Surat Pembaca

Akun Shopee Saya Dibatasi Karena Terhubung dengan Akun Teman yang Memiliki Tunggakan SPaylater

Salam,

Saya sudah bertahun-tahun menjadi pengguna Shopee sebagai pembeli. Sebelumnya tidak ada masalah yang berarti selama menggunakan Shopee ini. Namun kali ini semenjak tanggal 25 Agustus 2022 saat saya mau checkout tiba-tiba muncul pop up ‘gagal (A02)’ yang dimana dikarenakan adanya tunggakan SPayLater yang belum dilunasi.

Tidak bisa checkout karena ‘gagal A02’

Saya bingung karena selama ini saya tidak pernah mengaktifkan SPayLater saya, apalagi memakai. Saya pikir itu kesalahan teknis sampai kemarin tanggal 27 Agustus 2022 saya baru melihat email saya bahwa akun saya benar-benar dibatasi.

Spaylater saya belum saya aktifkan

Setelah saya chat dengan CS Shopee ternyata akun saya terhubung dengan teman saya yang memiliki tunggakan SPayLater. Saya bingung bagaimana bisa tiba-tiba akun saya terhubung dengan akun tersebut.

Ya benar, saya kenal dengan pemilik tunggakan tersebut tapi rasanya sangat tidak etis untuk Shopee tiba-tiba membatasi akun saya secara sepihak begitu saja. Padahal sebelumnya saya sudah melampirkan kartu keluarga saya di formulir pengajuan pengaktifan akun dan jelas bahwa saya bukan satu kerabat dengan orang tersebut.

Kenapa Shopee jadikan saya sebagai korban hanya karena saya kenal dengan orang itu? Padahal jelas saya tidak punya tanggung jawab apapun dengan masalah hutang piutang orang tersebut. Jadi tidak mungkin dengan dilakukannya pembatasan akun saya akan terjadi pelunasan dari pihak saya.

Saya sudah komplain sebanyak 3 kali tetapi tetap saja Shopee hanya menanggapi dengan menyuruh saya untuk mengingatkan pemilik akun melunasi tagihannya. Semua balasan email yang saya terima sama semua, alias copy paste.

Kenapa Shopee memperlakukan konsumennya seenaknya seperti ini. Saya tidak pernah menyalahi aturan apapun juga merugikan siapapun. Orang lain yang menyalahi aturan kenapa saya juga yang terlibat terkena imbasnya? Apa ada bukti kalau saya benar terlibat dengan masalah orang tersebut seperti tanda pengenal atau tanda tangan saya?

CS Shopee hanya terus bilang akun saya akan diaktifkan kembali jika pemilik akun tersebut telah melunasi tagihannya padahal tidak ada S&K SPayLater tentang imbas dari akun orang lain yang telat bayar SPayLater dengan akun yang terhubung dengan akun siapapun.

Saya harap dengan ini Shopee bisa lebih bijak lagi karena ini bisa merugikan orang lain dan semoga tidak ada korban lainnya yang mengalami hal yang sama.

Sekian terima kasih. Semoga masalah ini dapat segera terselesaikan juga semoga bisa bermanfaat untuk pengguna lain yang mengalami masalah yang sama.

Neila Nurshifa
Kabupaten Bandung

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Belum Ada Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pihak yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Komentar

        • Mungkin husnudzon aja mba nya masih diingatkan sama Allah biar tidak berhutang dan lebih mengutamakan belanja yg penting dengan bayar cash.

          • Parah amat yah shopee...
            Sy sepakat dgn komen sebelumnya, mungkin ini jalan dari Allah agar mbak gak hutang PINJOL karena RIBA

          • Saya penguna shope tapi baru tahu jga, klo msh sodara 1 kk dibatesin msh masuk akal lah ini teman loh...

      • Jadi jika ada penunggak SpayL di kontak saya, itu jadi beban saya? Nggak salah tuuh????
        Untung saya nggak main Shopee

    • Saya juga tidak tahu bagaimana tiba-tiba pihak Shopee berasumsi saya kenal / kerabat orang tersebut. Saya bahkan tidak pernah mengajukan pinjaman online manapun karena saya pribadi sendiri memang kurang tertarik dengan jasa kredit barang atau uang.

      • Saya sendiri juga pernah di posisi anda dengan kasus yang sama seperti ini. Saya sudah coba ajukan berkali kali jawabannya tetap sama saja.

        Sampai Samapi akhirnya saya beralih ke e Comerce lain seperti Tokopedia dan tiba tiba selang beberapa bulan akun shopee saya sudah buka dan saya sudah terlanjur nyaman dengan e Comerce lain karena pernah di perlakukan seperti itu oleh pihak shopee.

        Saran saya anda sabar saja menunggu beberapa bulan dan coba e Comerce lain karena jika anda tidak bersalah maka akun anda depan atau lambat juga bakalan di buka dan menjadi hak anda untuk kembali menggunakan shopee atau mulai beralih dari shopee dan memilih e-commerce lokal seperti Tokopedia. BTW shopee itu bukan asli dari Indonesia ya...

    • Tidak berdasar. LUCU....

      Aturan dari mana seperti itu
      Konyol.
      Kami Tau Shopee punya kebijakan internal untuk pengguna. Tapi ya mbok yang logis.

      Dan asal jajaran shopee tau, aplikasi anda beroperasi di negara indonesia.
      Dan harus tunduk sama peraturan yang berlaku di indonesia

      ATURAN DARI MANA ITU :
      Yang punya tanggungan si A
      Yang di persulit Si B

      Sudah jelas2 beda identitas
      Beda orang - Beda Nik - Beda Alamat - Beda kepentingan dan Beda Urusan.

      Kepalah2 atasan2 shopee anda mengaku orang intelek orang berpendidikan - Tapi kebijakan anda
      Konyol - Lucu - Ngak masuk akal

      Laporkan Saja ke OJK
      Atau ke AFPI

      Agar di investigasi oknum2 dan aplikasi yang membuat aturan2 tidak masuk akal seperti.

      Viralkan

      #Shopee
      #Ojk
      #AFPI

  • Kemungkinan orang tersebut menggunakan no.hp kamu dalam pengajuan pinjamannya Karna setahu saya pengajuan pinjaman itu harus mencantumkan no.hp salah 1 orang tua, lalu no.hp orang dekat. Dan kemungkinan no.hp kamu yg dicantumkan itu terdaftar di akun shopee kamu dan no.hp orang tersebut ada dikontak kamu. Maaf jika opini ini keliru

  • Kok oon Shopee nya. Menolak customer yg bisa bayar dengan alasan org lain yg punya tunggakan. Double kill. Piutang usaha ga terbayar, prospek pembeli kabur. Paket combo untuk membuat usaha bangkrut dengan segera. Good job Shopee. ???

    • Lucu bgt,persis pinjol..seenaknya jadikan kita kontak darurat dsb tnp konfirmasi ke kita..pas ada mslh bayar dr ybs kita yg di repotkan.

  • Oh, jadi maksudnya kaka suruh jadi DC nya shopee gituu, buat nagih atau suruh temen kk buat lunasin utangnya di shopee

  • Waah kacau banget shopee,harus di up ini.
    Yang gk ada hubungan nya malah kena getah nya.

  • Dan terjadi lagi...
    Shopee lama2 jadi pinjol berkedok online marketplace, apalagi baru meluncurkan spinjam, nanti klo ada yg gagal bayar semua kontak yg punya akun shopee diblokir akunnya, good job shopee, semoga makin bangkrut ?

  • Shopee makin lama makin gak masuk akal, sekalian aja suruh kastemernya bayar hutang negara wkwkwk

  • Shopee sama saja dengan e commerce riba kalau begitu kejadiannya, jangan gunakan lagi Spay later…. Beli aja barang sesuai dengan kebutuhan… biar saja mati dengan sendirinya…..

  • Trus gimana seandainya klo akun tsb buat jualan, dengan jumlah penjualan dan penilaian yang udah ribuan, masak akan dibatasi gara2 tunggakan teman/tetangga/dll yang tidak 1 KK sama kita? Mematikan rejeki seller donk