Asuransi Simas Insurtech Tokopedia Tidak Transparan

Saya melakukan pembelian TV LG 65″ melalui Tokopedia pada tanggal 23 Juni 2022 dan mengikuti asuransi Proteksi 1 tahun dari Simas Insurtech. Nomor Polis: SIMASINSURTECH-20220624-210400018552239 (terlampir polis asuransi).

Pertimbangan saya, ini sebagai proteksi apabila suatu hari tanpa sengaja TV yang saya beli ini rusak, karena terjatuh atau kejadian lainnya seperti yang diiklankan di Tokopedia:

Pada tanggal 21 Agustus 2022, saya melakukan pemasangan TV ke bracket dan tanpa sengaja, layar TV tersebut tertekan tanpa disadari. Setelah bracket selesai dipasang, TV saya nyalakan dan ternyata layarnya retak.

Saya bergegas klaim kerusakan ini melalui Tokopedia dan dijanjikan 6 hari kerja. Besar harapan saya saat itu klaim akan diganti, karena memang kejadian ini tidak disengaja oleh saya. Segala dokumen yang dibutuhkan telah saya lengkapi pada hari itu juga.

Setelah menunggu 6 hari kerja, pada tanggal 29 Agustus 2022, datang hasil klaim melalui email dari Broker Indo Tekno, yang menyatakan bahwa klaim saya tidak dapat diproses lebih lanjut dikarenakan ada “Wording” yang isinya:

Berkaitan dengan atau timbul dari atau disebabkan oleh tindakan sengaja atau kelalaian sengaja, perbuatan jahat yang dilakukan oleh Tertanggung, suami atau istri atau anak Tertanggung, orang yang disuruh Tertanggung, orang yang bekerja pada Tertanggung, orang dengan sepengetahuan atau seizin Tertanggung, atau orang yang tinggal bersama Tertanggung

Tertanggung harus melakukan segala tindakan pencegahan yang wajar untuk menghalangi terjadinya kehancuran atau kerusakan dan meminimalkan bertambah besarnya kehancuran atau kerusakan atas Objek Pertanggungan yang diasuransikan di bawah Polis ini

Di email tersebut juga tercantum bahwa saya tidak berhati-hati memasang TV bracket dan saya sengaja dengan hal tersebut. Saya juga sempat telepon ke CS Indo Tekno (dengan Sdri. Cindy) dan mendapatkan jawaban serupa, yang mana hasilnya sudah final.

Yang membuat saya bingung dan aneh adalah alasan kehati-hatian dan kesengajaan saya. Apakah prinsip kehati-hatian menjadi syarat klaim asuransi? Sejak kapan mereka tahu saya sengaja? Padahal tidak ada survei ke lokasi atau tanya jawab dengan saya. Alasan ini terkesan dibuat-buat untuk menghindari klaim saya.

Padahal di Manfaat Perlindungan tercantum “dan kerusakan fisik lainnya yang tidak disengaja“. Suatu kejadian yang tidak disengaja, dapat dikarenakan tidak hati-hati maupun hati-hati.

Saya merasa dibohongi oleh asuransi ini. Harapan saya mendapatkan perlindungan menjadi buyar. Hal ini menjadi pembelajaran bagi saya dan mungkin untuk pembaca yang lain, supaya lebih hati-hati. Ke depan, jangan terlalu percaya dengan iming-iming proteksi dari asuransi di Online Store. Segala cara akan dilakukan untuk menghindari klaim dan mungkin hanya klaim-klaim kecil yang akan mereka bayarkan, sebagai sarana untuk promosi supaya konsumen tertarik.

Johny Irawan
Tangerang, Banten

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

27 komentar untuk “Asuransi Simas Insurtech Tokopedia Tidak Transparan

    • 1 September 2022 - (22:37 WIB)
      Permalink

      Ansuransi berlaku klau rusak dijalan, waktu pengiriman, klo pasang braket ketekan/retak,sama halnya garansi tidak berlaku…

      1
      5
  • 1 September 2022 - (14:43 WIB)
    Permalink

    Ini asuransi tambahan yg di luar garansi brand ya?
    Kalo liat covernya mah terlalu good to be true, bahkan berani cover yg gak digaransi brandnya sendiri.

    • 1 September 2022 - (14:53 WIB)
      Permalink

      Yap, ini asuransi tambahan yg ditawarkan oleh Tokopedia. Semua pembelian barang elektronik di Tokopedia, ada penawaran untuk additional insurance seperti ini.

  • 1 September 2022 - (15:08 WIB)
    Permalink

    yaitulah ASUransi. Jangan terlalu berharap ASUransi bener di Indonesia. Makanya ga heran kalo banyak orang ga mau ikutan ASUransi di Indonesia. Joinnya mudah & cepat sekali. Tp giliran klaim, nyari2 alasan, ngulur2 waktu, basiii

  • 1 September 2022 - (16:27 WIB)
    Permalink

    Keliatan IndoTekno gak mau urus asuransinya. Alias ga mau ribet.
    Seharusnya pihak Tokopedia juga harus push pihak IndoTekno karena sudah merilis akad rincian pertanggungan baik disengaja maupun tidak disengaja.
    Kalau demikian, maka pihak IndoTekno dengan sengaja lalai menunaikan tugasnya sebagai broker/calo asuransi.
    Tindakan tersebut masuk kategori melawan hukum.

    13
    • 1 September 2022 - (16:39 WIB)
      Permalink

      Thank you utk atensinya. Just update, saya baru menerima telp dr Tokopedia dan Indo Tekno yang akan memfollow up ulang klaim saya setalah artikel ini di tayangkan.

      Anyway, thank you untuk media ini karena akhirnya di dengar. Akan saya update lagi setelah ada progress tambahan.

      • 1 September 2022 - (17:18 WIB)
        Permalink

        Ditunggu updatenya.

        Jika anda diminta revisi atau klarifikasi, ada baiknya anda balik tekan agar pihak asuransi yang memberikan tanggapan atas surat pembaca di MK ini. Supaya ada klarifikasi publik dari pihak mereka dan memperkuat posisi anda di mata aturan hukum.

        • 1 September 2022 - (17:37 WIB)
          Permalink

          Baik Pak Teguh, saya juga telah meminta Indo Tekno untuk melakukan klarifikasi atas keluhan saya ini supaya para pembaca dan teman konsumen yang lain tahu bahwa mereka mendengarkan.

          Terima kasih utk atensinya

  • 1 September 2022 - (17:41 WIB)
    Permalink

    Dear mediakonsumen.com,

    Keluhan saya telah di dengar dan klaim saya telah disetujui. Terima kasih kepada mediakonsumen.com atas dimuatnya keluhan saya ini sehingga permasalahan ini dapat diselesaikan.

    Juga teman-teman pembaca, terima kasih banyak untuk atensi dan masukkannya.

    10
    • 1 September 2022 - (17:49 WIB)
      Permalink

      Baru mau ikutan komen, ternyata akhirnya disetujui juga klaimnya yah. ? Lumayan agak tenang, soalnya baru kemarin beli laptop via Toped n ternyata asuransinya dari Simas Insurtech juga. ?

    • 6 September 2022 - (09:58 WIB)
      Permalink

      Astaga muncul rasa ingin berteriak AJG lah.. di angkat ke MK bru diproses gitu kahh biar citra asuransi mereka gk rusak? hadehh..

  • 1 September 2022 - (20:25 WIB)
    Permalink

    Wkwkw syukurlah udeh kelar, soalnya beli Hp pake asuransi proteksi tokopedia. Klo mbulet tinggal tulis aduan di MK wlwkw

  • 2 September 2022 - (07:32 WIB)
    Permalink

    Masa harus masuk media konsumen dulu baru ditanggapi? Jadi kalo sudah masuk MK baru pihak asuransi bergerak ya? Pantas pada banyak ogah ikut ASU-ransi kecuali BPJS. Soalnya ribet giliran mau klaim, kalo jualan aja, janji manis melebihi manisnya permen.

  • 2 September 2022 - (13:01 WIB)
    Permalink

    Tenang, anda bukan korban iklan ASUransi elektronik Tokopedia kok. Coba Googling aja. Banyak korban seperti anda. Yang ujung2nya tidak bisa klaim

    • 2 September 2022 - (16:41 WIB)
      Permalink

      Saya aja bisa claim kok itu wajar aja kamu ga bisa claim karena kesalahan sendiri coba yg jatuhkan orang tanpa sengaja menyenggol TV anda terus jatuh pasti bisa claim.

  • 2 September 2022 - (14:40 WIB)
    Permalink

    Lain kali dijatuhin aja biar pecah. Itu pasti lolos asuransi. Bilang terjatuh dari atas meja karna kakinya patah gitu hehe.

  • 2 September 2022 - (15:41 WIB)
    Permalink

    Dear Pak Johny Irawan,

    Terimakasih atas masukannya dan mohon maaf atas ketidaknyamanan yang di alami oleh Bapak.

    Mengenai perihal ini kami dari Indotekno sudah mengajukan kembali keberatan bapak. Dan pengajuan sudah disetujui oleh Komite Klaim dari Pihak Asuransi.

    Saat ini sudah diapproved dan sudah dibayarkan.

    Atas masukan Bapak, kami akan terus memperbaiki sistem kami agar dapat melayani dengan lebih baik.

    Terima Kasih
    Indotekno.

    4
    2
    • 2 September 2022 - (15:44 WIB)
      Permalink

      Baik, saya konfirmasi bahwa klaim telah dibayarkan dan telah cair ke rekening saya.

      Terima kasih dan mudah-mudahan kedepan, kejadian yang kurang menyenangkan ini tidka terjadi kepada saya atau kepada konsumen yang lain.

 Apa Komentar Anda mengenai Asuransi Simas Insurtech?

Ada 27 komentar sampai saat ini..

Asuransi Simas Insurtech Tokopedia Tidak Transparan

oleh Johny Irawan dibaca dalam: 2 menit
27