Surat Pembaca

Transfer Ke Luar Negeri Pakai Aplikasi Flip Sudah 2 Minggu Tidak Terkirim

Pada tanggal 05Agustus 2022 saya mencoba pertama kali menggunakan aplikasi Flip untuk transfer ke luar negeri tepatnya Slovenia. Saya sudah sering melakukan transfer ke rekening penerima sejak tahun 2018 dan sebelumnya tidak pernah bermasalah

Pada tanggal 09 Agustus dari aplikasi dan email masuk menyatakan kalau transaksi saya sudah complete (selesai). Dan segera bukti transaksi yang dari awal saya merasa kurang lengkap (karena tidak ada tertulis nomor rekening lengkap penerima, atau swift code, IBAN yang dipakai untuk ke luar negeri), saya kirim ke email penerima.

Bukti transaksi

Selang beberapa hari karena belum ada balasan dari penerima, saya mulai bertanya dan mereka mengkonfirmasi kalau belum ada transfer sejumlah yang saya kirimkan.

Langsung lah kutelpon cs Flip saat itu, dan saya diberi nomor referensi transaksi. Tapi pihak penerima tidak menemukan referensi yang dimaksud. Agar mempermudah mereka meminta saya untuk mengirimkan bukti transfer yang lebih lengkap. Dan sampai saat ini saya belum juga dikirim oleh pihak Flip untuk bukti transfer ini.

Padahal apa susahnya memberi bukti transfer yang mencantumkan alamat atau rekening lengkap penerima? Hingga saat ini belum ada kejelasan kapan bukti transfer ini dikirim ke saya. Jujur saya sudah merasa lelah bolak balik menelpon cs dengan hasil nihil.

Feriadi
Palembang

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Belum Ada Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pihak yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Komentar

  • Kalau menurut saya anda terlalu nekat. Transfer domestik saja masih problem apalagi transfer LN. Tunggu 10th kedepan kalau pakai jasa milenial. Mending pake konvesional TT.

    Kalau transfer diatas USD 500 atau EUR 500. Nego sama penerimanya apakah bea TT mau ditanggung bersama atau full payment.

    Untuk kedepan mending TT saja via teller .
    Semoga masalahnya cepat terselesaikan.

      • Assalamualaikum pak Feri, saya Annisa Jannatul Firdaus, Mahasiswi Universitas Maulana Malik Ibrahim Malang, Jurusan Hukum Ekonomi Syariah. Selaras dengan informasi yang saya dapatkan dari website http://www.mediakonsumen.com perihal keluhan yang anda publish mengenai permasalahan yang anda alami ketika menggunakan aplikasi Flip, saya tertarik untuk mengangangkat problem anda menjadi penelitian dalam tugas Akhir saya (Skripsi). Hal ini saya gagas berdasarkan pertimbangan bahwa problem atau kasus anda dapat dijadikan sebagai bahan pembelajaran bagi konsumen lainnya agar tidak terjadi hal yang merugikan konsumen dengan kasus yang sama dikemudian hari.

        Apabila anda berkenan, mohon respon pesan saya dengan membalas komentar ini sebagai bentuk persetujuan anda sebagai narasumber utama, atas waktu dan perhatiannya saya ucapkan Terima kasih

        Annisa Jannatul Firdaus

      • Ka Feri,boleh tau solusi dari mereka apa,karena sy mengalami hal yang sama.sy transfer ke singapura,hampir 2 minggu belum diterima,dan hanya diberikan slip pembayaran tanpa detail data penerima seperti no.rek.mau konfirmasi ke bank penerima tp data bukti pembayaran gak lengkap jadi gimana mau percaya orang sana nya,juga ga bisa di cek tanpa no rek.sampe sekarang masih muter2 di email2an aja sama cs nya.sy harus gimana yaa.ini pertama kali sy pake Flip,dan baru transaksi pertama.karena tertarik dgn fee rendah nya.tp kaget dgn prosesnya ternyata sperti ini..

        • Saya blow up ke semua social media, akhirnya pihak flip chat saya ke jalur wa dan mulai mengatasi masalah saya setelah hampir 2 minggu

          • Pak boleh minta kontak wa pihak flip? Saya pindahin dana 8jt k akun saya di bank lain (lokal) pake flip notifikasi berhasil tapi dana belum sampai. Mohon bantuannya. Terimakasih

  • Kalau butuh mendadak pakai Wise, 5 menit langsung nyampai. Feenya lumayan tapi, sekitar 1%.

    • Gimana caranya kirim dari rupiah ke valas? Kalau kirim valas ke rekening rupiah sudah sering pake Wise (TransferWise). Kalau untuk bank lokal bisa dicoba DBS, CIMB, atau BRI juga sudah bisa via mobile bangking. Ada juga OY! ini mirip Flip, tapi lebih baik pake bank saja kalau belum terjamin. Alternatif lain ya semacam Paypal, tau pake kripto aja lebih gampang hehehe.

        • Saya belum pernah flip ke LN tapi jujur selama ini dalam negeri amanah, ada transfer saya yang salah nominal, seingat saya satu hari sudah kembali lagi (sesama BCA, sekitar di 2019).
          Klo problem kadang emang bank tujuannya bermasalah. Seperti bank BR* tiap awal bulan pasti kacau. Emang system banknya terlalu overload.
          Untuk kasus anda memang klo transfer antar bank ditambah pakai jasa pihak ketiga durasi rekonsiliasinya akan lama, apalagi jika ada anomali disatu sisi terlihat berhasil tapi di penerima tidak.
          Semoga kendala ini kedepannya sudah tidak muncul kembali

        • Anda benar, saya baru sadar kalo Wise sudah bisa untuk transfer dari rupiah. Tadinya memang belum bisa. Btw, saya iseng cek akun Wise dia pake bank sampoerna. Saya baru sekali ini dengar nama banknya. Kalo bayar pake e-wallet saya belum tahu, tapi kalo kirim ke e-wallet memang saya pernah dengar sudah bisa.

  • Coba pake Topremit aja mas. Ada layanan Instant Transfer juga ke Eropa jadi uang bisa sampai hitungan menit aja. Receipt nya juga menyertakan nama penerima sama nomor IBAN. Fee juga murah mas cuman 100 ribu flat, coba liat website nya aja di sini mas http://topremit.com/id

  • Assalamualaikum pak Feri, saya Annisa Jannatul Firdaus, Mahasiswi Universitas Maulana Malik Ibrahim Malang, Jurusan Hukum Ekonomi Syariah. Selaras dengan informasi yang saya dapatkan dari website https://www.mediakonsumen.com perihal keluhan yang anda publish mengenai permasalahan yang anda alami ketika menggunakan aplikasi Flip, saya tertarik untuk mengangangkat problem anda menjadi penelitian dalam tugas Akhir saya (Skripsi). Hal ini saya gagas berdasarkan pertimbangan bahwa problem atau kasus anda dapat dijadikan sebagai bahan pembelajaran bagi konsumen lainnya agar tidak terjadi hal yang merugikan konsumen dengan kasus yang sama dikemudian hari.

    Apabila anda berkenan, mohon respon pesan saya dengan membalas komentar ini sebagai bentuk persetujuan anda sebagai narasumber utama, atas waktu dan perhatiannya saya ucapkan Terima kasih

    Annisa Jannatul Firdaus

  • Slamat siang pak feri boleh sy tau no whatappnya flip,saya ada melakukan transaksi transfer k LN namun sudah 6 hr msh dlm proses,sy sdh email dan chat di bantuan aplikasi,namun jawabanya sll sama sedang dalam pengecekan,,tolong solusinya seperti apa,trmksh