Surat Pembaca

Barang Tidak Saya Terima, tapi Tagihan Shopee SPayLater Tetap Berjalan

Sebelumnya saya ucapkan terima kasih, karena surat saya ditayangkan oleh Media Konsumen. Perkenalkan nama saya Yana, saya salah satu pelanggan setia Shopee. Namun saya sangat kecewa dan komplain keras mengenai kasus yang menimpa saya saat ini. Berikut kronologi keluhan saya:

Tanggal 1 Agustus 2022 pukul 10:48 pagi, saya melakukan pemesanan produk berupa “Dash cam car touch screen dashboard dua lens” seharga Rp2.744.544 dengan kode pesanan : 2208010Q6UETXF dan menggunakan jasa kirim same day. Pembayaran saat itu juga menggunakan Shopee SPayLater.

Hingga sore hari paket belum sampai, tapi keterangan “Paket sudah terima” sudah berwarna abu-abu (off). Saya menghubungi pihak Shopee melalui live chat dan telepon. Saya mau membatalkan pesanan tersebut. Namun saya disarankan untuk menunggu dan melakukan mediasi dengan penjual.

Tanggal 2 Agustus 2022, saya telepon customer care Shopee kembali dan disarankan untuk sementara memblokir akun saya karena khawatir di-hack.

Pada tanggal 5 Agustus 2022, saya hubungi CS kembali untuk membuka blokir agar saya dapat melanjutkan mediasi. Kemudian saya memenangkan kasus tersebut. Pihak penjual sudah mengakui bahwa penjual tidak mengirimkan barang. Saya mendapat email nomor laporan: 1554756370923405362 bahwa limit Shopee SPayLater saya dikembalikan pada tanggal 11 Agustus 2022, tapi saya tetap harus membayar tagihan transaksi sebesar Rp2.744.544 dengan metode cicilan Rp231.212 x 12 bulan.

Saya sangat kecewa dengan kebijakan dan cara penanganan komplain pihak Shopee:

  1. Barang tidak terkirim karena kesalahan penjual dan penjual sudah mengakui hal tersebut. Namun pembeli (saya) tetap ditagihkan biaya transaksi, dengan alasan setiap pesanan yang menggunakan Shopee SPayLater dikenakan biaya minimal 2.95%, yang tidak memotong limit awal pada saat check out dan jika terjadi pengembalian dana maka biaya transaksi tetap ditagihkan. Dalam kasus saya, barang tidak diterima, malah hutang bertambah.
  2. Cara penanganan tim Commercial Finance yang tidak mau menjelaskan via telepon. Sehingga saya harus menelepon customer care dan ditangani oleh orang yang berbeda-beda.

Semoga masalah saya bisa segera diselesaikan dan ada tanggapan langsung dari pihak Shopee terkait.

Mulyana Budiati
Jakarta Selatan

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Belum Ada Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pihak yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Komentar

    • Untuk traveloka saya kurang paham. Tapi pengalaman saya di Shopee pay later iya. Ada pengembalian dana ke Spaylater tapi tagihan barang tetap jalan. Sampai sekarang saya ga paham maksud mereka apa. Kapok saya

      • Selamat siang, saya mengalami hal hal yang sama. Tapi jawabannya nanti akan ada penyesuaian tp tanggal 25. Padahal tgl 11 sudah harus pembayaran. Ini saya harus melaporkan kemana lagi ya agar ditanggapi ? Karena harus pembayaran full

        • Hi mba, maaf baru reply. Bagaimana penyelesaian kasus mba Imelda diatas? Apakah mba sudah dihubungi oleh pihak CS Shopee baik via email atau pun telpon? Waktu kasus saya, saya terus hubungi CS Shopee. Catat no pelaporannya dan kumpulkan bukti2 nya. Semoga masalah mba bisa cepat selesai ya. Terima kasih

          • Maaf baru membalas juga mbak. Sudah di berikan jalan keluar tapi tetap tertagih biaya bunga yang terpakai hampir 200 rb selama 12 bulan yang di potong cuma harga barang tapi bunga ttp berjalan. Terim kasih.

          • Maaf kak mau nanya, saya juga mengalami hal yang sama. Tagihan tetap ada walaupun limit saldo sudah di kembalikan. Apakah nanti setelah 14 hari kerja saldo akan di kembalikan ke shoppe pay?

  • Jauhin yg namanya paylater dan pinjaman online, sebanyak apapun anda dapat membayar ,perlahan akan tenggelam karena masalah ini dan itu ,blum lagi riba nya yg dosa nya sangatlah besar,jika meninggal maka

    • Kalau dalam perbankan / kartu kredit , ini nama nya kenaikan limit kartu kredit..
      Tetapi tagihan tetap wajib dibayarkan lagi? Nilai nya penuh lagi.. Ini mah nama nya penipuan..
      Seharusnya cuma dibebankan sebesar Rp. 62.128 x 12 bulan.. Tapi itu pun tidak layak karena pembatalannya bukan karena kesalahan sendiri.. Masa kesalahan penjual / orang lain dibebankan ke pihak pembeli..

      • Benar yang pak Darwin bilang terakhir saya komunikasi dengan pihak social media Shopee. Tagihan saya akan dihapuskan namun saya tetap akan dikenakan biaya "layanan" Rp. 62.128 x 12 bulan. Mohon maaf Pak Darwin, apakah hal itu dibenarkan dalam kasus saya ini?

        • Jngn mau, mending ambil aja uang 2jt itu.. Terus belikan dashcam lagi.. Cicilan normal smpe 12bln.. Gk ada ruginya

  • samber geledek ......
    gelo .... system setan itu, uang kembali .... tapi paylater ga mau rugi ...
    tetep dikenakan cicilan 12 bulan, biar dapat rp 725 ribu ... atas nama biaya layanan tuyul ....
    saya sih ga ridho..... makan aja tuh duit asal biasa bawa nya... dia pikir duit dapat dr nyerokin di got apa?

    • Dear Shoppe care,
      Kasus belum saya tutup sebelum tagihan saya clear. Bulan ini masih ada di rincian tagihan. Tidak usah bahas mengenai pengembalian dana Spaylater. Saya tidak mau. Itu opsi dari aplikasi di Shopee yang mau tidak mau harus saya klik karena barang tidak saya terima.

  • Shopeepaylater itu memang payah. Bukanya menolong pengguna shopee , justru menjadi racun yang mematikan bagi pengguna shopee. Banyak kasusnya yang serupa, lihat aja di YouTube. Dulu saya juga sering pakai shopeepaylater. Sejak tau kalau disitu ada unsur bunga riba & bunga ribanya Gedhe , langsung saya stop. Justru shopeepaylater lah yang bakal mengurangi tingkat kenyamanan pengguna shopee.

    • Malah nambah enak pakai paylater.. Itu kan nama lain kredit angsuran..

      Kalau fitur kredit motor/mobil itu bikin enak atau mengurangi kenyamanan?

  • Selama pakai spaylater shope, sya nga pernah kejadian sperti itu...aman² aja slama ini. Walaupun ada kasus yg sama pengembalian...

  • Ada email anda akan mendapat uang pengembalian 2jt ke dompet shopeepay setelah 14 hari.. Sdh dpt uang nya kah?

    • Sebenarnya saya ga request pengembalian dana. Yang saya mau adalah tidak membayar tagihan tersebut. Nah dari tagihan yang saya dapat disitu tertera pengembalian dana mengurangi hutang. Kisrut lah pokoknya

      • Setauku aturannya emg gitu sih.. Menurutku Gmgk bakal di tanggapi shopee aduan ini..
        Solusinya simpel = Belikan lagi dash cam dari uang 2jt itu, angsuran paylater tetap jalan seperti biasa. Itu tujuan utama pakai paylater kan, gk ada ruginya.. Cuma prosesnya aja yg beda, anda dapat hutang 2jt untuk beli dashcam dan di cicil per bulan..

  • Kalau memang duit pembelian dikembalikan karena barang tidak diterima.
    Secara logika berarti dianggap anda meminjam dana/uang ke shopeepaylater makanya cicilan tetap jalan.
    Setahu saya untuk paylater di platform E-commerce itu sudah pihak luar (pinjol) yang bekerjasama dengan E-commerce tersebut.

  • Loh ini sih namanya anda benar2 dirugikan... Harus nya klo anda disuruh bayar tagihan... Dana kembaliannya harus dibalikkan ke saldo shopee pay atau dibalikan ke rekening anda, bukan shopee pay later yg jelas jelas itu cuma saldo pinjaman

    Kalo caranya begini, serem banget pake spay later.