Surat Pembaca

Pesan COD Emas 1 Gram, tapi yang Dikirim Emas 0,001 Gram

Saya kecewa dengan aplikasi Lazada yang tidak jelas. Pesanan saya dengan nomor: 915492004655351, tanggal 31 Juli 2022, untuk pembelian emas ANTAM 1 gram dan pembayaran COD, dibatalkan oleh pihak seller, tanpa ada konfirmasi melalui chat.

Tanggal 5 Agustus 2022, kurir datang membawa paket COD. Saat saya tanya kurir perihal status di aplikasi yang telah dibatalkan, kurir tidak paham. Kurir memberi saran untuk pembatalan via aplikasi. Ternyata barang yang datang adalah emas seberat 0.001 gram (tidak sesuai dengan pesanan).

Akhirnya saya lakukan pembatalan via aplikasi, tapi tertera “COD atas pesanan tersebut tidak bisa dikembalikan karena dana belum diterima oleh Lazada”. Saya sudah mencoba kirim email, dan DM IG, tetapi belum ada tanggapan sama sekali.

Mohon bantuan dari pihak terkait, untuk menindaklanjuti seller seperti di atas. Karena ternyata penjual di Lazada sangat-sangat tidak jujur, tidak seperti di e-commerce yang lain. Ditunggu tanggapan secepatnya.

Terima kasih.

Angga Sukma Nopriyanti
Kota Malang, Jawa Timur


Update (23 Agustus 2022): Terkait surat pembaca di atas, penulis memberikan klarifikasi atas tanggapan dari pihak Lazada sebagai berikut:

 

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Tanggapan Lazada perihal Surat Pembaca “Pesan COD Emas 1 Gram, tapi yang Dikirim Emas 0,001 Gram”

Redaksi yang terhormat, Menanggapi surat pembaca di Media Konsumen pada tanggal 19 Agustus 2022 berjudul “Pesan COD Emas 1 Gram,...
Baca Selengkapnya

Komentar

  • Seharusnya sebelum komen mengerti dulu pecahan desimal yg benar. Si pembeli juga blm paham tulisan pecahan yg benar. Silahkan buka rumus di google 1 gram brp kilogram nanti akan paham penulisan pecahan yg benar.

    • Kayaknya bapak sih yang gagal.paham. coba baca lg dengan teliti permasalahan buyer. Terkadang lebih baik banyak membaca daripada sekedar berbicara.

    • Ada masalah apa dengan pecahan decimal?

      Membaca lebih baik dari pada menulis komentar, bukan?

  • Seharus nya pihak pembeli biasa y kalau bayar cod it kan konfirmasi kurir y kalau mau mngantar paket dan di suruh di sediakan uang yg hrus di bayar dgn sistim cod y
    Kalau gk ngerasa beli it biasa y pihak kurir y
    Akan menyuruh pembeli wa begini
    BARANG SAYA TOLAK KARENA TIDAK SESUAI
    PESANAN???
    Ke kurir y dan kurir juga gk akan mengantar ke rumah pembeli

    • Daripada lazada lebih baik kejar ke ekspedisinya, setau saya penjual yang memakai fasilitas cod wajib daftar terlebih dahulu ke ekspedisinya, jadi ekspedisinya pasti punya data pribadi penjual seperti ktp dan no rekening untuk pembayaran cod

  • Daripada lazada lebih baik kejar ke ekspedisinya, setau saya penjual yang memakai fasilitas cod wajib daftar terlebih dahulu ke ekspedisinya, jadi ekspedisinya pasti punya data pribadi penjual seperti ktp dan no rekening untuk pembayaran cod

  • Jangan hanya menyalahkan market placenya... Salahkan juga diri sendiri... Semoga ini bisa menjadi pelajaran buat kita semua... Anda sudah "SILAU" dg harga yg ditawarkan, mungkin anda terburu -buru karena ini barang flash sale. Kalau anda sudah berpengalaman, pasti anda akan faham bagaimana "PERMAINAN" flash sale itu... Anda juga tidak terlalu mempedulikan reputasi tokonya, yg dari nama tokonya aja udah jelas "NGAWUR", paling juga itu toko baru berjualan beberapa hari. Karena toko seperti ini dalam beberapa hari akan di blacklist, tapi penipu akan buat toko baru lagi, begitu seterusnya... Di E-commerce/market place manapun pasti ada PENIPUNYA, jadi berhati-hatilah kalau melakukan pembelian. Ingat! Jangan beli barang FLASH SALE, karena pasti akan kecewa!

  • Trik nya keren banget ya, tapi kenapa sudah tau dibatalkan. tetap diterima paketnya?? dan malah dibayar-_-

  • Harusnya tidak dibayarkan ke kurir, toh barangnya akan kembali ke seller dan setelah itu laporkan seller ke lazada via chat apps

  • Kesimpulan:

    Pembelian secara COD di Lazada, di batalkan oleh seller.
    tetapi seller tetap mengirimkan barang dengan isi yang berbeda dan dgn nomor resi yang berbeda dgn aplikasi lazada.
    pembeli menerima dan membayar sesuai nilai COD.
    saat di periksa ternyata barang berbeda, no resi berbeda.
    sehingga tidak bisa komplain ke Lazada, karena di luar aplikasi.
    tidak sesuai aplikasi.
    alias sdh di batalkan dan no resi tdk sama.

    Artinya:
    Adanya perbuatan yang melanggar hukum yang berupa penipuan.

    Jalan keluar nya:
    print out semua chat, orderan di lazada, dan bawa semua barang bukti ke polres terdekat.
    apakah akan di tindaj lanjuti? entahlah.
    yang jelas pelaku sangat mudah di tangkap

  • Begini yah mau mau di toko oren ijo biru. Yg namanya marketplace ga pernah ada yg tau. Disini harus di pahami situ seharusnya sebagai buyer yg cerdas seharusnya bisa menilai mana yg masuk penjualan logika dan mana yg bukan. Jangan kesalahan karena kelalaian pribadi kemudian ngadu ke MK karena ke-tamakan pribadi. Smoga semua ini menjadi pelajaran kedepannya.

  • lazada terkenal sebagai tempat seller nakal,, dan lazada terkesan membiarkan hal itu. seller nakal mungkin bisa membuat beberapa toko di lazada. lalu mereka berkata, pembeli yang seharusnya lebih waspada. padahal pembeli disini adalah korban dan lazada juga di rugikan, sudah banyak komplain tentang seller nakal, tapi koq ga di berantas para penjual nakal tersebut??
    sudah bertahun-tahun, ada yg aneh dengan managemen lazada.