Surat Pembaca

AirAsia Membatalkan Penerbangan Sepihak Pada Saat Keberangkatan

Pada tanggal 13 Agustus 2022, kami berencana berangkat ke Johor Bahru menggunakan pesawat AirAsia, dengan penerbangan malam pukul 20.00. Sebelum hari keberangkatan, kami jauh-jauh hari sudah booking hotel, pesan tiket Legoland, melalui Traveloka.

Ternyata kami harus kecewa, karena mendapat kabar bahwa penerbangan dibatalkan (yang sepertinya disengaja oleh pihak AirAsia, karena kami beli tiket yang murah).

Pembatalan penerbangan sepihak dari AirAsia pada tanggal keberangkatan, tanpa kompensasi apa-apa

Padahal penerbangan AirAsia tersebut, menurut info tidak ada pembatalan. Anehnya lagi, kami tidak mendapat kompensasi apa-apa. Malah kami dirugikan, karena tiket pulang yang kami pesan harus mengalami pemotongan oleh Traveloka, berikut refund pesawat AirAsia juga dipotong oleh Traveloka. Seharusnya pihak Traveloka bisa memberikan bantuan solusi kepada kami.

Akhirnya saya malah rugi Rp5 juta, padahal pembatalan dilakukan pihak maskapai AirAsia. Sangat tidak profesional sekali menurut saya, baik pihak Traveloka maupun maskapai AirAsia.

Poniman
Jakarta Utara

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Belum Ada Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pihak yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Komentar

  • Biasanya sih langsung kelar maskapai menyelesaikan kalau sudah terbit ke MK.

    Bisik bisik:
    Invoice pembelian ada, gan? Sepertinya tidak ada terlihat harga pembelian sebesar 5 juta.

    • Maaf, itu total kerugian saya termasuk booking hotel yang ga bisa dicancel hari H, plus tiket ke legoland sekeluarga 2jt dan tiket pesawat untuk pulang kejakarta terpaksa saya batalkan karena ga jadi ke johor bahru, dan dipotong 50 persen dari totalnya, pembelian 5.9jt cm di bayar 3.1jt

      • Gak ada namanya pembatalan penerbangan karena penumpang beli tiket murah (promo).
        Coba cek flight radar. Penerbangan anda QZ-240 tgl 13 Agustus 2022 dengan nomor registrasi PK-AXT statusnya memang Canceled.
        Perjalanan internasional selama pandemi kan biasanya disyaratkan beli asuransi perjalanan oleh otoritas negara yang dituju. Anda ajukan klaim aja atas kerugian yang ditimbulkan karena pembatalan tsb.
        Kalau ternyata tidak beli asuransi perjalanan, ya risiko kerugian ditanggung sendiri.

  • Semoga saya salah mengerti ya tapi berdasarkan pengalaman sekali awal tahun ini, booking tiket airasia di tiket.com... rute bdo-dps mirip kejadian penulis di atas: dpt sms dan email kalo diundur sehari tapi urutan notifikasinya ternyata dibatalkan lalu dapat sekali lagi notifikasi di-rebook atau reschedule.
    Karena penumpang bener2 gak cocok dengan jadwal baru tersebut, ya saya ajukan saja refund ke tiket.com yg diteruskan ke airasia. Balik sih saldo ke CC dipotong sekitar 10 atau brp belas ribu mungkin admin kalo gak salah.

    Saya kira ini Traveloka nya yg gak bener?
    Karena selama masih pandemi begini, kalo ada perubahan dr maskapai biasanya OTA tinggal proses saja refund atau reschedule. Minim potongan seperti ketika normal

  • Air Asia again,.. dikira beli di OTA lebih aman dari pada di websitenye lgsg, ternyata sama aje..

    • dan saya juga baru dibatalkan sepihak pihak airasia di traveloka, pdahal udah atur jadwal biar pas sesuai cuti suami. sungguh tidak recomend

  • Untuk sekarang sih sangat menghindari beli tiket airasia, karena komplainya susahnya minta ampun,

    Mereka tidak mendedikasikan agen pelayanan konsumen di Indonesia, kalau komplain mereka bahasa melayu dan kadang suka miss understanding kan sama bahasa

    Dulu enak, kalau ada masalah tinggal telepon beres, sekarang mau chat wa, twitter, ava, dibalasnya sama robot yang tidak sesuai dengan masalah yang harus diselesaikan

  • Emg sue itu airasia sya jg kena tgl 9 malah nyokap sakit... Sue benar... Tapi di aplikasi Jng di klik apa" hub cs traveloka nya minta refund by rek tf... Pny sya udh balik dana nya.

  • Sy jg ngalamin pake QZ833 tgl.12/08/2022...hanya cancel by sms 1 hr sblm keberangkatan...tolong hargai konsumennya airasia.com...pls

  • Pengalaman pribadi.. pernah beli tiket melalui pihak ke 3 spt e commerce travel, selalu telat pengumuman dan perubahan/ refund dipersulit.

    Apapun maskapainya ada baiknya langsung beli dr maskapai tsb. Saya Pernah pengalaman serupa dengan maskapai Malaysia airlines dan airasia, flight saya di-cancel sudah dpt sms dan email jauh² hari sebelum keberangkatan untuk refund credit / ganti tanggal gratis.

    Pernah juga maskapai Scoot flight cancel 2 hari sblm terbang, dapat email bisa refund uang 100% atau voucher senilai 120% dari harga tiket. Sedangkan keluarga saya yg beli tiket Scoot yg sama dari pihak ke3 tidak dpat REFUND yg serupa (kena potong biaya admin, dll) oleh pihak e-commerce penjual tiket.

  • Mau heran tapi koq ini case AirAsia yang sudah sering penerbangannya Dibatalkan/rescheduled. ?
    Dulu sebelum pandemi AirAsia bagus, tapi sekarang menurut saya maskapai buruk, terlebih masalah Customer Service & case refund yang buruk. Semoga improved & bs segera evaluasi jd kembali baik.
    But sorry for now still High risk if y'all booking flights with AirAsia :(

  • Apakah di sengaja ya antara TRAVELOKA + AIRASIA ? Pengalaman saya jg sama : mau Terbang lngsung . Semarang - Singapura PP . pas mau berangkat tnya di bandara. Kata petugas tidak ada penerbangan langsung dr Semarang - singapura. Namun di aplikasi traveloka ada. Pembelian tiket udah lunas. Ini tunggu refund 90 hari . aneh bin ajaib :)

  • ya. AIRASIA uda main kotor! apalagi di waktu krusial ,jadwal kita di batalkan sepihak .
    supaya mereka bisa jual HARGA yang lebih tinggi pada kostumer lain ! sedangkan jadwal proposional anda di ganti dengan terpaksa!