Pesan COD Emas 1 Gram, tapi yang Dikirim Emas 0,001 Gram

Saya kecewa dengan aplikasi Lazada yang tidak jelas. Pesanan saya dengan nomor: 915492004655351, tanggal 31 Juli 2022, untuk pembelian emas ANTAM 1 gram dan pembayaran COD, dibatalkan oleh pihak seller, tanpa ada konfirmasi melalui chat.

Tanggal 5 Agustus 2022, kurir datang membawa paket COD. Saat saya tanya kurir perihal status di aplikasi yang telah dibatalkan, kurir tidak paham. Kurir memberi saran untuk pembatalan via aplikasi. Ternyata barang yang datang adalah emas seberat 0.001 gram (tidak sesuai dengan pesanan).

Akhirnya saya lakukan pembatalan via aplikasi, tapi tertera “COD atas pesanan tersebut tidak bisa dikembalikan karena dana belum diterima oleh Lazada”. Saya sudah mencoba kirim email, dan DM IG, tetapi belum ada tanggapan sama sekali.

Mohon bantuan dari pihak terkait, untuk menindaklanjuti seller seperti di atas. Karena ternyata penjual di Lazada sangat-sangat tidak jujur, tidak seperti di e-commerce yang lain. Ditunggu tanggapan secepatnya.

Terima kasih.

Angga Sukma Nopriyanti
Kota Malang, Jawa Timur


Update (23 Agustus 2022): Terkait surat pembaca di atas, penulis memberikan klarifikasi atas tanggapan dari pihak Lazada sebagai berikut:

 

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Tanggapan Lazada perihal Surat Pembaca “Pesan COD Emas 1 Gram, tapi yang Dikirim Emas 0,001 Gram”

Redaksi yang terhormat, Menanggapi surat pembaca di Media Konsumen pada tanggal 19 Agustus 2022 berjudul “Pesan COD Emas 1 Gram,...
Baca Selengkapnya

Komentar

  • Kelihatannya ada kena tipu, pesanan yang via lazada dibatalkan terus seller sengaja mengirim barang yang salah di luar pesanan lazada. Jadi uang cod yang anda bayarkan langsung masuk ke seller tidak masuk via lazada sehingga lazada tidak bisa berbuat apa2, karena transaksi terjadi di luar platform lazada.
    Cara ceknya nomer resi di aplikasi lazada harus sama dengan nomer resi cod yang anda bayar, kl tidak sama jelas itu bukan pesanan dari lazada

    • Nah sepertinya begitu, yah cuma sekelas lazada yg katanya barang ori bisa meloloskan aja gtu penjual yg seperti itu tanpa ada punishment apapun seperti e-commerce yg lain. Jadi kesimpulannya jangan belanja di lazada aja lah percuma g dianggap

      • Kalau menurut saya Anda yang kurang berhati-hati, mau menerima paket COD yang sudah dibatalkan. Tindakan yang bisa kamu lakukan setelah ini hanyalah melaporkan hal tersebut ke Lazada agar toko tersebut ditutup.

      • Masih percaya aja sama lazada. Saya dah lama pensiun dari seller n buyer nya lazana. Jadi seller dikadalin Mulu dana nya. Sering di tahan. Kalo jadi buyer dapat barang busuk tp ndk bisa di retur

      • Spertiny kaka kena tipu.. Sy gk bisa nuduh seller.. Tp momenny tepat bget saat seller cancel orderan kaka, bbrp hari kemudian datang orderan gold yg sy lihat di notanya gk umum dipakai marketplace, bisa dipastikan itu kiriman diluar apk marketplace, yg sgt mencurigakan dan harusnya bisa ditolak langsung ke kurir tsb. Jd klo lapor ke marketplace memang dluar tanggungjawab mereka, krn didata sistem mereka, orderan cod kaka tdk brlanjut ke tahapan masuk ke jasa ekspedisi alias tidak diproses sama sekali oleh seller.
        Ini jelas harus lapornya ke polisi ka.. Klo d marketplace, seller yg melakukan cancel sepihak hanya mndapat hukuman poin saja..
        Dan bagus juga kaka share disini, jadi ada pengetahuan baru agar kita semua lebih Berhati-hatilah dalam menerima paket cod dan harus selalu memantau keberadaan paket di aplikasi

    • Bukankah 1 gram itu 1/000 kg kalau menurut saya tulisan itu sudah benar. 1 gram = 0,001. Kalau anda belinya 10 gram berarti 0,010 kalau dibelinya 100 gram tulisannya 0,100. Mohon maaf apabila salah.

      • Iya, klo di konversi ke Kg. Betul jadi 0,001 Kg bukan 0,001 Gram. Masa 1 Gram = 0,001 Gram, kan ga masuk. 1 Gram itu = 0,001 Kg.

    • Hati2 transaksi dengan lazada banyak seller penipuan saya pernah melaporkan tp tidak direspon dan sellernya masih juga jualan dg produk yg sama kayaknya lazada cocok sebagai tempat memelihara seller penipu

  • Modus penipuan baru nih. Iming2 produk harga murah (setengah harga) di marketplace, buat mancing calon pembeli. Trus dikirim produk yg gak sesuai, dengan nomor resi yg gak tercatat di sistem marketplace, biar pembayaran COD masuk ke pelaku.

    BTW untuk paket COD ini apa perusahaan kurir gak verifikasi isi paket terlebih dulu apakah isinya sesuai atau tidak? 🤔

    • Kurir gk bakal verifikasi lah, rahasia antar pengirim penjual.. Tugas dia cuma antar barang,yg penting bukan barang terlarang

    • Saya pernah ketipu cara begini. Tapi Marketplace nya membantu sampai Seller nya di kolaps kan...

    • @Donny
      Modus ini sdh lama, mas.
      Cuma diangkat lagi sama sindikatnya.

      Jadi pembeli dibatalkan oleh seller, nanti sellernya itu ngirim via kurir yg ada COD nya misalnya JNT.

      Jadi dia menggunakan kelengahan pembeli.

      Sebetulnya pihak kurir bisa track mitra yg punya akun COD nya. Asal ada laporan penipuan dari si pembeli.

    • kurir klo verifikasi isinya nasib nya kek sy, emas nya dia ambil, masukin batery bekas trus dia kasih notif gagal COD, barang balik k seller isi nya udh beda.

  • Tampaknya anda telah ditipu oleh penjualnya. Teriak2 ke Lazada juga ga bakal ditanggapi. Menyalahkan Lazada, malah anda nanti yg kena UU ITE.

    Lapor polisi.

      • SOP Pihak ekspedisi sebenarnya wajib memeriksa jika barang yang info isi kiriman berupa benda / barang berharga.
        Baik itu sudah dibungkus dengan sangat tebal maupun sudah sangat rapi dibungkusnya.
        Yang jadi masalah, di keterangan resi nya pun tulisannya emas logam mulia 24 karat, tapi tidak disebutkan berapa gram beratnya.
        Tips yang mau beli emas / logam mulia. Bahwa penjual walaupun BU, tapi tetap akan menjual sesuai harga pasarannya, sepahit2nya mungkin turun 10rb-20rb pergram.

  • Harga emasnya dibawah pasar, penulis tergiur terus kecewa dibatalkan

    Tapi tiba2 ada paket kucing dalam karung bawa emas 1 gram jauh dibawa pasar

    Disini penjual batalin tapi lanjutin transaksi cod dengan alamat pembeli, penjual sudah memainkan emosi pembeli dengan emas murah meriah

    Pembeli tanpa pikir panjang langsung bayar karena percaya dengan nama besar lazadut

      • Lazada cuma memberikan lahan bagi penjual dan pembeli,, kalau ada yg nakal ya salahkan penjual, bukan pemilik lahan (Lazada)

      • Gak bisa nyalahin lazada lah, penjual disitu ratusan, masa iya lazada cek satu satu, buyer lah yang jadi penilai, padahal kan jelas jangan transaksi di luar lazada, kalau COD ya pastikan di video saat unboxing, biar bisa komplen ke lazada buat balikin barang. Jadi buyer yg smart jangan tergoda harga gak masuk akal apalagi seller nya masih baru. Saya 10 tahun belanja di e-commerce manapun gak pernah kena tipu, sempet di kirim barang palsu ya komplen sesuai prosedur, duit pun balik

  • Harga emas antam 1 gr hampir 1jt belum termasuk pajak, mbok ya compare dulu di website resmi antam, muahahaha...

  • Terima kasih untuk modus penipuan spt ini. Semoga ilmu ini mendapatkan pahala yang melebihi nilai uang yang hilang.
    Kedepannya e-commerce harus proaktif untuk harga barang di bawah pasar.
    Dan customer tidak melanjutkan transaksi di diluar system.
    Dan semoga sistemCOD bisa dibatasi hanya < 100ribu

  • Kalo mau dapet emas harga miring tuh di pegadaian, biasanya lewat bazar barang gadai yg ngga ditebus sama pemiliknya terus dilelang. Itu yg make sense, lha ini diskon emas 50% aja udah aneh, gampang banget di..... wkwkwk

  • Jadi penasaran penampakan emasnya kaya gimana gan 0,001 g? Serbuk? Kali aja typo mungkin maksudnya 0,001 Kg = 1 g

    • Emang kecil kok, kecilnya kek kota nulis setitik pake pena. Nah segitu emas 0.001 gr. Sedangkan yg 1gr itu ya kek batangan bentuknya meskipun kecil.

  • Oh iya ini buyer murni tergiur harga murah ya, embel-embel flashsale diskon 50% dari harga itu murni niat nipu. Diskon emas paling murah itu 70-80% itu juga di Pegadaian.
    Mau di platform Lazada, Shopee dll. Selama MP-nya menyediakan opsi cod, masih banyak seller yg nakal seperti ini.

    Untuk yg lainnya jika ada pesanan COD dibatalkan seller jangan sampai nerima barang COD jika benar benar tidak pesan dan resinya tidak sesuai.

    Lebih aman lagi belanja via transfer. Karena selama saya transaksi transfer belum pernah kejadian seperti TS ini.