Surat Pembaca

Penipuan Mengatasnamakan Aplikasi Pinjol Syariah

Awalnya saya membaca di salah satu media online, tentang aplikasi pinjol syariah PT. Ethis Fintek, yang termasuk fintech pinjol legal yang diawasi OJK. Kemudian saya cari dan unduh aplikasinya dari Google Play Store.

Saya mencoba pinjaman di aplikasi pinjol Ethis Finance sebesar Rp5 juta, tapi saya malah disuruh oleh adminnya (dengan nomor: +62 812-2299-9795) untuk top up sebesar Rp1 juta, ke nomor rekening VA BNI: 8930613028703404. Setelah saya top up, saya disuruh top up lagi Rp2,550 juta (terlampir bukti transfer). Di sini saya belum curiga, tapi oleh pihak admin Ethis Finance saya malah disuruh top up lagi senilai Rp7 juta.

Saya mulai curiga, ini maksudnya gimana? Uang saya yang di-top up gak muncul, malah pihak admin mengatakan uang saya akan kembali ke rekening setelah 1 bulan, karena uang dipakai perusahaan. Ini penipuan atau gimana? Terus nasib uang saya yang sudah top up 2 kali sebesar Rp3,550 juta ke mana? Mohon tanggapan dari pihak Ethis Finance!

Untuk Media Konsumen mohon dimuat surat saya ini, biar tidak ada lagi korban seperti saya. Terlampir semua bukti percakapan saya dengan pihak yang mengatasnamakan admin Ethis Finance sebagai buktinya.

Sekarang aplikasinya tidak dapat dibuka kembali dan setelah saya cari lagi sudah tidak ada di Google Play Store.

Rudi Setiyawan
Ngawi, Jawa Timur

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Komentar

  • Ketipu uang ketipu data yang lbh bahaya data2nya takut disalahgunakan/ buat pinjol lagi... Logika sih pinjem duit srh kluar duit... Nyari yg bener2 aja kya akulaku/shopepylater

  • Seru sih, ada duid mo minjam duid dipinjol. Iseng banget.
    Disuruh top up mau mau aja. Logika nya top up itu ke digital wallet pribadi sendiri, seperti Dana, OVO, Gopay dll.
    Aneh dan Seru.
    Semoga ada solusi terbaik.

  • Ambil hikmahnya ya pak... Niat Bapak sebenarnya sudah baik, ingin pakai yg syariah biar gak kena RIBA, tapi ternyata malah ketipu.

    Sebaiknya ilmu dulu, baru amal. Kita mesti tahu ilmunya dulu akad syariah pinjaman seperti apa? Setelah yakin akadnya bisa sesuai syariah, baru kita melangkah lebih jauh. Dalam akad syariah, tidak bakal ada akad pinjam uang, terus balikinnya ada margin tambahan. Yang ada sistem mudhorobah, musyarokah atau murabahah.

  • Sebenarnya anda tidak butuh uang alias tidak/belum kepepet kebutuhan hingga harus PINJOL, buktinya anda masih punya uang untuk topup. Mungkin anda berfikir kalau pinjaman syariah itu bunganya sangat ringan atau mungkin nggak ada bunga.
    Ambil hikmahnya, dan semoga bisa jadi pelajaran buat kita semua.

  • Waduh. Polos sekali. Metode penipuan nya juga simple banget, gak ribet. Fix ini keteledoran Anda.

  • Lah kocak.. mau pinjem duit tp transfer.. kakak ini minjem apa minjemin? Semoga jadi pelajaran aja kak meskipun sudah tua tetep harus belajar yaa

  • Alhamdulillah saya sangat tidak tertarik sama yang namanya pinjol , paylater , KSP dll , tawaran kartu kredit juga saya tolak semua , walau ga Megang duit mending minjem tetangga, kalo ga di kasih ya belum rejekinya , Alhamdulillah hidup tenang damai bisa ngopi & ngerokok dengan santuy , ada duit berapapun sedekahin minimal 2.5% aja toh gak nguras nominal, punya duit cepek keluar cuma 2500 , tapi barokahnya mantab

  • Saya juga kena tipu ini mungkin ada solusi apa bisa dilaporkan? Ada kah korban lainnya? Kalau ada dan mau ditindaklanjuti,ayo kita bersama