Permintaan Surat Keterangan Lunas dari Akulaku dan Bank Neo Commerce terkait Status Kol 2 di SLIK OJK

Sebelumnya terima kasih kepada Media Konsumen, yang sudah bersedia memuat surat terbuka saya ini. Perkenalkan nama saya Rosilawati. Saya adalah nasabah Akulaku sejak tahun 2017 dan sampai saat surat ini ditayangkan, akun aplikasi saya baik-baik saja dan tagihan saya selalu berjalan lancar (tidak pernah menunggak bayar cicilan).

Saya baru tahu kalau saya ada catatan kol 2 di SLIK OJK di Bank Neo Commerce dengan tagihan 3 juta rupiah yang aktif di bulan April 2022. Saya langsung menghubungi pihak customer service Bank Neo Commerce dan menanyakan historis Kol 2 SLIK OJK saya tersebut.

Setelah data saya diminta oleh CS Bank Neo Commerce (lokasi: Kota Bandung), petugas CS menjelaskan bahwa catatan tagihan saya di Bank Neo atas tagihan Akulaku saya, baik-baik saja dan lancar. Tidak ada masalah menurut CS Bank Neo Commerce tersebut. Oleh karena itu CS Bank Neo meminta saya untuk mengirimkan Surat Keterangan Lunas dari Akulaku untuk saya berikan kepada Bank Neo Commerce. Kemudian berdasarkan Surat Keterangan Lunas Akulaku tersebut akan dijadikan dasar bagi Bank Neo Commerce untuk mengeluarkan Surat Keterangan Lunas/tidak ada tagihan yang akan membersihkan status SLIK OJK saya.

Saya akhirnya melunasi sisa tagihan saya di Akulaku untuk dua bulan ke depan (jatuh tempo masih lama), karena saya khawatir status Kol 2 saya ini akan semakin berlarut-larut.

Melalui surat terbuka ini saya meminta kepada tim pelunasan Akulaku untuk segera mengirimkan Surat Keterangan Lunas saya. Begitu juga kepada Bank Neo Commerce agar memperbaiki report status SLIK OJK saya. Terima kasih.

Rosilawati
Bandung, Jawa Barat


Catatan redaksi (diperbarui 17/8/2022): Penulis menyatakan masalah di atas telah diselesaikan dengan baik oleh pihak-pihak terkait.

 

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Belum Ada Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pihak yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Komentar

  • Halo kak, coba cek lagi pembayaran nya apakah pernah telat 1-2 hr? Atau pembayaran mepet d weekend. Kalau ga salah sistem bank tutup jam 2 siang. Jadi kalo kakak bayar di atas jam 2 itu masuk ke hari berikutnya. Biasanya case kek gini krn anggapan bayar customer di hari yg sama sedang sistem mencatat d hari berikutnya. Bank Neo itu yg punya Akulaku, jd yg nge daftarin OJK ya mereke juga. Surat lunas adlh tdk sulit krn internalnya jg satu grup, tapi masalah mau atau tidaknya itu yg ribet. Coba push aja sampe pengaduan OJK biar mereka segera proses.

  • Terima kasih tanggapannya Kak Widarti. Betul apa yang dikatakan Kakak. Setelah saya mengetahui status kol 2 saya di SLIK OJK tersebut di mana yang melaporkan adalah Bank Neo Commerce, saya langsung mendatangai Bank Neo Commerce di Jalan Lombok Kita Bandung dan dilayani oleh CS Bank Neo Commerce. Setelah KTP saya dicek, CS menjelaskan bahwa tagihan Akulaku saya di Bank Neo berjalan lancar dan tidak ditemukan tagihan/tunggakan pembayaran cicilan di Akulaku. Di situ saya menemukan keanehan. Tidak sinkron antara slik OJK dan data dari Bank Neo itu sendiri. Kemudian saya diminta untuk melunasi sisa tagihan saya di Akulaku oleh CS Bank Neo Commerce dan meminta surat keterangan lunas dari Akulaku untuk diberikan kepada Bank Neo Commerce. Selanjutnya Bank Neo Commerce akan mengupdate data SLIK OJK saya. Begitu penjelasan yang saya terima kemarin. Pihak Akulaku sudah menghubungi saya kemarin via telepon kemarin tanggal 15 Agustus 2022 (sesaat setelah surat saya di MK terbit) dan menjanjikan Surat Keterangan Lunas Akulaku akan dikirimkan via email. Namun sampai saat ini tanggal 16 Agustus 2022, Saya masih belum menerima surat keterangan lunas saya dari Akulaku. Tolong kepada Akulaku untuk segera menerbitkan surat keterangan lunas saya tersebut karena Bank Neo tetap meminta surat keterangan lunas akulaku.