Pesanan Sudah Dibatalkan, tapi Limit Belum Kembali dan Cicilan Terus Berjalan

Pada tanggal 28 Juli 2022 saya melakukan pembelian 3 barang di Shopee, menggunakan pembayaran Virtual Number PayLater by Traveloka dan menggunakan program cicilan. Selang beberapa detik, saya melakukan pembatalan dikarenakan salah mengisi alamat untuk pengiriman.

Pada tanggal yang sama saya melakukan pembatalan, pihak Shopee menyetujui pembatalan dan melakukan pengembalian dana. Namun sampai saat ini keterangan ini dibuat yaitu 14 Agustus 2022 limit PayLater saya belum dikembalikan oleh pihak Traveloka, sedangkan cicilan terus berjalan.

Awalnya pihak Traveloka mengatakan menunggu waktu 14 hari untuk mengembalikan limit. Namun sampai detik ini, pihak Traveloka saat saya tanyakan mengenai limit, selalu dengan alasan masih diproses dan penghapusan bunga cicilan.

Kalau ingin melakukan penghapusan bunga cicilan, mengapa tidak langsung mengembalikan limit? Sedangkan pihak Traveloka berkata apabila sampai waktu pembayaran cicilan limit belum kembali, mohon melakukan pembayaran terlebih dahulu. Apakah ini sama saja mengecewakan pelanggan? Barang dibatalkan, tapi limit tidak kembali.

Saya mem-follow up pihak Traveloka tidak sekali dua kali. Saya follow up melalui email, chat aplikasi, serta telepon call center. Awalnya dijanjikan 14 hari pengembalian limit dan penghapusan bunga cicilan, tapi sampai detik ini belum ada juga pengembalian dana/limit serta cicilan terus berjalan. Ini sangat mengecewakan pelanggan.

Traveloka PayLater berkata mereka mempunyai izin OJK, tapi mengapa pelayanannya merugikan customer? Saya sudah lampirkan jelas dari pihak Shopee sampai penjelasannya dari mereka. Traveloka sangat mengecewakan untuk pelayanan ini.

Florencia Irena Soekojo
Jakarta Pusat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Surat Tanggapan Traveloka untuk Bapak/Ibu Florencia

Kepada Yth., Bapak/Ibu Florencia Irena Soejoko, Terima kasih telah menjadi pengguna setia Traveloka. Menanggapi surat terbuka yang Bapak/Ibu Florencia Irena...
Baca Selengkapnya

Komentar

  • Kalaupun dikembalikan anda tetap harus membayar bunga. Biasanya seperti itu. Ya nanti nulis lagi disini.

    • Sy pernah beli tiket pesawat pake traveloka payletter pas hari-h sy batalin, infonya dana pengembalian cuma disetujui 10% sama maskapainya, sisanya tetep bayar cicilan, udah ampe mau lunas cicilan, cuma ada notif traveloka msh berusaha follow up refund ke maskapai, giliran cicilan lunas barulah info dana refund mau dicairkan dan diharuskan mengisi data bla bla bla... Karena malas ribet udahlah sy uninstal. Moga masalah cepet selesai ya

  • Traveloka sama dana itu ntah knpa skrng kasus sama itu2 trus dibuat geram konsumenya... Dana q skrng uninstal bebarebgan dgn Traveloka. Dlu sering banget beli tiket pesawat n kereta larinya Ketravelo skrrng kapok dah

    • Traveloka Paylater, ada terms and conditions nya. Selama dana belum selesai di refund, Cicilan tetap harus tetap dibayarkan. Pada saat proses refund berhasil, dan dana refund akan di kembalikan ke limit paylater, apabila total pokok tagihan sama dengan dana refund maka dana refund akan digunakan untuk melunasi pokok cicilan. Apabila tagihan sudah terbayarkan seluruhnya / sebagian (total pokok tagihan lebih kecil dari total dana refund), maka sebagian akan digunakan untuk melunasi pokok tagihan dan sisanya akan di transfer ke rekening pengguna dengan mengisi formulir yg akan dikirimkan melalui email. FYI, walaupun transaksi dibatalkan, biaya cicilan tetap harus kita bayarkan sampai dengan lunas.

      Jadi, jika penulis sudah menggunakan Traveloka Paylater, maka otomatis sudah menyetujui terms and conditions diatas pada saat mendaftar.