Kecewa dengan Paket Data Unlimited by.U

Awal mulanya saya tidak ada kendala pembelian paket data by.U per bulannya. Saya sudah lama langganan paket data 2 Mbps unlimited dari dulu, mulai dari harganya 140 ribu rupiah, sampai sekarang 150-an ribu rupiah.

Saya membeli paket perpanjangan pada tanggal 22 Agustus 2022. Awalnya tidak ada kendala, masalah muncul sore pukul 18.00 tanggal 26 Agustus 2022. Saya gak bisa buka Youtube dan akses internet melalui Chrome, serta mengunduh VN di WhatsApp. Saya kira ada masalah jaringan, lalu saya tunggu. Namun sampai pagi tanggal 27 Agustus 2022, masih gak bisa buka VN WhatsApp, akses Youtube dan akses Chrome.

Saya coba matiin paket data, mode pesawat, tapi nihil. Cek kuota gak ada masalah, paket aktif sampai 21 September 2022, jaringan 4G full bar. Masalahnya ini paket unlimited dan sebelumnya gak ada masalah. Gak ada pemberitahuan tentang penggunaan aplikasi apa saja yang bisa atau tidak dari pihak by.U.

Saya merasa dirugikan, karena saya sudah beli paket unlimited. Saya telepon call center, disuruh ganti APN dengan by.U oleh call center. Sudah dilakukan, tapi masih juga gak bisa. Coba restart hp sudah, mode pesawat sudah, sampai akhirnya saya DM Instagram by.U untuk menceritakan masalahnya.

Saya pun diminta data-datanya, tapi sampai sekarang nihil. Kalian pihak by.U gak bisa secara sepihak membatasi kami untuk akses internet. Anda jual paket internet unlimited, tapi zonk. Saya sangat kecewa malah liat di Instagram mereka mengadakan lomba mobile legend, ada 3 orang yang sama masalahnya seperti saya dibiarkan. Kacau! Semua bukti saya lampirkan.

Firzan Dwi Chandra
Yogyakarta, DIY

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Belum Ada Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pihak yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Komentar

    • Saya pengguna By.U dari awal 2020, 1 thn pertama ini provider jempolan abis, murah, cepat, tidak ada yg ngalahin, namun makin kesini memang makin bosok, paket unli sudah tidak secepat awalnya. Mau ganti tpi ya susah jg cari yg lebih murah dan cepat selain By.U, seperti tidak ada saingan.
      Sekarang paling saya ganti paketnya saja, jangan yg unli, saya pakai yg 75GB 150k

      • Sekarang paket unlimitied byu yg 2mbps 30 hari , sudah di batasi 100gb jika pemakaian lebih dari 100gb maka speed akan turun menjadi 128kbps kebayang kan lemotnya? Saya juga kecewa dengan by.u yg tidak memberitahukan masalah perubahan dan yg di alami ts ini sama dengan kejadian yg saya alami setelah pemakaian 10 hari speed internet ul saya sangat lambat , dan setelah saya tanyakan ke cs , penjelasannya paket ul 2 mbps di batasi hanya 100gb untuk speed normalnya , setelah mencapai 100gb maka speed alan turun menjadi 124kbps begitu kira2 teman2 pengguna by.u

        • Benar, saya juga KECEWA karena tidak ada pemberitahuan baik di aplikasi maupun di medsos byu, kalau ada pemberitahuan bahwa paket telah ada FUP saya tidak akan membelinya. Untuk 100 GB dengan kecepatan realnya hanya 250 KBps harga 150 ribu, saya akan balik ke tri karena lebih murah, dan speednya lebih cepat bisa tembus 4 MBps dengan harga 90 GB 99 ribu, dan tanpa blokir blokir torrent seperti byu dan telkomsel.

      • Saya juga sangat kecewa banget, paket unlimited baru 10 hari dipake tapi tiba2 lemot ga karuan sampe ga bisa buka Fb dll. Saya cek kecepatan hanya sampai maksimal 20 kbps. Byu makin kesini makin parah kecewa jadinya. Padahal saya pengguna byu sudah lama. Kecewa kecewa kecewa sangat sama byu

      • ada gk yg tau, saya rasa cm sedikit yg tau klo baik simcard maupun akun yg sudah kadaluarsa(nonaktif) tetep bisa di akses di aplikasi dan isi kuota, ya meskipun pada akhirnya tetap tidak bisa di gunakan juga pada akhirnya, dan saya salah satu korbannya, ada gk yg pernah ngerasaain dan tau perasaan gua. hahah lol, im sick coz this lol, saya ga tau bahwa kartu saya sudah nonaktif dan setelah saya isi kuota saya berakhir kecewa, lalu karna saya ga percaya akun yg simcardnya sudah nonaktif harusnya tidak bisa di isi kuota saya mencari pembuktian dg mencoba mengisi kuota di akun lain yg saya sangat yakin sudah nonaktif, dan ternyata benar, meski kartunya sudah nonaktif, akunnya tetap bisa diakses dan melakukan pembelian, hebatkan sistem mereka, awal nya saya kaget tapi saya kembali berpikir logis, ya namanya juga bisnis, pasti penuh siasat, sayang komen ini tidak bisa dilapirkan dg foto, jd mungkin banyak yg gapercaya, jdi yg ga percaya bole tes sendiri

    • Saya pakai by.u semenjak awal2 ada bulan desember 2019 saya mulai pakai dan sampe sekarang belum pernah mengalami kendala yg berarti, hanya pernah ada kendala saat tower di tempat saya dalam perbaikan, kini jaringan semakin bagus saya pakai modem pendukung dN untuk koneksi 5 device masih aman untjk sekedar streaming youyube atau medsos work banget dan bisa di bilang paling murah untuk harha paket ul ug sangat terjangkau dan tanpa batasan aplikasi

    • Kalau mengubah aturan paket itu diberitahu kan ke konsumen, taruh jelas di aplikasi dan medsos, jangan curang. Tidak ada pemberitahuan tentang FUP tahu tahu ada FUP setelah komplain. Sudah lah speed cuma 250 KBps ada FUP lagi.

    • Saya pengguna by.U sudah hampir 2 tahun langganan Paket Unlimited 1,5-2 Mbps /bulan, baru kali ini saya KECEWA BERAT. Saya sudah menghubungi Nindy lewat aplikasi dan mendapat jawaban kalau internet saya terkena FUP 100GB. Tanpa ada pemberitahuan apapun dari aplikasi, pesan, atau sosmed, KETERLALUAN INI NAMANYA. Setidaknya kalau mau ada kebijakan baru, beritahukan pada seluruh konsumen Minimal 2 Bulan sebelum aturan berlaku.
      *Tidak perlu ngasih solusi ganti HP, ganti posisi, ganti apalah, coba itulah. Ini sudah 100% Masalahnya FUP Mendadak di Paketnya.

      • Pada awal saya memakai by.u saya senang benar karena ternyata by u bisa memberikan solusi dengan program 2 Mbps nya yang unlimited tapi sejak bulan Agustus semua nya buyar dan dan kecewa di buatnya mestinya pihak by.u itu semakin by.u lebih melayani pelanggan bukan malah mengecewakan pelanggan dalam hal ini

  • Sudah coba di hape berbeda? Test skenarionya apa saja ?
    Paling mungkin Anda kena anomali profile pengguna(nomor).
    Itu ga bisa di level CS musti yang paham aplikasinya ubah profile ke yang normal.
    Bisa juga problem yang beda.
    Saya juga pake By.U tapi selalu quota, so far ga ada kendala. Paling beda prioritas dengan kartu Halo, tp soal sinyal sama kecepatan ya beda tipis lah.

    • Paham aplikasi saya pengguna jasa byu kalian, ada edukasi gitu gak ? Call center, dm instagram, suruh ubah profile segala macam, semu perintah kalian sudah saya lakukan tapi nihil kmaren, baru bisa setelah kalian kelar mengadakan acara games online mobile legend

          • Saya pun sama agak kecewa, isi paket yg 50 GB, sudah berhasil bayar lewat virtual account, tapi kuota tidak masuk masuk sampai sekarang, sudah saya compalin lewat live chat, email, masih di proses padahal udah 4 hari sampai hari ini, kecewa sangad

      • Slow boss, saya bukan netizen yang mencari kesalahan anda. Saya hanya konfirmasi pengujian yang sudah dilakukan. lagipula profile yang dimaksud ini bukan di aplikasi, tp di billing system By.U nya.
        Ya namanya anomali bisa aja baru ada perubahan sistem yang berdampak para beberapa customer by.u. paling mungkin Anda di Refund sejumlah nilai yang Anda bayarkan Dan permohonan maaf.

    • Pasti pihak Byu diem, dulu komplen via Media Konsumen juga, gk ada tanggapan sama sekali

    • Saya sudah menghubungi Nindy lewat aplikasi dan mendapat jawaban kalau internet saya terkena FUP 100GB. Tanpa ada pemberitahuan apapun dari aplikasi, pesan, atau sosmed, KETERLALUAN INI NAMANYA. Setidaknya kalau mau ada kebijakan baru, beritahukan pada seluruh konsumen Minimal 2 Bulan sebelum aturan berlaku.
      *Tidak perlu ngasih solusi ganti HP, ganti posisi, ganti apalah, coba itulah. Ini sudah 100% Masalahnya FUP Mendadak di Paketnya.

  • Karena OP sedari chatting sampai balas komen selalu ngegas dan nggeber, mending ditunggu aja lah biar cepat sampai di.. IGD atau TPU.

  • memang akhir2 ini banyak jg kendala pake by.u ini. main game online selalu connection lost, alhasil kalah terus. Pake VPN baru stabil. tp kynya kasusnya penulis itu, internetnya yg ga jalan sama sekali ya. kalo sy sih msh jalan, tp lemot, ga mungkin kecepatan 2mbps seperti ini.

    • Ini karena fup di batasi sampai 100gb jadi kalau sudah mencapai 100 gb maka otomatis speed jadi turun ke 128kbps

      • oh ya? sy kirain by.u bener2 unlimited tanpa batas FUP, maksimal 2mbps. ternyata ada fup juga. tp 128kbps sepertinya ga juga. kalo 128kbps mah ga bs ngapa2in, secara by.u nya taro di modem wifi, dikeroyok 5-7 orang msh bs jalan kok

      • Tanpa ada pemberitahuan apapun dari aplikasi, pesan, atau sosmed, KETERLALUAN INI NAMANYA. Setidaknya kalau mau ada kebijakan baru, beritahukan pada seluruh konsumen Minimal 2 Bulan sebelum aturan berlaku.

  • Coba ganti hp, atau pindah ke area lain bro, barangkali tower area situ lg kendala. klo sy pake Iconnect 10mbps 150rb 3bln pertama, selanjutnya 210rb an perbln, mayan bro bisa rame2 sm org rumah dan tetangga jg bisa ikut pake.

    • Saya sudah menghubungi Nindy lewat aplikasi dan mendapat jawaban kalau internet saya terkena FUP 100GB. Tanpa ada pemberitahuan apapun dari aplikasi, pesan, atau sosmed, KETERLALUAN INI NAMANYA. Setidaknya kalau mau ada kebijakan baru, beritahukan pada seluruh konsumen Minimal 2 Bulan sebelum aturan berlaku.
      *Tidak perlu ngasih solusi ganti HP, ganti posisi, ganti apalah, coba itulah. Ini sudah 100% Masalahnya FUP Mendadak di Paketnya.

  • Mana bukti anda beli paket? Harusnya lampirkan juga foto ss bukti pembelian paket apa yg dipilih, Jangan2 salah beli paket.. Bikin laporan yg lengkap..

    • Gw lapor juga pake otak bro, gak asal lapor gak beli paket lu baca ket gw, gw beli paket unlimited 2 mbps 150 rb, darurat baca lu?!

    • Tinggal Cek pake sistem kalian tinggal liat, bener gak paket gw, cek nomor gw harus nya ngerti

    • Saya sudah menghubungi Nindy lewat aplikasi dan mendapat jawaban kalau internet saya terkena FUP 100GB. Tanpa ada pemberitahuan apapun dari aplikasi, pesan, atau sosmed, KETERLALUAN INI NAMANYA. Setidaknya kalau mau ada kebijakan baru, beritahukan pada seluruh konsumen Minimal 2 Bulan sebelum aturan berlaku.
      *Tidak perlu ngasih solusi ganti HP, ganti posisi, ganti apalah, coba itulah. Ini sudah 100% Masalahnya FUP Mendadak di Paketnya.

    • Saya sudah menghubungi Nindy lewat aplikasi dan mendapat jawaban kalau internet saya terkena FUP 100GB. Tanpa ada pemberitahuan apapun dari aplikasi, pesan, atau sosmed, KETERLALUAN INI NAMANYA. Setidaknya kalau mau ada kebijakan baru, beritahukan pada seluruh konsumen Minimal 2 Bulan sebelum aturan berlaku.
      *Tidak perlu ngasih solusi ganti HP, ganti posisi, ganti apalah, coba itulah. Ini sudah 100% Masalahnya FUP Mendadak di Paketnya.

  • Dimana-mana setiap mau Komplain harus menggunakan Tata Bahasa yang Baik, apalagi di Media Publik dan semua Orang yang membaca Thread ini bisa melihat. Kalo balas Komen nya ngegas terus, orang-orang juga gabakalan pada mau dukung.

    • Lu baca baek baek ya neng yang gw komen, gw nge-gas juga karena komenan kalian pekerja byu gak solutif, dan kalian duluan yang mancing komen bikin orang bales nya nge-gas, kalau kalian solutif dan pake bahasa yang baek gak menyalahkan dr sisi pemakai gw juga gak ngegas, gitu ya , paham?

      • Berarti setiap orang yang Komen di Thread ini lu anggap Karyawan By.U dan dengan begitu lu bisa ngegas, iya?

        • Haha klasik, keliatan yang mana yang karyawan yang mana yang enggak, keliatan dr bahasa kalian di komen cara penyampaian nya, gw paham neng, bukan anak tk

      • Lu boleh ngegas, tapi liat siapa yang lu gas.

        Orang yang niatnya mau bantu Follow Up juga bakalan NAJIS karna liat Balasan komen lu ga Baik, atau lebih tepatnya Lu GAK PUNYA ETIKA dalam hal Berkomunikasi!

        • Ini ni yang bikin bobrok byu kualitas sdm pekerja nya aja keliatan gak solutif nyalahin cust, dimana mana cust itu mitra kalian, kakian itu layanan jasa, gak diajarin ya cara nangani masalah cust dengan baek?! Baru kali ini gw liat pekerja layanan jasa isinya sdm dengan kualitas kayak kalian ini, udah gak solutif cara nangani cust malah mancing hard complain

        • Gw mau komen jadi ngeri disangka pegawai by.u jg. Haha
          Yaaaa gw berharap ni org gak dilaporin sama telkomsel dgn pasal UU ITE soal pencemaran nama baik telkomsel 🤣🤣

      • Gini ye orang2 tuh niat nya nyari tau letak masalah nya dimana dan sebisa mungkin membantu meskipun hnya sedikit
        Jadi jangan disama ratakan yg komen disini pegawai/karyawan by u lo kok kolot dan klo orang jawa bilang unggah-ungguh atau tata krama dalam berbicara sangat minim sekali

        Dimana tata krama meliputi tutur kata, cara berbicara sopan dan santun. Bro ini media publik lo bisa menghargai orang bicara gak meskipun hanya sedikit niat awalnya orang2 pada bantu lihat tutur bahasa dan cara bicaramu seperti itu akan malas membantu, saya ibaratkan kita mau menolong ibu2 nyebrang niat kita menolong tapi dengan sikap tempramen si ibu dan memaki-maki yang ingin menolong yang niat awalnya ingin menolong gak jadi karena sikap si ibu yg seperti itu

        Nah itu sama seperti lo kasus nya orang2 niat bantu dan menolong dengan cara cari kesalahan nya dimana trobleshooting dan ketika ketemu titik masalah nya bakalan membantu meskipun tidak banyak

        INGAT YANG KOMEN DISINI JANGAN DISAMA RATAKAN Seolah² karyawan byu gw yakin di indonesia ada yg pernah ngalamin kayak lo dan ada yang berhasil alias kembali normal tapi ye malas mau nolong juga situ dari awal nge gaasss

  • Oh gini cara RELATION OFFICER nangangin masalah? Keknya pegada*ian salah rekrut orang dah 🫣

    • Nanganin masalah gw dulu blm selesai, udah kepo aja lu, wkwkwk. Gw di serang sekantor byu kacau. Haha lucu aja bkn nyelesain masalah malah nambah buat comment gak jelas

  • UDAH LAH MALES GW BALESIN COMMENT LAGI PEKERJA BYU PANJANG LEBAR KALAU GAK ADA SOLUSI, MALAH NAMBAHIN MASALAH BARU, INTINYA GAK ADA SOLUSI, KAPOK PAKE BYU DARI KUALITAS LAYANAN PEKERJA NYA YANG BOBROK SAMPE DENGAN SERANGAN COMMENT SE-KANTOR ORANG BYU. HARUS PELATIHAN ULANG AGAKNYA PEKERJA BYU YANG COMMENT, ATAU REKRUT BARU DENGAN KUALITAS SDM YANG SIAP KERJA DAN NGERTI CARA NANGANIN CUSTOMER YANG HARD COMPLAIN

    • anjir ngelawak, bisa bisanya forum publik dibilang semua yang komen karyawan by.u

      eh gua karyawan by.u gasih? ya nggak lah AWOKAWOK, gua cuma pengguna doang yang ga pernah mau make lagi kuota unlimited nya.

      sebagai orang yang paham IT, mo bilangin aja. mbps (mega bit per second) itu berbeda sama MBps (Mega Byte per second). dan kecepatan internet pada umumnya itu memakai sistem Byte per second, simple nya, 2 mbps/8 = 2048/8 = 256KBps

      kecepatan 256KBps itu kalau menurut gua lelet banget kecuali harian lu cuma internetan ringan banget.

      Keuntungan lu make unlimited By.U itu yaa gada FUP, ga kayak induknya si Telkomsel. cuma emang di limit internet lu nya di kecepatan segitu, dan sayangnya. internet ini ga bakalan bisa dibatalkan hingga kuota berakhir masanya.

      moga lu nya paham, dan jangan emosi. dari awal By.U juga ga ngarep lu jadikan simcard utama juga. dan pahami konsekuensi atas tindakan lu sendiri, termasuk saat lu menuduh semuanya merupakan karyawan By.U yang lagi nyamar.