Surat Pembaca

Barang Tidak Saya Terima, tapi Tagihan Shopee SPayLater Tetap Berjalan

Sebelumnya saya ucapkan terima kasih, karena surat saya ditayangkan oleh Media Konsumen. Perkenalkan nama saya Yana, saya salah satu pelanggan setia Shopee. Namun saya sangat kecewa dan komplain keras mengenai kasus yang menimpa saya saat ini. Berikut kronologi keluhan saya:

Tanggal 1 Agustus 2022 pukul 10:48 pagi, saya melakukan pemesanan produk berupa “Dash cam car touch screen dashboard dua lens” seharga Rp2.744.544 dengan kode pesanan : 2208010Q6UETXF dan menggunakan jasa kirim same day. Pembayaran saat itu juga menggunakan Shopee SPayLater.

Hingga sore hari paket belum sampai, tapi keterangan “Paket sudah terima” sudah berwarna abu-abu (off). Saya menghubungi pihak Shopee melalui live chat dan telepon. Saya mau membatalkan pesanan tersebut. Namun saya disarankan untuk menunggu dan melakukan mediasi dengan penjual.

Tanggal 2 Agustus 2022, saya telepon customer care Shopee kembali dan disarankan untuk sementara memblokir akun saya karena khawatir di-hack.

Pada tanggal 5 Agustus 2022, saya hubungi CS kembali untuk membuka blokir agar saya dapat melanjutkan mediasi. Kemudian saya memenangkan kasus tersebut. Pihak penjual sudah mengakui bahwa penjual tidak mengirimkan barang. Saya mendapat email nomor laporan: 1554756370923405362 bahwa limit Shopee SPayLater saya dikembalikan pada tanggal 11 Agustus 2022, tapi saya tetap harus membayar tagihan transaksi sebesar Rp2.744.544 dengan metode cicilan Rp231.212 x 12 bulan.

Saya sangat kecewa dengan kebijakan dan cara penanganan komplain pihak Shopee:

  1. Barang tidak terkirim karena kesalahan penjual dan penjual sudah mengakui hal tersebut. Namun pembeli (saya) tetap ditagihkan biaya transaksi, dengan alasan setiap pesanan yang menggunakan Shopee SPayLater dikenakan biaya minimal 2.95%, yang tidak memotong limit awal pada saat check out dan jika terjadi pengembalian dana maka biaya transaksi tetap ditagihkan. Dalam kasus saya, barang tidak diterima, malah hutang bertambah.
  2. Cara penanganan tim Commercial Finance yang tidak mau menjelaskan via telepon. Sehingga saya harus menelepon customer care dan ditangani oleh orang yang berbeda-beda.

Semoga masalah saya bisa segera diselesaikan dan ada tanggapan langsung dari pihak Shopee terkait.

Mulyana Budiati
Jakarta Selatan

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Belum Ada Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pihak yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Komentar

    • Tagihannya tetap jalan padahal uangnya sudah kembali ke pihak shopee dan barangnya juga sudah di kembalikan... Trus kita bayar cicilan apa coba...?? Masa terus2an di tagih

  • Lebih baik menutup semua penggunaan paylater pak, sy juga sedang melakukan.. karna gak ada untungnya. Sy masih tetap pakai shopee kalo ada voucher free ongkir aaja...wkwkwk... sisa nya lebih aman via tokopedia, terutama belanja elektronik aman bgt sebagai konsumen. Karna pengalaman datang barang rusak langsung diganti gak ribet.

  • Sepertinya bukan hanya di Shopee aja yang bermasalah,hampir semua sama yang namanya market place. Ada lagi lebih buruk/ BRENGSEK. Nah sekarang kembali kediri kita masing masing.Waspadalah jangan terlalu nafsu.Terlalu banyak penipu gentayangan saat ini. Sangat berbahaya kalo kita emosi bisa jadi delik hukum. Kepada media Konsumen,Terimakasih atas paparannya secara terbuka biar semua orang tau.Perlu dipikirkan OPSI apa dilakukan untuk meminimalkan kejadian seperti diatas.

    • Email ke cs shopee tiap kak beserta bukti2 pengembalian limit dan pengembalian barang. Saya tiap hari email cs shopee dan cs di aplikasi utk kasus tersebut. Tapi ttp tertagih biaya bunga dr limit yang terpakai. Yang terpakai 6 juta pengembalian kurang 98 rb. Tapi di tagihkan bunga hampir 2 juta karena limit yang di kembalikan tidak full kurang 98 rb alasan dari pihak shopee.

      • Halo kak, saya mau nanya. Saya juga mengalami hal yang sama. Apakah nanti saldo akan di kembalikan ke shopee pay ? , Soalnya saldonya sudah di refund ke spaylater, tapi tagihan tetap ada.

  • Sama persis dengan saya. Barang yg dkirim sampah. Tp tetep harus bayar biaya layanan, spaylater emang brengsek

  • Sama persis dengan saya. Barang yg dkirim sampah. Tp tetep harus bayar biaya layanan, spaylater emang....

  • Mohon arahannya, saudara saya terkena tipu dari iming2 cashback dari shopee pay later sebesar 2jt rupiah, entah bagaimana ceritanya yg ada malah terkena transaksi di kopi janji jiwa serang,pandeglang (6x transaksi sebesar @2jt) kejadian tgl 20 okt 2022.

    Baru sadar pas ada telpon dari debt coll kemarin dan tagihan shopee pay later menjadi 13,2jt (1,2jt menjadi denda keterlambatan) sdh hub pihak CS shopee dianggap kelalaian.

    Ini rencana mau lapor ke polisi, semoga ada win win solution dari pihak shopee soalnya sama sekali gak terima uang 12jt .

    Kalau ada temen2 yg pernah ada pengalaman seperti ini, mohon bantuan dan sarannya ya.

    Makasih,

  • Saya juga mengalami hal yang sama, barang tidak pernah diterima dan tagihan terap berjalan.. No...!! Peduli setan shopee