Surat Pembaca

Retur Blibli Ditolak dengan Alasan Tidak Jelas

Pada tanggal 18 Agustus 2022, saya membeli sandal Birkenstock Honolulu EVA White ukuran 40 di Blibli, dengan nomor pesanan: 12109094578. Pesanan tersebut saya terima tanggal 19 Agustus 2022. Namun setelah saya coba, ternyata ukuran sandal kekecilan.

Saya langsung mengajukan retur pada hari itu juga, dengan nomor: RMA586654, agar sandal dapat ditukar ke ukuran 41. Saat itu warna putih ukuran 41 sedang habis, jadi saya minta ditukar ke warna hitam. Sesuai keterangan di website Blibli, produk sandal dapat dikembalikan jika ukuran tidak sesuai.

Sesuai instruksi retur barang dari email Blibli di bawah, sandal tersebut saya masukkan kembali ke boks dan boks tersebut saya tutup dengan selembar selotip agar aman waktu pengiriman. Label pengembalian juga saya tempel diatasi boks sepatu. Kemudian boks-nya saya masukkan ke kantong plastik dan saya berikan ke kurir Blibli tanggal 20 Agustus 2022.

Namun ternyata pada tanggal 21 Agustus, pihak Blibli menelepon saya dari nomor 02140400871 dan mengatakan bahwa retur saya ditolak, dengan alasan telah melanggar syarat dan ketentuan retur. Dikarenakan kardus sandal tidak dalam kondisi “asli” (sudah ditempel label pengembalian dan ditutup selotip), sehingga tidak bisa dijual lagi ke customer lain.

Pihak Blibli menjelaskan kalau seharusnya saya mengemas kembali boks sepatu tersebut dalam kardus/packaging lain, baru labelnya ditempelkan di paking luar tersebut.

Yang membuat saya kesal adalah, kenapa aturan tersebut tidak ditulis dengan jelas dalam instruksi pengembalian yang di email Blibli ke customer? Di email tersebut hanya dijelaskan kalau produk harus dikemas dengan aman (makanya saya beri selotip) dan diberikan label pengembalian.

Pihak Blibli berdalih kalau ketentuan tersebut ditulis di halaman Syarat & Ketentuan Pengembalian. Namun saya tidak menemukan kalimat yang jelas menyatakan kalau label tidak boleh ditempel di kardus asli barang: https://www.blibli.com/faq/topic/pengembalian-produk/syarat-dan-ketentuan-pengembalian/

Saya sendiri sudah menjadi pelanggan Blibli sejak tahun 2015 dan saat ini sudah level Infinite. Namun karena kejadian ini, jujur saya kapok membeli produk fashion seperti baju dan sepatu (yang size-nya harus pas) di Blibli, dikarenakan ketentuan retur yang tidak jelas.

Terima kasih. Best regards.

Freddy Wijaya
Jakarta Utara

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Belum Ada Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pihak yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Komentar

    • Thank you for the quick response! Sekali lagi supaya tidak salah paham, saya tidak menyalahkan atau meminta aturan label itu dicabut ya, yang saya minta supaya next time tolong aturan/larangan penting (seperti pemasangan label) dikomunikasikan dengan jelas ke customer di email instruksi retur agar customer tidak miss.

  • Saya tidak perduli kalau anda makan di restoran bersedia disodori piring kotor bekas makan pelanggan sebelumnya. Yang jelas seluruh pemilik restoran punya etika dan tanggung-jawab piring kembali ke kondisi semula sebelum dipakai pelanggan berikutnya. Apakah anda punya etika dan tanggung jawab yang sama?

    Jika Anda tidak puas dengan sanggahan pihak marketplace, anda bisa minta sandal itu dikirim kembali ke alamat anda (ongkir anda yang tanggung, konsekuensi kesalahan anda), anda kemas kembali 99% seperti saat anda terima, dan lakukan proses retur ulang.

    Salah ukuran jelas kesalahan anda. Repacking yang tidak lengkap jelas kesalahan anda. Mungkin kedepannya untuk meminimalisir kesalahan, anda pesan online minta didampingi orang tua saja.

    • Salah ukuran kesalahan saya? Saya sudah pesan sesuai ukuran biasa mengikuti keterangan yang ada di website Blibli, tapi karena model sandal ini ada “dinding luar” nya, jatuhnya jadi terlalu sempit (harus up size 1 nomor). Dan sudah saya jelaskan kalau di website Blibli ditulis BOLEH tukar ukuran bila tidak sesuai.

      Dan FYI aja soal analogi anda soal piring kotor dikasih ke pembeli, waktu saya menerima barang pertama kali dari Blibli box sepatu sudah dalam keadaan kotor berdebu dan plastik wrapping berantakan, tapi saya tidak protes. Jika menuruti etika anda seharusnya pihak Blibli juga dari awal harus memastikan box yang dikirim ke saya dari awal sudah bersih dong?

      Dan ini juga bukan retur pertama saya ya, sebelumnya saya pernah beli jam di Blibli dan ternyata pas sampai sudah pecah. Waktu itu saya tempel label di kardus dan retur tetap diproses, lalu kenapa sekarang ditolak?

      Seperti yang saya tulis di artikel, yang saya permasalahkan adalah kenapa aturannya tidak ditulis dengan jelas, kalau memang ditulis label tidak boleh ditempel di box produk, ya pasti saya patuhi. Saya juga bukan pertama kali belanja online sehingga harus ditemani orang tua seperti asumsi anda.

  • "Namun saya tidak menemukan kalimat yang jelas menyatakan kalau label tidak boleh ditempel di kardus asli barang:"

    disitu juga tidak ditulis tidak boleh ditempel di dalam kardus, tapi itu bodoh, begitu pula ngirim barang tidak pakai kardus luar, anda mana mau terima juga apabila dikirimnya langsung box sepatunya..

    • “Begitu pula ngirim barang tidak pakai kardus luar, anda mana mau terima juga apabila dikirimnya langsung box sepatunya…”

      Setuju, tapi sebelum dikirim ke Blibli box sepatu sudah saya wrap dengan plastik tambahan ya, bukan box nya aja (foto di artikel sebelum dibungkus).

      • itu lebih konyol lagi...... labelnya anda tempel di box, terus anda tutupi label pengembalian nya.... label ini bukan cuma syarat seperti yang anda kira, label itu berisi informasi yang dibutuhkan, semua ada alasannya, anda yang tidak jelas

        • Label nya keliatan ya setelah diwrap, bukan ketutupan. Kalau labelnya ditutup kurir dan team Blibli nya mana tahu ini barang apa... itu basic logic kali pak... anda yang tidak jelas langsung ngegas tanpa tahu kondisi nya,

        • IVAN IVAN DIA YANG BELANJA LU RIBET LU SEBAGAI NETIZEN GAUSAH SOTAU KAYA PERNAH BELANJA DI BLIBLI AJA LU, PALINGAN BELANJA SHOPPE APLIKASI SEJUTA UMAT FREEONKIR LAGI ?

      • 1. Dia sudah jelaskan yang dipermasalahkan itu adalah kurang lengkapnya tata cara retur barang. Oke bagi yang biasa online shopping mungkin sudah aware, tapi bagi yang baru pertama kali? Saya rasa keluhan seperti ini muncul karena penulis sudah mengetik "dulu pernah mengembalikan jam dan kotaknya ditempel tapi tetap diproses.

        2. Jelas dikatakan si biru boleh retur jika terdapat perbedaan ukuran, kenapa pada komen aneh2? Lokal dan luar itu ukurannya sih beda ya, jadi sangat wajar jika tidak sesuai.

        3. Untuk urusan label ada sebagian produk (branded) yang tidak memperbolehkan adanya tempelan dalam kardusnya. Ini sudah jadi hal lumrah. But balik lagi ke awal, seharusnya pihak si biru menjelaskan secara rinci. Semoga yang terbaik buat penulis dan di biru, tetap bagi saya belanja di sibiru sangat memuaskan.

        • 1. dia mah nulis masalah jam itu kan setelah komen saya, dan berarti kan bukan pertama kali dia belanja online
          2. saya g masalahin dia retur karena ukuran, itu sudah hak nya, sudahkan baca komen saya? komen saya tidak mewakili komen yang lain, saya bukan perwakilan komenter
          3. hal lumrah adalah menempelkan label pengiriman dibagian luar dari packaging akhir, bukan di packaging dalam, itu sudah logika

          • Agar tidak menimbulkan suasana bertambah gaduh. Maka untuk saat ini, saya memutuskan untuk tidak berkomentar apapun. Bagi anda yang sampai saat ini masih menunggu komentar saya, maka dengan kerendahan hati saya meminta maaf yang sebesar-besarnya karena telah membuat anda menunggu. ??✌️

          • Saya pelanggan Blibli dan sudah member infinite juga, kalau retur saya gak pernah tempel apapun ke box yg asli, form retur itu harus di print dan ditempel setelah box yg asli dipacking ulang saat kita terima , gak mungkin dong cuma dikirim pake box asli aja tanpa ada bubble wrap / plastik wrap. ?

        • Thank you Yudo! Tadi pihak Blibli sudah menghubungi dan sudah saya jelaskan kembali (seperti yang ada bilang di poin 1) kalau permasalahan saya memang di ketentuan retur yang tidak ditulis dengan lengkap di email instruksi (seperti terlihat di artikel, di email hanya ditulis untuk memberikan label pengiriman) sehingga bisa menimbulkan salah paham customer.

          Masukan saya simple kok, supaya T&C diinfokan jelas ke customer. Saya yakin masukan ini tidak merugikan customer lain, bermanfaat malah iya. Saya juga pelanggan lama dan sudah sering belanja di Blibli, makanya saya kasih masukan ini. Saya malas kalau kedepannya ada kejadian retur ditolak ditolak lagi dikarenakan T&C yang tidak jelas.

          Tapi selain itu, saya setuju dengan pendapat anda di poin 3, diluar kasus ini, pengalaman saya belanja di Blibli memuaskan :)

          • Kasi tau ke blibli, tukar saja kardus baru dengan yang lama yang ada labelnya...ribet banget..saya retur di toped beli powerbank, saya bilang pakai kardus yang lama saja..Kardus dipusingin, penuh2in gudang di rumah..

    • Jadi menurut anda komplain karena aturan retur yang tidak dikomunikasikan dengan jelas ke customer itu “abnormal” yah? Boleh saya tahu contoh komplain yang “normal” menurut anda itu seperti apa? :)

  • yaiyalah bos, pikir aja pake logika, kalo label & solatip dilepas, kan kardus nya ketarik juga, box nya mana bisa dipake lg buat jualan? udah cacat, buat customer baru yg ada customer baru nya kasih bintang 1 karena dianggap bekas

  • Saya sudah 2x tukar barang di Blibli dan puas krn barang bisa dijemput & prosesnya cepat gak pake ribet.
    Cuma memang setiap beli barang-barang yg ada ukurannya, saya selalu hati-hati saat unboxing supaya tidak bermasalah apabila harus ditukar krn saya tau itu untuk dijual kembali.
    Jadi saat dikembalikan harus dalam kondisi sama semua seperti saat diterima. Tidak ada yg berubah.

    • Saya juga sudah pernah retur sekali sebelumnya dan saya setuju overall proses retur di Blibli mudah dibanding yang lain, makanya saya sudah pelanggan lama di Blibli.

      Yang saya heran cuma case ini aja.

  • Paling mudahnya Anda kembalikan paket itu seperti Anda terima barang kalo diterima ada plastik ya kembalikan juga bkn kerdus lalu ditempel label sy rasa pihak MP sdh benar

    • Yang saya kembalikan sesuai kondisi awal ya, bedanya hanya tambahan label itu saja. Sekali lagi saya tidak mempermasalahkan kalau Blibli melarang tempel label di box produk, yang saya sesalkan kenapa aturannya tidak dikomunikasikan dengan jelas ke customer. Itu saja.

      • Padahal blibli itu klo menurut saya masalah retur gak ribet saya pernah retur hp tidak sesuai spek hanya pakai bukti foto gak perlu video unboxing tinggal kirim retur dlm hitungan hari uang kembali karena barang retur dikirim langsung ke blibli dan yang memutuskan blibli

  • Kenapa ya selalu penulis artikel dicari kesalahannya sama netizen.
    Padahal fokusnya adalah retur yang ditolak. kalau masalah kardus itu sesuatu yang nonsense. Yang tolak Dari blibli atau Dari seller?kalau saya jg sebaiknya jangan beli barang yang rentan retur di blibli.

  • Thanks for the kind comment, saya juga aware dengan netizen disini karena sudah baca beberapa artikel lain jadi sudah siap dengan segala pro kontra dan flaming.

    BTW untuk barang ini disediakan oleh pihak Blibli langsung bukan 3rd party seller.