Surat Pembaca

Paket yang Dikirim J&T Tak Kunjung Tiba Selama 1 Bulan, Customer Service-nya Serasa Tidak Berguna

Assalamualaikum wr wb.

Sebelumnya saya ingin mengucapkan terima kasih kepada Media Konsumen yang telah menjadi sarana terbaik untuk memberi kritik,masukan, dan keluhan dari konsumen kepada produsen atau perusahaan besar yang ada indonesia, mudah mudahan keluhan/masalah saya ini bisa ada jalan keluar setelah saya posting di sini.

Selama ini saya tidak pernah mengalami masalah pengiriman ataupun dalam pembelian barang pada marketplace-marketplace yang sedang marak saat ini, tetapi kali ini saya benar benar kapok menggunakan ekspedisi J&T (meskipun sebagai konsumen terkadang kita tidak bisa memilih ekspedisi apa yang ingin digunakan ketika berbelanja di market place).

Masalah saya bermula di tanggal 25 Juli 2022, ketika saya membeli produk kosmetik di salah satu market place Indonesia. Untuk nominal yang saya keluarkan memang hanya berkisar 200 ribuan saja, tetapi sayangnya, barang tersebut tidak kunjung saya terima sampai saat ini, kurang lebih 1 bulan barang pesanan saya tidak bergerak, berada di J&T Ciputat (info ketika cek resi saat ini). Padahal jika dicek dari no resi, paket saya sudah dipickup oleh kurir, serta sudah di drop di Drop Point Depok. Alamat penerima saya hanya di Bekasi, yang setahu saya pun jika ada keterlambatan pengiriman, paling hanya 3 harian saja.

Status Resi

Setelah berhari-hari menunggu barang saya dikirim setelah berhari hari menunggu barang yang saya pesan tak kunjung datang. Akhirnya saya mencoba menghubungi pihak customer service via whatsapp, dan dibuatkan laporan pada tanggal 30 Juli 2022. Tetapi tetap tidak ada kejelasan kapan barang saya akan dikirim, mereka hanya menjanjikan bahwa barang akan dikirim segera mungkin.

Dibuat Laporan

Dan sayapun menerima kabar dari J&T Ciputat yang mengabarkan bahwa pesanan saya sedang dalam proses dikarenakan ada keterlambatan pengiriman, saya pun kembali menunggu berharap paket tersebut akan segera saya terima setelah dihubungi oleh pihak J&T Depok.

Respon J&T Depok

Setelah hampir 1 minggu setelah menerima info dari J&T Depok, barang tidak kunjung datang bahkan status resipun tidak kunjung berubah. Tanggal 6 Agustus saya kembali menghubungi pihak Customer service J&T melalui whatsapp dan juga telefon, tetapi jawaban yang saya terima sama saja dengan sebelumnya, tidak ada perubahan sama sekali.

Saya pun dibawa kesal karena tidak jelas kapan barang saya akan dikirim oleh mereka. Sayapun berusaha menghubungi pihak J&T Depok, Ciputat, dan juga Serpong Utara, tapi tetap tidak ada kejelasan perihal paket saya ini. Malah chat saya diabaikan oleh mereka, begitupun ketika saya melakukan komplain di twitter seperti tidak dianggap sama sekali oleh CS mereka.

Respon dari CS J&T 6 Agustus
Tidak direspon oleh CS J&T di twitter

Hingga pada saat saya menulis artikel ini ditanggal (23 Agustus 2022) tidak ada perubahan status pada resi, serta barang pun tidak pernah saya terima hingga sekarang, Saya pun sebenarnya sudah mengiklaskan barang ini, kalopun hilang atau tercecer.

Ya sudahlah, bukan rezeki saya. Hanya saja saya sangat menyayangkan pihak J&T yang seperti tidak ada pertanggung jawaban atas masalah ini. Bahkan Customer Service nya pun dilayani oleh robot. Jadi mungkin bisa menjadi pembelajaran untuk konsumen/seller sekarang untuk lebih aware dalam memilih ekspedisi yang akan digunakan untuk mengirim barang.

Sekian, terima kasih.

Muhammad
Kabupaten Bogor, Jawa Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Belum Ada Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pihak yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Komentar

    • Sampe hari ini setelah surat keluhan di rilis di MK, masih belum ada followup dari pihak JnT (J&T) nya kak. Status resipun saya check di website masih belum berubah statusnya.

  • Berdasarkan pengalaman saya belanja di belanja online, jika barang saya terlambat datang melewati batas estimasi, saya tidak pernah mau ribet chat seller dan chat ekspedisi. Langsung ajukan komplain di apps. Jadi e-commerce yang mengejar ekspedisi, bukan buyer. Kalau sudah seperti itu biasanya barang langsung sampai paling lama 2 hari. Bahkan saat masa sibuk seperti lebaran, tidak pernah gagal.

    • Terima kasih advice nya kak, sayapun dari awal sudah menghubungi pihak seller langsung. dan pihak seller pun bantu push ke ekspedisi, tapi tetap hasilnya nihil kak. Saya mau push terus seller nya ga enak juga, karena mereka sudah mengirimkan barang ke ekpedisi.

    • Maaf saya gagal fokus kak, Jika dimaksud komplen ke pihak Ecommerce nya, saya ini pesen via Akulaku kak (Beli cash bukan paylater) , biasanya sih selalu sampai lebih cepat atau tepat waktu dari estimasi. Tapi baru kali ini yang benar benar bermasalah, mau komplen ke pihak Akulaku nya juga mungkin kalau kakak pembaca setia di MK, taulah gimana masalah nya e commerce ini, Jadi yasudah saya iklaskan saja kak hehe

      • Kurir itu kalau tau paketnya dari akulaku langsung pikirannya embat aja ahhh.karena kalau paket dari akulaku paling gampang di curinya karena susah komplain kalau akulaku,tapi akulaku kan ada pemberitahuan kalau 10hari barang belum sampai/diterima segera hubungi pihak akulaku,tapi ya emang gituh susah hubunginya

  • Walah masih ada yg pake akulaku toh.. Untuk mslah pengirimannya, itu sih emang pihak jnt sebenrny udah tau kalo paket bermasalah/hilang didalem gudang mereka cuma mereka berusaha mengulur waktu saja. Apalagi staff2 yg ngejawab jg hanya mau sesuai template saja karena mrka ga mau cape ikut tanggung jawab. Masalahny si di sistem management jnt nya yg emang parah abis. Kejar terus ka jgn mau kalah sama jnt nya

  • ya betul, dari jnt emang lagi jelek, ada 2 paket yg hilang dalam 1 bulan , di follow ke customer service Jnt hasil nihil, 1 paket di ganti pun ga full, gampang kali paket hilang, trs ganti ga full lagi dengan aturan aturan n syarat-syarat, jadi untuk expedisi yg service jelek non aktifkan aja, cari yg expedisi yg tanggung jawab yang bagus aja.

  • J&t itu kalau di shoppe,lazada, Tokopedia kalau masih Jabodetabek kirim sore bsok sampai maka nya sy paling suka pake jasa kirim ini

  • Beli kosmetik sampai ke online. Klw cuma butuh lipstik, bedak, skinkare mas. Di kios kios jg ada..

    • Itu bukan lipstik bedak mas, hanya sabun muka dan toner saja, dan di kios kios pun belum banyak yang jual produk ini, makanya saya beli online. Semenjak masalah ini pun saya beli online tapi versi COD, jadi yah saya hanya memanfaatkan zaman aja, sudah bisa online tanpa harus repot ke kios kios kenapa ga dipergunakan hehe

  • Dari sekian banyak jasa kirim hanya j&t yg cs nya tidak bisa mnyelesaikan masalah dan hanya itu2 saja yg di bahas, saya pernah komplain karena paket sering nyasar tapi tidak ada tindak lanjutnya dari j&t , dan minggu2 berikutnya masih kejadian nyasar lagi yg tidak tanggung2 amsaya belanja dari jakarta tujuan jawa baray paket nyasar sampe sulawesi,kapan ya j&t memperbaiki pelayanan dan juga meningkatkan pelayanan cs nya yg terkesan robot dan tidak memberi solusi

  • Kalo pengalaman saya dengan customer service JNT emang busuk. Saya di bangka belitung, kalo ngirim paket biasanya lebih cepat JNT dibanding sicepat.. Biasanya beda sehari gitu. Tapi sekalinya ada masalah, komplain ke sicepat pasti bakal direspon/berusaha ditangani, sedangkan JNT itu CS nya balas sesuai template doang. Bahkan ga direspon.

  • Intinya semua jasa kirim itu pasti pernah bermasalah.. Jnt pun yg katanya nomor 1 dan harganya yang lebih mahal dari yang lain pernah juga bermasalah.