Janji Manis Easy Reschedule Traveloka

Hampir 2 minggu (tepatnya 13 hari), saya bersabar untuk menanyai status penerbangan saya yang ingin saya refund/reschedule. Saya perlu melakukan reschedule penerbangan kepulangan (via Scoot), karena penerbangan keberangkatan saya dibatalkan sepihak oleh maskapai lainnya (AirAsia). Sedangkan harga tiket pengganti saat itu (2 minggu lalu) sudah naik 4x lipat.

Sebelumnya saya sudah melakukan upaya refund tiket pulang saya di aplikasi, namun statusnya ditolak oleh maskapai karena kebijakan penerbangannya. Saya pun menerima kebijakan tersebut, karena yang salah ada maskapai lainnya yang membatalkan sepihak penerbangan.

Di sini saya ingin mempertanyakan di mana letak iklan/jargon/promosi easy reschedule yang selalu didengungkan Traveloka? Sebagai tambahan informasi, penerbangan kepulangan saya dijadwalkan 4 hari lagi (23 Agustus 2022) dan saya masih belum bisa reschedule!!

Tiket yang masih berlaku
Janji manis easy reschedule di aplikasi
Setelah diklik
Pengajuan Refund Ditolak
Kebijakan reschedule maskapai yang tertera di aplikasi dan masih valid
Hampir 2 minggu bersabar dan belum ada kejelasan

Apabila ditanya kenapa protes sekarang, sedangkan masih ada waktu 4 hari lagi sebelum penerbangan, saya harus melakukannya sekarang karena syarat reschedule ya penerbangan masih berlaku! Jika saya terus menunggu hingga akhirnya penerbangan saya tiba, saya yakin Traveloka pasti akan cuci tangan, karena secara sistem mereka bisa klaim saya tidak pernah mengajukan reschedule. Padahal memang karena menunya tidak disediakan!!

Saya masih kesal dengan alasan tidak bisa reschedule, karena semua penumpang telah refund/reschedule (bukti terlampir). Lah terus saya dikira bukan penumpang? Kan, itu memang kebijakan Traveloka yang selalu kalian banggakan! Easy Reschedule!

Saya harap semoga dengan tulisan ini semakin banyak orang yang berani speak up terkait bobroknya Traveloka terhadap pelayanan kepada konsumennya dan semua pihak yang dirugikan dapat kompensasi sesuai dengan yang dijanjikan selama ini. Terima kasih kepada pimpinan redaksi Media Konsumen yang telah memfasilitasi permasalahan yang saya alami dan semoga lewat tulisan ini pula masalah saya bisa selesai.

Robby Hidayat
Jakarta Timur

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Surat Tanggapan Traveloka untuk Bapak/Ibu Robby Hidayat

Kepada Yth., Bapak/Ibu Robby Hidayat, Terima kasih telah menjadi pengguna setia Traveloka. Menanggapi surat terbuka yang Bapak/Ibu Robby Hidayat tujukan...
Baca Selengkapnya

Komentar

    • Bener om. Pokoknya jangan pesen airasia dulu sekarang mah. Jadi ribet semua gegara traveloka bapuk juga.

  • Airasia memang lagi problem, sy jg kirim barang via cargo airasia delay melulu.
    Mending kalau delay sejam-duajam. Ini sampe 2hr! 🤣
    Akhirnya pakai GA/SQ meski mahal dikit tp tepat waktu.

    Anehnya traveloka masih juga nerima orderan. Ya salahnya sendiri kenapa menggaransi bisa easy reschedule.
    Mau ndak mau ya traveloka harus tanggung jawab!.

    • Bener om. Harus tetep tanggung jawab karena konsumen akhir belum tentu tahu maskapai tersebut problematik. Ditambah lagi mereka menjanjikan easy reschedule

  • Makasi udah sharing, terlepas dari kendala ada di air asia. Traveloka juga harus bertanggung jawab terhadap jargon yang mereka promosikan.