Surat Pembaca

DC Indodana Menghubungi Nomor Kantor Meski Masih Saya Respon

Pada 16 Agustus 2022 Saya dikabari oleh rekan kerja bahwa ada pihak Indodana yang menghubungi Kantor. memberitahukan bahwa saya ada tagihan yang belum di bayar di Indodana. Memang Saya ada tunggakan yang belum bisa dilunasi karena saya sedang berproses dalam pengumpulan dana untuk pelunasan hutang-hutang saya.

Setiap DC yang menghubungi via whatsapp, saya respon sesekali agar tidak terkesan kabur atau lari dari tanggung jawab. DC Indodana atas nama Ayu ini tiba-tiba langsung menghubungi kantor tanpa menghubungi saya terlebih dahulu.

Menurut peraturan BI terbaru, pihak peminjam hanya boleh menghubungi kontak darurat apabila peminjam tidak dapat dihubungi. Itupun tidak boleh sampai menginfokan bahwa si peminjam ada tunggakan/hutang, cukup tanyakan kontak aktif atau alamat apabila peminjam tidak bisa dihubungi. Ini sudah menghubungi nomor kantor, mengganggu produktivitas kantor dan membuat nama saya buruk. Lalu bagaimana jika saya dipecat dan tidak bisa bayar tagihannya?

Istiqomah
Bekasi, Jawa Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Tanggapan Indodana Atas Keluhan Ibu Istiqomah

Terima kasih atas surat pembaca yang disampaikan oleh Istiqomah di Media Konsumen tanggal 20 Agustus 2022 dengan keluhan “DC Indodana...
Baca Selengkapnya

Komentar

    • Solusinya pinjam pinjol kabur. Mari kita sama2 buat semua pinjol bangkrut...toh nama diblacklist ojk cuma 5 tahun....habis itu bersih lagi...pinjam kabur ada DC tanggapi saja DC rese ringkus

    • Wah ini DC bank titil purwakarta nekad sok keras. Kamu belum pernah tau rasa dijual temanmu ya?

  • Kalau debt collector (DC) menghubungi dengan cara seperti penulis tulis diatas, kemungkinan banyak orang yang gak mau bayar hutang. Terkadang, yang berutang lebih "sadis" dari yang memberi hutang!

    Para DC akan tidak hanya menghubungi kontak darurat, tapi kantor juga akan dihubungi untuk menagih hutang. Mereka gak peduli apakah yang berutang akan dipecat dari kantor atau merasa malu, mereka hanya menagih hutangnya. Jangan mengajari ikan berenang, mereka lebih paham tentang aturan daripada kita.

    Biar gak dihubungi sama DC-DC, segera lunasi hutang-hutangnya. Semakin lama tidak dibayar, semakin membengkak hutangnya. Dan, jangan banyak berutang jika belum mampu untuk membayar.

    • Aturan darimana om? Semua sudah ada regulasinya seusai OJK. Kalo mau buat aturan sendiri semua orang juga bisa.

    • Mental malu ketauan ngutang hrs di hilangkan, negara aja ngutang ?
      Yg pendapatannya /bln aja puluhan juta masih ngutang jg ko ?

    • Dc bego., krna kinerja dc seperti anda.,.justru platform yg anda bawa akan rusak namanya.,
      Kalau platform anda tidak ada nasabahnya., darimana ente akan digaji , pikir sampai situ.,
      Ada aturan juga tertera bahwa platform akan mengatas masalah dengan baik" & kondusif.,
      Jargon tersebut rusak krna dc tidak berakhlak...

      Kalau g percaya tunggu aja beberapa bulan ke depan.,
      Platform sepi., debitur nakal beraksi., kelar kerjaan ente para dc tak berakhlak...

    • Kalo prinsip kaya gitu jg jngn salahkan nasabah atau masyarakat yg geram Ama DC model gitu kalo suatu saat mereka ngelawan dan membakar DC yg kelakuanya kaya gitu

    • Kalau solusinya bayar hutangnya anak TK juga tahu, DC nagih sih emang udh tugasnya DC, tapi ingat harus sesuai dengan hukum (POJK no 10 th 2022) kalau ngak sesuai lawan aja, negara kita kan negara hukum.

  • Semoga utang TS segera lunas. Aamiin.
    Coba lampirkan chat dengan DC karena seperti yang tadi bilang sesekali dibalas itu yg mungkin membuat DC hubungi kantor. Bukan membela DC ya ataupun saya bukan DC.

  • Kalo sudah ada unsur-unsur "tujuan mempermalukan/fitnah/penyebaran nama baik" sebaiknya dilaporkan saja bu ke pihak berwajib atau konsultasi ke LBH. Bagaimana pun kewajiban itu memang harus dilunaskan, tapi cara-cara penagihan menyimpang etika-etika penagihan sebaiknya tetap di proses. Setika nasabah belum bisa membayar kewajibannya tepat waktu, disitu nasabah sudah rugi dengan denda & pencatatan histori SLIK yang buruk.. bila ada kerugian ke personal/pribadi.. bisa diproses secara terpisah

    • WA DC ga usah dibls atau ditanggapin , makin diladenin makin menjadi mereka meneror anda , klo mau ajukan keringanan silahkan hubungi call center resmi (bukan WA) , untuk DC yg keterlaluan silahkan buat aduan ke OJK

  • Saran klo dh ada dana jgn percaya penghapusan denda/ apa kek jgn smpe bayar diluar aplikasi atau lewat orang ketiga, jgn napsu ama yg nmnya diskon2 nanti kya yg sdh kejadian lewat dc bayarnya tagihan msh berjalan

    • Kok bisaaa, nyantumin nomor kantor. Sebenernya gak harus gitu. Kasih aja nomor telpon kantor yang dah mati, gw tetep di approved. Karena nomor kantor tuh penting buat kelancaran aktivitas kerjaan kantor. Nelpon customer, nanya nanya faktur, invoice, vendor, dsb. Di tengah kesibukan admin nya, eh ada telpon pinjol silih berganti. Kasian admin lau. Kalau gw lebih baik gak di acc daripada ngorbanin kantor.

  • Yang punya hutang mau melaporkan yang memberi hutang..

    Hmm.. Ini sebabnya gw ga pernah ngutangin ke orang. Biarpun berderai air mata.. Kenapa? Duit dikasih pas ditagih marah2.. Hubungan sebagai teman/kenalan END. Ga dikasih? Hubungan teman/kenalan END tapi duit gw kan utuh ya? Makanya gw selalu SAY NO. buat siapapun kenalan/temen yg pinjam2.. Klo gw ikhlas gw kasih aja seikhlasnya ga usah bayar. BERES

  • Tagihan Mbak sudah menunggak berapa lama kok bisa pihak DC sudah mengambil tindakan menghubungi nomor kontak orang lain?

    Sebaiknya usahakan Mbak aktif merespons ketika pihak DC sudah mulai menagih tagihan Mbak yang menunggak. Sampaikan apa adanya dan bicarakan baik-baik. Dan gunakan bahasa formal.

    • Om kalo DC mah ga ngenal lama atau ga contoh aku laku jatuh tempo tgl 25 tgl 20 udah pada telfon nanyain tagihan dan ga cuma 1atau 2,3 orang sehari bisa sampe 10x nanyain padahal jatuh tempo krng 5 hari

    • @hery mulyanto...
      Nunggak juga krna ada penyebabnya pak...
      Kalau g nunggak dan lunas... Pinjol nawarin promo agar pinjam lagi., ngemis" ke nasabah.,
      Begitu nasabah ada masalah., kalian rendahkan nasabah....
      Begitukah cara kerja semua pinjol ??
      ????
      Sepi.... Debitur nakal mulai beraksi..
      Siap" cari" lamaran kerja lagi entar pak...

      • Pinjol ga bakal sepi, buktinya tuh banyak kasus spti ini msk media konsumen. Pemikiran anda wuaaaar biasaaa

  • Sebenarnya agak aneh sih yg sering bawa2 aturan ojk. Lha yg ngutang nunggak kan juga melanggar aturan yg sudah disetujui sendiri. Jd ya sama2 melanggar gitu aja.

    • Debitur yg nunggak juga di atur di POJK, jangan buat aturan sendiri, jika nasabah nunggak / wanprestasi bisa pinjol lapor ke SILK OJK, atau daftarkan gugatan wanprestasi ke PN (pengadilan negeri) jangan buat aturan sendiri, jangan perkara perdata jadi masalah pidana.

      • Lapor ojk cm slik jelek trus yg ngutang bakal mau bayar?
        Lapor polisi, biayanya lbh gede dari duit yg di utangin. Lucu anda ini ngomongi soal aturan.