Kartu Kredit BCA Sudah Ditutup, tapi Muncul Lagi Tagihannya

Terima kasih Media Konsumen, dari sini diharapkan bisa menjadi mediasi. Saya akan membayar yang seharusnya tanggung jawab saya, walaupun terkadang bukan. Saya juga berniat membayar kalau untuk membantu, dsb. Namun kalau dengan cara yang tidak sesuai, secara jujur saya enggan membayar

Tahun lalu saya sudah menutup kartu kredit BCA saya, sudah sampai ditelepon oleh CS BCA, bahwa akan ditutup permanen, akan ada bukti rekaman di dalam penutupan tersebut. Namun tiba-tiba tahun ini muncul tagihan lagi.

Saya bingung, apakah ada yang mengakses untuk mengaktifkan kartu kredit saya lagi? Rasanya mustahil. Saya coba kontak HaloBCA melalui telepon, dengan nomor pelaporan: 2063218068. Intinya mengatakan akan dicek kembali. Mereka menganggap itu hanya ditutup sementara, mengenai perihal tagihan nanti akan dihapuskan, beberapa hari kemudian.

Namun setelah saya cek, tagihan saya masih ada. Saya hanya mau konfirmasi mengenai hal ini dan jika  dinyatakan tagihan ini merupakan tanggung jawab saya, ada 3 hal:

  1. Sebagai seorang customer, pada umumnya saya akan tetap memakai jasa/produk, jikalau jasa tersebut baik. Ini saya mau berhenti susahnya setengah mati bahkan 3/4 mati. Ditutup itu ada berapa jenis? Ditutup sementara bisa balik lagi tanpa sepengetahuan pengguna? Kalau begini membuat saya tidak mau menggunakan BCA lagi.
  2. Kartu kredit saya sudah digunting dari tahun lalu, karena sudah non aktif. Saya tidak pernah menggunakan lagi, tapi sekarang muncul tagihan tiba-tiba. Ini bukanlah tanggung jawab saya.
  3. Silakan cek rekaman telepon pada saat pemutusan tahun lalu dan juga beberapa hari lalu. Rekaman yang beberapa hari lalu menyatakan akan dihapuskan tagihannya, tapi sekarang berubah menjadi tanggung jawab saya.

Mohon penjelasannya pihak BCA. Terima kasih.

David
Jakarta Utara


Catatan redaksi (diperbarui 17/8/2022): Penulis menyatakan masalah di atas telah diselesaikan dengan baik oleh pihak-pihak terkait.

 

 

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

32 komentar untuk “Kartu Kredit BCA Sudah Ditutup, tapi Muncul Lagi Tagihannya

    • 15 Agustus 2022 - (16:07 WIB)
      Permalink

      Jadi, dari tahun lalu sampai sekarang saya tidak ada tagihan sama sekali di BCA. Lalu saya tutup kartu kreditnya, tahun lalu via telepon, dan sudah diokekan.

      Sekarang tahun ini, baru tau kartu kredit saya aktif, dan tiba2 ada tagihan

      1
      3
        • 15 Agustus 2022 - (19:28 WIB)
          Permalink

          iya, annual fee seharusnya tidak ada lagi untuk kartu kredit yang sudah ditutup

          4
          1
          • 16 Agustus 2022 - (04:38 WIB)
            Permalink

            Ya gak usah dibayar karena udah ditutup diabaikan saja. Bca tidak pakai debt colllector.

      • 15 Agustus 2022 - (20:00 WIB)
        Permalink

        Wkwkwk ya makanya minta surat lunas penutupan cc, ngga punya bukti tertulis ya repot, dikerjain banknya lo, wkwkwk..

      • 15 Agustus 2022 - (20:47 WIB)
        Permalink

        Iuran tahunan itu. Berarti kartu kredit belum ditutup oleh bank. Karena ga dipake ya ga ada tagihannya. Itu muncul karena ada tagihan iuran tahunannya. Segera minta bukti surat penutupan kartu kredit. Surat itu yang memjadi bukti bahwa kartu kredit sudah ditutup. Kl belum dapat ya belum ditutup namanya.

        3
        1
        • 15 Agustus 2022 - (20:52 WIB)
          Permalink

          oh begitu ya,
          walau sudah secara sah ditelepon menyebutkan “pada hari ini…… ditutup kartu kredit BCA atas nama”
          tetap tidak sah ya? soalnya sewaktu saya menutup kartu kredit UOB 2 tahun lalu, tidak perlu itu sampai sekarang

          terima kasih infonya, setelah ini pasti saya minta

          • 15 Agustus 2022 - (21:00 WIB)
            Permalink

            Saya juga pernah tutup KK Mandiri memang mereka juga ada kalimat seperti itu, tapi tidak bisa sebagai bukti atau pegangan untuk nasabah jika terjadi masalah. Surat penutupan dicetak oleh sistem jadi sudah tercatat oleh sistem bank. Surat penutupan diterima 3 hari sejak penutupan.

        • 15 Agustus 2022 - (20:56 WIB)
          Permalink

          dengan kata lain, permainan bahasa dari CS Kartu Kredit ya, “sudah ditutup”

          tanpa surat tsb, artinya belum non-aktif

        • 15 Agustus 2022 - (21:03 WIB)
          Permalink

          surat penutupannya itu tidak langsung diterbitkan dan dikirim ya gan? jadi kita harus minta lagi walaupun sudah ada ikrar dari mereka lewat telepon?

          • 15 Agustus 2022 - (21:09 WIB)
            Permalink

            Jadi setelah ditutup tanyakan surat penutupan akan diterima kapan dan dikirim secara cetak atau via email. Waktu itu saya dikirim email yang terdaftar dibank setelah 3 hari. Jadi saran saya besok jam kerja telepon ke cs kk bca minta sambungkan ke penutupan kk dan ceritakan masalahnya dan minta surat penutupannya.

        • 15 Agustus 2022 - (21:17 WIB)
          Permalink

          oh gitu, cs yang tahun tidak menanyakan tentang penerbitan surat penutupan tersebut. tricky sekali ya, padahal customer tidak mau pakai lagi, terkesan dipaksa

          saya sudah minta penutupan kak, tanggal 16 akan dikabari lagi

        • 16 Agustus 2022 - (16:50 WIB)
          Permalink

          gan, surat penutupan (lunas) akan terbit 30 hari info langsung dari BCA :)))

  • 15 Agustus 2022 - (20:13 WIB)
    Permalink

    Waktu penutupan melalui telpon apa cs nya membacakan baik pada hari ini tgl sekian pukul sekian kartu kredit anda telah ditutup bla bla bla….. Atau telponnya sdh putus seblum ikrar penutupan selesai? Kalau terputus seblum ikrar selesai ya belum tertutup

  • 15 Agustus 2022 - (21:31 WIB)
    Permalink

    Kayaknya blm waktunya masuk MK deh,, proses pengecekan masih berjalan, kalaupun mentok, harusnya di urus dlu ke kantor cabang bca.. Klo masih gk beres bru masuk MK..

    Penulis terlalu terburu2..
    Simple aja, gk usah dibayar sebelum proses pengecekan pihak bca selesai.

    1
    9
    • 15 Agustus 2022 - (21:55 WIB)
      Permalink

      Saya mengerti sih comment ini, tp alangkah baiknya yang comment mencoba mengerti pihak penulis juga

      Alasan saya memakai mediakonsumen
      1. Mempercepat proses
      2. Mencari teman-teman lain untuk bisa kasih solusi
      3. Kalau BCA bisa memberikan jawaban yang sama dan senada saat di telepon dan chat HALOBCA, masalahnya tidak akan gantung, saya minta penjelasan. Jawaban dari BCA hanya diulang-ulang. (Mengenai tagihan bukan pengecekan)
      4. Posisi saya, orang tambang, di sini tidak ada kantor BCA, hanya mandiri, pulang butuh beberapa bulan kerja, tidak bisa ke kantor
      5. Untuk bisa masuk tulisan ke Media Konsumen ada filternya. Bisa masuk dan tidak, saya sudah ditelepon sendiri oleh pihak.media konsumen untuk memberikan beberapa foto tambahan agar bisa diterbitkan, dan kalaupun tidak sesuai kriteria, tidak usah diterbitkan
      6. Saya menghargai comment anda, tapi hanya dari pihak penulis yang salah? Saya secara jujur tidak ingin pakai kredit BCA lagi dari tahun lalu dan hanya ingin berhenti dan memang tidak tahu kalau setelah ikrar masih ada step lain.
      7. Kesalahan saya sudah dispot. Adakah kesalahan yang anda spot dari pihak bank?

  • 16 Agustus 2022 - (01:06 WIB)
    Permalink

    Penutupan kartu kredit itu di buktikan dengan surat lunas. Bukan dengan rekaman telpon atau pemotongan kartu.

  • 16 Agustus 2022 - (04:25 WIB)
    Permalink

    Kacau kalau gitu oknum cs kartu kreditnya…sayangnya mereka tidak ada layanan penilaian cs dan rekam suara.,Jika ada mereka tidak bakalan nerani main2.

  • 16 Agustus 2022 - (07:24 WIB)
    Permalink

    Bank itu cenderung nakal. Teman saya dulu pernah melunasi tagihan kartu kredit BNI dan ada kekurangan Rp. 25.000. Pas mau diambil uang di ATM untuk membayar kekurangan tersebut. Oleh staf BNI bilang gak usah dibayar sudah di diskon. Teman saya ini minta surat pelunasan, tapi dijawab surat pelunasan akan dikirim ke rumah. Tapi ditunggu tunggu gak datang datang. Setelah beberapa tahun kemudian muncul surat tagihan ke rumah teman saya sebesar rp. 4 jutaan. Isi rincian tagihan adalah denda dan bunga dari sisa Rp. 25.000 yang katanya sudah di diskon. Ngeri gak yang rp. 25.000 bisa menjadi rp. 4 jutaan. Padahal kita punya tabungan di bank sebesar Rp. 500.000, bisa habis dipotong biaya ADM sekian tahun. Berdasarkan pengalaman teman saya ini, pada saat saya menutup kartu kredit BNI, saya langsung minta surat pelunasan dan surat pernyataan dari staf bank BNI yang menyatakan bahwa saya tidak mempunyai tagihan di bank BNI.

  • 16 Agustus 2022 - (07:42 WIB)
    Permalink

    Ikrar via tlpon sharusnya sudah sah, klo ada rekamannya diberikan aja tgl dan jam nya sbagai bukti minta BCA buka databasenya, saya blakangan tutup CC dri CIMB dan bbrapa Asuransi yg autodebet CC smuanya cmn via tlpon smuanya beres. Tapi pastikan rekamannya sesuai penutupan permanen bukan penonaktifan sementara

    Btw nomor pelanggannya keliahatan di chat

  • 16 Agustus 2022 - (09:20 WIB)
    Permalink

    kalo ada akun klikbca, bisa dicek apakah cc nya udah ditutup atau blm. kalo masih nampil limit saldo ya masih belum ditutup

  • 16 Agustus 2022 - (10:58 WIB)
    Permalink

    ah begitu toh, mungkin setelah telpon cs untuk penutupan dan menunggu surat penutupan dikirimkan, baiknya telpon cs lagi selang 1 minggu kemudian, apakah kartu tsb sudah tutup permanent atau belum. Kalau aku dulu sih setelah telpon penutupan, dan surat sudah terbit, aku telpon cs lagi dan katanya fix sudah ditutup, dan iseng coba transaksi langsung rejected by system. Aman deh …

  • 16 Agustus 2022 - (11:33 WIB)
    Permalink

    Izin saran,,, sepertinya penulis kena permainan kata2 saat dintelfon…

    Gini saja,, coba datang ke CS bank untuk menutup kartu kredit dan minta bukti pelunasan dan penutupannya…

    Kalo gabisa, pakai surat kuasa untuk diwakilkan keluarga….

    Karna butuh bukti tertulis kalo cuma rekaman kurang kuat… Sekedar saran saja,, kita gak nyari siapa yg salah, semoga masalahnya bisa segera selesai…

    • 16 Agustus 2022 - (16:52 WIB)
      Permalink

      Makasi sarannya gan, ini jadinya sudah ditutup permanen, saya sudah tanya jelas, lalu surat penutupan/surat lunas akan keluar dalam 30 hari (?) tidak tahu benar atau tidak, yang pasti saya ada bukti screenshotnya

 Apa Komentar Anda mengenai Kartu Kredit BCA?

Ada 32 komentar sampai saat ini..

Kartu Kredit BCA Sudah Ditutup, tapi Muncul Lagi Tagihannya

oleh David dibaca dalam: 1 menit
32