Jaminan Pembelian di Tokopedia Buruk, 1 Minggu Barang Tidak Berfungsi, Pembelian dengan Asuransi 12 Bulan Ditolak Simas Insurtech

Saya pengguna layanan aktif Tokopedia (member Gold menuju Platinum). Namun semenjak komplain masalah CCTV yang saya beli di Tokopedia, IP Cam CCTV WIFI di toko-CCTV pada tanggal 15 April 2022, saya menahan diri untuk tidak berbelanja online di Tokopedia dan hanya menggunakan layanan komplain chats dengan CS Tokopedia dan toko Pembelian IP Cam CCTV WIFI di Tokopedia (seperti di pict-1).

Ini dilengkapi pembelian asuransi proteksi 12 bulan (No. Polis SIMASINSURTECH-20220419-173300000212767) dan asuransi pengiriman (bukti invoice INV/20220415/MPL/2232350534).

Delivery paket datang normal tanggal 17 April, dicoba di-ON-kan. Dari aplikasi Android kamera tsb terlihat fungsi CCTV berjalan normal, terkoneksi ke aplikasi dan menampilkan video. Masalah muncul setelah hari keempat/kelima saat CCTV dicoba lagi sebelum dikirim untuk dipasang di Kandang. CCTV ON namun tidak bisa terhubung ke aplikasi android.

Komplain baru dilakukan tanggal 28 April (pict-2) karena perlu memastikan kamera benar2 tidak berfungsi, juga kesibukan menjelang lebaran dan lebih penting lagi menyiapkan pengganti yang CCTV baru yang harus segera dikirim ke Jogya sebelum lebaran (pembelian juga melalui Tokopedia).

Sesuai informasi CS karena barang sudah diterima dan berfungsi dengan baik dan transaksi sudah diteruskan ke penjual (toko-CCTV) dan melebihi 2x24h setelah diterima, maka komplain melalui pusat resolusi tidak bisa dilakukan. Atas saran CS karena pembelian barang dilengkapi asuransi proteksi 12 bulan, CS menyarankan saya untuk komplain ke Asuransi melalui menu layanan Tokopedia (pict-2a).

Tanggal 9 Mei Asuransi menolak klaim dengan Alasan Cacat Rancang. Saya masih mencoba meminta penjelasan alasan yang masuk akal melalui email (pict-3) karena alasan ditolak CCTV tsb disamakan dengan barang/ buah yang mudah busuk. Termasuk melalui layanan WA Fuse indotekno pialang asuransi (hanya terus dilayani customer bot). Pada akhirnya asuransi proteksi 12 bulan yang telah dibeli ternyata tidak berguna memberikan proteksi dengan alasan cacat rancang (pict-4).

Setelah clear pernyataan asuransi bahwa klaim asuransi ditolak, lanjut komunikasi dengan CS Tokopedia (pict-5) juga komunikasi ke toko melalui fitur chats toko. Toko sangat tidak responsif (meskipun sangat jelas chats saya sudah READ).

Baru tanggal 28 Mei toko merespon agar barang diretur ke toko, namun sekali lagi toko tidak merespon lagi untuk memberikan alamat retur (pict-6). Baru tanggal 11 Juni 2022 toko merespon alamat di satu ruko di jakarta Barat. Namun komunikasi dengan CS Tokopedia, alamat tersebut tidak valid juga tidak dilengkapi nama penerima, nomor telpon penerima dan kode pos.

Paralel komunisi dengan toko, komplain ke Tokopedia tetap dilakukan meskipun CS Tokopedia mengulang ulang jawaban standar dan layanan chats sering kali di-close (alasan close otomatis oleh bot, padahal case belum clear). Sehingga harus berkali-kali membuka kontak dengan CS Tokopedia, dan selalu menerangkan kembali dari awal permasalahan yang terjadi (mungkin chats baru dianggap sebagai masalah baru).

Tokopedia tidak memberikan hak saya sebagai pembeli/konsumen, dan layanan yang semestinya saya terima sebagai konsumen:

  1. Asuransi proteksi 12 bulan (all risk Simas Asuransi) dengan mudah ditolak oleh Asuransi Simas dengan alasan cacat rancang. Apakah ini berarti barang tersebut tidak layak dijual di Tokopedia?
  2. Toko tidak bertanggung jawab, tidak ada itikad baik meskipun baru dalam proses retur untuk dicek.
  3. CS Tokopedia tidak dalam posisi membantu pembeli, pasif menunggu respon Toko. Mengandalakan komunikasi pembeli ke Toko yang hanya berbekal chats. Selalu menggunakan kalimat standar yang berulang-ulang.

Fuaddy
Kota Bogor, Jawa Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Belum Ada Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pihak yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Komentar

  • Saya komen dulu:
    1. Hati-hati penulis terhadap banyaknya antek antek pro Asuransi sesuatu di MK ini.
    2. Kemarin ada yang mengidolakan asuransi bla bla bla, karena saya tahu percuma diasuransikan, karena pihak asuransi bakalan menghajar habis-habisan untuk menolak klaim pembeli.
    3. Harusnya Tokopedia bertanggung jawab terhadap antara Pihak Asuransi dan Pembeli karena dalam hal ini Tokopedia penyedia layanan atas mengizinkan masuk Produk Asuransi diperjualbelikan. Yang artinya Tokopedia sudah mengetahui SOP Klausul Asuransi.
    4. Biasanya kalau sudah masuk begini selesai.
    5. Yang namanya Asuransi harus bertindak aktif. Yang disesalkan pihak Asuransi vonis tolak pada hari itu juga tanpa ada pertimbangan. Seperti mengarah pembiaran, yang semestinya pihak Asuransi melakukan penyidikan dan penyelidikan.

    Itu sangat dikesalkan. Makanya kadang, saya tidak mau mengasuransikan barang karena ya tahulah asuransi banyakan omongan.

    • Oh iya, saya cari di tokopedia dengan nama tokonya toko-cctv tidak ada produk yang agan beli di itu toko.

        • Nah itu.

          Bisa sih dengan cara satu-satunya melaporkan barang tidak original asli. Di Tokopedia ada gerakan mendukung barang original.

          Cuma itu, produk yang di beli penulis sudah tidak ada di toko-cctv pelaku. Wkkwwkwk

          Parah pelaku ternyata memantau di MK karena produknya langsung hilang.

          Biasanya itu barang yang rusak 5 hari sudah di refurbish.

          • Ga guna sebenernya asuransi waktu membeli apapun itu secara online.. itu scam semua.. Anda berani beli online berarti berani menanggung resiko karena tidak melihat barang secara langsung.

  • sudah banyak keluhan perihal belanja online, smua penyedia jasa toko online bermasalah. Oleh karena itu, kita sbg pembeli hrs lebih waspada dg memproteksi diri dalam berbelanja. Pastikan tokonya jelas/bukan abal2. pastikan ada garansi toko (minimal) dan garansi distributor resmi apabila barangnya mahal sehingga saat bermasalah mudah utk klaimnya. Pastikan pakai garansi pengiriman.

  • Pihak tokped ga mau usahain klaim ke asuransinya. Sudah banyak yg komplen atas asuransi proteksi tambahan ini

    Lain kali jangan menambahkan asuransi apapun kecuali asuransi kurir.

    Dikibulin!!!

    • Ya barang bagus asuransi untung kalau ada complain asuransi rugi.
      Sama juga asuransi kebakaran kalau toko tidak kebakar dia untung kalau kebakar dia rugi. Jadi kalau bisa asuransi untung sepanjang masa.

  • Asuransi proteksi produk ini gak pernah saya centang, karena sudah banyak yang kena zonk, yang saya pakai cuma asuransi pengiriman.
    Tapi, pertanyaan saya? Apa di produk CCTV ini ga ada garansi dari produsen atau distributornya langsung ya?

    • Biasanya kasus begini, banyak yang refurbish. Barang reject dari pabrik, di setel setel beberapa hari biar aktif(memuaskan hati pelanggan) lalu mati dan rusak, lalu toko saatnya kabur dan menghilangkan jejak.

  • Asuransi produk 12 bulan, asuransi listrik & internet sulit di buktikan dan susah sekali di claim. Untuk barang baru hanya bisa asuransi pabrik atau distributor/toko namun proses claim di luar tanggung jawab marketplace.

  • Kemungkinan barang KW kecuali ada garansi resmi & blacklist aja asuransinya
    Teorinya asuransi akan menanggung semua barang yang sudah di asuransikan tapi prakteknya bull***t (ga mungkin asuransi mau rugi) saya aja pernah klaim asuransi baterai hp yang harganya tidak sampai 50 ribu aja ga bisa 😀 apalagi yang ratusan ribu 😅

    • Nah ane yakin barang KW. Bisa tuh dilaporkan ke Tokopedia, barang KW. Biar banned permanen itu toko.

  • Beli pulsa di Marketplace aja ada asuransi nya, 😆 trs gua mikir, apa asuransi asal taroh aja ya, masak beli pulsa ada asuransi retaknya kan ngakak, saran juga sih kalao beli barang yang elektronik mending offline aja sih memang kadang agak mahal tapi bisa ditanya garansinya dgn jelas.

    • Ya asuransi hidup dengan cara gitu. Pokoknya ada banjir ada petir cuan terus. Complain urusan belakang.

  • Nah itu.

    Bisa sih dengan cara satu-satunya melaporkan barang tidak original asli. Di Tokopedia ada gerakan mendukung barang original.

    Cuma itu, produk yang di beli penulis sudah tidak ada di toko-cctv pelaku. Wkkwwkwk

    Parah pelaku ternyata memantau di MK karena produknya langsung hilang.

    Biasanya itu barang yang rusak 5 hari sudah di refurbish.

  • Percuma ada asuransi…. di negara ini asuransi gak ada gunanya… hamya ladang cuan bagi segelintir orang… dan belanja online sekarang sangat riskan… gak ada lagi perlindungan bagi konsumen… gak ada jaminan.. jaminan tepat waktu.. jaminan asuransi dan jaminan yang lainnya… gerakan beli offline di toko terdekat lebih baik sekarang

  • ASUransi semuanya gak ada gunanya. Lain kali beli barang yang udah terjamin aja kualitasnya, usahakan di toko official. Cari yang ada garansi minimal 1 tahun.