Surat Pembaca

Penipuan dan Pemerasan oleh Aplikasi Pinjol Berkedok Koperasi Simpan Pinjam

Saya mau melaporkan hal yang baru-baru ini saya alami. Pada tanggal 2 Agustus 2022, saya mengunduh aplikasi pinjaman online bernama: PINJAMAN KREDIT- DANA NUMPUK. Aplikasi pinjol ini dikembangkan oleh KSP MITRA DANA SEJATI. Setelah mengunduh aplikasi tersebut, kemudian kita diminta untuk isi data.

Saat pengisian data selesai, tiba-tiba data kita dialihkan ke platform pinjaman online ilegal yang bekerja sama dengan mereka. Belum mengeklik ajukan pinjaman, tiba-tiba sudah ada dua pinjaman yang di-acc dan tanpa tahu berapa total pinjamannya dan berapa jangka waktu pembayarannya.

Pas saya cek, ternyata saya sudah dianggap mengajukan 2 pinjaman online sekaligus, dengan jangka pembayaran 7 hari. Di situ saya merasa terjebak dan tertipu, karena saya baru mengisi data, tiba- tiba saya sudah langsung disetujui meminjam. Baru selesai isi data, mau mengetahui limit, tapi ini malah sudah menjadi peminjam:

  • Pinjaman pertama bernama UANG KINI dengan pembayaran Rp1.800.000, jangka waktu 7 hari dan uang yang diterima Rp1.116.000.
  • Pinjaman kedua bernama PINJAMAN KAISH dengan pembayaran Rp1.600.000 jangka waktu 7 hari dan uang yang diterima Rp1.008.000.

Hanya butuh waktu tidak sampai 5 menit uang sudah cair ke rekening saya. Saya ingin membatalkan pinjaman, tapi tidak bisa karena dana sudah diterima. Saya mencari kontak customer service, pun tidak ada, yang ada hanya email berupa pengaduan kendala.

Pada tanggal 7 Agustus 2022, saya memberikan penilaian bintang 1 di aplikasi PINJAMAN KREDIT DANA NUMPUK. Tidak lama sehabis saya memberikan penilaian, ada dua pesan meminta dikonfirmasi di akun Instagram saya. Saat saya buka ternyata dari admin CS PINJAMAN KREDIT DANA NUMPUK. Dia menanyakan perihal penilaian saya di aplikasi mereka dan menanyakan kronologinya.

Di sini saya memberikan penilaian 1, karena H-3 sebelum jatuh tempo saya diancam oleh debt collector untuk membayar pinjaman saya saat itu juga. Kalau tidak membayar, data saya akan disebarluaskan ke kontak di hp saya. Saya juga komplain soal baru melakukan pengisian data tapi kenapa sudah jadi peminjam.

Kemudian admin CS tersebut menjelaskan dan menawarkan saya untuk pengembalian dana tanpa bunga. Jadi saya hanya membayar sejumlah uang yang saya terima saja. Saya dihubungi oleh pihak CS mereka tanggal 7 Agustus 2022, saat itu juga. Tadinya saya ditawarkan untuk langsung proses pembayaran, tapi karena sudah malam saya menolak.

Pada tanggal 8 Agustus 2022, mereka kembali menghubungi saya, menanyai perihal pelunasan. Mereka memberikan saya, nomor rekening perusahaan mereka, dengan nomor rekening Bank Nobu: 608 228 181 3388 a.n. PT PINJAMAN KREDIT. Saya terus menerus diteror oleh debt collector dan CS pinjaman tersebut. Akhirnya saya proses pembayaran sesuai dengan dana yang saya terima, dengan total keseluruhan Rp2.124.000.

Ternyata saat proses transfer pembayaran terjadi masalah gangguan, yang menyebabkan uang saya terpotong, tapi tidak ada bukti pembayaran. Seolah mereka sudah tahu hal ini akan terjadi, mereka terus menerus meminta bukti pembayaran. Saat itu juga langsung saya foto mesin ATM yang saya gunakan kalau transaksi transfer mengalami masalah gangguan.

Tidak lama kemudian muncullah nomor admin Cs yang baru dengan nomor yang berbeda. Dari yang saya cek di aplikasi Get Contact, itu memang nomor admin CS mereka. Oleh admin ini saya, ditawarkan untuk mentransferkan ulang satu persatu dengan nominal sesuai yang diterima dari masing-masing aplikasi pinjol tersebut.

Di sini saya tegaskan bahwa kesalahan atau transaksi gagal transfer terjadi, karena admin yang sebelumnya tidak menjelaskan untuk melakukan transfer satu persatu. Sebelum melakukan transfer ulang ,saya melaporkan yang terjadi ke pihak HaloBCA, agar untuk dana yang tadi gagal transfer dikembalikan ke rekening saya kembali.

Kronologi transfer uang:

  • Transfer pertama, Rp2.124.000 melalui ATM BCA, tapi terjadi masalah/gangguan. Saya cek mutasi, dana sudah terpotong. Mereka bilang dana belum diterima dan bilang pending, tapi setiap saya ungkit saya mendapat kesimpulan kalau uang tersebut sudah mereka terima, tapi ingin memeras saya lebih banyak lagi.
  • Transfer kedua, transfer ulang karena panik, akhirnya saya transfer Rp1.001.578.
  • Transfer ketiga Rp500.179, tapi pas transfer ketiga terjadi masalah gangguan lagi. Saat saya tanya ke mereka, saat mereka cek di mutasi rekening mereka, katanya sudah masuk.

Dari sini saya mulai curiga kalo mereka mulai melakukan penipuan dan pemerasan kepada saya. Saya makin curiga saat banyak banget akun pinjol di IG yang DM saya. Salah satunya IG aplikasi Dompet Excellent, padahal saya tidak menggunakan aplikasi tersebut. Dari situ saya mulai yakin ternyata ini KSP MITRA DANA SEJATI adalah koperasi yang isinya para penipu-penipu itu. Dulu teman lama saya pernah menjadi korban penipuan, siapa sangka sekarang saya yang menjadi korbannya. Akibat aplikasi pinjaman yang berkedok KSP berisikan pinjaman online yang ternyata ilegal semua.

Hampir setiap hari saya menanyakan uang saya, yang admin CS tersebut janjikan kepada saya, tapi jawabannya selalu sama, lunasi sisa tagihan dan dana pengembalian akan kami kembalikan. Dari sini makin menunjukkan bahwa uang saya memang sudah masuk ke rekening PT PINJAMAN KREDIT. Padahal bisa saja mereka mengurangi dari uang kelebihan transfer saya, bisa saja mereka mengurangi pengembalian uang saya dari sisa tagihan saya. Namun admin tetap bilang tidak bisa dengan berbagai macam alasan.

Tanggal 11 Agustus 2022 pukul 11 malam, tiba-tiba saya dihubungi kembali di minta pelunasan dan dijanjikan lagi, uang akan dikembalikan jika saya transfer Rp100.000. Di sini memang saya sudah benar-benar tidak memiliki uang lagi, karena uang saya sudah di kuras habis oleh admin tersebut. Logikanya, admin CS mana yang pukul 11 malam chat customer minta pembayaran?

Melalui laporan saya ini saya amat sangat meminta OJK untuk menindak keras KSP berbasis penipuan seperti ini. Terutama aplikasi PINJAMAN KREDIT DANA NUMPUK, KSP MITRA DANA SEJATI. Dulu marak orang gagal bayar karena pinjol, sekarang makin berkembang lagi bahkan ke level penipuan dan pemerasan. Ternyata hal yang sekarang terjadi banyak orang yang mengalami hal yang sama seperti saya. Yuk sama-sama suarakan dan laporkan!

Susi
Tangerang Selatan, Banten

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Belum Ada Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pihak yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Komentar

  • Tolong ya , yg cm bisa nya MAIDO JAUH2 YA....Sy juga kena kasus seperti kakak, br ngisi data, sdh ditransfer dananya. Hati2 dg aplikasi pinjaman teman. Semangat kakak....

  • Yg saya heran kok rekeningnya bisa lolos ya?(seharusnya sudah banyak laporan yg masuk ke BCA atau bank terkait sbg rekening perusahaan, dan harusnya sudah diblokir) dan ojk juga gk ngebanned perusahaan ini, ditambah lagi karyawannya pada tau apa nggak kalo dia kerja ditempat penipuan.

  • Saya juga begitu persis yang dialami oleh kakak. Utk yg I saya sdh tfr 1.134.000. Yg ke II, III ga saya transfer lagi. Udahlah. Biar situ. Saya korban penipuan Dompet Excellent.

  • Sama spt yg sdg sy alami skrg, berurusan dgn pinjol dana numpuk - ksp mitra dana sejati. Hanya sekedar ingin tau hitungan agsrn dan tenor tiba2 tanpa persetujuan dana msk dr 2 transaksi, sy lapor ke halo bca untuk cek no rekening pengirim utk refund. Dan abaikan dc yg terus2 meneror krn di suruh utk refund ke bbrp no rek yg berbeda2, indikasi penipuan.
    Sdh lapor kominfo.
    Dlm wktu dkt akan lapor jg ke SWI-OJK dan cyberPolri

  • Untuk kasus pinjol atas pinjaman Kaish saya pernah juga...karena awal iseng...itu aplikasi mereka dalam aplikasi pinjol gabungan...artinya kita pinjam kesiapa yang nagih siapa..saya sendiri tidak tau mengenai pinjama kaish ini..karena saat pinjam yang gabungan tidak memperhatikan...dan saya pikir klo pun di acc pasti tetap di aplikasi yang saya ada ajukan tersebut...ternyata mereka cuma calo...makaya bunganya besar banget...dan tau2 ada transferan ke saya...ga tau dari mana ( bukan dari aplikasi yang saya request ) dan itu beda akun bank klo di cek dari mutasinya...tergantung kita pilih berapa pinjol pada saat request...yh udahlah akhir kena bayarin ( pake VA lsg )...buat yg lain hati2 krena ada pinjol yang tidak klarifaksi dan lsg transfer saja..

  • SEMUA KASUSNYA MASIH SAMA DAN PEMERINTAH TANGGAPANNYA BELUM JELAS
    DENGAN PINJOL" INI, YANG JELAS PINJOL" INI TELAH MERESAHKAN MASYARAKAT BANYAK
    KASUS SEPERTI INI JUGA TELAH SAYA ALAMI SAAT INI APK PINJAMA Kaish,TAPI YG TRANSFER
    DARI PERUSAAN ODEO DAN E2PAY GLOBAL,SAYA COMPLAIN KE PERUSAHAAN TERSEBEUT UNTUK PENGEMBALIAN DANANYA YG SATU SUDAH TERSELESAIKAN DAN TINGGAL 1 LAGI YG BELUM KARENA GAK TAU KONTAK YG BISA DI HUB. DAN SEKARANG DC PADA TEROR DENGAN BANYAK NOMOR TELP. APAKAH PEMERINTAH ATAU SUB YG TERKAIT BISA MENYELESAIKAN MASALAH INI DAN YG LAIN"?