Surat Pembaca

Pembayaran Kartu Kredit Salah Nomor, Nomor Pelaporan Di-cancel Begitu Saja Tanpa Melakukan Apapun

Pada tanggal 6 Agustus 2022 saya ingin membayar tagihan kartu kredit saya. Saya melakukan 4 kali pembayaran, pertama Rp15.000.010, RP15.000.011, Rp15.000.10,RP 5.000.013 menggunakan Mobile Banking BCA. Di mana nominal Rp15.000.010 sebanyak 2 kali, dan Rp5.000.013 tidak masalah, karena saya memasukkan dengan benar nomor customer saya.

Yang bermasalah adalah pembayaran dengan nominal Rp15.000.011, karena saya salah memasukkan nomor customer. Seharusnya saya bayar ke nomor customer saya sendiri yaitu 173***80 atas nama ANDREW LORIANO. Namun ketika ingin memasukkan nomor pelanggan, saya malah memasukkan nominal 15000010 yang ingin saya bayarkan. Jadinya saya malah membayar ke nomor customer 150****10 a.n. Nafi*** B*** (saya sensor karena data orang) sebesar RP15.000.011.

Saya sadar pada hari itu juga yaitu tanggal 6 Agustus 2022, karena limit kartu kredit saya tidak bertambah . Setelah dicek kembali ternyata saya salah memasukkan nomor customer. Saya langsung menghubungi pihak BCA menggunakan HaloBCA aplikasi, tapi pihak BCA mengatakan bahwa pembayaran itu sudah benar masuk ke atas nama Andrew Loriano dan dikatakan juga kalau saat itu kartu kredit saya juga sudah over bayar. Saat itu juga saya merasa tenang.

Tibalah 24 Agustus 2022, saya mengecek email e-stastement dari kartu kredit BCA saya bahwa tidak ada pembayaran masuk sebesar Rp15.000.011. Saya langsung menelepon HaloBCA lagi pada tanggal 25 September dan diberikan nomor laporan: 2062627281 dengan estimasi 6 hari kerja sampai 2 September 2022.

Dikarenakan uang yang cukup besar, saya berusaha mencari pihak penerima dana dengan nomor customer 150***10 dan akhirnya menemukannya dan dapat mengontaknya melalui WhatsApp. Saya mencoba menelepon tapi tidak mau diangkat, saya chat WA berkali-kali menjelaskan tetapi hanya dibaca saja. Penerima dana sangat tidak kooperatif mungkin takut ini penipuan. Setelah saya tunjukkan semua bukti, pihak penerima malah mengatakan saya orang stress yang berniat menipunya dan whatsapp saya juga diblok.

Hari ini 30 Agustus, saya menelepon HaloBCA menanyakan progress laporan dan jawaban BCA: “Di-cancel”. Saya merasa sangat kecewa karena tidak mendapat pemberitahuan via email, yang mana kata customer service akan diberitahukan via email kelanjutan dari nomor pelaporan saya.

Pihak BCA tidak membantu saya dalam menghubungi pihak penerima dana karena penerima dana memberi tahu jika tidak ada telepon dari BCA. BCA tidak memberi alasan yang jelas kenapa laporan saya di-cancel. Apakah sesusah itu menghubungi penerima dana ? Saya yang sama sekali tidak punya data penerima dana saja bisa menghubungi, kenapa BCA tidak bisa menghubungi sama sekali untuk konfirmasi? Jangankan mediasi, menghubungi saja tidak ada sama sekali tiba-tiba di-cancel nomor pelaporan saya.

Setelah ngoceh di HaloBCA, pihak BCA hanya menyarankan untuk membuat LAPORAN BARU. Nomor laporan baru saya: 2062397974 dengan estimasi 6 hari kerja yang saya yakin tidak akan dibantu juga.

Semoga dengan adanya surat ini pihak BCA sadar bagaimana buruknya sistem mereka terkait salah bayar dan lambatnya proses penanganan laporan mereka.

Andrew Loriano
Jakarta Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Tanggapan BCA atas Surat Bapak Andrew Loriano

Menanggapi keluhan Bapak Andrew Loriano di Redaksi Media Konsumen tanggal 31 Agustus 2022 dengan judul “Pembayaran Kartu Kredit Salah Nomor,...
Baca Selengkapnya

Komentar

  • kenapa bayarnya dicicil sampe 4x?
    selama ini sih sy bayar via klikbca, disana bisa disimpan nomor kartu, jd ga bisa salah input krn sudah tersimpan.
    anyway, bagaimana bisa dapat nomor kontak si penerima? canggih juga

    • Di Mbca juga bisa simpan kartu. Sy selama ini bayar pakai mbca. Makanya agak aneh kok bisa salah transfer

    • di mobile banking betulnya bisa disimpan juga kok, saya g paham kenapa dia memilih untuk mengetik nomor daripada tinggal pilih

      • Kasus ini agak aneh menurut sy:
        1. Penulis bayar kk yg sama berulang-ulang, spt ada maksud lain dari sekedar "bayar tagihan"
        2. Meskipun input nomor KK salah, sebelum input pin mbca ada tampilan lg nomor dan nama KK, apalg nomor kk nya jg bca. Nomor 455633 itu visa bca. Sy jg punya kk bca jd sy tau kalau bayar di mbca jg muncul nama

      • Paling ini buka usaha gesek tunai, krn saya juga pernah human error ditransfer 25jt padahal saya gestun 2,5jt, lu mau debat apapun di bank mau proses apapun dipengadilan tetap yg menang penerima dana

    • Pembayaran kartu kredit saya seharusnya 17jtan. Saya ingin mencheckout pesanan saya di toped sebesar 40jt, jadi saya mengisi uang dulu di kartu kredit saya karna limit saya cuma 30jt. Itulah kenapa saya membayar nya 15jt 3 kali, dan 5jt sekali. karna jika ingin lgsng membayar 50jt lgsng ga bisa karna pembayarannya kan cuma 17jtan.

      • "karna jika ingin lgsng membayar 50jt lgsng ga bisa karna pembayarannya kan cuma 17jtan."

        Saya masih tidak mengerti bagian itu. Tidak bisa langsung 50jt karna pembayaran cuma 17jt?

        Mungkin saya lelah, jadi susah mencerna.

        Semoga ada jalan terbaik yah.

    • Pembayaran kartu kredit saya seharusnya 17jtan. Saya ingin mencheckout pesanan saya di toped sebesar 40jt, jadi saya mengisi uang dulu di kartu kredit saya karna limit saya cuma 30jt. Itulah kenapa saya membayar nya 15jt 3 kali, dan 5jt sekali. karna jika ingin lgsng membayar 50jt lgsng ga bisa karna pembayarannya kan cuma 17jtan.

      saya mencari nama beliau di instagram, dan muncul. nomor hp beliau di dpt dr instagram karna dia menjual makanan jd tersedia nomornya.

      • oh begitu.
        orangnya juga terlalu kaku ya, takut penipuan sampe segitunya. mungkin pihak bank bisa jd mediasi. semoga permasalahannya cepat kelar

  • Kalau pembayaran rutin tagihan CC bukankah data Nomor & Nama pemegang CC akan tersimpan di histori transaksi pembayaran rutin di aplikasi mobile banking?
    Jadi tidak perlu input nomor nasabah/kartu setiap melakukan pembayaran untuk menghindari kesalahan.
    Hanya perlu input Nominal yang akan dibayarkan aja.

    • Bener sekali jika sudah rutin bayar nomor cust akan tersimpan. Pada saat itu, saya harus megisi nomor customer yg harus saya bayar saya malah tidak mengklik yg sudah tersimpan, saya ngehnya itu malah saya memasukkan jumlah bayar. Jadi saya langsung masukkan angka 15000010 pada kolom yg tersebut, setelah itu saya tanpa mengecek lagi saya memasukan jumlah bayar sekali lagi tanpa sadar sebesar 15.000.011.

  • Saat ini sih nafisah banu udah gak ada tagihan mudah2an aja engga di gasak tuh limit nya ama penerima manfaat ? semoga beruntung ketemu orang berhati baik ?

    Sekarang kan jaman penipuan mana ada orang langsung percaya kalau anda salah bayar, ya wajar lah dianggap orang stress karena saya juga langsung blokir wa promo, orang gak dikenal, dan donasi,

    Bagusnya follow up bca terus sebagai lembaga resmi perantara, gas poool

    • sy ga pake cc bca jd sy ga mudeng, nomor customer itu maksudnya no cc ya? Ko angkanya cuma dikit dan begitu salah input langsung berhasil bayar ya. semoga cepat selesai dan dananya kembali ke cc!

      • No customer dan no KK beda bos,,,,
        Tp keduanya bisa dipake buat identitas pembayaran, intinya TS kurang teliti dlm bertransaksi, padahal sebelum di enter atau OK pada layar akan muncul, jumlah tagihan, nama customer,tgl jatuh tempo, dan minimum pembayaran..
        Semoga BCA bisa mengatasi masalah ini dgn menghubungi kedua nasabahnya,baik penerima dana maupun pengirim..

  • Terima kasih banyak saya ucapkan kepada media konsumen, teman2 disini yang membantu mendoakan agar masalah yg saya alami cepat selesai, serta pihak BCA yg langsung menanggapi keluhan saya dan menindaklanjuti pelaporan saya.

    Per 31 Agustus pagi hari keluhan saya ditampilkan di media konsumen, siang harinya saya langsung menerima telpon permintaan maaf dari pihak BCA dan akan segera menindaklanjuti pelaporan saya.

    Hari ini, 1 September 2022 pada jam 3sorean saya sudah menerima kembali dana 15.000.011 ke rekening BCA saya.

    Dengan ini, SAYA ANDREW LORIANO MASALAH INI SUDAH TERSELESAIKAN.
    Terimakasih sekali lagi saya ucapkan kepada pihak media konsumen sebagai perantara yg membuat keluhan saya bisa langsung ditanggapi oleh pihak BCA.

    Sekali lagi terima kasih, dan sukses untuk semuanya.

  • Sy heran jg sih. Klw pembayaran KK bank BCA itu pake no. Costumer. Padahal umumnya kartu KK bank lain itu hanya pakai no KK saja. Ini malah bikin rumit jg.