Surat Pembaca

Layanan Travel Mbtrip Sangat Lambat dan Menuduh “Negatif” ke Calon Konsumen Tanpa Bukti

Kisah ini terjadi ketika saya berencana liburan ke Turki pasca tahun baru (antara Januari-Maret 2023). Saya telusuri semua travel agent dan ternyata sangat banyak sekali yang mengadakan trip ke Turki. Namun dari banyaknya agen tersebut, baru 3 travel saja yang sudah mengumumkan trip pasca tahun baru ke Turki. Salah satunya agen yang bernama Mbtrip.id.

Tanggal 27 Agustus hari Sabtu saya mulai chat ke adminnya seperti user yang lain.


Setelah saya chat, tidak ada respons. Saya pikir mungkin di Instagram slow respons. Lalu saya coba pindah ke WhatsApp dan ternyata weekend memang libur. Seperti gambar di bawah ini:


Hari Senin saya coba chat lagi ke adminnya. Di sini lah awal mulanya masalah yang tak terduga itu terjadi. Saya sudah ikuti peraturan jam buka operasional kantor. Seperti gambar percakapan di bawah ini:

Ternyata belum ada respons terkait pertanyaan saya dan anehnya malah menjawab yang bukan pertanyaan saya.
Akhirnya saya tutup chat di WhatsApp dengan kalimat “Buktikan sekarang kak”. Dengan maksud agar tidak perlu debat panjang dan cukup jawab saja pertanyaan saya.

Lalu apa yang terjadi? tidak ada jawaban satu pun setelah lebih dari 24 jam. Saya cari user lain apakah ada yang bernasib seperti saya? Jawabannya ya banyak ternyata.

Dari gambar percakapan tersebut bisa dilihat jika adminnya memang slow respond. Dan anehnya lagi-lagi dia bisa fast respond menjawab yang bukan pertanyaan para user. Saya menanggapi komen user yang bernasib sama dengan saya. Dan lebih parahnya lagi dia menuduh saya “komen-komen gak jelas”


Negatif thinking? Komen gak jelas? Padahal saya menjelaskan dengan beberapa bukti dan fakta. Apakah Anda tidak siap dikritik? Saya tidak tahu. Yang saya ketahui adalah Layanan Travel Mbtrip sangat lambat dan menuduh “Negatif” ke calon konsumen tanpa bukti.

Irfan Rofiansyah
Denpasar, Bali


Update (19 Januari 2023): Terkait surat pembaca di atas, penulis memberikan klarifikasi dan apresiasi atas tanggapan dari pihak Mbtrip sebagai berikut:

 

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Belum Ada Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pihak yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Komentar

  • Bagusss bwt infonye, biar tau aja mana travel yg memang niat jualan sama kagak, dan seterah si TS mao buat di MK atau kgk, intinye ini lolos buat masuk MK, klo gak demen sama info TS, jgn dibaca simple..

  • Mungkin secara materi memang tidak ada kerugian.
    Tapi saya rasa tulisan ini dibuat untuk sharing pengalaman, sehingga calon customer lain bisa tahu pelayanannya bagaimana.
    "Belum jadi customer sudah komen aneh-aneh"? Gimana mau jadi customer tanya detail info paket nya aja di cuekin....
    Dan ternyata yang punya pengalaman gak di respon atau slow respon bukan cuma penulis, ya berarti bisa disimpulkan sendiri lah adminnya gimana.

  • Terima kasih karena telah berani membagikan pengalaman anda di travel yang bersangkutan, saya mendapat pelajaran terkait kinerja travel ts dan tentunya sebagai referensi travel pribadi..

  • Mending ditelantarkan chatnya sekarang daripada ditelantarkan setlah di turkiye haha. Jadi kita tau travel agennya gak bener dari awal

  • Trims info nya mas Irfan.
    Ini seharusnya dimasukan ke kolom REVIEW. Tp sdh terlanjur dimasukan ke Surat pembaca ya gpp deh ?

  • Emank travel ini g bagus ...duit refund sy yg bilangnya mau dganti udah 6 bulan ga dbalikin ga ada konfirmasi apaphn 7,5jt lhmayan lhan..ampe detik ini kl dsms dread doank .mau lepas tanggung jawab
    Maunya nyari untung doank,
    Dikate cari duit gampang hari ini

  • Adakah yg menggunakan MBtrip tujuan turki tgl 21-30 nov juga?

    Awalnya kami pilih tanggal sesuai itenerary di 1-10 nov tp H-3 malah di CANCEL dan harus direschedule dgn alasan overbooked.

    Padahal kami udah sangat bersabar nunggu update-an nya yg slow respond tp malah dikecewakan.

    Pihak travel memberikan opsi tgl lain.
    1. 21-30 Nov 22
    2. 24 Nov - 3 Des 22
    3. 27 Nov - 6 Des 22
    Akhirnya kami pilih tgl 21-30 nov sesuai option yg dikasih.

    Nyatanya H-3 diinfo CANCEL lagi dgn alasan terjadi pembatalan scr sepihak oleh Turkish Airlines. Dan gak ada option tgl lagi buat direschedule kapan.

    Susah bgt dpt kepastian keberangkatan/tiket jawabannya selalu disuruh nunggu saja. Yang pada akhirnya di cancel 2x. Dikira cuti kerja bisa seenak jidat kali ya.

    padahal kami udah bayar lunas dari 2020 bahkan sempat nambah bayar lagi di bln okt22 hampir 30% krn alasan pindah trip.

    Minta refund gak bisa. Setelah baca comment2 diatas dijanjiin refund terus tp gak diproses2 ya?

  • Disini saya selaku korban mbtrip refund tak kunjung di proses nominal juga tidak sedikit dan selalu mendadak ganti tanggal Keberangkatan ga sesuai itenarary, mbtrip ini terlalu slow respon dan banyak alasan, jadi saya pribadi dan teman” yang lain akan memproses mbtrip dan melakukan pelaporan kepada pihak berwajib
    Jika teman” disini termasuk korban juga bisa hubungi saya personal,
    Untuk pelaku berNama YESI RESTU selaku pihak Mbtrip saya tunggu itikad baiknya ,

  • Mbtrip PENIPUAN dan suka ingkar janji. Saya peserta trip dari Juli 2022 yg cancel sepihak dan mepet sampai hari ini 6 Des 2022 uang tidak kunjung di kembalikan.
    Saya chat hanya di balas “ditunggu ya saya tanyakan” terus menerus seperti itu, lalu di janjikan minggu depan dll tapi sampai saat ini tidak ada refund sama sekali.
    Jgn ada yg percaya sama travel ini karena penipu! Bukan hanya saya korban nya! YESI ******** SAYA SUMPAHIN HIDUP KAMU GA BERKAH DAN SETIAP HARI KAMU MENDERITA SAMPE KAMU BALIKIN DUIT SAYA!

    inget nama pelaku nya YESI ******** dan suami bernama HADI ********* F.
    Nb: mereka berdua lagi mandi uang pake duit customer hasil nipu

    • Selamat malam ibu,boleh diinfokan kepada kami ibu atas nama peserta siapa dan tour kemana bu ? Bisa disampaikan casenya seperti apa bu?

      • yth pimpinan MBTRIP yesi, tolong kasih penjelsan sama saya fix berangkatnya kapan,sy trip ke turki tgl 7 febuari 2023,tapi samapi detik ini blm ada info apa2 ini sudah tgl 2 febuari,kmrn anda ngeshare bahwa ada perubahan jadwal tolong tgl berapa????? dan tolong wa saya di respon terkait mengenai perihal jawaban dari anda,sudah 2 hari ini wa saya tdk di respon,tapi saya pake no baru tanya ttg trip ke MBTRIP langsung di respon,jgn sampe kami semua menjadi sudzon sama anda,thx

      • Saya ibu yeni ...tlg keseriusan oihak mb trip yg katanya mau merefund dana kami , deadline 28 des dan 8 jan 2023 ,tpi sekarang wa kami gk di balas

  • Alhamdulillah,,,
    Kami telah diberangkatkan oleh MB trip tgl 28 Nov 2022 sesuai janjinya. Terima kasih atas pelayanannya.