cukup cukup deh aku aja yg alamin.kalian jangan.awalnya cobak.ehhhh persis rulesnya seperti yg diatas.
    kirain kek yg lain klik setuju br di proses.awalnya pasti isi data dan no rek,ternyata belum klik pinjam cuman cek limit,saya coba klik 3jt pengen liat tenor.tiba2 masuk uang, itu jg nerimanya 2.3juta,bunga besar tenor 7 hr.
    hr itu jg sya balikkan semua pinjaman meski rugi 1.2juta ( bunga )
    disitu kapok.benar benar kapok.
    kasihan sama org2 polos/org2 yg mau pinjol yg gak ngerti rules pinjol bangsat kayak gitu.
    pokoknya kalau ajuin pinjol.baca ULASAN!!!PENTING
    PiliH pinjol sesuai kondisi keuanganmu dan kemampuanmu.
    gak semua pinjol jahat jg seperti kredivo, aku laku.itu bunganya gak buat bunuh diri.

  • Yg pinjem ***.. ga pernah baca kasus pinjol apa ya? Sepertinya kl ngalamin sendiri baru percaya.. ga belajar dr kesalahan atau pengalaman orang lain kah?