Kecewa Berat sama Shopee

Pada tanggal 26 Juli 2022, saya order printer Epson di Shopee, dengan pembayaran melalui BRIVA BRI sebesar Rp2.130.000, sudah termasuk ongkir. Setelah saya tunggu sampai 1 minggu, barang tidak juga datang. Padahal anak saya sangat membutuhkan printer itu untuk mengerjakan skripsi.

Akhirnya saya kontak ke Shopee, ternyata barang saya dibatalkan sepihak oleh Shopee, tanpa ada pemberitahuan apa pun kepada saya. Karena pesanan dibatalkan sepihak, akhirnya saya beli barang tersebut di toko offline. Kemudian langsung saya konfirmasi untuk pengembalian dana yang sudah masuk ke Shopee.

Namun ternyata susahnya setengah mati. Itu pun kita yang aktif menanyakan kepada Shopee. Semua bukti transfer rekening, nomor pesanan dan KTP sudah saya kirim via email ke Shopee. Chat juga saya lakukan berkali-kali, tapi sampai sekarang jawaban Shopee hanya berputar putar, tidak mengembalikan uang saya.

Setiap saya konfirmasi ke Shopee, jawabannya selalu minta dikirim bukti-bukti yang sudah saya kirimkan sebelumnya. Shopee seperti perusahaan tidak profesional yang mempersulit konsumen. Saya baru pertama kali transaksi menggunakan Shopee sudah begini. Padahal saya pernah order di Lazada dan Bukalapak, tidak ada masalah.

Sampai hari ini dana saya tidak dikembalikan oleh Shopee. Saya sangat kecewa dengan Shopee yang tidak bertanggung jawab kepada konsumen dan menjadi pelajaran berharga bagi keluarga kami.

Agus Srihartanto
Kediri, Jawa Timur

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Belum Ada Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pihak yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Komentar

  • Pemberitahuan pembatalan ya ada di aplikasi. Apa selama 1 miinggu anda tidak buka hp, tidak buka aplikasi, tidak lihat proses ordernya sampai dimana? Ketika dibatalkan uang anda masuk ke shopeepay. Dr shopeepay bisa anda transfer sendiri ke rekening anda. Kl anda minta transfer ke rekening anda ya agak ribet.

    • Tunggu dulu, itu pembayaran via bank transfer. Bukan shopee pay.

      Pihak Shopee juga harus mengatakan bahwa sudah masuk ke saldo Shopee Pay pembeli, nyatanya tidak ada pemberitahuan kan?

      (Shopee nanti di bilang kata makian, banyak antek antek shopee)

    • Itu transaksi Transfer Bank, biasanya masuk lama. Kalau transaksi via Shopee Pay langsung masuk, kalau via Bank Transfer, harus konfirmasi nomor Rekening bambang.

      • Itu transfer lewat va, cek otomatis. Ngerti va ora son? Sekarang mana ada marketplace menggunakan transfer manual dan harus konfirmasi, kl ada sudah ketinggalan jaman.

        • Ya elah, berbeda wak. Itu mau Virtual Account atau apa lah namanya. Biasanya ke Bank Transfer karena kena biaya Admin Bank. Beda sekali dengan Shopee. Shopee itu kalau pembayaran dari Bank Transfer (mau di kata VA) masih pending di Bank Wallet mereka, karena Shopee Pay hanya untuk yang melakukan atau bersentuhan transaksi ke Shopee Pay.

          Kan baca Notif SS penulis: STATUS PENGEMBALIAN MASIH DALAM PROSES KE REKENING. Yang di protes penulis ialah lamanya Shopee, padahal SUDAH ADA NOTIF 1 HARI KERJA.

        • Oh iya, verifikasi terbit surat pun harus verifikasi KTP. Klau benar penulis berbohong ya bisa di tindak. Gitu aja ribet amat.

    • Coba chat sama cs nya kalo bisa karena saya lihat anda selalu dijawab oleh robot.jgn pake email chat aja.

  • memalukan, sekelas shopee mall bisa PHP juga. tolong shopee hukum berat lah shopee mall yg bermasalah biar ga seenak nya begitu. poin penaltynya minusin yg banyak utk setiap produk yg terbatalkan ataupun lama kirimnya. dgn begitu pelayanan ke customer dpt memuaskan

    • Gak bakal kayanya, SopeMall dan sope itu satu kesatuan makanya selalu dilindungi sy juga mengalami even 8.8 barang tdk dikirim hingga batal otomatis setelah 1 minggu menunggu kalo gak niat kirim barangnya kan bisa ditolak order dari awal BUKAN malah dibiarin gitu aja !!

      • Sedikit pengalaman terkait pengembalian di shopee dan saran kedepannya. Pengembalian di shopee di atur untuk pengembalian ke shopeepay jadi bisa pastiin shopeepay nya aktif. Dan pastiin juga udah terverifikasi data KTP agar pengembalian di atas 2 juta bisa masuk shopeepay, kaya y sih ketentuan dari BI kalau ewalet belum terverifikasi data KTP ada keterbatasan. Terus kalau shopeepay belum terverifikasi dana pengembalian di atas 2 juta bakal di terusin ke rekening kalau rekenkng y udah di tambahin. kalau belum biasanya di rincian pesanan di suruh nambahin buat pengbalian. cara y buka menu saya - pesanan saya - pilih pembatalan - pilih pesanan yang dibatalkan terus buka rincian pembatalan nanti ada lengkapin nomor rekening. tinggal isi, pengembalian nanti tinggal tunggu 1-7 hari kerja kaya y kalau gak salah tergantung bank. jadi biar enak belanja di shopee buat pengembalian di sarananin sih bisa aktifin shopeepay terus verifikasi data ktp atau bisa juga nambahin nomor rekening di shopee biar kalau belum verifikasi data ktp dana di atas 2 juta bisa di terusin ke rekening.

      • masalahnya di shopee itu beda dengan tokopedia gan, jadi ketika ada order masuk kalo di shopee dia otomatis harus di proses tidak bisa ditolak
        kalo tokopedia ketika ada order masuk itu bisa kita terima bisa juga kita tolak
        nah inilah kelemahannya di shopee

  • Waduh agak ribet nih kalau akun pembeli blm jelas.. Shopee pay blm aktif.. Coba cek email tuh ada tulisan ada akan menerima email untuk detail2 pengembalian dana.. Mungkin disuruh input norek, ktp, nama, dll..

    Coba cek email 1 minggu kebelakang ada gk email dari shopee

    • Maaf, mohon izin mau menyampaikan pendapat.

      Harusnya setiap pembeli di shopee aktifin dlu ShopeePay nya.

      Tujuan nya adalah apabila orderan kita ada yg dicancel, otomatis uang kita langsung masuk ke saldo shopee pay.
      Dan kita bisa order ulang brgnya di toko lain atau bisa jg kita TF ke norek kita.

      Tapi klo Shopee Pay belum diaktifin dan ada orderan yg dibatalin, jadi susah/ribet pengembalian dananya. Soalnya nya hrs verifikasi lg.

      Dan juga mengenai pemberitahuan orderan dibatalkan dari pihak shopee, jelas sdh ada otomatis di aplikasi shopee nya.
      Kecuali notifikasinya diabaikan/dinonaktifkan pembeli.

      Biasanya notifikasi orderan dibatalkan jg dikirim shopee via email (silakan dicek inboxnya).

      Maaf, Masa selama 1 Minggu gak buka aplikasi Shopee utk skedar cek status pengiriman, apakah masih dikemas atau sdh dikirim. Kan katanya td brgnya penting, harusnya di rajin dicek dong.

      1 Lagi, belanja online itu banyak rintangan yg dihadapi. Seperti:
      • dicancel,
      • brg tdk sesuai,
      • tdk lengkap,
      • lecet,
      • rusak,
      • hilang,
      • tertukar krn slh tempel resi,
      • lama sampai krn over load atau salah sortir,
      • dll.

      Terima Kasih.. 🙏🙏

    • Dari tanggal 26 Juli 2022. Ke Bulan Agustus 2022. Super sekali. Lagian sudah dikatakan penulis sudah memberikan KTP dan bukti lain.

  • Pengalamannya sama dgn saya.... Shopee lama dalam pengembalian dana. Kalau di Tokopedia, sangat cepat dalam pengembalian dana. Kalau di shopee, kita mesti aktif telepon ke CS. kalau didiamkan, ya gak dibalikin.

  • Maaf mau tanya dulu sama kakak penulisnya, apakah kakak beli printernya di web shopee yang dibuka di laptop/pc? Soalnya di situ ditulis keterangan dibatalkannya karena ada aktivitas yang tidak wajar..
    Mungkin kalau beli barang atau buat akun nya bukan di aplikasi shopeenya langsung yang harus pakai smartphone jadi ada kendala pembelian barang sama pengembalian dana nya..

  • ijin berkomentar
    itu akun yg bapak buat baru ya? kalo saya lihat dari usernamenya belum diganti, member masih classic, dan shopeepay belum aktif
    nah apakah bapak pakai voucher pengguna baru? (jika bapak baru pertama kali beli di shopee), disini kurang keliatan sih transaksi dari screenshootnya dibawah ada rincian pembayaran, diskon, ongkir dll harusnya coba di screenshoot juga
    kalo bapak pakai voucher tsb itu sangat mungkin sekali adanya pembatalan dari sistem shopee, makanya terdapat keterangan aktifitas mencurigakan

    nah untuk pengembalian dana betul spt yg sudah berkomentas di atas, biasanya masuk shopeepay
    saran coba aktifkan dulu shopeepaynya, baru coba hubungi CS shopeenya
    semoga cepat selesai..

  • sebetulnya tidak ribet kalo dari awal sudah aktif shopeepay ya uang langsung kembali, itu poin masalahnya. tapi pembelinya tidak sadar kalo dia tidak aktifkan berakibat dana lama cair apalagi kalo minta di transfer rekening. kalo saya saran aktifkan aja shopeepay.kmudian uang balik shopeepay .kita tarik sendiri ke rekening itu lebih cepat.