Layanan Travel Mbtrip Sangat Lambat dan Menuduh “Negatif” ke Calon Konsumen Tanpa Bukti

Kisah ini terjadi ketika saya berencana liburan ke Turki pasca tahun baru (antara Januari-Maret 2023). Saya telusuri semua travel agent dan ternyata sangat banyak sekali yang mengadakan trip ke Turki. Namun dari banyaknya agen tersebut, baru 3 travel saja yang sudah mengumumkan trip pasca tahun baru ke Turki. Salah satunya agen yang bernama Mbtrip.id.

Tanggal 27 Agustus hari Sabtu saya mulai chat ke adminnya seperti user yang lain.


Setelah saya chat, tidak ada respons. Saya pikir mungkin di Instagram slow respons. Lalu saya coba pindah ke WhatsApp dan ternyata weekend memang libur. Seperti gambar di bawah ini:


Hari Senin saya coba chat lagi ke adminnya. Di sini lah awal mulanya masalah yang tak terduga itu terjadi. Saya sudah ikuti peraturan jam buka operasional kantor. Seperti gambar percakapan di bawah ini:

Ternyata belum ada respons terkait pertanyaan saya dan anehnya malah menjawab yang bukan pertanyaan saya.
Akhirnya saya tutup chat di WhatsApp dengan kalimat “Buktikan sekarang kak”. Dengan maksud agar tidak perlu debat panjang dan cukup jawab saja pertanyaan saya.

Lalu apa yang terjadi? tidak ada jawaban satu pun setelah lebih dari 24 jam. Saya cari user lain apakah ada yang bernasib seperti saya? Jawabannya ya banyak ternyata.

Dari gambar percakapan tersebut bisa dilihat jika adminnya memang slow respond. Dan anehnya lagi-lagi dia bisa fast respond menjawab yang bukan pertanyaan para user. Saya menanggapi komen user yang bernasib sama dengan saya. Dan lebih parahnya lagi dia menuduh saya “komen-komen gak jelas”


Negatif thinking? Komen gak jelas? Padahal saya menjelaskan dengan beberapa bukti dan fakta. Apakah Anda tidak siap dikritik? Saya tidak tahu. Yang saya ketahui adalah Layanan Travel Mbtrip sangat lambat dan menuduh “Negatif” ke calon konsumen tanpa bukti.

Irfan Rofiansyah
Denpasar

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Belum Ada Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pihak yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Komentar

    • saya mantan peserta dan apa yg dibilang mas irfan betul mereka sangat slow respon bahkan chat peserta yg sdh bayar lunas bisa dianggurin seminggu dua minggu lamanya, hrs kita chat berkali2 dulu dan itupun nanti adminya kesal klo kita chat terus pdhl kita sbg customer sdh berusaha buat baik2

    • Bismillah…
      Ternyata bkn saya aja yg kecewa dgn travel ini, sy peserta tour korsel tgl 25 okt 2022, yg sudah Dp sejak Januari 2020 sblm pandemi, pd bln okt kita disuruh bayar 30% lg pdhal itu masa pandemi. Thn 2022 aya sudah pelunasan, bbrp hari sblm tgl 25 okt 2022 pemberangkatan kami di cancel dgn alasan visa peserta lain blm selesai…OK kami terima dgn ganti tgl menjadi 12 nov 2022, sy wa terus sblm krn ngga ada kepastian ktnya besok jwbnya,mendekati tgl H dia kasih opsi :
      1. Berangkat sesuai tgl 12 nov 2022 dgn tambah biaya
      2. Mundur jd tgl 28 nov 2022
      Sungguh sangat tdk profesional sekali, itukan sudah resiko travel mau berapa pun yg approved visa berangkat.
      Untuk wa jg dijawabnya lama.

      • ya ampul kak, senasibb..ak juga peseta finlan bulan nov, dari sept saya udah tanya2 terus kapan bikin visa tapi ga direspon2 parahhhh bgt. suruh tunggu mulu. Lalu AWAL. nov baru info klo TIDAK jadi brgkt on schedule krn alesannya blum dpt jadwal pembuatan visa.

        trus sampe skrg Masih blum ada solusinya. ga jelas bgtttt
        mbak Kalau boleh tau akhirnya pilihvmundur tgl 28 tau tetap berangkat tgl 12 tapi nambah bayar?

        ih asli nyebelin bgt, mana di IG aktif bgt posting2 promo2 tapi komennya skrg ditutup apa byk yg kecewa ya

        • ternyata bukan saya saja yang mengalami kendala dengan MBTRIP. jujur saya bingung mesti reach out kemana terkait pengajuan refund.

          jadwal kemaren trip ke Turki berubah tiba-tiba dan saya tidak bisa berangkat mengikuti jadwal baru. saya sudah sampaikan pengajuan refund sejak 20 Agustus 2022 tapi sampai detik ini tidak ada update.

          saya harus kejar-kejar info update ke konsultan via WhatsApp tapi jawabannya selalu default. saya DM IG MBTRIP hanya dibalas sekali saja.

          terakhir saya WhatsApp consultant tgl 30 Nov, tidak juga diresponse dan sekarang akun MBTRIP.ID usernya not found di Instagram :(

          uang yang saya transfer untuk trip juga tidak sedikit dan sudah lunas. saya hanya tanya update tapi tidak pernah diberikan jawaban yang jelas.

          apa ada yang bernasib sama tidak diresponse oleh mereka?

          • Ngeri” sedep ya mbak senasin sama saya lagi mikirin
            Gimana ya duit eke 🤭
            Di wa ga bls sama sekali malah di keluarin dari grup
            Kalo alesanya emang bukan rombongan di bulan november lagi kan seengaknya ada konfirmasi personal ke wa saya kalau ganti grup ini gada sama sekali harus saya yang gembar gembor🤣
            Apa harus Besok saya buatin artikel @mbtrip.id
            Terus usut punya usut rencana awal berangkat bulan 8 saya sebagai member aja engga tau sama sekali di ganti november tanggal 8 eh taunya ga berangkat juga di tanya bolak balik fiks berangkat
            Me : Rombongan B***a jadi berangkat tanggal 8 nvm ,?
            Yesi trip : Fix ka on schedule sesuai jadwal
            Nyatanya sampe tanggal 15 sekarang masih nunggu visa
            Kalau periode kalian tertulis nyata di iklan tanggal sekian ya harusnya on schedule di kritik gamau ga terima
            Aduh masalahnya bukan 2 ribu uangnya gimana ya soalnya saya pelit dan perhitungan , tippingaja 1.320.000 respon sulit

        • Halo saat ini apakah sudah ada kejelasan? Saya mau tau apakah ada yang minta refund dan albenar-benar ditransfer balik semua atau hanya omdo

      • Kak alia boleh minta kontak yg bisa dihubungin? Karna saya senasib. Saya juga sama brangkat ke korea tanggal 18 oktober 2022 lalu diundur sampe 28 November ini dengan travel mbtrip.
        Saya mau menanyakan kelanjutanya ke kakak. Boleh minta kontak kakak? Email saya ya kak clavia20@gmail.com

        • Kak saya email ya,,, btw apakah juga ada yg senasib? Saya juga mau cantumin alamt email saya: izaku999@gmail.com
          Saya pribadi dftr trip utk finland tgl 22 nov kmrn2 ditanya jg selalu on schedule tapi tnyata diundur dan menggantung ga jelas.
          Boleh share ya yg senasib bermasalah dgn trip ini, barangkali ad solusinya, krn jujur aja dari pihak travel TIDAK ADA SOLUSI

          • boleh saya tau nama konsultan untuk trip masing-masing?

            WhatsApp saya akhirnya dibalas MBTRIP dan konsultan setelah saya ancam mau saya viralkan. saya minta mereka refund selambat-lambatnya akhir bulan ini, kalau tidak akan saya buat thread di Twitter supaya yang lain baca.

            masalahnya uang yang saya keluarkan tidak sedikit, ada 10jutaan dan saya bayar lunas. waktu saya tanya kenapa IGnya ilang, alasannya sungguh ga masuk akal sekali. katanya banyak yang reply itinerary dipertanyaan calon customer MBTRIP padahal yang reply bukan bagian dari team mereka.

            lah terus apa hubungannya dengan deactive account?

            apakah ada group berisi peserta yang gagal berangkat dan minta refund tapi belum diproses? kalau belum saya mau gabung😔

            terima kasih.

          • Saya sudah balas email kakak dan mencantumkan kontak saya supaya kita bisa saling komunikasi mengenai tour kita yg senasib ini. Banyak sekali korbanya. Kalo kakak mau kita bisa bikin grup

    • Jangan kita cepat berpikir. Sepertinya maksud kakak ini, biar khalayak umum tau cara kerja travel tersebut yang tidak profesional dalam menjawab dan melayani cust, jadi kita bisa lebih berhati-hati memilih travel. Sy baca tadi SC percakapannya, sbnr nya kakak ini tidak marah masalah tidak dijawab diluar jam operasional tapi yg jadi masalah di sini adalah setelah jam operasional pun pihak travelnya tidak memberikan jawaban, bukan cuma ke kakak ini yg dianggap "bermasalah" bagi pihak travelnya tapi ke semua calon cust yg bertanya, pihak travel pun terkesan mendiamkan saja, malah bisa cepat membalas hal yg diluar pertanyaan utk tour. Jadi sebenarnya yg kecewa banyak sekali pasti dan dimaksudkan kakak ini masuk ke media konsumen untuk kita tahu dan akan berhati-hati terhadap travel yg sejenis "Promosi PHP no Action" karena yg begini biasanya adalah bibit" tumbuhnya penipuan. Jadi kita diingatkan hati" dengan travel ini, so posistif thinking.

      • Setuju ini untuk pelajaran apalagi admin sosmed kurang profesional lebih baik cari travel agen lain.

      • Hati-hati dalam menyimpulkan,apakah ada bukti ppihak travel tidak menjawab /tidak merespon sama sekali calon customer yg bertanya ? Jelas pihak travel geram dengan tkomentar bpk irfan yg membuat opini pihak travel tidak merespon sama sekali,dan itu beliau jugaa menimpa komentar beberapa akun? Apa itu tidak mengundang pikiran negaatif followers baru atau calon peserta ? Jelas ini merugikan kpihak travel.. somasi jelas akan dikirimkan oleh pihak travel..

        • Ini kak yessi owner travelnya ya? Gmn nih kak kok tnyata byk yg komplen ya? Uang saya juga sudah masuk 30 jt lho utk trip finlandia nov yg sampe sekarang blm jelas BGT

  • Soal slow response aja masuk MK. Apakah Anda sudah dirugikan? Kalau mereka gak cepat merespon, cari travel lain yang cepat respon. Ngapain dibikin ribet sendiri hanya soal kecil?

    Saya menanggapi ini bukan berarti saya bela travel itu, atau ada hubungan dengan travel itu. Hanya sekedar nanggapi keluhan anda yang tidak penting-penting amat. Jaman sekarang banyak bisnis travel yang bisa dipilih, tinggal pilih yang dapat dipercaya. Ngapain dibikin ribet?

    • Kalo ga drama ga seru bos. Pembeli yg terlalu raja ya begini. Niat mengkaren biar dkasi diskon tambahan krn kelambatan respon admin nya. Ga taunya yg jd admin owner nya sndr wkwk.

      • Yang harusnya tangung jawab ini Yesi
        Banyak korban, refund tak kunjung di proses tapi kebanyakan alasan,,, rombongan juga banyak tidak berangkat, see u nanti ya mbak kalao wa jangan slow respon dalilnya ada tamu bilangnya mauv kirim alamat kantor ga dikirim” sampe sekarang. jangan sampe kesedak makan duit orang yah !!! api itu panas

  • Gak ada kerugian kog lapor ke media konsumen.. Pengen viral ya??
    Ya harusnya klu udah tahu slow respon ya di cari yang lain..
    Gitu aja kog repot..

    • Ya gitu lah pembeli skrng, bukan nya cari yg lain biar gak ribet malah ngadu ke MK, kocak gaming emang, ntar jngn2 mau beli telur ke warung tetangga karena gak ada malah lapor ke MK lagi, bukan nya nyari warung yg lain hahaha
      Kecuali udah bayar tapi pelayanan nih travel busuk nah itu masih wajar lapor

  • Dari jawaban di WA nya aja udah jelas admin nya slowres dan baperan, gak customer oriented.
    Ngapain lanjut dikejer?
    Kaya agent travel cuma dia aja.

    Justru tau di WA respon nya begitu harusnya langsung tinggalin, cari yg lain.
    Baru promosi aja admin nya udah gak peduli dengan Anda apalagi kalo kelak anda komplain pas udh jadi customer

  • Terima kasih TS, dengan begini saya jdi tau kualitas itu Travel, belum bayar aja sudah begitu, apalagi sudah bayar, komplenan dicuekin mungkin.

  • Terima kasih atas informasinya.
    Dr bbrp komentar jg sy menyimpulkan hati2 memilih travel agent.