Barang Sudah Dikirim dan Sampai di Alamat Pembeli, Penjual Hanya Mendapat Ganti 10 Kali Ongkir

Saya mau menceritakan pengalaman yang tidak mengenakan ketika berjualan di Shopee, yaitu barang sudah sampai di alamat pembeli, tapi uang malah dikembalikan ke pihak pembeli. Jadi penjual kehilangan barang dan uang sekaligus. Berikut kronologinya:

Tanggal 10 Agustus 2022 pukul 14:32, saya menerima pesanan dari salah satu konsumen dengan Order ID: 220810QQWHA129, total Rp810.000 (termasuk ongkos kirim Rp10.000). Pesanan dikirim melalui kurir Anteraja reguler dengan nomor resi: 10005438364250.

Semua berjalan normal, sampai pada tanggal 11 Agustus 2022 pukul 14:56, status terakhir adalah “Paket telah diterima simpan di meja (pesan)”. Yang berarti barang sudah sampai di lokasi pembeli sesuai alamat tertera.

Tiba-tiba pada keesokan harinya, tanggal 12 Agustus 2022 pukul 10:53 saya mendapat pengajuan pengembalian dana oleh pembeli dengan alasan barang tidak sampai.

Kemudian saya menolak pengajuan tersebut, dikarenakan saya sebagai penjual sudah mengirimkan barang pesanan dan barang tersebut sudah sampai di lokasi pembeli (seusai status dari lacak paket kurir pada aplikasi Shopee). Pihak Shopee meminta bukti kepada penjual, dan saya mengirimkan bukti resi pengiriman ke kurir.

Kemudian saya meminta pihak Shopee membantu pengecekan kepada kurir untuk meminta bukti apakah paket sudah dikirimkan atau belum. Pada tanggal 14 Agustus 2022 pukul 12:20, Admin Shopee memberikan respons bahwa berdasarkan pengecekan dengan kurir, paket sudah dikirimkan kepada pembeli.

Setelah itu, pihak Shopee kembali meminta pembeli untuk mengecek kepada tetangga, saudara dan atau teman sekitar. Pihak pembeli tetap mengatakan bahwa paketnya tidak ada, tapi pembeli tidak menyanggah ketika ditanyakan apakah ada meja di sana atau tidak. Hal ini saya tanyakan kepada pembeli untuk memastikan bahwa kurir benar mengirim ke alamat yang benar sesuai data pada Shopee.

Kemudian pihak Shopee pada tanggal 14 Agustus pukul 18:24 memutuskan bahwa uang dikembalikan kepada pembeli dan penjual hanya mendapat ganti rugi 10x ongkos kirim (Rp100.000), jauh di bawah nominal harga barang itu sendiri.

Di sini saya merasakan adanya kejanggalan, yaitu:

1. Setelah masalah tersebut diputuskan oleh Shopee selesai, pada tanggal 18 Agustus 2022, pembeli DM menanyakan password Wi-Fi. Hal ini cukup aneh, buat apa pembeli menanyakan password Wi-Fi jika memang paket tidak sampai?

Dengan ini bisa saja ada dugaan bahwa pembeli melakukan “penipuan” dengan alasan barang tidak diterima, padahal barang sudah sampai di lokasi pembeli. Hal ini dilakukan agar uang kembali ke pihak pembeli. Penjual jadi rugi karena barang tidak kembali, uang juga tidak ada.

2. Pihak Shopee langsung percaya saja alasan pembeli tanpa meminta bukti-bukti lain. Apakah pembeli memang jujur atau mencoba menipu seperti yang sudah dijelaskan pada poin sebelumnya?

3. Dalam hal ini, penjual sudah mengirim barang sesuai pesanan dan kurir sudah mengirimkan ke alamat pembeli. Jika barang tersebut hilang/dicuri di lokasi pembeli seharusnya bukan tanggung jawab kurir, apalagi penjual karena sudah di luar tanggung jawabnya.

Saya sendiri sejak masa pandemi mengurangi kontak dengan kurir, sehingga saya meletakkan box di dekat pagar untuk kurir menaruh barang kiriman. Jika barang kiriman tersebut hilang dicuri, itu menjadi tanggung jawab saya, bukan kurir dan penjual. Namun dalam kasus saya, penjual yang dirugikan oleh keputusan Shopee.

Kiranya hal ini bisa menjadi pembelajaran kita bersama. Terima kasih.

Eric Yonathan
Bandung, Jawa Barat


Catatan redaksi (diperbarui 3/9/2022): Penulis menyatakan masalah di atas telah diselesaikan dengan baik oleh pihak-pihak terkait.

 

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

58 komentar untuk “Barang Sudah Dikirim dan Sampai di Alamat Pembeli, Penjual Hanya Mendapat Ganti 10 Kali Ongkir

    • 3 September 2022 - (03:45 WIB)
      Permalink

      Merchant, seller, expedisi, pembeli. Siapa yg lebih tepat untuk bertanggung jawab
      Apakah
      Merchant= hanya penyedia jasa penjual toko2

      Seller =jasa penjual untuk pembeli dngn metode unboxing setelah paket diterima sblm di buka untuk membuktikan keadan paket

      Expedisi = jasa pengiriman, sudah adakah prosedur paket boleh dikirim tanpa kontak langsung dngn penerima? sudahkah mengkonfirmasi kepada pembeli bahwa paket dititipkan/ diletakan begitu saja di tempat tertentu
      Mengkonfirmasi adlah hal yg tepat untuk melepas tanggung jawab

      Mana yg lebih tepat bertanggung jawab?

  • 1 September 2022 - (12:14 WIB)
    Permalink

    beli drone ya, udh tanya pass wifi, fix berarti buyer penipu, buat shopee tolong lebih bijak lah

    20
  • 1 September 2022 - (12:42 WIB)
    Permalink

    Sopi tulul, atas dasar apa dia bilang barang belum nyampe, padahal kurirnya sendiri bilang sudah sampai.

  • 1 September 2022 - (12:44 WIB)
    Permalink

    Wadalah gimanasih shopii ? harus nya ini mudah sangat mudah? semoga cpat ada solusi yang happy ending ?

  • 1 September 2022 - (13:08 WIB)
    Permalink

    1. buyer ente penipu, dapet barang tapi gak mau bayar.
    2. kalau jual barang mahal di shopee, mungkin bisa asuransi sendiri gan. jadi harga sudah di up, terus agan nambahin sendiri asuransi nya pas ngirim.

    gak tau bisa atau engga, tapi setau ane sih bisa-bisa aja.

    10
  • 1 September 2022 - (13:18 WIB)
    Permalink

    Buyer pasti penipu Ditanyain Pass Wi-Fi Drone , Fix Penjual Pemenang, Pihak Shopee/SeaGrup Tolong banned buyer penipu

    15
    1
  • 1 September 2022 - (13:19 WIB)
    Permalink

    Buyer pasti panik, Ditanyain Pass Wi-Fi Drone , Fix Penjual Pemenang, Pihak Shopee/SeaGrup Tolong banned buyer penipu

    5
    1
    • 4 September 2022 - (14:57 WIB)
      Permalink

      Bikin lucu barang gak sampai , tapi nanya pass wfi ? ditanya masih ngeles lagi di cari kurir . Wkwkwk
      Panik untung gak datang avanza hitam

  • 1 September 2022 - (14:03 WIB)
    Permalink

    Dan terjadi lagi….
    Shopee nih udh internasional masa kalah ama BL yg udh smpet mau collapse tpi pnya fitur asuransi

    6
    1
  • 1 September 2022 - (14:11 WIB)
    Permalink

    Pembeli itu 1000% penipu. Pembeli sengaja membuat skenario dengan mengatakan paket belum diterima padahal dia sudah menerima paketnya. Sebagai penipu, dia ingin mendapatkan barang dan pengembalian dana. Dia dapat barang gratis.

    Pihak shopee seharusnya tidak begitu saja percaya sama asumsi penipu, apalagi tracking jelas paket sudah sampai. Ada kesalahan di kurir juga, seharusnya si kurir mem-foto paket yang dia taruh di atas meja.

    Masalahnya hanya di pembeli, dia bukan pembeli tapi penipu. Coba dilaporkan aja ke pihak berwajib dengan dugaan penipuan yang dilakukan oleh pembeli.

    13
  • 1 September 2022 - (14:17 WIB)
    Permalink

    Shoppe bagian CSnya kacau
    Pembeli mungkin bohong
    Kalau penjual sudah kirim barang sesuai alamat & catatan dalam chat atau orderan ya udah bener prosedurnya
    CS shoppe masih pelajar SMP kali lagi magang ?

    • 1 September 2022 - (18:54 WIB)
      Permalink

      Nomer Cs Sebar aja di Sosial Media Biar Kena Bullyan netizen Biar mampuss Sekalian Kalo Miskin Gausah Gaya” Beli drone Dasar Jiwa Maling Tuh Cs *********

  • 1 September 2022 - (14:32 WIB)
    Permalink

    kalau barang belum diterima pembeli, tapi pembeli malah bertanya kepada penjual melalui DM tentang password wifi untuk Drone, logikanya barang sudah diterima oleh pembeli, tapi tidak mau bayar, dengan cara mengakali penjual dan shopee ..

  • 1 September 2022 - (14:33 WIB)
    Permalink

    Beneran deh kasus kaya gini udah terjadi berkali-kali, dan saya sudah komentar juga di setiap media konsumen yang mengalami masalah ini.
    Aku ga tau ini orang yang sama atau beda-beda dengan modus yang sama, di mana keterangan paket sudah sampai tapi langsung bikin laporan ke shopee untuk minta refund.
    Buat penjual yang mengalami hal seperti itu lagi, itu udah dipastiin entah pembeli nya bergerak sendiri atau sekongkolan dengan oknum kurir/pihak ekspedisi supaya tidak menjawab laporan shopee dan uangnya kembali ke pembeli, dan yang pasti pembeli dapet barang gratis, yang berarti mereka sudah niat menipu Anda.
    Harap lebih hati-hati lagi yang sedang berjualan online, kasus dengan modus ini udah sering terjadi dan pihak shopee juga ekspedisinya lebih membantu penipunya daripada penjualnya. Harusnya shopee dan ekspedisi terkait langsung investigasi supaya ga ada lagi “pembeli” dengan modus seperti ini, tapi sampe sekarang masih saja banyak yang terkena modus ini.
    Saran untuk TS, mungkin bisa ikut grup forum penjual lalu beritahukan informasi pembeli tersebut (seperti alamat lengkapnya) supaya penjual lain bisa hati-hati untuk tidak menerima order dari pembeli tersebut, syukurnya jika alamat pelaku selalu sama atau berdekatan, bisa ditindak lebih lanjut ke pihak berwajib.

    16
    • 4 September 2022 - (15:02 WIB)
      Permalink

      Bukan sekongkol bang , tapi emang sudah hafal caranya. Dan mungkin sudah berulang x lolos dana kembali, jadi ketagihan kalau beli barang modus pas terima paket tidak ada dirumah. Jadi barang taro dimeja , setelah liat sttus sudah diterima malah klik refund dana dengan alasan barang tidak terima.

    • 1 September 2022 - (15:18 WIB)
      Permalink

      Kok bisa begitu ommm !! Wah jangan2 ente yah penipunya. Jangankan hati kecil alam bawah sadar kita pun mengatakan si penjual dalam ketidakadilan dg cuma dapet segitu. Fix itu penipu emang.
      Tapinya dulu ane sempat beli barang di sopi dikirim penjual dg spek barang yg beda tapi untungnya ane dimenangin ama sopi.

      9
      1
    • 2 September 2022 - (02:21 WIB)
      Permalink

      Gini ya blokk, di ganti 10x ongkir itu kalo hilang saat pengiriman tapi kalo barang udah sampe itu udah gak berlaku ganti 10x jadi uang nya harus 100% di berikan ke penjual, ngerti blokk

    • 2 September 2022 - (04:36 WIB)
      Permalink

      Harga barangnya 800 ribuan, ongkir cuma 10 ribu, diganti 10 kali nya cuma 100 ribu..
      Adil di mana nya atuh kak? coba kaka kalau ngalamin begitu dibilang adil sama netizen rasanya gimana?

    • 2 September 2022 - (18:38 WIB)
      Permalink

      Sabar ya buat seller,,siapa menanam dia akan menuai,pasti ada balasanya kok.
      Aku kebalikan dr kasus ini,,sdh beberapa kali kehilangan paket,paket di nyatakan diterima tp barang tidak ada.Tp kurir memberikan bukti yg kuat klu paket memang sdh d kirim dan buktinya pun bs aku percaya,,jd aku memutuskan bhwa paket aku hilang di pihak yg lain atau dg bhsa lain ada yg menginginkannya,jd aku tdk komplain k shopee.jadilah buyer yg jujur,klu memang rezeki kita yg hilang jgn ikhlaskan,jgn balik menghilangkan rezeki orang.

  • 1 September 2022 - (15:00 WIB)
    Permalink

    wkwkwkwk…
    katanya barang belum diterima. eh malah nanyain password wifi.
    blunder….

    6
    2
  • 1 September 2022 - (15:02 WIB)
    Permalink

    Coba dm nya si pembeli ini di screen shot dan kirim ke admin shopee, biar dibuka lagi kasusnya. Biar gmna pun, gak seharusnya seller yg menanggung kerugian, karena seller sudah mengirim barang pesanan.

  • 1 September 2022 - (16:14 WIB)
    Permalink

    Admin Shopee ndlogok.
    Udah ketauan buyer penipu.
    Msh di menangin buyer?‍♂️
    Klau gak smp ngapain tanya password wifi ?
    Admin pe’ak

  • 1 September 2022 - (16:22 WIB)
    Permalink

    Lho, barang belum diterima knp tanya pass wifi?
    Ini diindikasikan pembelinya culas. @Shopee Care ini harap dibereskan. Kan bisa di track ya alamat pembelinya..

  • 1 September 2022 - (16:35 WIB)
    Permalink

    kebablasan itu penipu nanya pas wifinya,ketauan deh
    kirim chat nya ke admin bro itu sudah bisa jd bukti kl dia terima barang

  • 1 September 2022 - (17:28 WIB)
    Permalink

    Banyak sekali emang penipu di shopee ntah gmn bersihinnya knapa indonesia dibuat sarang penipu ya

    • 2 September 2022 - (07:04 WIB)
      Permalink

      Ini bisa tag Shopee gak sih?
      Toh itu juga belum dibalikin uang ke pembelinya.
      Kesalahan pertama, kurir asal taruh barang sehingga sangat mungkin paket di ambil orang, sehingga harusnya Shopee mengenakan pinalty nya kepada pihak ekspedisi.
      Kedua, jelas banget ada indikasi buyer mau nipu dengan alasan barang tidak diterima oleh anggota keluarga, ini dijadikan celah oleh buyer. Mungkin buyer sudah sering melakukan hal seperti ini.

      Saran kepada seller coba, lapor lagi ke Shopee dengan bukti barunya yang buyer minta PW, sekalian kalau bisa akun buyer biar di lock.

      • 4 September 2022 - (15:09 WIB)
        Permalink

        Pihak kurir gak sembarang taruh barang tanpa konfirmasi ,pasti nelpon/whsap dulu. itu diaro dimeja brrti kurir sudah konfirmasi ke pembeli bos. Kalau tidak ada jawaban/rumah kosong pasti dibawa balik lagi .

        Karna saya pernah terima paket sedang tidak dirumah ya dibawa lagi .

  • 1 September 2022 - (17:56 WIB)
    Permalink

    Saran nih bang, nih kan dah fix buyer nya penipu. Kalo dia ga mau TF harga barang, Ente takut2in aja mau lapor polisi, ente kan punya alamatnya buyer dan chat yang mengindikasikan paket sudah diterima ma buyer. Mudah2an dia takut dan mau TF.

  • 1 September 2022 - (18:02 WIB)
    Permalink

    Hati2…. sekarang bnyak buyer tukang tipu.
    Pernah kasus… saya sendiri pernah ngalami. Jadi sistem shopee tidak update. Ketika di tracking via shopee. Barang belum terkirim. Tapi ketika di tracking di situs jne. Barang sudah terkirim. Dan buyer memanfaatkan ini. Untuk tidak konfirmasi terima pesanan. Sampai barang di nyatakan retur/hilang.

    • 1 September 2022 - (18:51 WIB)
      Permalink

      Buyer terindikasi penipu, tapi disini yg wajib di pertanyakan anteraja, berani taruh barang gtu aja. Dan ganti 10X ongkir bukan dari shopee, tpi dari anter aja, ada kemungkinan juga buyer dan kurir yg “main”

  • 1 September 2022 - (20:26 WIB)
    Permalink

    Saya penjual online juga dan saya prihatin kejadian yg menimpa TS. Memang janggal bila dipikir2 pembeli menanyakan pass wifi, pdhl melaporkan barang blm diterima. Jangan dikasih bos. Anda sudah rugi barang.
    Dan utk Shopee seharusnya bila kurir sudah menginfokan brg sudah diterima, jgn asal setuju saja utk refund. Barang yg statusnya sudah sampai itu sudah tanggungjawab pembeli dan kurir/ekspedisi. Penjual tidak ada sangkut pautnya, krn sudah sesuai prosedur.
    Dan kurir dlm hal ini pun ada indikasi kelalaian, knp tidak ada orang main taruh saja, di meja teras pula dan sangat terlihat. Ini rawan, bisa memicu pencurian. Bukankah ada kontak pembeli yg bs dihubungi? Atau kalo tidak memungkinkan, balik saja ke gudang utk dikirim lg esok hari.

    • 4 September 2022 - (15:12 WIB)
      Permalink

      Betul , Shoppe makin bobrok.
      Sudah jelas paket sudah diterima, masih bisa refund dana ? telusuri dulu kurirnya baru ambil keputusan

 Apa Komentar Anda mengenai Jualan online di Shopee?

Ada 58 komentar sampai saat ini..

Barang Sudah Dikirim dan Sampai di Alamat Pembeli, Penjual Hanya Menda…

oleh Eric dibaca dalam: 2 menit
58