Surat Pembaca

Layanan Travel Mbtrip Sangat Lambat dan Menuduh “Negatif” ke Calon Konsumen Tanpa Bukti

Kisah ini terjadi ketika saya berencana liburan ke Turki pasca tahun baru (antara Januari-Maret 2023). Saya telusuri semua travel agent dan ternyata sangat banyak sekali yang mengadakan trip ke Turki. Namun dari banyaknya agen tersebut, baru 3 travel saja yang sudah mengumumkan trip pasca tahun baru ke Turki. Salah satunya agen yang bernama Mbtrip.id.

Tanggal 27 Agustus hari Sabtu saya mulai chat ke adminnya seperti user yang lain.


Setelah saya chat, tidak ada respons. Saya pikir mungkin di Instagram slow respons. Lalu saya coba pindah ke WhatsApp dan ternyata weekend memang libur. Seperti gambar di bawah ini:


Hari Senin saya coba chat lagi ke adminnya. Di sini lah awal mulanya masalah yang tak terduga itu terjadi. Saya sudah ikuti peraturan jam buka operasional kantor. Seperti gambar percakapan di bawah ini:

Ternyata belum ada respons terkait pertanyaan saya dan anehnya malah menjawab yang bukan pertanyaan saya.
Akhirnya saya tutup chat di WhatsApp dengan kalimat “Buktikan sekarang kak”. Dengan maksud agar tidak perlu debat panjang dan cukup jawab saja pertanyaan saya.

Lalu apa yang terjadi? tidak ada jawaban satu pun setelah lebih dari 24 jam. Saya cari user lain apakah ada yang bernasib seperti saya? Jawabannya ya banyak ternyata.

Dari gambar percakapan tersebut bisa dilihat jika adminnya memang slow respond. Dan anehnya lagi-lagi dia bisa fast respond menjawab yang bukan pertanyaan para user. Saya menanggapi komen user yang bernasib sama dengan saya. Dan lebih parahnya lagi dia menuduh saya “komen-komen gak jelas”


Negatif thinking? Komen gak jelas? Padahal saya menjelaskan dengan beberapa bukti dan fakta. Apakah Anda tidak siap dikritik? Saya tidak tahu. Yang saya ketahui adalah Layanan Travel Mbtrip sangat lambat dan menuduh “Negatif” ke calon konsumen tanpa bukti.

Irfan Rofiansyah
Denpasar, Bali


Update (19 Januari 2023): Terkait surat pembaca di atas, penulis memberikan klarifikasi dan apresiasi atas tanggapan dari pihak Mbtrip sebagai berikut:

 

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Belum Ada Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pihak yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Komentar

    • saya mantan peserta dan apa yg dibilang mas irfan betul mereka sangat slow respon bahkan chat peserta yg sdh bayar lunas bisa dianggurin seminggu dua minggu lamanya, hrs kita chat berkali2 dulu dan itupun nanti adminya kesal klo kita chat terus pdhl kita sbg customer sdh berusaha buat baik2

    • Bismillah…
      Ternyata bkn saya aja yg kecewa dgn travel ini, sy peserta tour korsel tgl 25 okt 2022, yg sudah Dp sejak Januari 2020 sblm pandemi, pd bln okt kita disuruh bayar 30% lg pdhal itu masa pandemi. Thn 2022 aya sudah pelunasan, bbrp hari sblm tgl 25 okt 2022 pemberangkatan kami di cancel dgn alasan visa peserta lain blm selesai…OK kami terima dgn ganti tgl menjadi 12 nov 2022, sy wa terus sblm krn ngga ada kepastian ktnya besok jwbnya,mendekati tgl H dia kasih opsi :
      1. Berangkat sesuai tgl 12 nov 2022 dgn tambah biaya
      2. Mundur jd tgl 28 nov 2022
      Sungguh sangat tdk profesional sekali, itukan sudah resiko travel mau berapa pun yg approved visa berangkat.
      Untuk wa jg dijawabnya lama.

      • ya ampul kak, senasibb..ak juga peseta finlan bulan nov, dari sept saya udah tanya2 terus kapan bikin visa tapi ga direspon2 parahhhh bgt. suruh tunggu mulu. Lalu AWAL. nov baru info klo TIDAK jadi brgkt on schedule krn alesannya blum dpt jadwal pembuatan visa.

        trus sampe skrg Masih blum ada solusinya. ga jelas bgtttt
        mbak Kalau boleh tau akhirnya pilihvmundur tgl 28 tau tetap berangkat tgl 12 tapi nambah bayar?

        ih asli nyebelin bgt, mana di IG aktif bgt posting2 promo2 tapi komennya skrg ditutup apa byk yg kecewa ya

        • ternyata bukan saya saja yang mengalami kendala dengan MBTRIP. jujur saya bingung mesti reach out kemana terkait pengajuan refund.

          jadwal kemaren trip ke Turki berubah tiba-tiba dan saya tidak bisa berangkat mengikuti jadwal baru. saya sudah sampaikan pengajuan refund sejak 20 Agustus 2022 tapi sampai detik ini tidak ada update.

          saya harus kejar-kejar info update ke konsultan via WhatsApp tapi jawabannya selalu default. saya DM IG MBTRIP hanya dibalas sekali saja.

          terakhir saya WhatsApp consultant tgl 30 Nov, tidak juga diresponse dan sekarang akun MBTRIP.ID usernya not found di Instagram :(

          uang yang saya transfer untuk trip juga tidak sedikit dan sudah lunas. saya hanya tanya update tapi tidak pernah diberikan jawaban yang jelas.

          apa ada yang bernasib sama tidak diresponse oleh mereka?

          • Ngeri” sedep ya mbak senasin sama saya lagi mikirin
            Gimana ya duit eke ?
            Di wa ga bls sama sekali malah di keluarin dari grup
            Kalo alesanya emang bukan rombongan di bulan november lagi kan seengaknya ada konfirmasi personal ke wa saya kalau ganti grup ini gada sama sekali harus saya yang gembar gembor?
            Apa harus Besok saya buatin artikel @mbtrip.id
            Terus usut punya usut rencana awal berangkat bulan 8 saya sebagai member aja engga tau sama sekali di ganti november tanggal 8 eh taunya ga berangkat juga di tanya bolak balik fiks berangkat
            Me : Rombongan B***a jadi berangkat tanggal 8 nvm ,?
            Yesi trip : Fix ka on schedule sesuai jadwal
            Nyatanya sampe tanggal 15 sekarang masih nunggu visa
            Kalau periode kalian tertulis nyata di iklan tanggal sekian ya harusnya on schedule di kritik gamau ga terima
            Aduh masalahnya bukan 2 ribu uangnya gimana ya soalnya saya pelit dan perhitungan , tippingaja 1.320.000 respon sulit

          • Trip saya keberangkatan 6 desember juga di cancel karena alasan sepihak dr turkish airline. Dikasih surat gt dr turkish airline tanggal 16 november, tapi padahal saya tanyain 20an november jadwal trip saya masih on schedule apa ngga, dibilang sama pihak tour masih on schedule. Mana ada grammatical error di suratnya.

            Terus saya ngajuin refund dipersulit disuruh dateng ke kantornya dulu di bandung aneh banget. Potential buyers need to be aware of this.

          • kak hana tolong saya juga mau gabung kalo ad grup atau kontak,gimana ini kelanjutannya,klo bisa sbg korban kita kompak melaporkan aja ini email saya ka vilda8104@gmail.com sebagian mengeluh ig nya ud not found itu kn artinya udah di blokir ybs

        • Halo saat ini apakah sudah ada kejelasan? Saya mau tau apakah ada yang minta refund dan albenar-benar ditransfer balik semua atau hanya omdo

          • Saya deadline nya tgl 5 Januari, sampai skrg g ada dana refund masuk, semua chat di abaikan, komen di ig di batasi juga, kayanya refund cuma omdo.

      • Kak alia boleh minta kontak yg bisa dihubungin? Karna saya senasib. Saya juga sama brangkat ke korea tanggal 18 oktober 2022 lalu diundur sampe 28 November ini dengan travel mbtrip.
        Saya mau menanyakan kelanjutanya ke kakak. Boleh minta kontak kakak? Email saya ya kak clavia20@gmail.com

        • Kak saya email ya,,, btw apakah juga ada yg senasib? Saya juga mau cantumin alamt email saya: izaku999@gmail.com
          Saya pribadi dftr trip utk finland tgl 22 nov kmrn2 ditanya jg selalu on schedule tapi tnyata diundur dan menggantung ga jelas.
          Boleh share ya yg senasib bermasalah dgn trip ini, barangkali ad solusinya, krn jujur aja dari pihak travel TIDAK ADA SOLUSI

          • boleh saya tau nama konsultan untuk trip masing-masing?

            WhatsApp saya akhirnya dibalas MBTRIP dan konsultan setelah saya ancam mau saya viralkan. saya minta mereka refund selambat-lambatnya akhir bulan ini, kalau tidak akan saya buat thread di Twitter supaya yang lain baca.

            masalahnya uang yang saya keluarkan tidak sedikit, ada 10jutaan dan saya bayar lunas. waktu saya tanya kenapa IGnya ilang, alasannya sungguh ga masuk akal sekali. katanya banyak yang reply itinerary dipertanyaan calon customer MBTRIP padahal yang reply bukan bagian dari team mereka.

            lah terus apa hubungannya dengan deactive account?

            apakah ada group berisi peserta yang gagal berangkat dan minta refund tapi belum diproses? kalau belum saya mau gabung?

            terima kasih.

          • Saya sudah balas email kakak dan mencantumkan kontak saya supaya kita bisa saling komunikasi mengenai tour kita yg senasib ini. Banyak sekali korbanya. Kalo kakak mau kita bisa bikin grup

      • Alhamdulillah,,,
        Telah dilaksanakan pemberangkatan kami tgl 28 November 2022 oleh pihak MB trip dengan baik dan sesuai.
        Terima kasih,,,

      • Hallo ibu Alia,terimakasih atas sharingnya di media konsumen,karena ibu Alia sudah sharing di media konsumen,maka kami juga akan menyampaikan di postingan ini supaya pembaca tidak berpikir kalau ibu Alia dan Family tidak berangkat tour korea bersama Mbtrip..

        Mohon disampaikan kepada rekan mbtrip / pembaca yg lain ya bu,bahwa alhamdulillah sudah terlaksana Tour korea di tanggal 28 November 2022 seperti yg pihak Travel janjikan ☺️

        Semoga ibu dan Keluarga besar sehat selalu ❤️?

        • Saya juga..udah 2 bulan mengajukan return. Tp samapi saat ini belum di balikin duit saya, jadwal 2 kali di reschedule. SI Yesi ini udah merugikan waktu dan materi. Adminnya bilang dia ngak mau ambil uang orang, saya tanyain kapan duit saya di balikin ngak di balas sampai saat.. lebih baik di laporin aja ke kantor polisi

        • Sudah tgl 30 jan 23 kenapa belum ada uang masuk ya sesuai perjanjian diatas materai deadline payment pertama 28 januari 23!!!

        • Maaf ibu bagaimana dgn kejelasan refund kami atas nama ibu eka ,ibu yeni trip turki ...wa saya gk direspon sama sekali

      • Selamat pagi ibu Alia,terimakasih atas sharingnya..sebelumnya mohon maaf sekali atas ketidaknyamanannya?☺️

        1.Betul ibu memang Resiko pihak Travel untuk memberangkatkan peserta,tetapi semua Travel juga mempunya prosedur minimal peserta yg harus di berangkatkan,pihak kami juga sudah menawarkan untuk berangkat sesuai pax yg ada dan ada selisih harga yg harus dibayarkan pihak peserta jika memang ingin berangkat sesuai jadwal awal,tetapi dari pihak ibu Menolak dan memilih untuk berangkat ditanggal 28 November 2022.

        2.Pihak travel sudah memberangkatkan ibu ditanggal 28 November sesuai dengan jadwal reschedule yg diinfokan kepada pihak peserta ya bu alia,bahwa sudah terlaksana ibu dan keluarga beserta beberapa group kami berangkat dibulan November kemarin dan Alhamdulillah Tour berjalan dengan Lancar sampai kepulangan ☺️?

        Terimakasih banyak atas sharingnya ibu Alia,Mohon maaf sekali lagi atas ketidaknyamanan dan kekurangan dari kami selaku pihak Travel ?

        • Halah, pencitraan, penipuan, jangan percaya, bikin komen, anak sd juga jago, ini mau sy share ke twitter, up ke media massa, biar ga ada lagi penipuan.

        • Ga usah banyak melakukan pembenaran bu yesi, cepat saja di proses refund orang2, bisa2 nya anda hidup tenang dengan pegang uang orang.

        • Ka tlg respon wa kami ...mb trip menjanjikan dana refunf kami 28 des dan 8 jan 2023,tpi smp sekarang zonk

      • Minta refund aja konfirmasinya ga keluar2 sampe mau jalan 2 minggu, gimana pembayaran aslinya? Yang mau pake tour ini better berfikit lagi 100x

        • Hallo kak Wafa,untuk yg namanya Refund kita tidak bisa langsung acc,karena kami juga kan bekerjasama dengan partner tiketing begitu juga dengan Land tour ..
          Kami bisa acc jika memang dari pihak partner kami juga tidak mempermasalahkan / tidak ada potongan besar,maka itu biasanya kami acc peserta refund jika sudah ada konfm dari pihak partner kami..

          • Mau sampai kapan? Kalau pernyataan konfirmasi refund aja udah 2 minggu lbh ga keluar, pencairan uangnya mau lebih lama apa lagi? Lucunya, saya tanya pada tanggal 23 dan 24 nov untuk schedule keberangkatan 6-15 desember dibilang MASIH ON SCHEDULE. Tapi kemudian di tanggal 25 nov, saya dikasih surat yang "katanya" dari turkish airline TERTANGGAL 16 NOVEMBER kalo beberapa flight di desember cancelled karena operasional. Mana suratnya ada grammatical errors, tidak disign off oleh pimpinan turkish airline yang bertanggung jawab atas statement surat, dll. Mana amanahnya?

          • Tp memang benar kok mbtrip ini respon nya lama kalau sudah di bayar
            Kalau blm di bayar cpt banget responnya
            Saya sudah bayar 80jt+
            Sudah lunas
            Tp sampai skrang tidak ada kejelasan berangkat kapan
            Terakhir di beritahu berangkat september tp ternyata gagal juga
            Lalu infonya berangkat april
            Saya sudah eneg bgt sma ini travel
            Di refund gabisa di berangkatin juga engga
            Buat kalian mending mikir mikir lg deh cari travel yg udh bener bener pasti berangkat
            Pastinya amat sangat menyesal percaya dengan travel mbtrip

          • Kakak MBTRIP, case sy hanya minta refund trip finlndia Nov 2022 benar2 terjadi, kapan ya ??? ? Ya Allah, ga dibalas - balas, itu nabung dg pengorbanan ga maen2 biar bs melunasi trip dan utk refund aja begjni suliitttnnyaaa

          • Mana buktinya
            pada saat menawarkan refund kamu bilang sy hrs segera konfirm
            Krn kamu hrs konfirmasi ke partnermu kalau saya cancel
            dan kamu wa saya bahwa tidak ada track record kalian membawa kabur dana peserta
            Tolong dibuktikan terimakasih

          • Udah satu bulan saya ngajuin, konfirmasi kalau uang saya mau dikembalikan kapan aja belum ada kabar sampe sekarang. Bener2 harus pikir lagi sih calon konsumen

      • kakak lesti herdiani, qt sama2 peserta trip finlandia 2022, sy jg belom dibalas wa sy malah profil wa mbtrip gundul, apakah diblokir ya ? duit belom kembali, emailki dewiucis@gmail.com

        • Aku trip turki dari 6 des sampe skrg blom prg ka. Udh 3x cancel dy. Skrg gatau deh gmn udh capek bgt. Bsk saya mau lapor polisi.
          Ada yg jdwalnya sama ga?
          6 des di undur jd 25 jan diundur lg 1 feb skrg gatau lg :)

          • sy ikut tour turky tgl 7 sd 15 febuari 2023,tiba2 ada info tgl 31 reschedule,dgn alasan kuota tdk terpenuhi,dan akan diinfokan fix berangkatnya pd tgl 31 januari,( saya tunggu ok) tapi sampai saat ini sdh 1 februari blm ada info sama sekali,
            di awal ketika sy tanya2 ttg trip sblm book responnya sangat cepet dan stlh pembayaran lunas dan mendekati berangkat jd slow respon

      • Saya peserta trip Turky 2Februari 2022 (5org) dan sudah lunas sejak akhir Des 2022, yg diundur tidak jelas sampe skrg gada info lagi, dengan harga perorang @Rp13,942,500

        fix ini penipuan, kemarin sy ke kantornya di Bandung Katapang sudah tutup, dan dari tetangga kanan kiri, sudah banyak yg datang mencari mereka pihak MBTRip hilang raib ditelan bumi, smoga beneran raib, klo cara mereka kaya gitu.

        saran sya hubungin keluarganya , terror sosial medianya., admin sosmednya, biar mereka gak mencari korban baru

        #Gak nyaman hidup kau YESI, kembalikan uang saya dan orang2 yg kau tipu!!

    • Saya sangat kecewa dengan pelayanan MBTrip, ceritanya, saya akan liburan ke jepang bersama keluarga, saya tergoda dg promosi tur mbtrip yg murah, sebelum saya booking saya sudah tanyakan untuk biaya visa ewaiver untuk epaspor, saya minta pastikan bahwa biayanya 350 rb seperti travel lain, MBTrip tidak membantah pernyataan saya, karena tidak ada bantahan biaya bearti biaya sama dg yg lain, akhirnya saya transfer dp walaupun agak curiga knapa rekeningnya bukan rek perusahaan tapi rek pribadi, setelah tt dp berhari hari wa saya tidak dibalas kemudian setelah berhari hari baru ada balasan invoice dp ,ternyata boaya visa lum.di revisi masih biaya visa reguler yg 1,3 jt, saya minta revisi, tiba tiba setelah beberapa hari baru dibalas kalau biayanya 800 rb, saya terkejut knapa begitu mahal tdk sesuai yg saya info waktu mau dp, terus wa saya tdk dibalas lagi, terus saya komen di IG, ternyata ada beberapa orang yg tur mereka direschedule bahkan minta refund tidak direfund, akhirnya saya minta uang saya dikembalikan , tapi sama tidak direspon berhari hari, alasannya dp nonrefundable padahal itu bukan kesalahan saya tapi kesalahan pihak mbtrip yg tdk.sesuai komitmen visa dan tdk merespon wa dan tentu saja saya tdk bisa meneruskan tur saya apalagi banyak peserta yg turnya di reschedule dan tdk bisa refund uangnya.smoga tidak ada lagi orang yg mengalami kejadian seperti saya

      • Terimakasih ibu Savitri atas sharingnya☺️? ,sebelumnya untuk biaya Visa termasuk exclude dan ibu bisa membuat visa di agent visa yg menurut ibu Trust,dan dikolom komentar instagram ibu menyampaikan kalau kami cancel sepihak,tetapi dari pihak ibu tidak bisa memberikan butkinya,sebelum ibu membuat steatment bahwa kami mengcancel sepihak ibu juga infokan kepada kami bahwa dpnya akan dialihkan ke tour bangkok,lalu hari tadi infokan kepada kami bahwa tournya antara bangkok dan Labuan bajo, ,

        Ibu savitri mohon maaf,peserta yg lain juga sudah mengetahui bahwa prosedur dan apa yg disampaikan di Tnc bahwa Dp juga sangat jelas non refundable..

        Terimakasih☺️?

        • berarti mbtrip dpt keuntungan dari aturan dp non refundable bila trip gagal meski bukan krn bencana alam tp kesalahan mbtrip plus duit2 trip yg ga bakalan direfund malah konsumen diblokir

    • Jangan kita cepat berpikir. Sepertinya maksud kakak ini, biar khalayak umum tau cara kerja travel tersebut yang tidak profesional dalam menjawab dan melayani cust, jadi kita bisa lebih berhati-hati memilih travel. Sy baca tadi SC percakapannya, sbnr nya kakak ini tidak marah masalah tidak dijawab diluar jam operasional tapi yg jadi masalah di sini adalah setelah jam operasional pun pihak travelnya tidak memberikan jawaban, bukan cuma ke kakak ini yg dianggap "bermasalah" bagi pihak travelnya tapi ke semua calon cust yg bertanya, pihak travel pun terkesan mendiamkan saja, malah bisa cepat membalas hal yg diluar pertanyaan utk tour. Jadi sebenarnya yg kecewa banyak sekali pasti dan dimaksudkan kakak ini masuk ke media konsumen untuk kita tahu dan akan berhati-hati terhadap travel yg sejenis "Promosi PHP no Action" karena yg begini biasanya adalah bibit" tumbuhnya penipuan. Jadi kita diingatkan hati" dengan travel ini, so posistif thinking.

      • Setuju ini untuk pelajaran apalagi admin sosmed kurang profesional lebih baik cari travel agen lain.

      • Hati-hati dalam menyimpulkan,apakah ada bukti ppihak travel tidak menjawab /tidak merespon sama sekali calon customer yg bertanya ? Jelas pihak travel geram dengan tkomentar bpk irfan yg membuat opini pihak travel tidak merespon sama sekali,dan itu beliau jugaa menimpa komentar beberapa akun? Apa itu tidak mengundang pikiran negaatif followers baru atau calon peserta ? Jelas ini merugikan kpihak travel.. somasi jelas akan dikirimkan oleh pihak travel..

        • Ini kak yessi owner travelnya ya? Gmn nih kak kok tnyata byk yg komplen ya? Uang saya juga sudah masuk 30 jt lho utk trip finlandia nov yg sampe sekarang blm jelas BGT

        • Gausah sibuk cari pembenaran
          Urusin aja dlu customer dengan benar
          Saya juga merasakan kerugian loh dri travel anda

        • Saya ada bukti pihak travel mengabaikan chat, DM, email. Saya juga ada bukti, pihak travel sudah mangkir dari deadline refund, selesaikan saja masalah2 yg ada jangan mencari pembenaran terus. Pihak travel menghapus komen2 complain dengan alasan merugikan, lalu menurut anda klien yg refund nya anda pending tidak rugi???

        • Hati2 juga anda dek yesi

          Islam melarang memakan hak orang lain tanpa ridhanya
          Rasulullah ﷺ bersabda, “Barangsiapa mengambil sejengkal tanah bumi yang bukan haknya, niscaya ditenggelamkan ia pada hari kiamat sampai ke dalam tujuh lapis bumi.” (HR Bukhari). 

  • Soal slow response aja masuk MK. Apakah Anda sudah dirugikan? Kalau mereka gak cepat merespon, cari travel lain yang cepat respon. Ngapain dibikin ribet sendiri hanya soal kecil?

    Saya menanggapi ini bukan berarti saya bela travel itu, atau ada hubungan dengan travel itu. Hanya sekedar nanggapi keluhan anda yang tidak penting-penting amat. Jaman sekarang banyak bisnis travel yang bisa dipilih, tinggal pilih yang dapat dipercaya. Ngapain dibikin ribet?

    • Kalo ga drama ga seru bos. Pembeli yg terlalu raja ya begini. Niat mengkaren biar dkasi diskon tambahan krn kelambatan respon admin nya. Ga taunya yg jd admin owner nya sndr wkwk.

      • Yang harusnya tangung jawab ini Yesi
        Banyak korban, refund tak kunjung di proses tapi kebanyakan alasan,,, rombongan juga banyak tidak berangkat, see u nanti ya mbak kalao wa jangan slow respon dalilnya ada tamu bilangnya mauv kirim alamat kantor ga dikirim” sampe sekarang. jangan sampe kesedak makan duit orang yah !!! api itu panas

      • Kakak Yesi yang cantik coba dibenerin dulu SOP travel nya.. ?

        Setelah banyak menunda dan mereschedule trip orang, tiba-tiba instagramnya ada FLASH SALE dong!!!
        Mau cari fresh fund ya kak buat ngeberangkatin peserta yang tertunda?
        Hahaha..

        Emang duit kita yang udah pada bayar lunas ini kemana kak?? Dimakan setan? ?

      • Islam melarang memakan hak orang lain tanpa ridhanya
        Rasulullah ﷺ bersabda, “Barangsiapa mengambil sejengkal tanah bumi yang bukan haknya, niscaya ditenggelamkan ia pada hari kiamat sampai ke dalam tujuh lapis bumi.” (HR Bukhari). 

    • disuruh nyari travel laen bgmana sih lha wong duitnya nyantol ga dikembalikan sama mbtrip !!!! Yg dikeluhkan itu duit kami yg ga dikembalikan sama mbtrip !!! kakak m.zubir paham

  • Gak ada kerugian kog lapor ke media konsumen.. Pengen viral ya??
    Ya harusnya klu udah tahu slow respon ya di cari yang lain..
    Gitu aja kog repot..

    • Ya gitu lah pembeli skrng, bukan nya cari yg lain biar gak ribet malah ngadu ke MK, kocak gaming emang, ntar jngn2 mau beli telur ke warung tetangga karena gak ada malah lapor ke MK lagi, bukan nya nyari warung yg lain hahaha
      Kecuali udah bayar tapi pelayanan nih travel busuk nah itu masih wajar lapor

      • Ini yg viral malah judul atas, krn kita yg sudah jd korban dan sudah bayar ga viral, krn kita cuma dompleng tulisannya judul atas, ga bikin surat sendiri ke MK ini, dgn judul , "Hati2 dgn MBtrip yg tidak amanah"
        Seenaknya reshedule jadwal pdahal brangkatnya ga jelas juga...jd kita di atur mrk jadwal pdhal kita yg bayar.
        Dan ternyata hampir semua di reshedule dgn banyakk pilihan tgl???

  • Dari jawaban di WA nya aja udah jelas admin nya slowres dan baperan, gak customer oriented.
    Ngapain lanjut dikejer?
    Kaya agent travel cuma dia aja.

    Justru tau di WA respon nya begitu harusnya langsung tinggalin, cari yg lain.
    Baru promosi aja admin nya udah gak peduli dengan Anda apalagi kalo kelak anda komplain pas udh jadi customer

  • Terima kasih TS, dengan begini saya jdi tau kualitas itu Travel, belum bayar aja sudah begitu, apalagi sudah bayar, komplenan dicuekin mungkin.

  • Terima kasih atas informasinya.
    Dr bbrp komentar jg sy menyimpulkan hati2 memilih travel agent.

1 2 3 6